Beranda Marketing 7 Unsur Dalam Membuat Penawaran Penjualan Yang Hebat

7 Unsur Dalam Membuat Penawaran Penjualan Yang Hebat

142
0
cara membuat penawaran penjualan
image credit : pexels.com

Mempunyai penawaran penjualan yang hebat adalah inti dari keberhasilan marketing bisnis anda. Apapun yang anda tawarkan kepada pelanggan anda baik itu merupakan produk, jasa atau informasi, anda mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan penjualan jika anda dapat membuat penawaran penjualan yang hebat dan dapat menyakinkan calon pelanggan anda.

Walaupun membuat penawaran penjualan yang hebat sangat penting dalam meningkatkan keberhasilan anda dalam berbisnis, sebagian besar pengusaha mempunyai kesulitan dalam membuat penawaran penjualan yang baik.

Untuk membuat penawaran yang hebat anda setidak-tidaknya harus mengetahui siapa pelanggan anda, apa masalah yang mereka hadapi, seperti apa solusi yang mereka inginkan dan apa solusi yang sudah ada saat ini.

Hal-hal tersebut adalah dasar untuk membuat penawaran yang baik, tetapi selain itu terdapat 7 unsur-unsur penting dalam membuat suatu penawaran yang baik dan sulit untuk ditolak calon pembeli anda.

1. Utarakan Tawaran Dengan Jelas

Langkah pertama dalam membuat penawaran yang hebat adalah pastikan anda jelas dalam menyampaikan tawaran anda. Jika tidak calon pelanggan anda akan sulit untuk memahami apa yang anda tawarkan dan calon pelanggan yang bingung cenderung untuk menghindar dalam mengambil keputusan membeli.

Pada bagian inilah keahlian copywriting mempunyai peran penting. Pastikan anda telah dapat membuat penawaran yang jelas, singkat dan mudah dipahami oleh calon pelanggan anda.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggambarkan secara akurat dan sampaikan apa tujuan dari produk, jasa atau informasi yang anda tawarkan. Gunakan contoh yang spesifik dan hindari kata-kata yang sulit dipahami dan pastikan judul tawaran anda relevan dan menarik untuk target pelanggan anda.

Terkait : Cara Meningkatkan Omset Bisnis Rumahan Dengan Efektif

2.Tawarkan Nilai Yang Hebat

Kebanyakan orang atau bisnis ingin mendapatkan keuntungan yang besar dengan memberikan upaya yang sedikit atau nilai tambah yang kecil kepada pelanggannya. Namun untuk dapat membuat penawaran yang hebat kepada pelanggan, anda perlu menawarkan yang sebaliknya.

Jika anda menawarkan produk dengan harga Rp 500 ribu untuk menyelesaikan masalah yang bernilai Rp 1 juta maka penawaran anda akan sulit untuk ditolak oleh pelanggan. Sebaliknya, jika produk yang anda jual hanya berguna untuk menyelesaikan masalah yang bernilai Rp 500 ribu dan anda memberikan harga Rp 1 juta maka kemungkinan besar pelanggan akan menolak tawaran anda.

 

3. Berikan Alasan Untuk Segera Merespon

Salah satu unsur penting dalam membuat penawaran penjualan yang hebat untuk pelanggan anda adalah adanya keterbatasan penawaran atau batasan waktu. Kenapa? dengan jumlah penawaran yang terbatas atau dibatasi untuk waktu tertentu maka calon pelanggan anda diharuskan untuk segera bertindak dan mengambil tawaran anda atau mereka akan kehilangan tawaran tersebut dari anda.

Adanya persepsi bahwa mereka dapat kehilangan tawaran yang luar biasa dan harus membayar lebih nantinya jika ingin membeli dari anda menjadi salah satu pendorong psikologis yang kuat dan harus dimanfaatkan dalam membuat penawaran yang efektif.

 

4. Sertakan Call-to-Action Yang Kuat

Dalam membuat penawaran penjualan yang hebat pastikan bahwa anda menyampaikan apa tindakan yang harus pelanggan lakukan selanjutnya setelah melihat penawaran anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan memberikan penekanan pada tindakan pelanggan yang anda inginkan seperti memberi tombol warna hijau besar dan tulisan besar bertuliskan “Beli Sekarang” atau “Ya, saya mau”.

Gunakan warna dan tombol besar dan berani dan cobalah untuk tidak memiliki terlalu banyak elemen yang dapat diklik pada halaman. Ingat, Anda ingin membantu mengarahkan prospek ke arah dan tidak memberi mereka terlalu banyak pilihan. Ini juga mengapa Anda ingin menghapus elemen navigasi dan menu dari halaman penawaran.

 

5. Berikan Jaminan

Apakah anda pernah ragu untuk membeli suatu produk atau jasa karena tidak yakin akan kegunaan atau manfaat yang diberikan? Pasti pernah, risiko tersebut seringkali menjadi alasan utama mengapa seorang calon pembeli menjadi ragu-ragu untuk membeli.

Jika anda ingin membuat suatu penawaran penjualan yang hebat dan efektif, maka anda perlu memberikan suatu jaminan terhadap apa yang anda janjikan mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan demikian risiko dari sisi pembeli akan hilang dan anda dapat mendorong pembeli untuk tidak ragu-ragu terhadap apa yang anda tawarkan karena apabila mereka tidak puas mereka dapat mendapatkan kembali uang yang mereka bayarkan.

 

6. Berikan Diskon atau Bonus

Memberikan alasan yang kuat untuk menerima tawaran dari anda sangatlah penting untuk meyakinkan calon pelanggan anda untuk segera membeli dari anda. Terkadang hal ini mengharuskan anda untuk memberikan suatu diskon atau bonus kepada pelanggan anda.

Memberikan diskon atau bonus bukan untuk memberikan harga yang paling murah kepada pelanggan anda tetapi untuk memberikan nilai yang sebesar-besarnya kepada pelanggan anda dan menjadikan mereka pelanggan setia anda.

 

7. Bangun Komunikasi Jangka Panjang

Salah satu alasan utama mengapa seorang pelanggan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan adalah adanya kepercayaan yang cukup antara pelanggan anda dengan bisnis anda. Jika mereka tidak yakin dan percaya bahwa anda dapat memberikan apa yang anda janjikan kepada mereka dapat dipastikan sebagus apapun penawaran yang anda berikan akan sulit untuk diterima oleh calon pelanggan anda.

Cara terbaik untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah dengan membangun komunikasi jangka panjang. Komunikasi jangka panjang membangun suatu hubungan yang kuat dan dapat menjadi basis bagi anda untuk membangun kepercayaan antara pelanggan dengan bisnis anda.

Terkait : 6 Strategi Membangun Merek Dengan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here