Beranda Entrepreneur 30 Cara dan Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

30 Cara dan Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

161
1
BERBAGI
cara menjadi pengusaha sukses, tips menjadi pengusaha sukses
bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? image credit : pexels.com

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha sukses? kebanyakan orang mempunyai mimpi untuk menjadi pengusaha sukses pada suatu titik pada hidupnya.

Mempunyai bisnis dan menjadi pengusaha sukses memang dapat memberikan kebebasan dan kesenangan.

Anda dapat membangun sesuatu dari nol, memberikan manfaat bagi orang lain dan melihatnya bertumbuh.

Namun untuk menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Anda butuh kerja keras, kesabaran, keahlian, dan semangat pantang menyerah untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses.

Selain itu tidak terdapat suatu pedoman pasti untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses.

Oleh karena itu mempunyai mentor bisnis dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk pengusaha pemula dan meningkatkan peluang untuk sukses secara signifikan.

Tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan atau menemukan mentor bisnis yang sesuai.

Jika anda belum mempunyai mentor bisnis, salah satu cara menjadi pengusaha sukses adalah mempelajari kisah-kisah dan tips yang diberikan oleh pengusaha sukses.

Untuk inspirasi dan pembelajaran anda berikut kami rangkup 30 tips dan cara menjadi pengusaha sukses yang diberikan oleh para pengusaha sukses di dunia.

 

1. Identifikasi Peluang

Jeff Bezos pendiri Amazon dan orang terkaya di dunia, memulai bisnis karena melihat peluang yang begitu besar dalam perkembangan internet yang luar biasa pesat pada tahun 1994.

Almarhum Bob Sadino adalah contoh lain dari pengusaha sukses yang berhasil karena bisa mengidentifikasi peluang berbisnis telur ayam negeri.

Kemampuan untuk melihat suatu peluang adalah salah satu karakteristik yang seringkali ditemukan di seorang pengusaha sukses.

Tidak heran kemudian banyak sekali cerita pengusaha sukses dari membangun bisnis yang mengisi kekosongan pasar atau mengejar pasar baru yang belum diisi oleh pemain besar.

Untuk dapat mengidentifikasi suatu peluang anda harus mengembangkan kemampuan observasi.

Anda juga harus memperluas wawasan untuk dapat melihat perubahan yang terjadi di masyarakat atau mengetahui masalah yang belum ada solusi secara memuaskan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mewujudkan Ide Bisnis Menjadi Kenyataan

 

2. Berani Mengambil Risiko

Mengetahui adanya peluang hanya langkah awal dari cara menjadi pengusaha sukses. Setelah mengetahui adanya peluang, anda harus berani mengambil risiko untuk mengejar peluang tersebut.

Jeff Bezos dalam hal ini juga menjadi seorang pengusaha sukses karena keberaniannya mengambil risiko untuk meninggalkan pekerjaannya yang sangat bagus sebagai Direktur di bank investasi di Wallstreet.

Jeff Bezos mengatakan bahwa dia dapat memberanikan diri untuk mengambil risiko karena dia sadar bahwa dia tidak akan menyesal karena gagal, tetapi dia akan menyesal jika tidak pernah mencoba.

 

3. Atasi Rasa Takut

Rasa takut dapat menghentikan anda untuk mengambil keputusan yang berani dan penting.

Seorang pengusaha sukses harus dapat mengendalikan rasa takutnya, entah itu merupakan rasa takut akan kegagalan, rasa takut akan pandangan orang lain, rasa takut akan kehilangan tidak dapat menjadi dasar bagi seorang pengusaha sukses untuk mengambil keputusan.

Rasa takut dapat mengaburkan kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan dengan baik.

Oleh karena itu anda tidak boleh membiarkan rasa takut menjadi penuntun anda dalam pikiran maupun emosi dalam mengambil keputusan.

 

4. Tantang Diri Anda Sendiri

Jika anda ingin menjadi pengusaha sukses anda harus selalu menantang diri anda sendiri. Tidak ada orang lain yang akan mendorong anda. Sehingga untuk mengembangkan bisnis anda seluruhnya bergantung kepada kerja keras anda.

Tantangan sangat penting untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan anda sebagai pengusaha. Jika kemampuan anda sebagai pengusaha terasah dengan baik anda dapat mengembangkan bisnis anda lebih baik.

Sebagai contoh:

Anda ingin membentuk otot tubuh anda. Untuk itu anda mulai mengangkat beban dengan berat 5 kg. Beban tersebut terasa berat pada awalnya namun seiring dengan semakin seringnya anda latihan semakin mudah anda melakukannya.

Apakah anda akan berhenti di beban 5 Kg? tentu tidak! Jika anda ingin lebih kuat anda selanjutnya akan mengangkat beban 8 kg atau 10 kg.

Setelah anda terbiasa mengangkat beban 8 kg atau bahkan 10 kg tentu beban 5 kg akan menjadi jauh lebih mudah.

Hal yang sama juga berlaku untuk entrepreneur. Jika anda sudah terbiasa melakukan hal-hal yang lebih sulit, maka akan juga akan lebih hebat dalam melakukan tugas-tugas yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis anda.

 

5. Percaya Dengan Diri Sendiri

Perjalanan menjadi seorang pengusaha sukses tidaklah mudah. Anda akan mendapat kritik, keraguan, dan penolakan dari calon investor, pelanggan, teman atau bahkan keluarga anda.

Jika anda tidak percaya dengan diri anda sendiri, siapa yang akan percaya? Untuk mengubah ketidakpercayaan orang lain anda harus mempercayai diri anda sendiri. Dan kepercayaan tersebut harus kuat untuk bisa mengubah ketidakpercayaan orang lain.

Kemampuan anda untuk percaya dengan diri anda sendiri akan sangat membantu karena orang lain akan lebih percaya kepada pemimpin yang mempunyai kepercayaan diri tinggi.

 

6. Lakukan Aksi

Tidak ada cara menjadi pengusaha sukses selain dengan melakukan aksi setiap hari. Entah aksi itu berupa melakukan panggilan telpon penjualan kepada calon pelanggan, membuat materi pemasaran baru, atau mengembangkan produk baru.

Tanpa mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk memulai atau mengembangkan bisnis anda maka tidak ada apapun yang akan terjadi.

Dunia penuh dengan orang-orang dengan ide hebat, tetapi kesuksesan hanya datang kepada mereka yang mengambil tindakan untuk meraih sukses.

Walt Disney pernah berkata bahwa cara termudah untuk memulai adalah dengan berhenti bicara dan mulai bertindak. Hal yang sama juga berlaku untuk kesuksesan anda.

 

7. Visualisasikan Tujuan 

Dalam kehidupan dan pekerjaan, sukses dimulai dengan tujuan. Tujuan tersebut dapat berupa mengurangi berat badan, naik gaji, termasuk menjadi pengusaha sukses.

Besar atau kecil, tujuan memberikan manusia alasan dan seperti kompas, mengarahkan kita ke arah yang benar. Namun tentu untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan banyak kerja keras dan determinasi.

Untuk itu anda harus mempercayai bahwa anda dapat mencapai tujuan tersebut sebelum bisa meraih kesuksesan. Pertanyaannya bagaimana cara untuk bisa mempercayai anda bisa mencapai tujuan tersebut?

Salah satu caranya adalah dengan memvisualisasikan tujuan tersebut. Memvisualisasikan tujuan menjadi bagian penting cara menjadi pengusaha sukses karena berbagai penelitian sudah membuktikan efeknya dalam meningkatkan kinerja dengan memperbaiki motivasi, koordinasi dan konsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan.

Atlet adalah salah satu contoh bagaimana visualisasi tujuan bekerja dengan baik. Atlet legenda seperti Michael Jordan, Larry Bird, dan Tiger Woods menggunakan teknik visualisasi tujuan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Teknik visualisasi tujuan disini bukanlah sekedar nasihat “berpikir dan anda akan mencapainya” seperti yang diberikan motivator-motivator. Atau, bermimpi dan berharap akan masa depan yang lebih baik.

Misalnya anda bermimpi untuk menjadi pengusaha sepatu yang sukses, bayangkan anda meresmikan cabang toko ke 100, atau sedang mencatatkan penjualan ke 5000 pada satu bulan.

Bayangkan selama mungkin dan dengan detail sebaik mungkin. Bagaimana rasanya membuka cabang atau mencatat penjualan tersebut? siapa yang menyelamati anda disaat tersebut? Bagaimana senangnya anda saat itu?

 

8. Networking 

Networking is an essential part of building wealth – armstrong william

Networking merupakan kunci untuk membuka banyak pintu kesempatan. Karena dengan networking anda akan mengenal lebih banyak orang. Bukannya tidak mungkin orang yang anda kenal melalui networking tersebut menjadi kunci bagi anda untuk mendapatkan investor atau partner yang anda butuhkan.

Anda mungkin dapat menemukan koneksi baru saat berbelanja di pasar swalayan, anda juga mungkin bertemu dengan partner bisnia anda berikutnya saat duduk di bus. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu melakukan networking kapanpun dimungkinkan.

Networking dapat anda lakukan dengan membiasakan diri untuk menyapa orang lain terlebih dahulu dan berbincang singkat dengan mereka.

 

9. Fokus

Fokus mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam meningkatkan performa seseorang pada suatu aktivitas. Tanpa fokus, anda lebih mungkin melakukan kesalahan dan sulit untuk mengembangkan kemampuan anda.

Berbagai penelitian juga sudah membuktikan bahwa multitasking tidak bermanfaat dan justru menurunkan performa seseorang untuk menyelesaikan suatu tugas.

Ya, multitasking juga termasuk mengecek email, social media, dan situs berita disaat anda sedang bekerja.

Pertanyaannya bagaimana cara untuk bisa fokus di jaman yang begitu penuh dengan gangguan dan pengalih perhatian seperti saat ini?

Mulailah dengan menentukan satu tugas penting yang ingin anda selesaikan hari ini. Mematikan handphone anda saat sedang bekerja dan jangan buka tab selain pekerjaan anda.

Selain itu akan bermanfaat jika anda membagi tugas yang ingin anda selesaikan dalam bagian-bagian kecil yang dapat diselesaikan dalam waktu 1 jam. Dengan bagian-bagian kecil untuk diselesaikan dalam waktu 1 jam anda dapat fokus kepada bagian tersebut dalam jangka waktu yang lebih efektif untuk bekerja.

 

10. Konsisten

Kesuksesan yang berkelanjutan tidaklah datang secara instan, semuanya membutuhkan proses yang seringkali tidak diketahui oleh publik.

Misalnya, jika anda ingin membentuk tubuh yang bagus anda harus konsisten untuk berolahraga 3 kali seminggu dan menjaga pola makan anda setiap hari.

Jika anda melalaikan olahraga yang telah anda jadwalkan tersebut maka akan semakin lama untuk bisa mencapai tujuan anda. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya kemudian menyerah untuk mencapai tujuannya karena tidak konsisten dengan rencana yang telah dibuat.

Terkadang proses tersebut membutuhkan jangka waktu yang lama untuk anda dapat melihat hasilnya. Namun, tanpa konsistensi untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan untuk mencapai titik tersebut anda akan menyerah sebelum mencapainya.

Untuk menjaga konsistensi anda biasakan untuk merencanakan hari anda dengan menentukan satu tugas yang harus anda selesaikan dan fokuskan komitmen anda untuk tugas tersebut.

 

11. Kontrol Pengeluaran

Pengeluaran yang lebih kecil dari penjualan adalah dasar dari bisnis yang memberikan keuntungan dan berkelanjutan.

Tidak peduli bisnis anda mempunyai penghasilan milyaran atau bahkan trilyunan, jika anda tidak mengontrol pengeluaran dengan baik maka bisnis anda berisiko bangkrut karena pengeluaran yang lebih besar dari penjualan.

Mengontrol pengeluaran secara baik juga merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses yang sudah terbukti. Andrew Carnegie misalnya, dia masuk dalam daftar orang terkaya sepanjang sejarah dengan keberhasilan membangun kerajaan bisnis baja dengan kedisiplinannya yang luar biasa dalam mengontrol pengeluaran.

 

12. Kelola Risiko

Berani mengambil risiko merupakan salah satu bagian penting untuk menjadi pengusaha sukses. Namun, hal tersebut bukan berarti anda perlu mengambil semua risiko tanpa pandang bulu.

Sebaliknya, anda harus mengelola risiko anda untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses.  Misalnya, anda melihat data bahwa bisnis media cetak yang terus mengalami penurunan akibat media online maka jika anda ingin memulai bisnis media cetak anda perlu mengurangi risiko dengan menerapkan model bisnis baru yang atau bahkan mencari bisnis lain yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Untuk mengelola risiko anda harus mengenali terlebih dahulu apa saja risiko yang terlibat dalam bisnis atau keputusan yang akan anda ambil.
Kemudian, anda harus menganalisa berapa besar dampak dari risiko tersebut. Apakah dampaknya akan membuat anda bangkrut? atau hanya mengurangi 10-20% keuntungan bersih anda? dan bagaimana keuntungan yang bisa bisnis anda raih jika bisnis tersebut berjalan dengan baik?

 

13. Bentuk Tim Yang Hebat

Seorang pengusaha sukses tidaklah meraih kesuksesan tersebut sendirian. Biasanya terdapat tim yang hebat dibalik sosok seorang pengusaha sukses.

Semua orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan pengusaha, anda mungkin dapat melakukan semuanya disaat baru memulai. Tapi ketika bisnis anda semakin berkembang, adalah suatu keharusan untuk mempekerjakan orang lain yang melakukan tugas-tugas yang tidak begitu baik anda lakukan.

Dengan menyerahkan tugas-tugas yang bukan merupakan kelebihan anda, anda dapat berkonsentrasi di bidang yang menjadi kekuatan anda. Secara umum hal ini akan mendorong produktivitas bisnis anda dan meningkatkan bisnis anda ke tingkat yang lebih tinggi.

 

14. Mulai Dari Langkah Kecil

Perjalanan untuk menjadi pengusaha sukses bukanlah perjalanan pendek dan bebas hambatan. Menjadi pengusaha sukses merupakan suatu pekerjaan besar dan besar.

Tidak heran jika banyak orang terintimidasi dengan besarnya tugas yang harus mereka lakukan untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Jika anda merasa demikian, jangan khawatir karena ada trik mudah untuk menghancurkan tembok pikiran tersebut. Pecah dan bagi tugas besar tersebut menjadi bagian-bagian yang jauh lebih kecil dan mudah dilaksanakan.

Kemudian mulailah dengan mencari langkah kecil untuk melakukan tugas tersebut. Setelah tugas kecil tersebut selesai, beralihlah ketugas berikutnya dengan mengambil langkah kecil lainnya.

Tanpa anda sadari hanya dengan melakukan langkah-langkah kecil tersebut, cepat atau lambat anda akan melewati perjalanan panjang menjadi pengusaha sukses. Oleh karena itu mengambil langkah-langkah kecil adalah cara menjadi pengusaha sukses yang sangat efektif untuk dilakukan.

 

15. Tanamkan Kesabaran

Frustasi karena pertumbuhan yang tidak sesuai harapan, stagnan  atau bahkan penurunan adalah bagian dari bisnis yang sulit dihindari oleh seorang pengusaha.

Fase-fase tersebut seringkali harus dilewati oleh seorang pengusaha sebelum bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Selain itu anda juga dapat dipastikan akan menemui hambatan atau rintangan yang akan menghalangi jalan anda untuk sukses.

Oleh karena itu kesabaran menjadi salah satu bagian penting untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Kesabaran dibutuhkan agar anda dapat mengambil keputusan dengan kepala dingin disaat krisis.

Selain itu kesabaran juga sangat dibutuhkan agar anda bisa terus berusaha walaupun hasil yang diraih belum sesuai dengan harapan anda.

 

16. Semangat Pantang Menyerah

Mempunyai semangat pantang menyerah adalah salah cara menjadi pengusaha sukses yang sudah terbukti dan teruji.

Pengusaha sukses yang melegenda seperti Jack Ma, Elon Musk, dan Jeff Bezos semuanya mempunyai semangat pantang menyerah yang kuat.

Tidak hanya pengusaha multinasional, pengusaha nasional seperti William Tanuwijaya, Achmad Zaki, dan masih banyak lagi yang sukses karena mempunyai semangat pantang menyerah tersebut.

Bahkan banyak sekali pengusaha sukses yang mengatakan bahwa semangat pantang menyerah merekalah yang menjadi faktor utama kesuksesan mereka.

Memupuk semangat pantang menyerah memang tidak mudah, tetapi hal tersebut dapat dilatih dengan membiasakan diri melihat suatu hambatan atau kesulitan sebagai sebuah tantangan yang harus anda lewati.

 

17. Kenali Pelanggan Anda

Tidak ada bisnis sukses yang tumbuh tanpa peran dari para pelanggan setia bisnis tersebut.

Bahkan berdasarkan data dari Insurance Quotes, tidak adanya pelanggan atau pasar untuk produk atau jasa yang ditawarkan menjadi salah satu alasan paling umum dari kegagalan suatu bisnis.

Faktor tidak adanya pelanggan atau pasar yang cukup untuk produk atau jasa yang ditawarkan menjadi  penyebab kegagalan 42% dari suatu bisnis!

Tidak heran kemudian salah satu mantra untuk cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan kenali pelanggan anda

“Mengenali siapa pelanggan anda” disini maksudnya anda harus mengetahui siapa yang akan membeli produk atau jasa yang akan anda jual. Berapa usia mereka, apa hobi mereka, bagaimana tingkat pendidikan mereka, dan bagaimana kemampuan ekonomi mereka.

Dengan mengetahui siapa pelanggan anda secara jelas, anda dapat membuat suatu rencana pemasaran yang efektif dan ampuh. Hal tersebut sangat penting untuk memastikan bisnis anda bisa meraih penjualan yang cukup untuk bisa bertahan dan berkembang.

 

18. Berikan Pelayanan Terbaik

“Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan anda” adalah mantra untuk kesuksesan bisnis yang sudah tidak asing lagi bagi seorang pengusaha. Nasihat tersebut juga merupakan cara menjadi pengusaha sukses yang ampuh.

Seorang pelanggan mungkin datang karena harga yang cocok, tetapi mereka akan terus berbisnis dengan anda jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik.

Pelayanan yang baik oleh karena itu, merupakan tulang punggung dari strategi pemasaran agar bisnis anda bisa mempertahankan pelanggan yang anda dan menarik pelanggan yang baru.

 

19. Terus Belajar

Bisnis adalah suatu aktivitas yang dinamis dan terus berubah. Inovasi-inovasi baru, perubahan demografi, perubahan geo-politik dan kemunculan pasar-pasar baru hanya sebagian dari berbagai perubahan yang mendorong suatu bisnis untuk terus berubah dan bertransformasi.

Perubahan-perubahan tersebut menimbulkan peluang-peluang baru dan hambatan-hambatan baru. Untuk itu seorang pengusaha yang sukses haruslah terus belajar dan beradaptasi.

Mempelajari hal-hal baru memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan bisnis dan kemampuan pengusaha untuk beradaptasi.

Oleh karena itu, jika anda ingin menjadi pengusaha sukses anda harus terus belajar dan mengasah kemampuan anda. Jika tidak, lambat laun anda akan menjadi tidak relevan, tergilas oleh kompetitor anda, atau bahkan oleh perubahan zaman itu sendiri.

 

20. Buat Rencana Tertulis

Seperti yang dikatakan oleh Winston Churchill :

Failing to plan is planning to fail

Jika anda tidak mengetahui apa tujuan anda, dan bagaimana anda akan mencapainya, bagaimana anda bisa mencapai tujuan tersebut?

Tanpa adanya rencana tertulis, anda menyerahkan arah bisnis anda kepada keputusan mendadak dan tanpa pertimbangan yang matang. Tidak heran jika kemudian anda mengambil keputusan yang salah karena anda sendiri tidak mengetahui apa yang ingin anda capai.

Untuk menghindari hal tersebut, cara terbaik untuk mengantisipasinya adalah dengan membuat rencana tertulis. Membuat rencana tertulis disini tidak harus berupa rencana yang mendetail seperti untuk presentasi kepada investor.

Sebagai permulaan anda bisa membuat garis-garis besar bisnis anda seperti visi dan misi, target bisnis anda, siapa pelanggan anda, dan apa strategi yang akan anda lakukan untuk bisnis anda.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu anda dapat mengubah, mengadaptasi dan mengembangkan rencana bisnis tersebut sesuai perkembangan bisnis anda.

Baca Juga : Panduan Lengkap Membuat Rencana Bisnis

 

21. Bangun Kepercayaan

Apakah anda ingin berbisnis dengan orang yang tidak anda percaya? Tentu tidak!

Begitu juga dengan calon pelanggan dan rekan bisnis anda. Jika anda mempunyai reputasi yang baik dan dipercaya oleh banyak orang maka bisnis anda dapat berkembang dengan baik.

Membangun kepercayaan tidaklah mudah. Diperlukan kejujuran, komitmen, serta komunikasi yang baik dalam waktu yang tidak sedikit.

Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, anda harus mampu memberikan hasil yang sesuai atau melebihi harapan pelanggan secara konsisten.

Walaupun membangun kepercayaan membutuhkan kerja keras, waktu dan komitmen. Pada akhirnya kepercayaan yang berhasil anda bangun tersebut akan menjadi aset penting yang akan menghasilkan keuntungan jangka panjang.

 

22. Lakukan Eksperimen

Melakukan eksperimen adalah bagian yang tidak terpisahkan dari memulai bisnis. Eksperimen dibutuhkan dalam memulai bisnis untuk mengetahui apakah asumsi inti dari bisnis anda sudah tepat atau belum.

Misalnya, untuk memastikan adanya pasar untuk produk/jasa yang anda tawarkan anda dapat melakukan eksperimen sederhana berupa wawancara atau survey dengan metodologi yang tepat.

Selain untuk memulai bisnis eksperimen juga penting untuk meningkatkan kinerja bisnis anda. Dengan melakukan eksperimen anda dapat membedakan strategi yang berhasil dan yang tidak berhasil. Kemudian dari hasil eksperimen tersebut anda dapat memfokuskan diri ke strategi yang berhasil tersebut. 

 

23. Pahami Sektor Bisnis Anda Dengan Mendalam

Warren Buffet sebagai salah satu investor dan pengusaha paling sukses didunia mempunyai konsep penting yaitu “lingkaran kompetensi” atau “circle of competence”.

Konsepnya lingkaran kompensi cukup sederhana, dan tidak mengherankan Warren Buffett sering menyarankannya. Alih-alih mencoba memahami banyak hal dengan pemahaman yang dangkal, penting bagi anda untuk mengetahui apa yang Anda yakin bahwa anda tahu dan konsisten untuk mendalami hal yang anda tau tersebut.

Jelas jika mencoba melakukan sesuatu yang anda tidak yakin apa yang anda lakukan adalah jauh lebih berisiko daripada jika anda tahu apa yang anda lakukan.

Oleh karena itu penting untuk mempunyai pengetahuan mengenai bidang bisnis anda secara mendalam. Dengan mempunyai pengetahuan yang mendalam tersebut anda dapat mengurangi risiko-risiko bisnis yang ada dan meningkatkan kemungkinan anda untuk sukses.

 

24. Bentuk Budaya Perusahaan

Aristoteles pernah menulis bahwa :

“Keunggulan adalah seni yang dimenangkan dengan latihan dan kebiasaan. Kita tidak bertindak dengan benar karena kita memiliki kebajikan atau keunggulan, tapi kita lebih memilih mereka karena kita telah bertindak dengan benar. Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Keunggulan, dengan demikian bukan tindakan, tapi kebiasaan”

Bukan rahasia jika kebiasaan yang baik merupakan pondasi penting dari kesuksesan dan keberhasilan. Disisi lain, kebiasaan yang buruk adalah sumber malapetaka dan kegagalan seseorang.

Hal tersebut juga berlaku dalam bisnis. Perusahaan dan bisnis yang sukses secara berkelanjutan adalah bisnis yang menerapkan kebiasaan dan praktik-praktik yang baik dan positif. Sedangkan bisnis yang mengedepankan praktik-praktik kotor pada akhirnya akan terkena skandal dan rusak reputasinya.

Ambil contoh Toyota, Toyota menjadi perusahaan yang besar karena mempunyai budaya perusahaan yang positif dan baik. Toyota menerapkan Kaizen yaitu budaya untuk selalu melakukan perbaikan dan peningkatan kecil dari waktu ke waktu.

Budaya positif perusahaan akan mendorong karyawan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan produktif. Selain itu budaya perusahaan yang positif juga penting dalam menjaga reputasi baik perusahaan.

 

25. Banyak Membaca Buku

Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffet, dan orang-orang super kaya lain termasuk orang yang mempunyai kebiasan banyak membaca buku.

Begitu umumnya kebiasaan banyak membaca buku dikalangan pengusaha-pengusaha sukses tidak mengherankan karena buku adalah sumber ilmu yang penting untuk terus memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka.

Mereka menyadari bahwa pengetahuan yang luas dan mendalam sangatlah penting untuk terus melakukan peningkatan terhadap bisnis mereka. Dengan pengetahuan tersebut mereka juga dapat memastikan bahwa bisnis mereka berada di garis terdepan dan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan kompetitor mereka.

 

26. Kuasai Detail

Seorang pengusaha yang sukses mengetahui apa yang terjadi pada bisnis mereka dengan baik. Mendelegasikan tugas-tugas yang tidak menjadi kekuatan mereka kepada tim atau karyawan bukan berarti melepaskan kontrol sepenuhnya kepada mereka.

Menguasai detail bagi seorang pengusaha sangatlah penting. Selain untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik, menguasai detail di bisnis anda juga mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya penggelapan oleh karyawan, kesalahan perhitungan, pengambilan keputusan penting yang salah dan lain-lain.

 

27. Passion

Salah satu saran cara menjadi pengusaha sukses yang sering diberikan oleh pengusaha sukses adalah cari hal yang anda sukai dan temukan peluang dibidang tersebut.

Menjadi pengusaha membutuhkan pengorbanan, kerja keras dan kesabaran. Akan sangat sulit untuk melakukannya jika anda tidak menyukai apa yang anda kerjakan.

Jika anda menyukai apa yang anda lakukan, pengorbanan tersebut tidak akan terasa lagi menjadi sebuah pengorbanan. Kerja keras yang anda lakukan juga menjadi ringan dan bahkan dapat memberikan energi bagi anda.

Pernahkah anda memperhatikan para pengusaha yang sepertinya tidak pernah lelah? Pengusaha yang memancarkan semangat di mata mereka saat mereka membicarakan apa yang mereka lakukan? Itu semua bersumber dari Passion mereka terhadap bisnis mereka.

Dalami bisnis yang sesuai dengan passion anda dan perjalanan berat untuk menjadi pengusaha sukses akan terasa lebih ringan.

 

28. Kolaborasi 

Mampu bekerja dengan orang lain merupakan bagian penting untuk menjadi seorang pengusaha. Para pemimpin bisnis, akademisi dan peneliti yang mempelajari kewiraswastaan mengakui kolaborasi dan berbagi informasi sama pentingnya dengan keahlian yang lebih jelas seperti mendeteksi kesempatan dan determinasi.

Aspen Institute Aspen Youth Entrepreneurship Strategy Group memasukkan skill kolaborasi sebagai salah satu elemen pola pikir kewiraswastaan, yang “merupakan gabungan penting dari inisiatif berorientasi kesuksesan dari inisiatif, pengambilan keputusan cerdas, kolaborasi dan pengakuan kesempatan.

Pengusaha sukses sering mengutip mengetahui apa yang tidak mereka lakukan sebaik kesuksesan mereka. Menurut definisi, ini adalah persyaratan untuk melakukan kolaborasi.

Ketika keterampilan kewirausahaan berkembang dan kita mendapatkan pengalaman, pengusaha tersukses juga menggunakan kolaborasi sebagai jalan untuk mencari dan menyertakan pandangan yang beragam.

Hal tersebut, dengan sendirinya, memiliki nilai nyata. Menurut sebuah laporan oleh McKenzie, “Antara 2008 dan 2010, perusahaan dengan tim terbaik yang lebih beragam juga merupakan perusahaan dengan kondisi keuangan terbaik. Fakta tersebut mungkin bukan hanya sekedar sebuah kebetulan. ”

Jika anda seorang pengusaha – dan terutama jika anda baru memulai jalan menjadi pengusaha- kolaborasi tidak hanya penting, itu sama pentingnya dengan gagasan itu sendiri.

Menemukan cara untuk menjadikan kolaborasi sebagai bagian dari perencanaan anda dan menggabungkannya ke dalam pola pikir anda akan membuat anda menjadi wirausahawan yang lebih baik.

 

29. Bentuk Mindset Yang Tepat 

Tony Robbins mengatakan bahwa kesuksesan adalah 20% bakat dan 80% psikologis. Tony tidak sendirian dalam pendapatnya tersebut, Richard Branson juga sering mengingatkan akan pentingnya seorang pengusaha untuk memiliki mindset yang tepat.

Mengingat bahwa proses pengambilan keputusan manusia sebenarnya didasarkan emosi dan bukan logika, pandangan Tony dan Richard mempunyai kebenaran didalamnya.

Mindset dengan demikian memegang peranan yang penting dalam cara menjadi pengusaha sukses. Membentuk mindset yang tepat untuk menjadi pengusaha merupakan alat yang efektif untuk mendorong anda dalam mengambil keputusan yang tepat dalam berbisnis.

Jika anda ingin menjadi pengusaha sukses mulailah membentuk mindset seorang pengusaha. Bacalah dan pelajari mindset para pengusaha sukses dan cobalah untuk mengadopsinya dalam kehidupan anda.

 

30. Bantu Orang Lain

Menjadi pengusaha membutuhkan komitmen dan kerja keras. Tidak heran jika kemudian tidak sedikit pengusaha yang bekerja lebih dari 10 jam sehari dan juga bekerja disaat libur.

Oleh karena itu banyak pengusaha yang mungkin tidak pernah memikirkan untuk membantu orang lain karena mereka sudah begitu sibuk dan tidak ada waktu untuk membantu orang lain.

Tapi membantu orang lain bisa memberi inspirasi dan bermanfaat yang besar. Membantu orang lain dapat memberikan energi baru kepada pengusaha untuk terus bekerja dan terinspirasi.

Selain itu jika anda membantu seseorang, mereka mungkin akan menemukan cara untuk membantu anda. Mungkin tidak hari ini atau besok, tapi di suatu tempat di masa depan, mereka akan berada di sana untuk membantu anda saat anda membutuhkannya.

 

>

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here