Memulai Bisnis

5 Langkah Cara Memulai Bisnis Jasa Titip Luar Negeri dan Lokal

Bukan rahasia lagi jika saat ini bisnis jasa titip merupakan salah satu peluang usaha modal kecil yang menguntungkan. Tidak sedikit mereka yang menjalankan bisnis jasa titip secara serius bisa memperoleh omzet puluhan atau bahkan ratusan juta. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis jasa titip tentu salah satu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara memulai bisnis jasa titip luar negeri dan lokal.

Untuk menjawab pertanyaan yang mendasar tersebut artikel ini akan menjelaskan langkah dan cara memulai bisnis jasa titip luar negeri dan lokal.

 

1. Riset Pasar

image credit : pexels.com

Seperti bisnis lainnya untuk mengurangi tingkat risiko cara memulai bisnis jasa titip luar negeri atau lokal harus diawali dengan riset pasar yang cukup.

Melakukan riset pasar terlebih dahulu sangat penting karena riset pasar memungkinkan anda untuk memahami pasar jastip secara lebih baik dan mengetahui peluang, tantangan dan persaingan di pasar tersebut.

Untuk bisnis jasa titip anda dapat memulai dari pasar yang anda cukup kenal dan pahami. Misalnya anda mungkin hobi dan senang dengan streetwear dan sneaker maka anda dapat melakukan riset pasar secara lebih mendalam untuk pasar bisnis jasa titip streetwear dan sneaker.

Tentukan beberapa pasar jastip potensial untuk anda teliti dan pahami, anda harus mengetahui apakah sudah ada bisnis jasa titip untuk pasar tersebut? jika ada seberapa besar mereka? dan apakah ada barang yang belum mereka tawarkan?

 

2. Tentukan Target Pasar

Setelah melakukan riset pasar terhadap beberapa pasar jastip yang potensial anda harus menentukan target pasar anda. Untuk memilih target pasar jastip yang tepat dari beberapa pasar yang telah anda riset anda dapat melakukan penilaian dengan memberikan nilai 1-10 untuk beberapa kriteria penilaian seperti besar pasar, profit margin, tingkat persaingan, potensi jangka panjang, dan kebutuhan modal.

Baca Juga : Bingung Mau Bisnis Apa? Coba 7 Usaha Ini Yuk

 

3. Siapkan Media Promosi

image credit: pexels.com

Promosi yang baik adalah kunci dari sukses tidaknya bisnis jasa titip. Untuk itu anda harus mempunyai media promosi yang dapat menarik target pasar anda.

Media promosi disini dapat berupa media sosial bisnis jasa titip anda, media sosial pribadi anda, website bisnis, akun online marketplace anda dan aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp dan Telegram.

Anda dapat memulai dengan akun media sosial dan aplikasi pesan singkat pribadi anda tetapi setelah itu jika anda serius untuk menjalankan bisnis jasa titip anda harus membuat akun terpisah yang didedikasikan untuk bisnis jasa titip. Akun terpisah tersebut penting untuk membangun branding jastip anda dan pengikut yang lebih sesuai dengan target pasar jastip anda.

Akun terpisah untuk bisnis jastip anda harus mempunyai nama yang menarik dan mudah diingat, hindari menggunakan nama yang terlalu panjang atau sulit untuk diucapkan.

4. Promosi, Promosi dan Promosi

Setelah menyiapkan media promosi saatnya untuk melakukan promosi secara serius. Untuk promosi anda dapat melakukannya dengan menggunggah foto-foto produk jastip anda di media sosial. Foto produk harus baik, jelas dan sebisa mungkin mempunyai beberapa foto dari berbagai sudut.

Selain itu anda harus melengkapi foto produk jastip tersebut dengan deskripsi barang yang jelas mengenai fitur, ukuran, berat dan juga harga beserta biaya jastip yang anda kenakan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan hashtag yang relevan.

Untuk promosi yang lebih efektif anda dapat berburu event-event khusus seperti Sale atau Bazaar yang menawarkan harga spesial untuk produk-produk jastip anda.
Jika anda mempunyai modal lebih anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengiklankan bisnis jasa titip anda dengan menggunakan Facebook Ads, atau anda bisa berkolaborasi dengan influencer dan akun sosial media lain.

Baca Juga : 30 Usaha Modal 1 Juta Paling Menjanjikan Yang Harus Kamu Coba

 

5. Berikan Pelayanan Terbaik

image credit : pexels.com

Langkah memulai bisnis jasa titip yang terakhir adalah berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan anda. Disaat anda baru memulai bisnis jasa titip setiap pelanggan anda sangat berharga karena mereka dapat menjadi pelanggan setia anda dan mungkin merekomendasikan bisnis anda kepada teman dan keluarga mereka.

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan pastikan anda selalu membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Jawab pertanyaan pelanggan dengan cepat, ramah dan sejelas mungkin. Pastikan juga untuk segera memberitahu pelanggan jika barang yang mereka inginkan tidak anda dapatkan, dan berikan rekomendasi anda untuk mereka.

Selain itu anda juga harus menangani pengiriman dengan baik, pastikan barang dipacking dengan aman dan dikirimkan segera sehingga pelanggan anda tidak perlu menunggu lama untuk barang anda. Tidak lupa juga berikan catatan kecil untuk mengungkapkan rasa terima kasih anda untuk pelanggan anda dipaket yang anda kirimkan.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

View Comments

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

5 Cara Mengembangkan Mindset Kewirausahaan

Bagaimana cara mengembangkan mindset kewirausahaan? Artikel ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mindset dipercaya…

4 minggu ago

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

2 bulan ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

2 bulan ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

2 bulan ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

2 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

2 bulan ago