Home Ide Bisnis 42+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Menjanjikan Di 2021

42+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Menjanjikan Di 2021

18
bisnis anak muda, ide bisnis anak muda, peluang usaha,
42 ide bisnis anak muda - image credit : pexels.com

Anda berada ditempat yang tepat jika anda sedang mencari apa ide bisnis anak muda yang dapat dimulai dengan modal kecil dan menjanjikan.

Untuk anak muda yang ingin menjadi pengusaha, modal kecil memang diakui sebagai salah satu hambatan utama.

Tetapi jika kamu cermat sebenarnya tidak sedikit peluang usaha untuk anak muda yang hanya membutuhkan modal kecil namun tetap menjanjikan dan menguntungkan.

Ambil contoh Yasa Singgih, Yasa adalah salah satu pengusaha muda yang berhasil memulai dan membesarkan bisnis dengan modal kecil.

Yasa merupakan salah satu anak muda yang berhasil membangun brand fashion Men’s Republik yang mempunyai omzet miliaran rupiah.

Atas keberhasilannya tersebut Yasa Singgih masuk daftar Forbes diusia 20 tahun sebagai pengusaha sukses dibawah umur 30 tahun. Selain, Yasa masih banyak contoh pengusaha muda sukses yang memulai bisnis dari nol seperti Danu Sofyan, Yukka Harlanda dan masih banyak lagi.

Keberhasilan mereka menjadi pengusaha di usia muda dengan modal terbatas tidak terlepas dari keputusan mereka dalam menentukan ide bisnis yang tepat dan sesuai bagi mereka.

Baca Juga : 33+ Usaha Modal 1 Juta Paling Menjanjikan dan Menguntungkan

Kamu juga bisa mengikuti jejak mereka dengan memulai bisnis yang tepat. Untuk anda yang membutuhkan inspirasi bisnis anak muda dengan modal kecil kami telah menyusun kompilasi inspirasi peluang usaha anak muda kreatif yang dapat dijalankan oleh anak muda dan remaja dalam buku eBook yang bisa kamu download pada akhir artikel ini.

Ide Bisnis Anak Muda Bidang Teknologi

1. Blogging

image credit : pexels.com

Blogging adalah salah satu ide bisnis anak muda yang menjanjikan dan dapat kamu jadikan pilihan jika kamu mempunyai hobi menulis, ketertarikan mendalam terhadap suatu niche market, dan tekun.

Bagi kamu yang belum mendalami dunia blogging mungkin bertanya-tanya apakah bisa hanya dengan blog membangun bisnis yang sukses?

Tentu bisa! dengan membangun blog yang populer anda akan mendapat dua modal yang paling utama dalam menghasilkan uang melalui internet.

Dua modal itu adalah awareness dan following dari pembaca blog anda. Hal ini tidak berbeda jauh dengan bisnis endorse di instagram yang menghasilkan uang dari banyaknya jumlah follower dan awareness.

Dengan kedua hal tersebut anda kemudian dapat menghasilkan uang dari menjual produk anda sendiri, menjual produk orang lain (bisa sebagai reseller, agent atau affiliate) atau bahkan dengan menjual space iklan dengan Adsense.

Hal ini sudah terbukti dengan tidak sedikit pengusaha muda yang sukses dari blogging seperti contoh yang paling luar biasa adalah Pete Cashmore yang mendirikan Mashable diusia 18 dan sekarang menjadi pemilik bisnis dengan pendapatan jutaan dolar.

Jika anda memutuskan untuk memilih blogging sebagai ide bisnis anak muda yang akan anda jalankan, maka segera mulai dengan mencari apa tema atau niche blog anda. Untuk memulai bisnis anak muda yang satu ini anda bisa membaca artikel kami di Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog.

2. Bisnis Toko Online

usaha anak muda toko online

Sudah bukan rahasia lagi jika tidak sedikit pengusaha muda yang sukses dengan bisnis toko online. Banyaknya anak muda yang berhasil dalam bisnis toko online tidak terlepas dari kreativitas serta ketekunan dalam menjalankan bisnis ini.

Jika anda termasuk orang yang kreatif, menyukai pemasaran online dan senang menjual produk fisik maka ini adalah ide bisnis anak muda yang tepat bagi anda. Banyak sekali produk-produk yang laris dijual di toko online mulai dari baju, sepatu, elektronik, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan bayi, sampai perhiasan.

Kamu dapat merintis bisnis toko online dengan membuka toko di online marketplace seperti Shopee, Tokopedia,Blibli atau dengan mengembangkan jaringan di instagram/facebook, atau bisa juga dengan membuka toko online dengan website sendiri.

Jika anda serius untuk menekuni peluang usaha anak muda kreatif yang satu ini, membuka toko online dengan domain sendiri dapat menjadi pilihan karena dengan domain sendiri kamu dapat mengumpulkan calon pelanggan dari berbagai sumber dalam satu tempat dan membangun brand bisnis anda dengan lebih kuat.

Terlebih lagi saat ini sangat mudah untuk membangun toko online di website sendiri dengan menggunakan jasa pembuatan website instan seperti Jejualan. Atau anda juga bisa membuat toko online yang menarik dengan WordPress da Woocommerce yang relatif murah dan mudah.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online Untuk Pemula

3. Bisnis Web Design

image credit : pexels.com

Peningkatan pesat penetrasi penggunaan internet dimasyarakat telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia yang semakin serba online. Hal ini secara langsung mempengaruhi posisi internet yang semakin penting dalam media untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Memiliki website dengan tampilan yang menarik menjadi sangat penting. Oleh karena itu, bisnis web design menjadi salah satu peluang usaha anak muda kreatif yang menjanjikan dan sedang berkembang saat ini.

Bisnis web design berkutat pada pembuatan desain website yang bagus, fungsional dan memberikan kesan yang sesuai dengan karakteristik dari suatu merek atau keinginan klien anda. Hal ini berbeda dengan bisnis web development yang mempunyai fokus lebih kuat pada fungsi serta fitur suatu website.

Untuk anda yang mempunyai kreativitas yang tinggi dan senang membuat kreasi visual dengan komputer anda, maka bisnis ini perlu anda pertimbangkan. Untuk memulai bisnis ini anda perlu mengetahui aspek-aspek tampilan dari website seperti kombinasi warna, elemen website, user experience, dan penggunaan software desain grafis seperti Adobe Photoshop.

Kelebihan dari bisnis web design adalah dengan memanfaatkan online freelance market seperti sribulancer, fiverr, upwork dan freelancer.com anda bisa mendapatkan klien dari manapun dan dengan menghasilkan uang dimanapun anda mempunyai laptop dan koneksi internet yang mumpuni.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Bidang Teknologi

4. Bisnis Web Development

Sama seperti web design, bisnis web development juga termasuk ide bisnis anak muda yang sangat menjanjikan dengan semakin pentingnya website dan internet.

Berbeda dengan web design yang fokus kepada aspek tampilan dari suatu website, web development lebih fokus kepada pengembangan fitur-fitur website dan bagaimana website tersebut bisa melaksanakan fungsinya.

Dengan demikian seorang web developer harus mempunyai keahlian yang mumpuni dalam programming dan mengetahui berbagai bahasa pemprograman seperti HTML, CSS dan Javascript untuk developer front end. Sedangkan untuk developer sistem dan framework harus mengetahui Ruby on Rails, Pyhton dan Django.

5. Pengembangan Aplikasi Mobile

bisnis aplikasi termasuk salah satu ide bisnis anak muda yang sangat menjanjikan

Adalah hal yang biasa melihat anak muda yang telah menguasai pemrograman komputer dan berhasil membangun perangkat lunak dan aplikasi berguna untuk komputer, tablet, dan smartphone. Jadi, jika tahu Anda ahli dalam mengembangkan aplikasi, Anda bisa menghasilkan uang dengan mengembangkan aplikasi.

Bahkan jika Anda tidak ahli dalam mengembangkan aplikasi, itu adalah keterampilan yang bisa Anda dapatkan jika Anda bersedia untuk belajar. Ada banyak aplikasi yang dijual di toko aplikasi dan masih dibutuhkan lebih banyak aplikasi. Jika Anda bisa menemukan aplikasi unik, Anda akan takjub dengan jumlah yang dapat Anda hasilkan dari penjualan aplikasi ini.

Jika di sisi lain Anda merasa ini adalah sesuatu yang mungkin Anda minati, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk pergi ke sekolah di mana Anda dapat dilatih dalam hal ini.

Bukan berarti anda yang tidak bisa programming tidak bisa menjalankan bisnis ini. Jika anda mempunyai ide aplikasi smartphone yang cemerlang anda bisa menyewa jasa orang lain untuk membuat aplikasi smartphone yang anda inginkan.

Untuk itu anda dapat menggunakan situs yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi smartphone seperti Fiverr.

 

6. Affiliate Marketing

cara kerja affiliate marketing

Affiliate marketing adalah bisnis yang bisa dijalankan oleh semua umur, dan tidak sedikit anak muda yang mendapatkan kesuksesan dengan menekuni dunia affiliate marketing.

Charles Ngo adalah salah satu contoh pengusaha affiliate marketing yang sukses menghasilkan penghasilan jutaan dolar pertahun diusianya yang ke 30. Anda bisa mempelajari lebih jauh tentang di di website ini.

Kelebihan dari affiliate marketing adalah anda dapat menghasilkan uang dengan mempromosikan produk atau jasa orang/perusahaan lain melalui sebuah link ke website merchant. Sedangkan untuk pengiriman, customer service serta berbagai urusan lainnya diurus oleh orang/perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

7. Jasa Internet Marketing

Saat ini internet marketing semakin mempunyai peran penting dalam bisnis. Bahkan tidak jarang bisnis kecil dan menengah yang dapat melakukan internet marketing dengan baik pada akhirnya dapat mengalahkan bisnis besar.

Jika anda dapat mempelajari seluk beluk internet marketing seperti content marketing, Facebook Ads, Instagram Ads, Adsword dan lainnya, maka anda mempunyai peluang untuk sukses di contoh bisnis anak muda yang satu ini.

8. Jasa Social Media Marketing

social media marketing adalah salah satu ide bisnis anak muda

Indonesia adalah negara yang sangat aktif dalam bersocial media. Terutama untuk anak muda, hampir tidak ada hari tanpa bermain social media.

Anda juga pasti sudah menyadari bahwa social media mempunyai kekuatan untuk membangun brand awareness dan menjadi salah satu sarana marketing yang efektif.

Jika anda adalah anak muda yang hebat dalam menggunakan social media maka anda bisa menawarkan jasa social media marketing sebagai bisnis anda.

Tidak semua orang hebat dalam menggunakan social media, dengan memberikan jasa social media marketing anda tidak hanya menghasilkan uang dari melakukan kegiatan yang anda sukai.

Jika anda sudah memiliki handphone dan paket data bisnis ini tidaklah memerlukan modal lebih dari hal tersebut. Oleh karena itu bisnis ini termasuk usaha kecil-kecilan untuk remaja dengan modal kecil yang dapat anda coba.

9. Bisnis Jasa Search Engine Optimization

Search engine optimization adalah pengetahuan mengenai praktik-praktik membuat website dan konten yang dapat memperoleh rangking tinggi di search engine seperti Google.

Perlu diketahui bahwa lebih 40% sumber traffic berasal dari referal search engine Google. Selain itu traffic yang berasal dari Google biasanya mempunyai relevansi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan traffic yang berasal dari social media seperti Facebook.

Oleh karena itu traffic dari Google sangat berharga untuk seorang pebisnis yang ingin produk dan perusahaannya dikenal dan ditemukan oleh calon pembeli dan mitra mereka.

Nah, jika kamu sanggup mempelajari seluk beluk search engine optimization dan mempraktikkannya maka tidak ada salahnya mencoba memulai inspirasi bisnis anak muda yang satu .

Jika anda sudah membangun portofolio yang bagus maka kamu bisa mengenakan biaya sebesar ratusan dolar Amerika untuk satu pekerjaan jangka pendek.

 

Peluang Usaha Untuk Remaja Bidang Ritel

10. Bisnis Pakaian

image credit : stocksnap.io

T-shirt, kaos, jeans, jaket, dress, dan produk pakaian lainnya adalah salah satu ide bisnis yang sangat cocok bagi anak muda. Hal ini karena kesuksesan bisnis pakaian mempunyai kaitan yang erat dengan kemampuan untuk melihat dan mengikuti trend yang terjadi dipasar.

Selain itu kreativitas yang tinggi juga sangat penting dalam bisnis pakaian, salah satu karakteristik lain yang biasanya lebih banyak dimiliki oleh anak muda. Oleh karena itu bisnis pakaian sangat cocok untuk anak muda.

Banyak anak muda yang sukses membangun bisnis dari industri pakaian, dan bukan tidak mungkin jika berikutnya anda yang menjadi pengusaha sukses dari industri ini.

Anda dapat memulai bisnis yang satu ini dengan sangat mudah, banyak sekali vendor grosir baju.

Bahkan anda dapat mencari vendor grosir baju hanya melalui Shopee. Misalnya untuk grosir Kaos anda menemukan vendor melalui link berikut:

grosir kaos

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pakaian Online

11. Bisnis Sepatu

theme toko online ATELIER

Alas kaki merupakan salah satu kebutuhan dasar. Sebagai kebutuhan dasar, pasar dan peluang bisnis ini sangat besar. Terutama untuk usia muda yang ingin tampil gaya, bisnis sepatu mempunyai prospek yang cerah untuk dijalankan.

Apabila anda mempunyai ide dan suatu konsep yang menarik untuk menghasilkan alas kaki yang nyaman dan gaya maka bisnis sepatu dapat menjadi pilihan anda.

Anda dapat memulai dengan menyerahkan proses produksi kepada pengrajin dan fokus kepada membuat model yang bagus serta nyaman.

Anda kemudian dapat memamerkan hasilnya kepada teman-teman anda untuk mendapatkan pembeli dan menjadikan keuntungan yang anda peroleh sebagai modal memulai.

Baca Juga : 70 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

12. Bisnis Ransel Kain/Canvas

Saat ini tas berbahan dasar kain atau canvas dengan desain yang trendy. Tas kanvas warna yang menarik semakin populer untuk berbagai kalangan mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran semakin banyak yang menggunakan tas ransel kain/canvas.

Salah satu bisnis anak muda masa kini yang fokus dipenjualan ransel kain/canvas dan sukses adalah Visval bag dan Nama bag. Mereka mempunyai unikan tersendiri dan karakter anak muda yang kuat sehingga laris dipasaran.

source : visvalbags.com

Jika kamu mempunyai ketertarikan dalam bisnis tas maka tidak ada salahnya menjajal contoh bisnis anak muda yang satu ini mengingat peluang usaha yang satu ini masih cukup terbuka.

13. Bisnis Barang Handmade

membuat barang handmade juga dapat menjadi usaha anak muda

Apakah anda menyukai membuat suatu kreasi yang menarik dengan tangan anda? Membuat dan menjual barang handmade seperti tas etnik, perhiasan, dekorasi rumah, dan lainnya mempunyai peluang untuk menjadi bisnis yang menguntungkan.

Keuntungan yang dihasilkan dari bisnis handmade cukup menggiurkan, dimana margin kotor bisa mencapai 60% atau bahkan 100% dari modal kerja.

Selain itu bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa memanfaatkan sistem preorder untuk menambah modal anda.

Oleh karena itu bisnis barang handmade termasuk salah satu usaha kecil-kecilan untuk remaja dan anak muda yang menjanjikan.

Jika anda ingin mempelajari lebih jauh tentang bisnis barang handmade anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

14. Bisnis Jeans

Celana dan jaket jeans adalah bagian penting dari kehidupan anak muda. Keduanya merupakan salah satu “seragam” wajib anak muda untuk sehari-hari dan beraktivitas.

Oleh karena itu jeans dengan harga murah banyak dicari oleh anak muda.

Bahkan saat ini jeans tidak hanya dipakai anak muda, orang yang lebih tua juga suka memakai jeans. Sehingga pasar bisnis ini cukup luas dan menjanjikan

Jelas jika kemudian bisnis jeans termasuk bisnis anak muda yang menjanjikan. Tidak hanya itu usaha jeans juga tidak membutuhkan modal besar sehingga cocok sebagai usaha kecil-kecilan untuk remaja dan anak muda.

Jika anda salah satu anak muda yang menyukai jeans, dan mengetahui model serta senang mengikuti mode terkini maka bisnis jeans dapat menjadi usaha anak muda kreatif yang tepat bagi anda.

 

Usaha Kecil-kecilan Untuk Remaja Bidang Jasa

15. Bisnis Event Organizer

Apakah anda senang mengorganisir, berinteraksi dengan orang banyak, dan hebat dalam memperhatikan detail? Jika jawaban anda adalah ya, maka salah satu ide bisnis anak muda modal kecil yang cocok untuk anda adalah bisnis event organizer.

Dalam memulai bisnis event organizer yang anda perlukan adalah portfolio dan track record.

Oleh karena itu sebagai permulaan anda dapat membantu keluarga atau teman dekat anda dalam menyelenggarakan suatu acara.

Kemudian gunakan keberhasilan dalam menyelenggarakan acara tersebut sebagai contoh pelaksanaan acara yang telah anda tangani kepada calon klien anda saat memberikan proposal.

16. Menjadi Guru Privat

Mempunyai nilai tinggi di mata pelajaran matematika, fisika, atau lainnya? atau anda mempunyai skor tinggi untuk tes TOEFL, IELTS, GRE atau GMAT?

Jika anda mempunyainya maka menjadi guru privat dan membantu orang lain meraih prestasi yang mereka inginkan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sebagai gambaran, untuk guru privat matematika di Ruangguru.com mengenakan tarif rata-rata Rp. 75.000 – Rp. 100.000 per jam.

Sedangkan untuk guru TOEFL dapat mengenakan tarif mulai dari Rp. 150.000 – Rp. 200.000 per jam.

Untuk membantu anda dalam mencari murid anda bisa memanfaatkan platform elearning seperti Ruangguru.

17. Bisnis Online Course

jika anda mempunyai keahlian untuk diajarkan bisnis online course dapat menjadi usaha anak muda yang tepat

Apakah anda mempunyai pengetahuan yang dapat diajarkan kepada orang lain? apakah anda mempunyai keahlian dalam mengajarkan sesuatu dengan menarik dan membuatnya mudah dipahami?

Jika ya bisnis online course dapat menjadi usaha anak muda dengan modal kecil yang tepat untuk anda. Usaha ini membutuhkan kreativitas dan pengetahuan yang cukup mendalam, sehingga ide ini cocok untuk usaha anak muda kreatif.

Yang perlu anda lakukan dalam bisnis ini adalah membuat materi pengajaran yang terdiri dari video pengenalan konsep-konsep, video penjelasan langkah demi langkah, contoh-contoh, dan studi kasus serta latihan untuk mencapai tujuan dari pengajaran yang anda berikan.

Kelebihan dari bisnis online course adalah anda sebagian besar pekerjaan yang diperlukan anda lakukan didepan, dan setelah online course anda siap untuk dijual anda bisa fokus kepada memasarkan online course anda.

Dengan demikian jika online course anda sudah memperoleh murid yang cukup banyak, online course anda dapat menjadi sumber semi passive income yang baik.

18. Jasa Virtual Assistant

Saat ini dunia semakin kompleks dengan begitu cepatnya arus informasi dan komunikasi dapat dilakukan secara instan. Hal ini mengakibatkan banyak orang yang begitu sibuk dan membutuhkan bantuan untuk menangani berbagai hal-hal administratif seperti membuat daftar pertemuan penting, rencana bulanan, memastikan tagihan terbayar, mengatur keuangan dan lain-lain.

Untuk itulah saat ini banyak sekali yang mencari bantuan dari jasa virtual assistant guna membantu mereka menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Jika anda mempunyai laptop, smartphone, koneksi internet, pandai mengorganizir dan berkomunikasi maka menjadi virtual assistant bisa menjadi ide bisnis anak muda yang pas untuk anda.

19. Jasa Penerjemah

Apakah anda menguasai lebih dari satu bahasa? Jika anda menguasai bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, German, India, Spanyol atau Rusia maka dapat dipastikan jika anda dapat menghasilkan uang yang serius dengan memberikan jasa penerjemah kepada perusahaan-perusahaan yang memerlukan penerjemahan dokumen, kontrak, atau bahkan sebagai asisten direktur.

Modal utama dari bisnis ini adalah keahlian bahasa asing anda dan satu perangkat laptop atau desktop PC. Anda dapat membeli laptop bekas dengan harga sangat terjangkau sehingga modal yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit. Kemudian anda bisa memasarkan jasa anda melalui internet dan media sosial.

Dengan cara tersebut usaha yang satu ini dapat dimulai sebagai usaha kecil-kecilan untuk remaja seperti anda.

20. Jasa Pengisi Suara Freelance

Voice over atau pengisi suara merupakan unsur yang penting dalam berbagai aktivitas bisnis multimedia seperti animasi, video komputer, podcasting, online course dan masih banyak lagi.

Bisnis ini sangat cocok untuk anak muda yang senang berakting dengan suara dan mempunyai suara yang berkarakter. Bisnis ini juga mempunyai prospek yang baik untuk go internasional khususnya untuk anak muda di Jepang.

 

21. Bisnis Laundry

Bisnis yang satu ini sangat menguntungkan dan relatif sederhana. Anak muda yang tidak pengalaman namun pekerja keras berpeluang untuk sukses dengan bisnis ini.

Bisnis laundry rumahan dapat dimulai dengan modal kecil sehingga cocok sekali sebagai usaha kecil-kecilan untuk remaja.

Yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis jenis ini dalam skala kecil setidaknya adalah mesin cuci, pengering, setrika pengepres, papan setrika dan suplai deterjen dan pemutih.

Saat memulai, Anda dapat meminta izin dari orang tua Anda untuk menggunakan mesin cuci, pengering, setrika pengepres, papan setrika, dll – jika tersedia di rumah Anda. Jika tidak, Anda bisa mencari modal awal dari orang tua, paman, bibi dan anggota keluarga lainnya.

Baca Lebih Lanjut : Cara Memulai Bisnis Laundry

23. Jasa Pembukuan UKM

Jika kamu merupakan anak muda yang mempunyai pendidikan di bidang akuntansi, perpajakan atau pembukuan maka bisnis anak muda yang dapat anda lakukan adalah bisnis pembukuan UKM.

Tidak butuh modal besar dalam bisnis ini. Modal utama dalam bisnis pembukuan UKM adalah keahlian serta pengetahuan dalam menyusun pembukuan yang rapi, teliti dan mudah dibaca oleh pemilik bisnis.

Bisnis pembukuan UKM mempunyai prospek yang cerah karena UKM adalah penggerak ekonomi di Indonesia dengan jumlah mencapai 49 juta dan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai 60,34 persen di tahun 2016. Dengan besarnya jumlah UKM dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia tersebut, jasa atau produk yang melayani UKM adalah bisnis yang menjanjikan.

Untuk memulai bisnis ini kamu harus aktif mencari klien dan membuat iklan-iklan online untuk menawarkan jasa yang kamu berikan. Akan lebih baik lagi jika kamu membuat website yang profesional untuk menunjukkan keseriusan kamu dalam bisnis ini.

24. Konsultan Cyber Security

Saat ini serangan cyber semakin meluas dan sering terjadi. Pada tahun 2017 misalnya terjadi serangan masal ransomware WannaCry yang melumpuhkan banyak sekali infrastruktur IT perusahaan.

Selain semakin sering, serangan cyber juga semakin menimbulkan kerugian yang semakin besar. Hal tersebut karena saat ini infrastruktur IT perusahaan menjadi semakin penting untuk kelancaran operasional perusahaan tersebut.

Hal yang sama diprediksi akan berlanjut di tahun 2018 dan seterusnya. Dengan trend tersebut jasa konsultasi cyber security menjadi salah satu ide bisnis yang akan banyak dibutuhkan dan dicari.

Nah jika kamu termasuk anak muda yang suka belajar mengenai keamanan suatu sistem komputer dan software maka ini dapat menjadi salah satu bisnis anak muda yang menjanjikan.

Bahkan cukup banyak perusahaan internasional seperti Google yang memberikan hadiah uang besar untuk mereka yang berhasil menemukan celah keamanan di sistem mereka.

25. Jasa Babysitting / Penjagaan Anak

Sebagai anak muda salah satu cara termudah menghasilkan uang – terutama saat liburan dari sekolah adalah menawarkan layanan penjagaan anak.

Ada orang tua kelas pekerja yang akan lebih dari bersedia untuk menyewa jasa Anda. Terutama jika Anda dikenal tenang, dekat dengan anak dan berpengalaman mengasuh adik atau anak tetangga.

Anda tidak memerlukan modal awal untuk mulai menghasilkan uang dengan menawarkan layanan penjagaan anak; Yang Anda butuhkan adalah bagaimana berhasil merawat bayi atau anak. Bahkan bisnis yang satu ini dapat dimulai oleh seorang remaja SMP atau remaja SMA sekalipun.

Semua yang Anda butuhkan saat memulai bisnis ini adalah memiliki kecenderungan untuk dekat dengan bayi dan anak-anak. Anda akan kagum pada jenis klien yang mungkin bisa Anda tarik saat Anda mengubah kesukaan Anda dengan anak kecil menjadi sebuah bisnis.

26. Bisnis Online Travel Agent

Anda mungkin berpendapat di era dengan banyaknya website pemesanan tiket dan hotel online, bisnis travel agent adalah bisnis yang buruk dan tidak mempunyai potensi.

Tetapi akan selalu ada permintaan bantuan ahli dari travel agent dengan banyaknya website, pilihan akomodasi, transportasi dan kerumitan merencanakan suatu perjalanan dengan jumlah peserta yang banyak atau dengan beberapa perhentian.

Terlebih bagi mereka yang mempunyai keterbatasan waktu untuk membuat perencanaan travel, pemesanan dan komunikasi dengan berbagai vendor bantuan travel agent sangatlah membantu. Jika kamu dapat memberikan kemudahan tersebut, bisnis travel dapat menjadi usaha anak muda yang menjanjikan.

Untuk bisa bersaing dengan website booking hotel dan pesawat yang harus anda lakukan dalam memulai bisnis travel agent adalah menawarkan jasa atau ceruk yang unik dan fokus.

Misalnya anda fokus memberikan penawaran untuk paket travel bersama keluarga kecil, wisata sejarah, wisata budaya atau wisata olahraga. Kuncinya adalah menawarkan sesuatu hal yang berbeda dari yang kebanyakan website travel lain tawarkan. Anda bisa memulai dengan mendaftar menjadi agen Travel.com.

Peluang Usaha Anak Muda Kreatif Bidang Kuliner

27. Bisnis Makanan Ringan

Hampir semua orang senang memakan makanan ringan disela-sela waktu luang atau untuk sekedar mengganjal rasa lapar. Selain potensi pasarnya yang besar, bisnis makanan ringan juga sangat terbuka dengan ide-ide inovatif dan menarik.

Bisnis makanan ringan juga sudah sering dilakukan oleh anak muda dan remaja, bahkan oleh mereka yang masih duduk sebagai siswa SMP atau SMA.

Hal ini memungkinkan anda yang mempunyai ide makanan ringan yang unik dan enak untuk membangun bisnis makanan ringan yang sukses. Contohnya seperti Maicih yang berasal dari marketing mulut ke mulut dan modal kecil hingga menjadi bisnis dengan omzet milyaran rupiah.

Baca Juga : 5 Langkah Memulai Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Kecil

28. Bisnis Cake dan Kue

Apakah anda senang berkreasi didapur dan membuat makanan manis dengan tampilan menarik? Jika ya bisnis cake dan kue adalah cara yang hebat untuk menghasilkan uang untuk anda. Terutama jika rumah anda mempunyai tempat dan perlengkapan yang mendukung.

Anda dapat belajar membuat cake dari orang tua anda atau dari Youtube. Kemudian setelah anda cukup pandai untuk menghasilkan cake yang enak dan mempunyai tampilan yang kreatif anda bisa mulai menjual kepada orang-orang melalui instagram dan promosi social media lainnya.

29. Bisnis Cafe

bisnis cafe merupakan salah satu bisnis anak muda

Memulai dan mengelola bisnis cafe bukanlah hal yang mudah, anda tidak bisa berhasil dengan sekedar mempunyai kopi atau kue yang enak. Kesuksesan dari bisnis cafe sangat ditentukan dari kreativitas dan visi yang kuat dari cafe anda. Selain itu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan kreativitas juga akan sangat membantu. Jika anda mempunyai karakteristik tersebut, memulai bisnis cafe dapat menjadi pilihan ide bisnis untuk anda.

Terkait: Memulai Bisnis Cafe Dengan Modal Kecil

30. Bisnis Kuliner Kekinian

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik – pisang goreng nugget

Bukan rahasia lagi jika saat ini bisnis kuliner semakin dinamis. Banyak sekali bisnis kuliner yang kemudian berkembang karena keunikan yang viral dan membuat orang penasaran.

Beberapa contohnya, pisang nugget, es kepal milo, mango thai, thai tea, dan ayam geprek. Semua bisnis tersebut tidak membutuhkan modal yang besar, cukup modal kecil untuk memulai bisnis kuliner tersebut.
Jika kamu mempunyai ide makanan kuliner yang unik dan instagrammable maka kemungkinan cocok untuk menjalankan bisnis anak muda yang lagi trend ini.

31. Bisnis Minuman Ringan

Sebagai anak muda pasti kamu menyadari bahwa bisnis minuman saat ini terus berkembang pesat dan meledak. Tidak hanya bisnis kopi, bisnis minuman ringan seperti Thai Tea, Bubble atau Boba, Coklat dan Milkshake terus meningkat penjualannya.

Bisnis ini mempunyai peluang cerah bagi anda yang kreatif dalam membuat minuman ringan yang enak rasa.

Peluang usaha anak muda ini terbilang cepat balik modalnya karena perputaran uangnya yang cepat dan modal awal yang kecil.

Bisnis Anak Muda Bidang Industri Kreatif

32. Bisnis eBook

Menjual eBook dari berbagai penulis atau menjual eBook yang Anda tulis sendiri adalah ide bisnis anak muda dengan modal kecil lainnya yang dapat anda lakukan. Jika anda pandai menulis cerita yang menarik bukannya tidak mungkin anda bisa meraih pembaca dalam jumlah yang besar dan kemudian diadaptasi untuk menjadi film yang populer.

33. Jasa Menulis Freelance

image via : pexels.com

Salah satu alternatif ide bisnis anak muda bagi anda yang senang menulis dan ingin menghasilkan uang dengan segera adalah dengan memulai bisnis jasa menulis freelance.

Jasa menulis yang dapat anda tawarkan bisa berupa pembuatan artikel website, ebook, penulisan kreatif, tulisan akademik, copywriting dan penulisan bisnis. Anda bisa memulai dengan mencari pekerjaan dari situs-situs freelance marketplace seperti Upwork, Freelancer, Fiverr dan lainnya.

34. Jasa Videografi

image credit : pexels.com

Cisco Inc perusahaan raksasa dibidang telekomunikasi memprediksi bahwa pada tahun 2020, 82% traffic internet konsumen akan berasal dari video.

Oleh karena itu, videografer yang dapat membuat video berkualitas akan banyak dicari. Jika anda menyukai membuat video dan konten kreatif maka videografi dapat menjadi  ide bisnis anak muda yang tepat .

35. Jasa Fotografi

bisnis anak muda – bisnis fotografi – image credit : stocksnap.io

Apakah anda mempunyai passion dalam fotografi? Menangkap momen atau objek adalah bagian dari seni fotografi yang sangat dibutuhkan dalam berbagai situasi.

Kawinan, anniversary, ulang tahun, foto produk, model, presentasi, dan pembuatan company profile hanyalah sebagian dari kebutuhan jasa fotografi.

Anda dapat menghasilkan uang dengan membantu klien mendapatkan gambar yang bagus dan sesuai dengan keinginan mereka.

36.Bisnis Desain Grafis

Jika anda menguasai software desain grafis seperti photoshop dan kreativistas, anda dapat menghasilkan uang hanya bermodal laptop.

Desain grafis mempunyai peluang baik karena diperlukannya desain untuk materi promosi seperti ilustrasi promo, poster, dan lainnya.

Ide ini cocok untuk usaha anak muda karena modalnya kecil dan pentingnya kreativitas dalam kesuksesan bisnis ini.

37. Membuat Channel Youtube

Potensi pendapatan dari Channel Youtube yang sukses sangat menggiurkan.

Pendapatan seorang Youtuber atau Vlogger sukses yang mempunyai jutaan subsriber dapat mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Daniel Middleton salah satu vlogger tersukses di dunia meraih pendapatan lebih dari US$ 16,5 juta pada tahun 2017!!

Youtuber Indonesia juga tidak sedikit yang sukses, Gen Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, dan Reza Oktavian misalnya dapat menghasilkan ratusan juta per bulan dari Vlognya.

Jika kamu mempunyai ide-ide kreatif, mempunyai selera humor yang bagus dan pandai membuat cerita maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis anak muda masa kini yang satu ini.

Baca Juga : 8 Tips dan Cara Menjadi Vlogger Sukses

38. Bisnis Merangkai Bunga

Berbagai momen terasa lebih spesial dengan hadiah bunga misalnya acara wisuda, ulang tahun, dan anniversary kekasih. Memulai usaha bunga rangkaian tidak membutuhkan modal yang besar.

Yang kamu butuhkan adalah kreativitas, keahlian untuk menjual, menangkap foto bunga buket yang bagus, dan kemampuan kamu membangun jaringan. Oleh karena itu, bisnis merangkai bunga termasuk salah satu usaha anak muda kreatif yang menjanjikan saat ini.

Kamu dapat memulai usaha bunga dengan memanfaatkan momen-momen tertentu seperti wisuda, dan kemudian fokus kepada pemasaran melalui social media.

Salah satu contoh pengusaha muda yang sukses berbisnis merangkai bunga adalah Yosefine, pendiri Lanushky Bouguet yang memulai usaha ini dengan modal Rp 100 ribu saja. Dengan modal awal Rp 100.000, dia lalu merangkai dan menghias bunga tersebut menggunakan kotak beragam bentuk.

39. Bisnis Anak Muda Hadiah Unik

usaha kado unik : bisnis sampingan anak muda

Apakah anda termasuk anak muda yang mempunyai kreatif dan senang membuat segala sesuatu yang unik? misalnya menggambar sepatu canvas, membuat ilustrasi dengan potongan kertas, jam dinding kustom, jaket lukis atau bahkan scrapbook?

Jika ya salah satu bisnis anak mudah yang cocok untuk untuk anda adalah usaha hadiah unik.

Dalam bisnis anak muda yang satu ini kamu memberikan layanan bernilai tinggi kepada pelanggan yang menghargai hadiah yang unik.

Bisnis Anak Muda Bidang Budidaya

40. Bisnis Budidaya Ikan

Bisnis budidaya ikan adalah usaha yang sangat berkembang dan menguntungkan. Seorang anak muda yang tertarik untuk menghasilkan uang dari industri pertanian harus mempertimbangkan untuk memulai bisnis budidaya ikan.

Ikan dikonsumsi di seluruh belahan dunia sehingga ada pasar ikan yang besar. Khususnya jika anda dapat menerapkan standar tinggi untuk dapat di ekspor ke pasar Jepang.

Banyak orang telah menghasilkan uang dari peternakan ikan, karena populasinya membengkak dan kebutuhan protein jauh melampaui persediaan yang ada.

Bisnis budidaya ikan dapat menjadi bisnis anak muda mengingat modalnya yang tidak besar untuk budidaya lele. Gibran Huzauziah pendiri startup eFishery contohnya merupakan pengusaha budidaya ikan lele sebelum memutuskan fokus ke bisnis pengembangan perangkat pemberi pakan ikan budidaya.

41. Bisnis Budidaya Jamur

Jamur saat ini semakin banyak digunakan sebagai bahan masakan baik dirumah tangga ataupun untuk usaha-usaha kuliner.

Bahkan terdapat pasar ekspor yang cukup besar untuk jamur jenis-jenis tertentu. Bisnis ini dengan demikian mempunyai prospek yang cukup cerah. Tidak hanya itu risiko gagal panen, kelebihan biaya pakan, dan keperluan modalnya juga lebih kecil dari bisnis ikan.

Bisnis Anak Muda Bidang Lain-Lain

42. Investasikan Uang di Peer to Peer Lending

Jika anda lebih suka menghasilkan uang dari Internet tanpa harus berjualan dan investasi waktu yang minim inilah cara yang tepat.

Berinvestasi di Peer to Peer Lending (P2P Lending) dapat memberikan imbal hasil / return mulai dari 15% sampai 25% pertahun. Hasil tersebut jauh lebih tinggi dari bunga deposito yang sebesar 4-6%. Tetapi P2P Lending juga berisiko gagal bayar lebih besar.

Karena itu anda harus memahami bagaimana sistem dari P2P Lending. Anda dapat mendiversifikasi pinjaman dengan menyebarkan dana ke banyak beberapa peminjam.

Salah satu platform P2P Lending yang sangat cocok untuk pemula dalam hal ini adalah Koinworks. Karena Koinworks memungkinkan anda untuk berinvestasi P2P Lending dengan modal mulai dari Rp. 100.000 saja.

Koinworks juga lebih aman karena adanya dana proteksi yang mengganti modal investasi jika terjadi gagal bayar.

Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut anda bisa mengunjungi website Koinworks, dan dengan memasukkan kode referral 88105 anda dapat memperoleh Koin senilai Rp. 300.000 untuk modal investasi anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Passive Income Yang Efektif

Cara Memulai Bisnis Anak Muda?

Memulai bisnis sebagai anak muda mempunyai tantangan tersendiri. Anda mungkin mempunyai modal uang atau pengalaman yang terbatas. Selain itu mungkin anda juga akan menemukan orang-orang yang meragukan anda karena usia anda yang muda.

Dengan adanya tantangan dan hambatan tersebut, anda perlu memperhatikan beberapa tips sukses memulai bisnis anak muda sebagai berikut:

Infografis Tips Bisnis Anak Muda

1. Dapatkan Mentor

Kurangnya pengalaman sebagai pengusaha menjadi salah satu tantangan terbesar seorang pengusaha muda. Hal ini karena kurangnya pengalaman dapat mengakibatkan seorang pengusaha muda mengambil keputusan yang salah dan rawan sekali ditipu oleh orang lain.

Untuk itu seorang pengusaha muda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari seorang mentor berpengalaman. Cobalah untuk mencari alumni sekolah atau kampus anda yang berhasil menjalankan bisnisnya dan mintalah “wejangan” serta pendapat mereka dalam mengambil suatu keputusan.

2. Kembangkan Inovasi

Inovasi disini tidak berarti suatu hal yang benar-benar baru. Perbaikan yang kecil termasuk sebagai inovasi sepanjang hal tersebut meningkatkan nilai tambah.

Adanya nilai tambah dari inovasi tersebutlah yang kemudian menjadi bibit keunggulan kompetitif bisnis anda. Maicih misalnya sukses karena inovasi kecilnya dalam memperkenalkan level pedas serta penggunaan media sosial dalam pemasaran.

3. Mengikuti Komunitas Pengusaha

Seorang pengusaha yang sukses menjalankan usaha mereka dengan professional dan sesuai praktik terbaik. Setiap pengusaha juga membutuhkan sistem pendukung sosial yang dapat membantu mereka melalui tantangan sebagai pengusaha.

Semua hal tersebut dapat anda dapatkan dengan bergabung dalam suatu komunitas pengusaha. Anda dapat mempelajari praktik-praktik bisnis yang baik yang berguna untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis anda dari mereka yang sudah lama menjalankan bisnis tersebut.

4. Atur Risiko Anda

Seorang pengusaha sukses harus berani mengambil risiko. Namun berbeda dengan pengusaha gagal, seorang pengusaha sukses mengambil risiko yang telah dimitigasi, diminimalisir dan dapat mereka tanggung.

Contohnya, pengusaha sukses sebelum membuka cabang baru selalu melakukan perhitungan yang matang dan analisa mendalam. Hal ini berbeda dengan pengusaha gagal dimana mereka membuka cabang baru tanpa melihat bagaimana potensi untung rugi dalam membuka cabang disuatu lokasi tersebut.

Sebagai praktik yang baik hitunglah potensi kerugian yang dapat terjadi dalam suatu pengambilan keputusan. Kemudian cobalah untuk meminimalisir potensi kerugian yang dapat terjadi sesuai dengan kemampuan bisnis anda.

Penutup Bisnis Anak Muda

Seperti yang sudah kamu baca, banyak sekali sebenarnya bisnis anak muda yang bisa kamu coba.

Mungkin tidak semuanya cocok untuk kamu. Wajar karena anda mungkin mempunyai minat yang berbeda.

Kami akan sangat terbantu jika anda dapat menshare artikel ini di social media favorit kamu.

Ada pertanyaan? hubungi kami melalui kolom komentar dibawah.

ebook bisnis anak muda dan inspirasi bisnis anak muda

EBook Gratis 42+ Contoh Bisnis Anak Muda

Jika anda ingin membaca artikel ini dalam bentuk eBook anda dapat membaca melalui link berikut ini ebook gratis kami tentang ide usaha anak muda sebagai bahan bacaan anda.

Advertisement

18 COMMENTS

  1. Sebenarnya peluang usaha untuk kaum milenial tuh beragam dan banyak sekali. Sampai selebgram aja termasuk usaha loh.. Bagaimana cara agar kita sebagai kaum milenial yang baru dan awam bisnis mampu ikut bersaing dengan yang lebih dulu ada? Mohon informasi nya ya Thanks

  2. segala jenis bisnis yang ada disini sangat berpotensi untuk berhasil, namun perlu dipahami point penting dan menjadi dasar dalam menjalankan bisnis adalah konsisten dan komitemen, terima kasih idntreprenueur atas rekomendasi dan ulasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: Content is protected !!
Exit mobile version