Beranda Marketing 7 Cara Mengatasi Penjualan Usaha Yang Turun

7 Cara Mengatasi Penjualan Usaha Yang Turun

3
0
7 strategi cara mengatasi penjualan yang turun
7 strategi cara mengatasi penjualan yang turun

Bisnis anda sedang mengalami penurunan penjualan? Ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi penjualan usaha yang turun? Jangan khawatir karena di artikel ini kami akan membagikan beberapa tips untuk membantu anda.

Penjualan yang turun adalah momok bagi pengusaha yang berusaha untuk terus menumbuhkan bisnisnya. Selain itu penjualan usaha yang turun dapat berdampak terhadap kelangsungan bisnis apabila cukup drastis atau anda mempunyai beban bunga utang usaha yang signifikan.

Untuk mengatasi penjualan usaha yang turun disini kami menguraikan beberapa langkah sebagai strategi anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Analisis Penyebab Penjualan Menurun

Sebelum merumuskan strategi yang perlu ditempuh untuk mengatasi penurunan penjualan anda harus mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab masalah anda.

Cara untuk mengetahui penyebab dari penjualan yang menurun adalah dengan melakukan analisis internal dan eksternal yang komprehensif.

Analisis internal dilakukan untuk mengetahui apa kekuatan dan kelemahan bisnis anda. Sedangkan analisis eksternal dilakukan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor ekonomi, sosial, politik, dan industri mempengaruhi bisnis anda.

Untuk melakukan analisis internal secara sederhana anda dapat membuat daftar sederhana kekuatan dan kelemahan bisnis anda. Kemudian buatlah juga daftar faktor ekonomi, sosial, politik dan industri yang menurut anda memberikan dampak negatif terhadap penjualan bisnis anda.

Menentukan Strategi Mengatasi Penjualan Usaha Yang Turun

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab penurunan omset baik dari segi internal dan eksternal langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan strategi mengatasi faktor penyebab tersebut.

Untuk menghasilkan dan menentukan strategi tepat anda perlu melihat kembali faktor-faktor penyebab yang telah anda buat dan melakukan sesi brainstorming untuk menghasilkan satu atau dua strategi untuk mengatasi faktor tersebut.

Adapun berikut ini beberapa strategi mengatasi penjualan usaha yang turun yang dapat anda coba:

1. Kampanye Pemasaran Kreatif

Jika salah satu penyebab dari penjualan yang turun terkait dengan meningkatnya persaingan usaha di bidang yang anda lakukan maka strategi yang dapat dilakukan adalah melakukan kampanye pemasaran kreatif.

Kampanye pemasaran kreatif dapat kembali meningkatkan penjualan bisnis anda dengan menarik calon pembeli lebih banyak dari pesaing anda. Pemasaran kreatif sangat penting untuk menarik calon pembeli karena iklan atau promosi kreatif dapat membantu bisnis anda dikenal dan dipilih oleh pelanggan.

2. Penawaran Khusus dan Diskon

Penawaran khusus dan diskon dapat menjadi cara mengatasi penjualan yang turun. Penawaran khusus yang menarik, seperti paket bundling produk atau layanan dengan harga lebih terjangkau atau tambahan nilai tertentu, dapat meningkatkan daya tarik produk Anda bagi pelanggan.

Diskon khusus juga dapat diberikan untuk pembelian dalam jumlah besar atau kepada pelanggan setia sebagai bentuk apresiasi. Penting untuk memberikan penawaran yang bersifat terbatas atau memiliki batas waktu tertentu untuk mendorong pelanggan agar segera mengambil keputusan pembelian.

Selain itu, strategi diskon dapat dilakukan dengan mempertimbangkan program loyalitas pelanggan. Memberikan diskon khusus atau penghargaan kepada pelanggan yang sering berbelanja dapat memotivasi mereka untuk tetap setia dan meningkatkan frekuensi pembelian.

Sponsored

3. Peningkatan Kualitas Produk atau Layanan

Peningkatan kualitas produk atau layanan dapat menjadi solusi yang kuat untuk mengatasi penurunan penjualan dalam suatu usaha. Untuk itu anda perlu melakukan evaluasi mendalam terhadap produk atau layanan yang ditawarkan untuk mengidentifikasi area-area yang dapat ditingkatkan. Peningkatan dapat dilakukan dengan inovasi dalam desain, fitur tambahan, atau peningkatan dalam proses produksi untuk meningkatkan daya saing produk di pasaran.

Selain itu bisnis anda juga perlu memberikan penekanan pada pelatihan karyawan untuk meningkatkan kualitas layanan. Pelatihan yang baik dapat memastikan bahwa staf memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk atau layanan, serta keterampilan dalam berinteraksi dengan pelanggan. Komunikasi yang efektif dan pelayanan pelanggan yang ramah dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, yang pada gilirannya dapat membawa dampak positif terhadap loyalitas dan retensi pelanggan.

Baca Juga: 15 Strategi Pemasaran Untuk UMKM Yang Ampuh dan Efektif

4. Fokus Pada Segmen Pelanggan Prospektif

Salah satu cara efektif untuk mengatasi penurunan penjualan adalah dengan fokus kepada segmen pelanggan yang mempunyai potensi menguntungkan.

Anda perlu melakukan penelitian pasar mendalam untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi. Setelah identifikasi dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan strategi pemasaran yang secara khusus menargetkan segmen tersebut. Kampanye pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi segmen pelanggan prospektif dapat meningkatkan daya tarik produk atau layanan, meningkatkan kemungkinan konversi, dan mengatasi penurunan penjualan.

Dengan fokus yang lebih intensif pada segmen pelanggan prospektif, anda dapat memperoleh keunggulan kompetitif, memperluas pangsa pasar, dan secara efektif mengatasi tantangan penjualan yang sedang dihadapi.

Baca juga: 5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

5. Optimalkan Proses Penjualan

Optimasi proses penjualan adalah langkah kunci untuk mengatasi penurunan penjualan dalam usaha. Evaluasi menyeluruh alur penjualan, termasuk penerapan teknologi seperti perangkat lunak CRM, dapat meningkatkan efisiensi dan koordinasi tim penjualan. Pelatihan yang terfokus pada keterampilan komunikasi dan penjualan, bersama dengan strategi penjualan yang kreatif, membantu meningkatkan daya tarik produk. Dengan mengoptimalkan setiap langkah dalam proses penjualan dan memanfaatkan teknologi, usaha dapat meningkatkan konversi dan mengatasi penurunan penjualan secara efektif.

6. Kembangkan Jaringan

Mengembangkan jaringan usaha anda adalah kunci untuk sukses. Hal ini juga dapat membantu anda mengatasi penjualan yang menurun.

Anda dapat berpartisipasi dalam acara industri, seminar, atau konferensi untuk memperluas jaringan dan memperoleh wawasan tentang tren terbaru dan kebutuhan pasar. Melibatkan diri dalam komunitas bisnis lokal atau online juga dapat memperluas jaringan dan memberikan kesempatan untuk pertukaran ide serta kolaborasi potensial.

Dengan fokus pada pengembangan hubungan, usaha dapat menciptakan jaringan yang kuat, membuka pintu peluang baru, dan mengatasi penurunan penjualan dengan cara yang berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang.

7. Berinvestasi dalam Pemasaran Konten

Melalui pemasaran konten, usaha Anda dapat membangun kehadiran online yang kuat dan relevan. Dengan membuat konten berkualitas tinggi yang menanggapi kebutuhan dan keinginan pelanggan potensial, perusahaan dapat meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari dan media sosial. Blog, artikel, dan infografis yang informatif dapat memberikan nilai tambah kepada audiens, membangun kepercayaan, dan menarik perhatian calon pelanggan.

Selanjutnya, pemasaran konten memungkinkan usaha untuk mengedukasi pelanggan tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Video tutorial, ulasan produk, dan panduan yang relevan dapat membantu mengatasi keberatan pelanggan, meningkatkan pemahaman tentang keunggulan produk, dan mempercepat proses keputusan pembelian.

Investasi dalam pemasaran konten bukan hanya memberikan solusi jangka pendek untuk penurunan penjualan, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan melalui pengembangan hubungan yang bermakna dengan pelanggan.

 

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini