Ide Bisnis

+23 Usaha Makanan Yang Paling Laris Saat ini

Tidak dapat dipungkiri jika usaha makanan termasuk bisnis yang tidak pernah ada matinya. Hal tersebut terbukti dari statistik pertumbuhan industri makanan yang lebih dari pertumbuhan ekonomi nasional dari tahun ke tahun.

Bisnis kuliner juga merupakan salah satu bisnis yang menjadi favorit pengusaha, dan banyak calon pengusaha yang ingin menjadi seorang pengusaha kuliner yang sukses. Namun, dengan persaingan usaha makanan yang ketat sangat penting untuk mempunyai strategi yang tepat.

Salah satu strategi untuk bisa bersaing dibisnis kuliner adalah dengan memilih usaha makanan yang laris. Memilih usaha makanan yang laris dapat menjadi suatu strategi karena lakunya makanan tersebut berarti sudah terdapat suatu pasar dan masyarakat sudah mengenal makanan tersebut. Kemudian sebagai pembeda dari pelaku usaha lain, pengusaha yang bersangkutan dapat menawarkan suatu nilai tambah lain berupa variasi-variasi kecil.

Hal ini jauh lebih baik dibandingkan menawarkan suatu makanan yang benar-benar baru dan belum terbukti apakah makanan tersebut laku atau tidak. Menjual suatu makanan yang belum dikenal secara luas memang dapat menjadi suatu keunikan tersendiri tetapi disisi lain terdapat risiko yang serius dalam memilih strategi tersebut.

Terkait : Kreatif! 5 Usaha Kuliner Yang Menjanjikan dan Unik

 

Contoh Usaha Makanan Yang Paling Laris Saat Ini – Makanan Berat

1. Usaha Makanan Warung Bakso

bisnis bakso adalah salah satu usaha makanan yang laris saat ini

Bakso adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Hampir semua kalangan kenal dengan makanan yang satu ini dan senang dengan rasanya. Tidak heran jika bakso termasuk sebagai usaha makanan yang paling laris, karena banyak sekali warung-warung bakso yang berdiri di Indonesia dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Bisnis bakso juga merupakan usaha kuliner yang dapat dimulai dengan modal kecil, anda dapat memanfaatkan gerobak untuk berjualan secara keliling atau memanfaatkan ruang kecil di depan garasi rumah anda. Namun, bakso juga dapat menjadi daya tarik untuk bisnis kuliner dengan skala menengah untuk dijual dipusat-pusat perbelanjaan.

Bahkan saking larisnya usaha makanan yang satu ini, menurut pengakuan Ketua Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Tri Setyo Budiman pada tahun 2013 rata-rata omset perhari pedagang warung bakso adalah sebesar Rp. 1 juta.

 

2. Warung Mie Ayam dan Yamin

Seperti bakso, mie ayam juga termasuk usaha kuliner yang laris dipasaran. Tidak jarang warung bakso yang juga menawarkan mie ayam sebagai salah satu variasi menunya. Larisnya mie ayam tidak terlepas dari terjangkaunya harga mie ayam, dan sangat mudahnya makanan tersebut ditemukan.

Walaupun sudah sangat populer dan banyak pelaku usahanya, tetapi cukup banyak warung mie ayam yang dapat tetap eksis dan laris setelah bertahun-tahun beroperasi. Biasanya yang warung mie ayam yang laku tersebut mempunyai kualitas mie yang bagus dan konsisten.

Baca Juga : Kiat Sukses Usaha Makanan Yang Utama

3. Usaha Kuliner Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan Indonesia yang terkenal sampai ke luar negeri. Bahkan, nasi goreng sempat mendapatkan gelar sebagai salah satu makanan terenak didunia. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikan nasi goreng sebagai makanan favorit untuk makan siang dan/atau makan malam. Karena harganya biasanya relatif terjangkau dan mengenyangkan.

Nasi goreng terkenal sebagai usaha kuliner gerobakan dan UMKM, tetapi sebenarnya dibalik itu bisnis kuliner nasi goreng masih mempunyai potensi besar untuk dikembangkan.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh 7 sekawan  Angga Nugraha, Rex Marindo, Danis Puntoadi, Pujiana Nurul Hikmah, Budiardi Supasentana, Sarita Sutedja, dan Stefanie Kurniadi yang mendirikan Nasi Goreng Mafia. Nasi goreng mafia yang didirikan pada tahun 2013 tersebut kini dapat meraup omzet lebih dari 1 miliar rupiah per bulannya.

4. Bisnis Kuliner Soto

Tidak berlebihan jika soto disebut sebagai salah satu masakan khas Indonesia yang mempunyai variasi paling banyak. Soto memang populer di Indonesia, terutama yang masuk dalam jenis soto ayam, soto betawi dan soto padang.

Selain rasanya yang enak dan kaya akan variasi, soto juga termasuk bisnis kuliner yang laku dipasaran. Ambil contoh Hasni Sadi, pendiri Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli adalah salah satu pengusaha yang sukses berbisnis soto.

Bermula dari jualan soto keliling dengan dipikul, sekarang Hasni Sadi mempunyai 20 cabang dan mitra yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Lombok dan Sorong. Dengan kesuksesan tersebut Pak Hasni Sadi mampu meraup omset miliaran rupiah sebulannya dari bisnis soto ayam.

 

5. Bisnis Kuliner Ayam Geprek

image credit : babe.co.id

Bisnis ayam geprek/gepuk/penyet adalah salah satu bisnis kuliner yang tengah meledak popularitasnya saat ini. Bagaimana tidak, terhitung dalam hitungan kurang dari 2 tahun saja salah satu gerai Ayam Geprek yang dirintis oleh Ruben Onsu sudah mempunyai cabang di lebih dari 19 kota di Indonesia.

Sebelum Ruben, sudah ada Ridho Nurul Adityarwarman alias “Pak Gembus” yang berbisnis “Ayam Gepuk Pak Gembus”. Dari bisnis ayam pedas tersebut, Ridho telah mempunyai 462 cabang di 4 negara hanya dalam 5 tahun sejak berdiri di tahun 2013.

Selain mereka, terdapat ratusan merek-merek ayam geprek lokal yang juga tidak kalah larisnya. Oleh karena itu, bisnis kuliner ayam geprek termasuk salah satu usaha makanan yang paling laku saat ini.

 

6. Bisnis Kuliner Bubur Ayam

bubur ayam adalah salah satu usaha makanan yang laris

Siapa yang tidak suka bubur ayam? pasti kebanyakan orang menyukai bubur ayam. Bubur ayam populer sebagai sajian untuk sarapan dan malam hari karena rasanya yang enak dan ringan. Selain itu bubur ayam juga termasuk bisnis kuliner yang sederhana dijalankan karena bahannya relatif sedikit.

Bubur ayam termasuk usaha makanan yang laris karena dengan makanan ini sangat dicari-cari dan populer baik untuk kelas kaki lima sampai kelas resto sekalipun. Bahkan terdapat beberapa bubur ayam yang dapat dikatakan “legendaris” karena kesuksesannya untuk menyajikan bubur ayam yang enak secara konsisten.

Bisnis bubur ayam juga merupakan usaha kuliner yang sangat menjanjikan, bisnis bubur ayam kelas kaki lima saja dapat menghasilkan omzet Rp. 50 juta rupiah perbulan. Bahkan untuk yang melegenda seperti bubur barito omzetnya mungkin dapat mencapai ratusan juta rupiah per bulannya.

 

7. Bisnis Kuliner Mie Aceh

Salah satu usaha makanan yang laris dipasaran saat ini adalah mie aceh. Popularitas mie aceh tersebut terlihat dari semakin mudahnya menemukan gerai-gerai mie aceh di kota-kota besar. Biasanya warung mie aceh menawarkan beragam variasi mie aceh seperti mie aceh goreng, mie aceh kuah, dan mie aceh tumis dengan variasi topping daging sapi, kambing atau seafood.

Selain semakin populer dan dikenal, bisnis mie aceh termasuk usaha kuliner yang menguntungkan. Menurut pengakuan Ahmad Fauzi, marketing manager Mie Aceh Seulawah yang sudah memiliki 7 gerai di Jabodetabek setidak-tidaknya satu gerai bisa mendapatkan omset minimal Rp. 3 juta perhari atau Rp. 90 juta perbulan.

 

8. Bisnis Makanan Warung Sate

Sate ayam, sate daging, sate kambing, sate madura, dan sate padang adalah variasi sate yang sudah dikenal dan populer di masyarakat Indonesia sejak lama. Sekarang popularitas sate juga semakin bertambah dengan adanya variasi baru, yaitu sate taichan.

Bisnis sate juga merupakan bisnis yang besar dan prospektif. Selain itu bisnis kuliner yang satu ini dapat dimulai dengan modal kecil. Ahmad Junaidi Basri (33) misalnya, dari modal Rp 30.000 saat mulai berjualan sate Madura tahun 2006 lalu. Kini, Junaidi sudah mempunyai warung makan khusus sate dan soto Madura di Jogja dengan omzet Rp 300 juta per bulan.

 

9. Bisnis Kuliner Burger

Saat ini burger sudah menjadi salah satu makanan yang dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya dikenal, burger juga merupakan salah satu makanan yang banyak penikmatnya di kota-kota besar.

Status burger sebagai salah satu usaha makanan yang laris tidak terlepas dari eksisnya makanan yang satu ini di segmen makanan murah sampai makanan yang tergolong mahal. Burger seperti Edam misalnya mempunyai harga jual yang sangat terjangkau, namun disisi lain ada juga burger-burger restoran yang dihargai tinggi. Selain itu cukup banyak pebisnis kuliner yang sukses dengan menjadikan burger sebagai hidangan utama mereka. Misalnya, burger blenger, edam, dan Dwima burger.

 

10. Usaha Makanan Warung Seafood

Seafood merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari cukup banyaknya warung-warung tenda seafood yang menghidangkan santapan lezat di malam hari. Seafood yang populer sebagai santapan di malam hari termasuk sebagai usaha makanan yang laris sejak dulu sampai sekarang.

Warung seafood biasanya menawarkan berbagai macam ikan bakar dan ikan goreng, cumi-cumi, udang dan bahkan kepiting. Selain itu warung seafood juga menawarkan beberapa jenis sayuran seperti kangkung, brokoli dan jamur sebagai hidangan sampingan.

 

Bisnis Kuliner Yang Paling Laku Saat Ini – Makanan Ringan

11. Pisang Nugget

usaha makanan yang laris- pisang goreng nugget

Pisang nugget adalah pisang goreng jenis baru yang mempunyai kulit tepung yang lebih tebal seperti nugget dan biasanya ditambah dengan topping-topping tertentu seperti coklat, keju, nuttella, kacang dan lainnya.

Pisang nugget termasuk salah satu bisnis kuliner kekinian yang tengah naik daun terutama dengan memanfaatkan adanya layanan pesan antar dari Go-Food.

Pisang nugget termasuk sebagai salah satu usaha makanan yang laku karena posisinya di Go-Food yang seringkali mendapatkan rangking cukup tinggi di jenis makanan snack dan dessert.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Kecil

 

12. Bisnis Kuliner Dimsum

Dimsum adalah salah satu makanan yang mempunyai banyak variasi dan cocok dimakan di pagi hari, siang dan malam hari. Walaupun begitu dimsum terkenal sebagai makanan ringan yang disantap di malam hari disaat nongkrong dengan teman atau kerabat.

Karena cocok sebagai teman makan untuk nongkrong bersama, dimsum mempunyai pasar tersendiri dari makanan ringan yang lainnya. Hal tersebut menjadikan bisnis dimsum sebagai salah satu bisnis yang prospektif dan menguntungkan.

Salah satu pebisnis dimsum, Tria Amalia yang mendirikan Dimsum Mbledos di Jakarta menuturkan bahwa dia bisa memperoleh omset lebih dari Rp. 200 juta sebulan dengan 4 mitra yang tersebar di Jakarta. Dari omset tersebut, keuntungan bersih yang bisa dihasilkan mencapai 30% sehingga keuntungan bersih yang dapat diperolehnya mencapai Rp. 60 juta perbulan.

 

13. Sosis Bakar

bisnis sosis bakar – salah satu usaha makanan yang laris saat ini

Jika anda mencari bisnis kuliner modal kecil yang cocok dijalankan secara sampingan maka bisnis sosis bakar dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Sosis bakar adalah makanan ringan yang sangat populer di bazaar, pasar kaget, dan acara-acara luar ruang lainnya. Popularitas sosis bakar di acara-acara seperti itu menjadikan bisnis sosis bakar cocok dijalankan secara sampingan dengan memanfaatkan momen-momen tertentu seperti pasar kaget, bazaar, atau acara-acara lainnya.

 

14. Cilok

Cilok atau aci dicolok merupakan jajanan yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Dengan harganya yang murah dan enak, cilok populer sebagai makanan ringan untuk anak-anak, remaja dan bahkan orang dewasa.

Cilok biasanya dijual dengan gerobak dorong, atau stan non permanen di suatu acara-acara. Oleh karena itu bisnis cilok selain termasuk usaha makanan yang laris juga termasuk usaha makanan yang hanya membutuhkan modal kecil.

 

15. Leker / Crepes

Kue leker atau crepes juga termasuk makanan ringan yang populer di masyarakat umum. Selain sudah tidak asing lagi, kue leker dapat dibuat berbagai macam variasi sesuai dengan selera dan disesuaikan dengan kondisi pasar berjualan.

Misalnya, kue leker atau crepes selain yang mempunyai topping manis seperti keju, coklat, dan pisang juga dapat menggunakan topping yang asin seperti daging, sosis ataupun hamburger.

Contoh bisnis yang telah sukses dengan bisnis kue leker atau crepes ini adalah D’Crepes yang merajai pasar crepes di pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil

 

16. Goreng-Gorengan

Goreng-gorengan seperti bakwan, risoles, tahu goreng dan sebagainya biasanya termasuk salah satu makanan ringan favorit di masyarakat Indonesia.

Populernya gorengan sebagai makanan ringan favorit dapat dilihat dari mudahnya menemukan penjual gorengan dijalan-jalan dan bahkan dipusat-pusat perbelanjaan.

Walaupun sudah banyak orang yang berbisnis gorengan, bukan berarti bisnis gorengan tidak mempunyai prospek yang bagus. Saat ini kebanyakan penjual gorengan tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan dari gorengan yang dijual.

Oleh karena itu sebenarnya terdapat pasar yang cukup berkembang untuk gorengan yang lebih sehat walaupun dengan harga yang lebih mahal mengingat saat ini kelas menengah Indonesia semakin sadar akan pentingnya kesehatan.

 

17. Roti Bakar

Roti bakar coklat, keju, pisang, kacang, stroberi, kornet dan masih banyak lagi. Roti bakar dapat dijadikan banyak sekali variasi dan kreasi-kreasi yang unik. Sifat dari roti bakar yang fleksibel tersebut menjadikan roti bakar sebagai salah satu bisnis kuliner yang mempunyai peluang bagus bagi pebisnis kuliner yang kreatif.

Selain dapat menawarkan variasi rasa yang sangat beragam, roti bakar juga termasuk dalam salah satu usaha makanan yang laris saat ini. Tidak terhitung jumlah gerai roti bakar yang ada saat ini, mulai dari warung khusus roti bakar atau yang dipadukan dengan suatu kedai kopi seperti warkop.

 

18. Pempek

Makanan khas palembang yang terbuat dari ikan ini memang mempunyai rasa yang enak dan populer di masyarakat Indonesia. Popularitas pempek sebagai usaha makanan yang laris terlihat dari cukup banyaknya penjual pempek gerobak dan juga kios sendiri yang mudah ditemukan di kota-kota besar.

 

19. Kue Bolu dan Cake

Berbagai acara-acara tidaklah lengkap tanpa kehadiran kue bolu atau cake untuk dihidangkan. Cake khususnya seringkali dibutuhkan agar suatu perayaan seperti ulang tahun dan anniversarry menjadi lebih spesial dan berkesan. Sedangkan kue bolu sangat populer untuk hidangan makanan ringan acara-acara keluarga, lingkungan, dan kantor.

Oleh karena itu bisnis kuliner kue bolu dan cake mempunyai pasar tersendiri yang berbeda dari bisnis makanan lain. Dengan karakteristik orang Indonesia yang lebih komunal dan aktif secara sosial bisnis kue bolu dan cake termasuk salah satu bisnis kuliner yang prospektif dan menguntungkan.

 

20. Martabak

Ya, tidak dapat dipungkiri lagi jika martabak adalah salah satu usaha makanan yang laris saat ini. Bahkan sejak dulu martabak sudah populer dengan banyaknya penjual martabak manis dan ringan di sudut-sudut jalan kota besar.

Terlebih lagi saat ini martabak semakin populer dengan munculnya berbagia variasi-variasi rasa baru yang kekinian dan menarik seperti martabak green tea, martabak kit kat, martabak red velvet dan masih banyak lagi.

 

21. Bisnis Tahu Gejrot

Tidak ada yang dapat memungkiri jika cemilan yang satu ini merupakan salah satu usaha makanan yang paling laris saat ini. Cemilan yang satu ini tidaklah asing dan banyak digemari orang karena kombinasi manis dan pedasnya yang pas dan menyegarkan.

Anda tidak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis tahu gejrot, kamu hanya perlu sepeda atau motor dan gerobak kecil yang dipasang di kendaraan anda untuk membawa berbagai perlengkapan yang diperlukan.

 

22. Bisnis Seblak

Seblak yang awalnya dipopulerkan di bandung sekarang telah menjelma menjadi makanan yang populer diberbagai kota besar lain di Indonesia seperti Jakarta dan sekitarnya. Seblak yang pedas merupakan salah satu makanan cemilan yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan mempunyai bumbu yang kuat.

Saat ini seblak mempunyai berbagai varian mulai dari seblak biasa sampai seblak ceker, seblak sosis, seblak telur, sampai pasta.

 

23. Usaha Cakwe

Cakwe tentu tidak asing lagi sebagai salah satu makanan cemilan yang mudah dijumpai di kaki lima atau di dekat sekolah. Cakwe termasuk usaha makanan yang laris saat ini dan juga diprediksi akan terus laris dimasa depan.

Kelebihan usaha cakwe adalah kebutuhan alat yang sedikit, dan hanya satu variasi saja sehingga kamu tidak memerlukan beragam bahan yang meningkatkan kompleksitas dan risiko usaha.

 

Tips Sukses Usaha Makanan

Mengetahui apa saja usaha makanan yang laris saat ini tidaklah cukup untuk membawa usaha kamu laris dan sukses. Kamu juga harus mempunyai strategi lain dan kelebihan dibanding dengan pesaing kamu. Untuk membantu kamu sukses dalam usaha makanan pastikan untuk memperhatikan beberapa tips sukses sebagai berikut:

  • Jaga kebersihan perlengkapan dan bahan-bahan makanan untuk mengurangi kemungkinan penyakit dan rasa yang tidak enak akibat kontaminasi.
  • Tambahkan elemen kreativitas dalam presentasi usaha kamu, misalnya dengan membuat lukisan yang unik di gerobak untuk menarik perhatian.
  • Pilih lokasi yang tepat, tidak perlu dijelaskan lagi jika lokasi merupakan hal yang sangat krusial untuk suksesnya bisnis kuliner.
  • Layani pelanggan dengan senyum dan ramah, keramahan dan senyuman dapat meningkatkan mood baik pelanggan anda yang kemudian memberikan impresi positif mereka dan meningkatkan kemungkinan mereka membeli makanan anda lagi.
  • Manfaatkan pemasaran melalui media internet dan sosial media.
  • Bergabung sebagai mitra Go-food dan Grab-food untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas.
Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

View Comments

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

5 Cara Mengembangkan Mindset Kewirausahaan

Bagaimana cara mengembangkan mindset kewirausahaan? Artikel ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mindset dipercaya…

3 minggu ago

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

1 bulan ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

2 bulan ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

2 bulan ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

2 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

2 bulan ago