Categories: Ide Bisnis

10 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Mudah

Usaha sampingan di rumah merupakan salah satu cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan di saat pengeluaran meningkat sedangkan gaji tidak meningkat.

Menghasilkan uang tambahan dengan usaha sampingan seharusnya tidak dilihat sebagai hal yang sulit untuk dilakukan. Sebagai buktinya banyak sekali cerita sukses pengusaha sampingan yang menghasilkan dengan bisnis rumahan mereka.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha sampingan di rumah yang mudah dilakukan teruslah membaca karena disini kami akan membagikan beberapa peluang usaha yang dapat anda coba lakukan.

1. Berjualan Nasi Uduk

bisnis nasi uduk usaha rumahan yang mudah dilakukan

Makanan yang satu ini memang favorit banyak orang untuk sarapan. Harumnya dan gurihnya nasi uduk menjadikan makanan yang satu ini sebagai salah satu makanan yang paling laris dijual.

Sebagai makanan yang laris dijual, tidaklah sulit untuk mendapatkan pelanggan yang berminat untuk membeli nasi uduk sepanjang rasa nasi uduk yang anda buat cukup enak.

Usaha nasi uduk juga dapat dikatakan sebagai usaha yang sederhana. Anda bisa berjualan nasi uduk di depan rumah anda dengan menggunakan meja dan etalase sederhana.

Anda dapat berjualan di depan rumah anda dari pagi sampai siang hari dimana saat-saat itulah minat orang untuk makan nasi uduk biasanya sedang tinggi-tingginya.

2. Usaha Sayur dan Bahan Masakan

usaha sayur usaha sampingan di rumah yang mudah dilakukan

Berjualan sayur mayur dan bahan masakan seperti ayam, bumbu masak, ikan dan lain sebagainya dapat anda lakukan di depan rumah anda.

Bisnis ini tergolong sebagai usaha sampingan di rumah yang mudah dilakukan. Anda memerlukan sedikit modal untuk membeli sayur mayur dan bahan masakan di pasar untuk kemudian dijual kembali. Anda juga mungkin membutuhkan gerobak atau meja khusus untuk menggelar jualan anda.

3. Usaha Toko Online

Berjualan di toko online merupakan salah satu pilihan usaha sampingan di rumah yang mudah dilakukan untuk anda.

Berjualan online saat ini semakin mudah dengan adanya online marketplace dan sosial media. Yang perlu anda lakukan hanyalah mendaftar di online marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan Bukalapak.

Selanjutnya anda tinggal mencari barang yang dapat anda jual melalui toko online. Jika anda bingung mencari produk yang bisa anda jual di toko online anda bisa mencari inspirasi dari artikel produk yang laris dijual di toko online dari kami.

4. Membuat Blog

Jika anda senang menulis maka salah satu usaha sampingan yang mudah untuk anda adalah bisnis blog. Bisnis blog tidaklah sulit untuk dimulai. Yang anda perlukan hanyalah laptop untuk menulis dan sambungan internet.

Kemudian anda bisa mendaftar dan membuat blog gratis di Blogspot, Wix, dan Medium. Kemudian setelah mendapatkan jumlah pembaca yang cukup banyak anda dapat memonetisasi blog anda dengan menawarkan berbagai produk melalui blog anda atau dengan menayangkan iklan.

5. Usaha Bubur Ayam

Bubur ayam adalah makanan favorit banyak orang. Makanan yang banyak digemari ini sangat laris dijual, terutama untuk di pagi hari atau pun malam hari.

Prospek usaha bubur ayam ini tergolong baik, bahkan terdapat penjual bubur ayam yang dapat menghasilkan puluhan juta rupiah perbulan hanya dari 1 gerobak saja.

Usaha ini juga tergolong usaha yang relatif sederhana untuk dilakukan. Anda dapat melakukan usaha bubur ayam sebagai usaha sampingan di rumah yang mudah dengan berjualan di teras rumah dengan etalase atau gerobak.

6. Bisnis Jus Buah

Mulai dari anak kecil, anak muda dan remaja, orang dewasa sampai orang tua banyak yang menyukai minum jus buah yang segar dan enak. Prospek dari jus buah sebagai bisnis sampingan di rumah juga sangatlah cerah.

Anda tidak memerlukan banyak perlengkapan untuk memulai bisnis satu ini. Perlengkapan utama anda hanyalah meja, sedikit kursi, blender, kulkas untuk menyimpan es dan cup sealer.

Bisnis ini cocok dijalankan sebagai usaha sampingan dirumah jika rumah anda berlokasi di wilayah perkampungan yang cukup ramai.

7. Bisnis Frozen Food

usaha frozen food

Peluang usaha rumahan yang mudah dan cocok untuk pemula selanjutnya adalah bisnis frozen food. Bisnis frozen food cocok untuk pemula dan mudah karena daya simpan persediaan yang lama sehingga meminimalisir potensi kerugian.

Selain itu usaha yang satu ini juga relatif mudah karena anda tidak memerlukan berbagai jenis perlengkapan. Perlengkapan utama anda hanyalah chest freezer untuk menyimpan frozen food yang dijual.

Selanjutnya untuk menarik pembeli anda bisa berjualan melalui social media, internet ataupun dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Jika rumah anda berlokasi di pemukiman yang padat anda juga dapat memanfaatkan teras rumah anda sebagai lokasi berjualan.

8. Usaha Laundry Rumahan

Kehidupan perkotaan yang semakin sibuk dan padat membuat banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci baju mereka sendiri.

Padahal baju yang bersih sangat penting untuk dapat berkegiatan sehari-hari. Untuk itu terdapat permintaan pasar yang besar untuk usaha laundry rumahan yang memberikan jasa dengan harga terjangkau.

Usaha laundry rumahan ini relatif sederhana untuk dilakukan dan tidak sulit. Anda dapat mencari order dengan menyebarkan brosur dan memasarkan melalui media sosial. Kemudian anda bisa menjemput order untuk kemudian di cuci di rumah anda.

9. Usaha Toko Kelontong Sembako

Apa yang terlintas di pikiran anda saat memikirkan usaha rumahan? pasti usaha toko kelontong dan sembako termasuk salah satu yang terlintas di pikiran anda.

Ya bisnis yang satu ini memang menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan usaha sampingan di rumah karena mudah dilakukan. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk bisnis yang satu ini.

Namun anda tetap perlu mencatatkan pengeluaran dan pemasukan secara teliti agar anda tidak mengalami kerugian dan kehabisan modal nantinya.

Baca Juga: Rincian 10 Juta Modal Usaha Sembako Kelontong

10. Usaha Makanan Ringan

Usaha rumahan yang mudah dilakukan yang terakhir di daftar artikel ini adalah usaha makanan ringan. Ya, makanan ringan seperti makaroni, keripik pedas, seblak goreng dan lain-lain merupakan bisnis rumahan yang tidak rumit dan cocok untuk pemula.

Modal utama anda dalam bisnis yang satu ini adalah dapur beserta perlengkapannya. Kemudian anda juga memerlukan plastik sealer untuk membuat kemasan makanan ringan yang sudah dibuat.

Sedangkan untuk pemasarannya anda bisa fokus dengan penjualan melalui media online seperti online marketplace dan media sosial. Anda juga bisa merekrut orang-orang yang berminat menjadi mitra untuk kemudian membantu anda berjualan.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

5 Cara Mengembangkan Mindset Kewirausahaan

Bagaimana cara mengembangkan mindset kewirausahaan? Artikel ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mindset dipercaya…

4 minggu ago

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

2 bulan ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

2 bulan ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

2 bulan ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

2 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

2 bulan ago