usaha kecil meanengah kuliner yang menjanjikan, usaha kuliner
usaha kecil kuliner | image : pexels.com

Usaha kuliner terkenal sebagai usaha yang tidak ada matinya. Kata-kata tersebut memang ada benarnya karena usaha kuliner berkembang sangat pesat dan mempunyai peluang yang luas. Jika kamu tertarik untuk memulai usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan kamu berada di tempat yang tepat.

Usaha kuliner memang sedang naik daun sejak beberapa tahun belakangan, perkembangan tersebut didorong oleh budaya masyarakat Indonesia yang senang makan dan menyukai makanan yang enak. Selain itu anak muda juga mempunyai kecenderungan untuk mencari pengalaman kuliner yang baru dan unik serta Instagrammable sehingga mendorong munculnya berbagai usaha kecil menengah kuliner yang dapat berkembang.

Selain itu sudah banyak pengusaha kuliner yang sukses memulai usaha mereka dari skala usaha kecil dan menengah sehingga dapat dipastikan bahwa bisnis kuliner mempunyai peluang yang cukup baik untuk dijalankan. Jika kawan entrepreneur ingin memulai UKM kuliner sendiri kamu bisa mencoba beberapa ide peluang usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan sebagai berikut.

 

1. Usaha Keripik Pedas

Keripik pedas merupakan salah satu cemilan favorit banyak orang. Bisnis makanan yang satu ini terbilang usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan karena potensi pasarnya di Indonesia yang bagus dan terbuka untuk pengusaha kecil.

Sebagai pengusaha kecil anda dapat merintis usaha keripik pedas dengan modal yang terbilang kecil dimana modal awal yang anda perlukan hanya terdiri dari bahan baku awal, plastik untuk kemasan, dan plastik sealer. Semua kebutuhan modal tersebut dapat anda penuhi dengan biaya kurang dari 1 jutaan.

Selanjutnya anda dapat menjual keripik pedas anda dengan berjualan keliling, melalui media online, atau menitipkan keripik anda di toko yang cukup ramai.

 

2. Usaha Nasi Goreng

nasi goreng, contoh usaha kecil menengah kuliner
nasi goreng contoh usaha kecil menengah kuliner

Nasi goreng dapat anda temukan dengan sangat mudah, mulai dari warung tenda nasi goreng sampai gerobakan bisa anda temukan di mana-mana. Tetapi usaha nasi goreng masih tergolong usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan dan menguntungkan. Hal tersebut karena nasi goreng sangat populer di semua kalangan dan harganya yang relatif terjangkau menjadikan usaha ini dapat dimulai dengan modal kecil.

Agar usaha nasi goreng anda lebih sukses anda bisa menawarkan kreasi nasi goreng yang lain seperti nasi goreng teri, nasi goreng ikan asin, nasi goreng pedas dengan level dan juga dengan menawarkan makanan pendamping lain untuk memaksimalkan penjualan setiap porsi anda.

 

3. Usaha Bubur Ayam

Hidangan yang satu ini tidak asing lagi untuk semua orang. Pasti anda pernah merasakan makan bubur dan tidak sedikit usaha bubur ayam yang kemudian berkembang menjadi bisnis yang besar karena dengan potensi keuntungan yang tidak dapat dianggap remeh.

Contohnya bubur ayam barito yang dapat menjual lebih dari 1.000 bubur setiap harinya dan dapat meraup omzet antara Rp. 19 juta sampai Rp. 20 juta setiap hari. Dengan kata lain dari berjualan bubur, Agus Sukarmin pemilik bubur barito dapat meraup omzet mencapai Rp. 600 juta sebulan! Dengan margin laba bersih sekitar 30-40% keuntungan bersih perbulannya dapat mencapai Rp. 240 juta sebulan.

Anda dapat memulai bisnis bubur ayam dengan modal sangat kecil. Anda dapat merintis bisnis bubur ayam dengan gerobak bekas dan etalase sederhana. Kemudian dari situ kembangkan resep bubur ayam anda setiap harinya sampai anda dapat meracik bubur ayam yang gurih dan digemari banyak orang.

 

4. Usaha Martabak

bisnis martabak, usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan
martabak – contoh usaha kecil menengah kuliner

Martabak manis dan telur telah menjadi salah satu makanan favorit banyak orang untuk berbagai kesempatan. Mulai dari untuk cemilan saat menonton, untuk nongkrong, traktiran kantor, sampai untuk buah tangan saat mengunjungi calon mertua.

Martabak manis juga menjadi populer dikalangan anak muda karena banyaknya variasi baru yang kekinian seperti martabak red velvet, martabak green tea, sampai martabak nutella.
Sedangkan martabak telur adalah salah satu makanan klasik yang selalu sempurna dan digemari untuk berbagai kondisi. Dengan popularitas yang tinggi tersebut di masyarakat, usaha martabak jelas termasuk salah satu usaha kecil menengah kuliner yang menguntungkan.

 

5. Usaha Ayam Goreng

Siapa yang tidak suka makan ayam goreng? Hampir semua orang Indonesia pasti suka makan ayam goreng. Tidak dapat dipungkiri lagi jika ayam goreng merupakan salah satu makanan yang paling laris dijual di pasar Indonesia.

Usaha ayam goreng juga mempunyai cakupan pasar yang luas, mulai dari ayam kelas menengah bawah seperti Hisana, sampai ayam kelas menengah atas seperti KFC sangat digemari dimasyarakat.

Anda dapat memulai usaha ayam goreng dengan usaha yang terbilang kecil. Anda bisa memulai bisnis ayam goreng anda dengan etalase sederhana di pinggir jalan dengan pembelian untuk dibawa pulang atau delivery.

 

6. Usaha Ayam Geprek

Seperti ayam goreng, ayam geprek saat ini menjadi salah satu makanan yang paling digemari di masyarakat. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena ayam geprek adalah ayam goreng krispi yang diselimuti sambal yang pedas. Paduan keduanya menjadi sangat digemari karena masyarakat Indonesia sangat gemar dengan makanan pedas.

Sama seperti ayam goreng, anda juga dapat memulai bisnis ayam geprek dengan modal relatif kecil. Anda hanya memerlukan etalase sederhana, perlengkapan masak seperti kompor, wajan penggorengan dan blender dan ulekan untuk membuat sambal.

 

7. Bisnis Jus Buah

Jus buah yang menyegarkan mempunyai banyak manfaat kesehatan. Dengan kandungan vitamin yang membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit bisnis jus buah merupakan salah satu usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan sekaligus memberikan manfaat yang besar bagi orang-orang.

Modal untuk memulai usaha ini juga tidak besar, yang anda perlukan adalah lemari es untuk menjaga kesegaran buah, mesin pembuat juice, cup sealer dan etalase sederhana untuk berjualan.  Anda dapat menawarkan jus segar melalui counter dan juga dapat menawarkan jus dalam bentuk botol plastik untuk penjualan melalui Gofood dan Grab Food.

 

8. Usaha Cafe Kecil

usaha cafe kecil, contoh usaha kecil menengah kuliner
cafe kecil usaha kecil menengah kuliner – image credit : pexels.com

Menjamurnya toko kopi dan cafe kecil dimana-mana saat ini menunjukkan bahwa kopi sekarang telah menjadi salah satu minuman favorit banyak kalangan. Melesatnya pertumbuhan pasar kopi di Indonesia tersebut menjadikan bisnis toko kopi menjadi salah satu usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha yang satu ini anda mungkin membutuhkan modal yang relatif lebih besar dibandingkan bisnis kuliner lain didaftar peluang usaha kuliner modal kecil ini. Anda mungkin membutuhkan modal antara 5 juta sampai 10 juta untuk memulai usaha ini tanpa memperhitungkan biaya sewa tempat. Namun margin keuntungan dari secangkir kopi terbilang sangat menggiurkan sehingga potensi balik modalnya pun cukup cepat.

Baca JugaTips Memulai Cafe Dengan Modal Kecil Yang Harus Kamu Ketahui

9. Usaha Roti Bakar

Roti bakar tidak asing lagi sebagai makanan cemilan untuk nongkrong atau untuk dirumah. Dengan variasi rasanya yang semakin beragam saat ini roti bakar tidak hanya ditawarkan oleh warung kopi tetapi juga oleh usaha yang fokus menawarkan roti bakar seperti Roti Bakar Eddy Blok-M yang secara khusus menjual roti bakar manis dan asin.
Anda bisa membuka usaha roti bakar dengan cara berjualan di tenda yang buka tengah malam, dengan gerobak di pinggir ruko atau minimart, atau dengan berjualan di rumah anda dengan fokus penjualan delivery makanan menggunakan Go-food dan GrabFood.

 

10. Usaha Tahu Krispy

Tahu krispy saat ini semakin dikenal masyarakat sebagai salah satu cemilan yang renyah, gurih dan enak. Dari segi bisnis selain pasarnya yang luas, usaha tahu krispy juga cukup menggiurkan karena margin keuntunggannya yang tidak dapat dipandang remeh.
Tahu krispy juga mudah dijalankan karena bahan bakunya yang mudah anda dapatkan serta proses pembuatannya juga yang cukup sederhana. Anda tidak perlu waktu lama untuk memulai usaha ini karena anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan bakunya di pasar setempat.

11. Usaha Bubble Tea / Boba 

minuman bobo tea, contoh usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan
boba tea usaha kecil menengah kuliner yang menguntungkan

Usaha kecil kuliner yang menjanjikan selanjutnya adalah usaha boba atau bubble tea. Seperti kopi, bubble tea atau boba menjadi salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat luas akhir-akhir ini. Tidak hanya itu, banyak juga menikmat boba yang membeli minuman ini secara rutin sehingga potensi usahanya baik.

Saat ini sudah banyak yang menawarkan peluang usaha kemitraan bubble tea atau boba, kemitraan dapat menjadi pilihan jika anda ingin memulai usaha dengan lebih mudah dan tanpa harus pusing memikirkan produksi bahan baku dan branding.

 

12. Usaha Seblak

Makanan yang asalnya dari Bandung ini semakin banyak dikenal masyarakat luas dan digemari. Makanan yang berbahan dasar kerupuk ini dapat dikatakan sebagai cemilan basah maupun kering. Seblak kering dapat dijual seperti kerupuk yang dikemas sedangkan seblak basah dapat dijual seperti mie ayam atau bakso yang dikemas dalam plastik dan styrofoam.

Seblak basah saat ini lebih populer dengan campuran makaroni, baso, ceker ayam, dan sosis yang ditambahkan bumbu pedas sehingga mempunyai rasa yang khas dan membuat penggemarnya ketagihan.

13. Usaha Sosis Bakar

Sosis bakar saat ini dikenal oleh masyarkat Indonesia sebagai salah satu cemilan populer yang biasa ditawarkan di pusat-pusat keramaian seperti bazaar, atau pasar malam. Untuk di perkampungan juga usaha sosis bakar cukup populer sebagai cemilan anak-anak dan remaja.

Perlengkapan untuk memulai usaha ini juga terbilang sederhana seperti alat pembakar, sosis, kemasan dan saus pelengkap sosis. Usaha sosis bakar ini dapat anda mulai dengan berjualan di pasar malam, bazaar atau dengan berjualan di depan rumah anda sendiri.

14. Usaha Pisang Nugget

Makanan kekinian yang satu ini populer dikalangan anak muda yang suka dengan makanan manis. Tidak hanya rasanya yang enak, tampilannya yang cukup menarik juga mempunyai daya tarik tersendiri untuk dibagikan melalui sosial media instagram.

Tidak heran jika popularitas pisang nugget berkembang dengan cukup pesat karena banyaknya anak muda yang membagikan makanan yang satu ini di linimasa sosial media mereka.

Untuk memulai usaha ini anda dapat bergabung dengan franchise atau kemitraan, atau jika anda senang membuat kreasi tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan resep pisang nugget anda sendiri.

 

Penutup

Demikian 14 contoh usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan dari IDNtrepreneur. Diluar 14 ide bisnis tersebut tentu masih banyak peluang usaha kuliner yang menjanjikan dan dapat dimulai dengan modal kecil. Bagaimana menurut anda? apakah ada ide bisnis yang anda suka dari 14 ide diatas? atau anda punya tambahan peluang usaha kuliner lain yang menurut anda lebih menjanjikan? Jika ya, bagikan ide anda melalui kolom komentar di bawah ini. Dan jika anda suka dengan artikel ini mohon bagikan di sosial media anda, share dan like anda sangat berarti buat kami.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here