pengertian bisnis menurut para ahli
image credit : pixabay

Dalam masyarakat modern institusi bisnis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dinamika masyarakat. Selain itu bisnis sangat penting untuk kelancaran berfungsinya suatu masyarakat.

Pengertian bisnis secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian aktivitas untuk menghasilkan barang dan jasa yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Dari definisi tersebut terdapat dua kata kunci yaitu “menghasilkan barang dan jasa” serta “menghasilkan keuntungan”.

Selain itu bisnis juga dapat definisikan sebagai suatu organisasi terpadu yang menghasilkan barang dan jasa tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Disini bisnis merujuk kepada suatu badan usaha seperti Perseroan Terbatas, Usaha Dagang, CV, Firma dan badan usaha lain.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Mengetahui apa pengertian bisnis menurut para ahli merupakan landasan mendasar untuk memahami apa sebenarnya bisnis dan bagaimana suatu bisnis berjalan. Berikut ini beberapa pengertian bisnis menurut para ahli.

Baca Juga : Definisi dan Contoh Keunggulan Kompetitif

1. Allan Afuah (Professor UMICH)

Allan Afuah, Professor of Corporate Strategy and International Business, University of Michigan mendefinisikan bisnis sebagai:

“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that satisfy needs societies. The general terms of business refer to all reviews such efforts within a society or within an industry. That business is an individual business activities organized to produce and sell goods and services in order to gain advantage in meeting the needs of the community and in the industry.”

Dalam Bahasa Indonesia pengertian bisnis menurut para ahli versi Allan Afuah adalah:

“Bisnis adalah usaha terorganisir para individu untuk menghasilkan dan menjual untuk keuntungan, barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan masyarakat. Secara umum bisnis merujuk kepada kajian terhadap upaya tersebut dalam suatu masyarakat atau dalam suatu industri. Bahwa bisnis adalah suatu aktivitas bisnis yang diorganisir untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan komunitas dan dalam suatu industri.”

Baca Juga : Bagaimana Cara Dropshipping Dengan Aliexpress Untuk Pemula

 

2. Griffin and Ebert (1996)

Ricky W Griffin adalah seorang Professor Managemen di Texas A&M University. Sedangkan Ronald J Ebert adalah seorang Emeritus Professor di University of Missouri-Columbia.

Griffin dan Ebert mendefinisikan bisnis sebagai:

“Business is all Reviews those activities Involved in providing the goods and services needed or desired by the people”. In this sense as a business activity that provides goods or services required or desired by the consumer. Can be done by corporate organizations that have a legal entity, a company that has business entities, and individuals who do not have the legal entity or entities.”

 

3. Steinford (1979)

Steinford menyumbang salah satu pengertian bisnis menurut para ahli sebagai berikut:

“Business is all the activities involved in providing goods and services that are needed or desired by people. In this sense as the business activities that provide goods or services that are required or desired by the consumer. Can be done by a company that has a legal entity organizations, companies that have a business, and individuals who do not have legal entities and companies such as street vendors, stores that do not have permit- (AIS) and the Business Location Permit (License) and other informal businesses.”

Atau dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:

“Bisnis adalah semua kegiatan yang terlibat dalam penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh orang-orang. Dalam hal ini sebagai kegiatan bisnis yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh perusahaan yang memiliki organisasi badan hukum, perusahaan yang memiliki bisnis, dan individu yang tidak memiliki badan hukum dan perusahaan seperti pedagang kaki lima, toko yang tidak memiliki izin- (AIS) dan Izin Lokasi Usaha (Lisensi) dan bisnis informal lainnya.”

Baca Juga : 7 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Menjanjikan

 

4. Huat, T Chwee (1990)

Tan Chwee Huat adalah seorang Professor Department of Management & Organisation di the NUS Business School. Prof. Tan Chwee Huat mendefinisikan bisnis sebagai:

“Business in the broadest sense is a general term that describes all the activities and institutions that produce goods and services in everyday life. Business as a system that produces goods and services to satisfy the needs of the community.”

Atau dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:

“Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang mendeskripsikan semua kegiatan dan institusi yang menghasilkan barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.”

 

5. Hughes and Kapoor (1985)

Hughes dan Kapoor memberikan definisi bisnis menurut para ahli dalam Bahasa Inggris sebagai berikut:

Business is organized effort to produce and sell for in profit, then the goods and services that businesses need public excellent general term referring to all these efforts in a community or industry. Meaning of Business is an individual business activities organized to produce and sell goods and services in order to gain advantage in meeting the needs of the community and in the industry. People who make money and time to take a risk in running a business called Entrepreneurs.”

Dalam Bahasa Indonesia:

“Bisnis adalah usaha yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual untuk keuntungan, dengan demikian barang dan jasa yang dibutuhkan publik untuk bisnis istilah umum yang sangat baik mengacu pada semua upaya ini dalam suatu komunitas atau industri. Arti dari bisnis adalah aktivitas bisnis individu yang diselenggarakan untuk memproduksi dan menjual barang dan layanan untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.”

Baca Juga : Definisi Business Model Canvas, Peranan dan Contohnya

 

6. Glos, Steade and Lowry (1996)

Pengertian bisnis menurut ahli Glos, Steade dan Lowry dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

“Business is the sum of all the activities organized by the people who engaged in commerce and industry that provides goods and services to the needs of maintaining and improving standards and quality of their lives.”

Sedangkan dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai berikut:

“Bisnis adalah keseluruhan dari semua aktivitas yang diorganisir oleh orang-orang yang bergerak dalam perdagangan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan meningkatkan standar dan kualitas hidup mereka.”

 

7. Brown dan Petrello (1976)

Pengertian bisnis menurut ahli Brown dan Petrello cukup sederhana yaitu:
“Business is an institution which produces goods and service demanded by people.
Atau dalam Bahasa Indonesia:
“Bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.”
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here