Home Mengembangkan Bisnis 6 Tips dan Kiat Sukses Bisnis Cuci Motor Terampuh

6 Tips dan Kiat Sukses Bisnis Cuci Motor Terampuh

0

Bisnis cuci motor merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Khususnya dengan kebutuhan modal yang terjangkau serta potensi keuntungan yang rutin setiap harinya seperti pernah kami uraikan di artikel rincian modal usaha cuci motor dan analisis usahanya.

Bisnis cuci motor seperti bisnis lain tidak dapat sukses begitu saja tanpa adanya strategi serta eksekusi yang tepat. Seringkali seseorang membuka bisnis cuci motor tanpa melakukan analisis terlebih dahulu atau menyusun strategi yang tepat sehingga berujung kepada kegagalan.

Anda dapat menghindari kegagalan dan meningkatkan peluang sukses usaha cuci motor anda dengan menerapkan beberapa tips dan kiat sukses usaha cuci motor sebagai berikut.

1. Lokasi Yang Tepat

lokasi strategis kiat tips sukses bisnis cuci motor/image: Pexels.com

Bisnis cuci motor termasuk salah satu bisnis yang kesuksesannya sangat dipengaruhi oleh pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat disini mempunyai beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Pertama lokasi tersebut haruslah strategis, strategis disini mempunyai akses yang mudah, serta cukup ramai. Perhatikan bahwa lokasi yang sekedar ramai belum tentu tepat karena bila ramainya hanya karena banyak yang melintas maka bisa jadi kecil kemungkinannya mereka yang melintas tertarik untuk cuci motor ditempat anda.

Keramaian yang tepat untuk bisnis cuci motor adalah lokasi yang ramai serta didekat daerah pemukiman dengan tingkat pendapatan menengah. Pemukiman dengan tingkat pendapatan rendah seringkali tidak tepat karena umumnya mereka mencuci motor mereka sendiri untuk menghemat.

Begitu juga dengan pemukiman dengan tingkat pendapatan yang tinggi kemungkinan mereka mempunyai supir atau pembantu untuk mencucikan motor mereka atau mereka hanya memakai mobil.

2. Promosi, Promosi, Promosi

Tips dan kiat sukses bisnis cuci motor yang kedua adalah rajin melakukan promosi yang efektif dan efisien. Promosi menjadi faktor penting kesuksesan bisnis cuci motor karena sebagai usaha yang baru berjalan diperlukan waktu serta reputasi untuk kemudian dikenal oleh pangsa pasar anda.

Bisnis cuci motor anda dapat dikenal oleh pangsa pasar anda dengan lebih cepat jika anda mempunyai program promosi yang efektif. Anda dapat menawarkan program promosi harga khusus untuk pelanggan pertama kali, membuat media promosi seperti spanduk, baliho, dan lainnya yang menarik.

Anda juga bisa mempertimbangkan membuat iklan di media sosial secara lokal serta mendaftarkan bisnis cuci motor anda di Google Bisnisku agar bisnis cuci motor anda tampil di Google Maps.

Baca Juga: 15 Strategi Pemasaran Untuk UMKM Yang Ampuh dan Efektif

3. Program Member 

Tips dan kiat sukses bisnis cuci motor yang selanjutnya adalah membuat program member untuk pelanggan setia jasa cuci motor anda.

Kenapa program member harus dibuat? Program member diperlukan agar pelanggan anda lebih loyal dan setia kepada bisnis anda.

Kesetiaan pelanggan merupakan kunci sukses utama dari bisnis cuci motor karena diperlukannya jumlah pelanggan tetap yang cukup banyak agar bisnis anda dapat beroperasi secara berkelanjutan.

Anda dapat menawarkan program member yang memberikan potongan khusus saat member mencuci motornya ditempat anda sebanyak 3 kali dan kelipatannya. Anda juga dapat memberikan service khusus seperti gratis kopi untuk member yang setia saat mereka mencuci motornya.

4. Tawarkan Layanan Lain

Bisnis cuci motor akan lebih menguntungkan dan menjanjikan jika dipadukan dengan penawaran layanan lain yang dapat menambah pemasukan bisnis anda.

Beberapa contoh tawaran lain yang dapat menambah pemasukan bisnis cuci motor seperti:

a. jual oli dan jasa ganti oli;

b. jasa tambal dan isi angin ban;

c. jasa cuci helm;

d. menjual makanan dan minuman ringan;

e. berjualan pulsa, token PLN dan paket data

f. berjualan BBM / Pertamini / Pertaminashop.

5. Tingkatkan Pelayanan

Bisnis cuci motor merupakan bisnis jasa yang berarti pelayanan mempunyai peranan yang sangat penting terhadap nilai yang diperoleh oleh pelanggan. Pelanggan akan kembali jika merasa pelayanan yang diberikan lebih baik daripada harga yang dibayarkan.

Untuk itu sangat penting bagi anda untuk senantiasa menjaga kualitas pelayanan usaha cuci motor anda sebaik mungkin. Anda perlu memperhatikan bagaimana pencucian motor dilakukan dengan bersih dan cepat.

Kedua kualitas tersebut merupaka nilai utama pelayanan bisnis cuci motor, tingkat kebersihan dan kecepatan pencucian dapat didukung dengan menggunakan peralatan yang mumpuni.

Anda juga dapat meningkatkan pelayanan dengan memberikan pelatihan untuk selalu memberikan senyum kepada pelanggan dan menyapa mereka dengan sopan.  Terakhir, anda juga dapat memberikan seragam kepada karyawan anda untuk memberikan kesan profesional kepada pelanggan.

6. Tempat Yang Nyaman

Tips dan kiat sukses bisnis cuci motor yang terakhir adalah pastikan tempat cuci motor anda bersih dan nyaman. Bisnis anda dapat menunjukkan bahwa anda memberikan layanan yang baik dengan senantiasa menjadi kebersihan serta kenyamanan tempat cuci motor anda.

Begitu juga sebaliknya, bisnis anda dapat diragukan pelayanannya jika tempat cuci motor anda terkesan kotor dan berantakan. Jika yang terjadi yang terakhir maka dapat dipastikan banyak calon pelanggan yang enggan untuk berkunjung ke usaha cuci motor anda.

Advertisement

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version