Beranda Inspirasi 6 Tips Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pengusaha Muda

6 Tips Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pengusaha Muda

433
0
BERBAGI
tips pengusaha muda, tips wirausaha
image credit : pixabay.com

Memulai bisnis dari nol untuk pengusaha muda bukan merupakan sesuatu yang mustahil. Di Indonesia saja tidak sedikit pengusaha muda yang sukses memulai bisnis dari nol terlepas dari usia muda mereka tersebut. Salah satu contohnya adalah Yasa Paramita Singgih atau terkenal dengan panggilan Yasa Singgih.

Yasa Singgih adalah salah satu pengusaha muda Indonesia yang berhasil memulai bisnis dari nol sampai menjadi seorang miliader muda. Bisnis Yasa Singgih telah menghasilkan omzet ratusan juta perbulan dan mendapatkan berbagai penghargaan antara lain:

  • Forbes 30 Under 30 Asia 2016 dari Forbes Asia;
  • Youth Marketeers Award 2016 dari Mark Plus;
  • Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri Kategori Mahasiswa Bidang Kreatif 2015 dari Bank Mandiri.

Karena terlahir dikeluarga yang sederhana Yasa Singgih harus memulai bisnis dengan bermodal tekad untuk mandiri dan kerja keras. Perjalanan bisnisnya juga tidak selalu mulus, Yasa Singgih sempat bangkrut dan menyisakan utang 100 juta karena gagal berbisnis kafe akibat ekspansi yang terlalu cepat, tidak fokus dan lemah dalam mengkontrol keuangan serta manajemen.

Walaupun mengalami kegagalan tersebut, Yasa Singgih tidak menyerah dan mencoba mendirikan bisnis baru dibawah merek Men’s Republic yang menawarkan produk fashion kualitas mall dengan harga terjangkau secara online. Strategi tersebut cukup berhasil membesarkan merek Men’s Republik dan menjadikan Yasa Singgih seorang miliuner muda.

Dari kisah Yasa Singgih tersebut terdapat pelajaran dan tips memulai bisnis dari nol untuk pengusaha muda yang dapat diambil. Pelajaran dan tips tersebut sangat penting untuk menghindari kegagalan dan mencapai kesuksesan. Untuk itu berikut 6 tips memulai bisnis dari nol untuk pengusaha muda dari kisah Yasa Singgih:

 

1. Cari Pengalaman Bisnis Sejak Muda

Yasa Singgih mulai mencari uang sendiri sejak umur 15 tahun dengan menjadi pembawa acara untuk mendapatkan uang. Dengan modal uang yang diperoleh dari menjadi pembawa acara tersebut, dia kemudian mulai berbisnis kaos dengan uang 700 ribu.

Pengalamannya memulai bisnis dalam bidang fashion tersebut menjadi awal mula Yasa Singgih melihat peluang di segmen brand fashion pria muda yang jarang ada di pasaran pada saat itu. Kejelian Yasa Singgih dalam melihat peluang tersebut tidak terlepas dari pengalamannya dalam bisnis fashion sejak masih SMA.

 

2. Fokus Dalam Satu Bisnis

Kegagalan Yasa Singgih dalam bisnis kuliner tidak terlepas dari tidak fokusnya Yasa Singgih dalam bidang bisnis yang menjadi kekuatan utama dirinya yaitu bisnis fashion. Di sisi lain kesuksesan dari Yasa Singgih dalam bisnis fashion melalui merek Men’s Republic tidak terlepas dari fokus Yasa Singgih terhadap bisnis tersebut dan kepada segmen pelanggan yang mempunyai peluang besar.

Fokus dalam bisnis tidak hanya menjadi resep sukses Yasa Singgih, tetapi juga resep sukses dari banyak pengusaha muda lain. Misalnya, Gibran Rakabuming yang fokus dalam bisnis kuliner melalui “Chili Pari” dan “Markobar”.

 

3. Kuasai Perhitungan Bisnis

Mempunyai perhitungan yang matang dalam melakukan suatu keputusan bisnis strategis seperti melakukan ekspansi, efisiensi, sampai menutup suatu divisi bisnis sangatlah penting dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Kenyataan tersebut dipelajari oleh Yasa Singgih melalui pengalaman pahit bangkrutnya bisnis yang dirintisnya. Dimana salah satu penyebab dari kebangkrutan tersebut adalah tidak dilakukannya perhitungan yang matang sebelum melakukan ekspansi bisnis.

 

4. Manfaatkan Perubahan Teknologi

Salah satu kelebihan pengusaha muda adalah kemampuan dan kegesitannya dalam mengadopsi perubahan teknologi yang dapat mengubah dan membuka peluang di suatu bidang bisnis. Hal ini dilakukan oleh Yasa Singgih dimana dia memanfaatkan penjualan secara online yang mulai berkembang pada saat dia merintis Men’s Republic.

Memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti website dan media sosial, merupakan bagian strategi pemasaran yang dipilih oleh Yasa Singggih. Di website Men’s Republic, misalnya, sedemikian rupa disusun menjadi situs jual-beli online dengan konten menarik di dalamnya, agar konsumen tertarik membuka dan memilih produk Men’s Republic.

Terus berinovasi, juga merupakan bagian rahasia kesuksesan Yasa Singgih. Yasa Singgih menyadari perkembangan di dunia teknologi dimana tidak sedikit konsumen yang berbelanja melalui aplikasi pesan singkat seperti BBM atau Line.

 

5. Berani Mengambil Risiko

Berani mengambil risiko dengan perhitungan adalah salah satu kunci sukses menjadi seorang pengusaha muda yang berhasil. Bagaimanapun juga dalam berbisnis terdapat banyak sekali peluang, tetapi disisi lain tentu peluang tersebut mempunyai risiko yang perlu dihadapi.

Seorang entrepreneur atau pengusaha sejati berbeda dengan pejudi yang mengambil risiko dengan mata tertutup dan berharap mendapatkan keberuntungan. Entrepreneur melakukan perhitungan yang matang dan mempunyai strategi yang didukung oleh suatu hipotesa bisnis dan dari pondasi tersebut seorang entrepreneur harus berani mengambil risiko bisnis untuk bisa mencapai kesuksesan.

 

6. Jangan Menyerah

Walaupun mengalami kebangkrutan dan menanggung utang sampai Rp. 100 juta, Yasa Singgih tidak menyerah dalam berbisnis. Dia memutuskan untuk mencoba berbisnis lagi walaupun sudah mengalami kegagalan yang luar biasa untuk ukuran usianya.

Tidak menyerah dan bangkit setelah mengalami kegagalan adalah salah satu ciri-ciri pengusaha yang sukses. Karakteristik tidak mudah menyerah dan senantiasa bangkit ini juga terlihat di pengusaha muda yang lain seperti Aitthipat Kulapongvanich pendiri perusahaan snack rumput laut TaoKaeNoi yang berkali-kali mengalami kegagalan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here