Home Memulai Bisnis 5 Cara Membuat Nama Bisnis dan Usaha Yang Bagus

5 Cara Membuat Nama Bisnis dan Usaha Yang Bagus

1
cara membuat nama bisnis dan usaha yang bagus

Membuat nama bisnis dan usaha yang bagus bisa lebih sulit dari yang anda bayangkan. Nama bisnis yang bagus haruslah membantu orang lain memahami apa yang anda tawarkan dan cukup unik untuk mudah diingat.

Nama juga mempunyai peran yang tidak sedikit dalam kesuksesan suatu bisnis. Ambil contoh Netflix yang pernah mengalami bencana disaat mereka mengganti nama bisnis penyewaan DVD mereka menjadi “Qwikster” di tahun 2011. Perubahan tersebut ditujuan agar nama Netflix hanya ekslusif terkait dengan layanan streaming.

Perubahan nama tersebut kemudian hanya berlangsung singkat karena banyaknya pelanggan yang tidak menyukai perubahan tersebut. Akibatnya 800 ribu pelanggan meninggalkan layanan Netflix dan dalam waktu 2 bulan harga saham Netflix turun sampai 50%.

Disisi lain, iPod dan iPhone merupakan salah satu contoh dimana membuat nama bisnis yang bagus mempunyai kontribusi penting dalam membangun brand yang kuat. Kedua nama tersebut unik, menggambarkan fungsi, serta karakter dari produk yang ditawarkan.

Dari kedua contoh diatas sudah jelas jika membuat nama bisnis yang bagus penting untuk anda, pertanyaan bagaimana cara membuat nama bisnis yang bagus? Untuk menjawab pertanyaan tersebut anda dapat mempertimbangkan beberapa tips membuat nama usaha dari kami sebagai berikut.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Menarik

1. Membuat Nama Bisnis Yang Bagus Dengan Nama Yang Dikenal Luas

Apple – Contoh Cara membuat nama bisnis yang bagus

Anda pasti setuju jika Alibaba, Amazon dan Apple menggunakan nama usaha yang mudah diingat dan bagus. Kesamaan dari pemilihan ketiga nama tersebut adalah nama-nama tersebut dibuat dengan memilih nama sesuatu hal yang sudah dikenal secara luas.

Proses yang paling sulit agar suatu nama dapat diingat adalah proses “menempelnya” suatu nama di otak. Pemilihan nama bisnis dengan suatu hal yang sudah dikenal luas untuk suatu bisnis memungkinkan nama bisnis anda lebih mudah diingat karena kata-kata tersebut sudah “menempel” di otak anda sebelumnya.

Tidak menjadi masalah jika nama benda atau suatu hal yang anda pilih tersebut tidak memiliki kaitan atau relevansi dengan produk atau jasa yang anda jual. Namun pastikan jika nama yang anda pilih sesuai dengan norma-norma kesopanan dan kesusilaan ditempat anda memasarkan produk anda.

2. Menggunakan Nama Sendiri Untuk Nama Bisnis dan Usaha Anda

Apakah anda tau jika banyak sekali nama bisnis dan merek terkenal yang berasal dari nama pendirinya?  Louis Vuitton, Boeing, Honda dan Dyson merupakan beberapa contohnya.

Melihat beberapa contoh bisnis dan brand yang sukses tersebut, dapat dilihat bahwa menggunakan nama pendiri sebenarnya merupakan salah satu cara untuk membuat nama bisnis yang bagus. Tidak hanya menggunakan nama pendirinya saja, anda juga dapat menggunakan beberapa elemen nama pendiri untuk membuat nama bisnis seperti Walmart dan IKEA.

3. Menggunakan Akronim Yang Bermakna

ikea contoh akronim untuk membuat nama usaha

Akronim atau singkatan dari beberapa kata adalah salah satu cara membuat nama bisnis yang bagus dan cukup populer, BBC (British Broadcasting Company) dan IBM (International Business Machine) menjadi contohnya.

Sebagai tips dalam memberikan nama dengan menggunakan akronim pastikan bahwa anda menggunakan kata yang dapat mendeskripsikan apa produk atau jasa yang anda sediakan. Selain itu gunakan akronoim yang tidak terlalu panjang, antara 3-4 suku kata. Terakhir, pastikan bahwa akronim tersebut mudah diucapkan secara lantang.

4. Membuat Nama Bisnis Yang Bagus dengan Inti dari Visi dan Misi Bisnis

Tujuan merupakan inti dari kehidupan suatu bisnis, tujuan yang kuat dapat menarik pelanggan dan membuat mereka loyal terhadap bisnis anda.

Dengan prinsip tersebut menggunakan kata-kata yang relevan dengan visi dan misi bisnis anda dalam memberi nama bisnis anda dapat menjadi pilihan yang bijak.

Tidak sedikit bisnis yang menggunakan hal ini, contohnya seperti Wholefood, BeyondMeat, dan Uniqlo.

5. Menggunakan Permainan Kata Sebagai Nama Usaha

Cara terakhir untuk membuat nama bisnis yang bagus dan cukup banyak digunakan adalah dengan menggunakan permainan kata dari nama benda atau sesuatu yang berkaitan dengan usaha anda.

Contoh seperti Gojek yang merupakan permainan kata dari Ojek yang menjadi tulang punggung layanan awal mereka yaitu jasa transportasi berbasis ojek.

Dalam membuat nama dengan menggunakan permainan kata pastikan untuk memilih nama yang mudah untuk diucapkan dan tidak membingungkan orang untuk menyebutkan namanya. Hal tersebut penting agar nama anda lebih mudah diingat dan dikenali.

 

 

Advertisement

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version