Categories: Memulai Bisnis

5 Risiko Usaha Cafe Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah kamu pernah berminat untuk memulai usaha cafe? Namun ragu karena tidak mengetahui apa saja risiko usaha cafe dan bagaimana cara mengatasinya?

Jangan khawatir dan terus baca artikel ini karena disini kami akan membagikan beberapa risiko usaha cafe yang sering dialami oleh seorang pengusaha dan saran untuk mengatasinya.

Tidak heran jika saat ini bisnis cafe semakin merebak dan populer. Berdasarkan pernyataan Pranoto Sunarto, Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat AEKI pada tahun 2018 kepada Tirto trend konsumsi kopi perkapita Indonesia terus meningkat.

Dulu tingkat konsumsi kopi perkapita hanya 0,8 kg, tapi tahun 2017 sudah mencapai 1,2 kg dan tahun 2018 diprediksi mencapai 1,4 kg sampai 1,5 kg perkapita.

Dan tingkat konsumsi 1,5 kg tersebut juga masih dapat meningkat pesat karena masih jauh dibawah Malaysia yang mencapai 5 kg perkapita dan Singapura yang mencapai 4 kg perkapita.

Dengan semakin meningkatnya minat minum kopi tersebut dan gemarnya orang Indonesia untuk berkumpul dan mengobrol bersama, usaha cafe memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Meskipun bisnis cafe didukung oleh trend yang positif tersebut, tentu lebih bijak untuk mengetahui apa saja risiko usaha cafe sebelum memulai usaha cafe anda sendiri.

Agar anda lebih siap dalam membuka usaha cafe anda sendiri berikut 5 risiko usaha cafe yang harus kamu ketahui.

 

Risiko Usaha Cafe

1. Risiko Memilih Lokasi

Lokasi, lokasi dan lokasi. Ketiga hal itulah yang menjadi salah satu faktor penting kesuksesan dari usaha cafe. Memilih lokasi yang salah dapat berakibat fatal terhadap usaha cafe anda.

Lokasi cafe sangat berpengaruh kepada kemungkinan sukses tidaknya usaha cafe anda karena bagaimana bisnis cafe anda bisa berkembang kalau yang lewat didepan cafe anda hanya sedikit.

Selain itu lokasi juga mempunyai pengaruh besar terhadap harga sewa yang harus anda bayarkan dan berapa banyak target pasar potensial yang bisa anda dapatkan.

Memilih lokasi yang murah tetapi tidak strategis berakibat pada gagalnya usaha anda tapi memilih lokasi yang mahal namun tidak mendatangkan target pasar anda maka akibatnya anda akan bangkrut.

Untuk mengatasi risiko yang satu ini anda harus melakukan riset lokasi yang mendalam.

Anda harus melakukan penilaian mengenai apakah harga sewa yang dikenakan dapat terbayar dengan asumsi tingkat penjualan yang konservatif. Anda juga harus dapat menilai apakah lokasi tersebut sesuai dengan target pasar anda atau tidak.

 

2. Risiko Persaingan Pasar

image credit : pixabay

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini salah satu risiko usaha cafe adalah tingginya persaingan pasar.

Risiko persaingan pasar disini tidak hanya dari pemain lama yang sudah ada. Persaingan juga mencakup cafe-cafe yang mungkin akan didirikan dekat lokasi anda dimasa depan.

Risiko persaingan pasar sulit untuk diatasi 100% namun anda bisa mengurangi risiko persaingan pasar dengan terlebih dahulu melakukan riset secara cermat.

Apakah di calon lokasi cafe anda sudah ada cafe yang mempunyai target pasar yang sama atau serupa dengan anda?

Selain itu setelah memulai usaha cafe anda dapat mengurangi risiko usaha cafe yang satu ini dengan komitmen tinggi untuk memberikan pelayanan yang terbaik, senantiasa menyediakan kopi dengan rasa terbaik dan membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan berbagai promosi atau program loyalty.

 

3. Risiko Tidak Punya atau Salah Konsep

Kebanyakan orang datang ke cafe tidak hanya untuk sekedar minum kopi. Tentu saja ada juga mereka yang datang ke cafe untuk sekedar menikmati secangkir kopi.

Tetapi lebih banyak mereka yang datang untuk menikmati suasana, mengobrol dengan teman, bekerja, atau meeting dengan orang lain.

Untuk mendukung hal tersebut suatu cafe harus mempunyai konsep yang baik dan sesuai. Anda tidak bisa mempunyai cafe yang terlalu kecil karena tidak akan kondusif untuk pelanggan anda untuk melakukan berbagai kegiatan tersebut.

Anda juga harus menyesuaikan konsep sesuai dengan target pasar anda. Jika target pasar anda adalah anak-anak muda maka mungkin tidak bijak menggunakan konsep old school dan klasik dicafe anda.

Untuk mengatasi risiko ini anda dapat mengamati cafe-cafe lain yang sudah sukses dan memiliki target pasar yang serupa dengan anda. Kemudian identifikasi apa aspek yang bisa anda perbaiki dari konsep-konsep cafe yang sudah sukses tersebut.

 

4. Risiko Salah Memilih Target Pasar

Memilih target pasar yang tepat adalah hal yang sangat penting untuk semua bisnis.

Tidak terkecuali untuk bisnis cafe, anda harus memilih target pasar yang sesuai dengan berbagai aspek seperti lokasi, konsep, persaingan pasar dan lainnya.

Anda harus memahami dinamika target pasar yang anda pilih seperti berapa tingkat penghasilan yang mereka punya. Dan seberapa besar uang yang bisa mereka belanjakan untuk kebutuhan lain seperti ngopi di cafe.

Dari pengetahuan mengenai dinamika target pasar tersebut kemudian anda baru dapat menentukan berbagai aspek penting dalam usaha cafe anda seperti penentuan harga, konsep cafe, penentuan pilihan menu, dan lain-lain.

 

5. Risiko Persediaan Barang

Salah satu risiko usaha cafe yang sering dilupakan adalah risiko terkait dengan persediaan barang.

Persediaan barang disini mencakup berbagai bahan untuk membuat minuman dan makanan yang anda simpan untuk kemudian disajikan kepada pelanggan.

Walaupun kopi umumnya dapat bertahan cukup lama, tapi susu segar untuk membuat latte dan cappucino tidak mempunyai data tahan yang lama.

Selain itu jika anda menawarkan berbagai macam pilihan makanan untuk melengkapi bisnis cafe anda maka risiko ini menjadi lebih besar.

Karena semakin banyak juga bahan makanan yang harus anda simpan untuk dijual.

Untuk mengatasi risiko yang satu ini anda harus melakukan perencananaan persediaan barang secara cermat.

Caranya dengan membuat perkiraan jumlah penjualan yang akan terjadi dalam beberapa minggu kedepan dengan melihat tingkat penjualan minggu-minggu sebelumnya.

Dan apakah ada kemungkinan suatu kejadian yang dapat mengurangi atau meningkatkan penjualan anda.

Untuk membantu anda dalam mengatasi masalah ini anda dapat menggunakan pencatatan persedian yang detail secara rutin sehingga anda dapat merencanakan belanja persediaan barang secara tepat.

Tidak perlu khawatir jika anda tidak mempunyai budget untuk aplikasi karena Anda dapat menggunakan software pencatatan keuangan untuk warkop atau cafe yang gratis seperti dalam artikel kami.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

View Comments

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

3 minggu ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

3 minggu ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

4 minggu ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

1 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

1 bulan ago

10 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Mudah

Usaha sampingan di rumah merupakan salah satu cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan di saat pengeluaran…

1 bulan ago