Beranda Bisnis Online Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

4692
5
bagaimana cara memulai affiliate marketing, affiliate marketing untuk pemula
image credit : pexels.com

Jika anda telah mencari cara menghasilkan uang dari internet sejak beberapa waktu yang lalu, kemungkinan besar anda telah mendengar tentang “affiliate marketing” sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

Affiliate marketing secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu skema pembagian keuntungan untuk setiap penjualan yang berasal dari promosi pemasar/marketer  yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang diberikan oleh penjual atau pemilik produk berupa komisi yang dapat berupa nilai tetap atau persentase dari nilai transaksi pembeli.

Banyak orang yang spektis dan tidak percaya dengan affiliate marketing sebagai salah satu cara mencari uang di internet yang jujur, berkelanjutan dan dapat memberikan jumlah yang signifikan. Anggapan-anggapan tersebut salah, affiliate marketing adalah salah satu cara mencari uang dengan internet secara jujur dan dapat memberikan pendapatan yang besar.

Pat Flynn adalah salah satu contoh praktisi affiliate marketing yang sangat berhasil. Selama bertahun-tahun Pat Flynn telah menghasilkan puluhan ribu dolar Amerika Serikat setiap bulannya dengan affiliate marketing yang mengutamakan transparansi dan kejujuran. Pada bulan April 2017 ini saja, Pat menghasilkan sekitar USD 71.000 (sekitar Rp 944.300.000) dari affiliate marketing.

Sebelum anda mulai belajar bagaimana cara memulai affiliate marketing untuk pemula, pertama-tama mari kita mengenal lebih jauh bagaimana suatu affiliate marketing bekerja, dan darimana anda bisa menghasilkan uang dari affiliate marketing.

 

Definisi Affiliate Marketing

Definisi affiliate marketing yang paling baik menurut saya adalah yang dijelaskan Pat Flynn dalam blog Smartpassiveincome.com:

Affiliate marketing adalah proses untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang (atau perusahaan) lain.

Anda temukan produk yang anda suka, promosikan kepada orang lain dan dapatkan bagian keuntungan untuk setiap penjualan yang anda buat.

Dari definisi tersebut dapat diambil gambaran bahwa terdapat 3 pihak yang terlibat dalam suatu proses affiliate marketing. Pihak pertama yang memiliki produk untuk dijual disebut sebagai Merchant/Vendor.  Pihak kedua yang melakukan promosi untuk mendapatkan pembeli biasa disebut sebagai Affiliate. dan pihak ketiga yang membeli produk yang dipromosikan oleh Affiliate disebut sebagai Consumer/Buyer.

Diluar ketiga pihak tersebut, dalam beberapa kasus terdapat pihak keempat yang disebut Network yang menjadi penyambung antara Merchant dengan Affiliate. Pihak network menyediakan beragam produk dari berbagai Merchant untuk kemudian dipromosikan oleh Affiliate yang menjadi anggota dari Network tersebut.

Dalam proses affiliate marketing sebagaimana dijelaskan diatas, pada intinya bagaimana affiliate marketing dapat bekerja dapat disederhanakan menjadi sebagai berikut:

  • Merchant mendapatkan keuntungan dari pembelian Consumer yang berasal dari promosi Affiliate;
  • Affiliate mendapat komisi dari keuntungan yang diterima Merchant;
  • Consumer mendapatkan produk yang berkualitas yang mereka ketahui dari promosi seorang affiliate.

Dari proses tersebut consumer tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Nilai tambah dari Affiliate terdapat pada peran mereka dalam mengenalkan produk Merchant yang berguna kepada Consumer.

Walaupun menghasilkan uang dari affiliate marketing pada umumnya dilakukan dengan mengambil peran sebagai Merchant atau Affiliate tapi dalam artikel ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara memulai affiliate marketing untuk pemula. Dimana untuk seorang pemula menjadi Affiliate jauh lebih murah dibandingkan dengan menjadi Merchant karena untuk menjadi Affiliate anda tidak perlu mengembangkan produk anda sendiri untuk menghasilkan uang.

Setelah mengetahui istilah-istilah yang biasa digunakan dalam affiliate marketing dan dasar dari cara kerja affiliate marketing, sekarang saatnya untuk masuk ke bagian utama dari artikel bagaimana cara memulai affiliate marketing untuk pemula ini.

 

Langkah Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

1. Tentukan Tema / Bidang Anda

Untuk memulai affiliate marketing sebagai affiliate, anda perlu menentukan terlebih dahulu apa tema atau bidang spesifik yang akan menjadi fokus anda.

Mengapa anda perlu memilih suatu tema atau bidang yang spesifik? anda perlu memilih suatu tema atau bidang yang spesifik agar anda bisa menarik traffic (pengunjung) yang spesifik.

Traffic yang spesifik dalam jumlah yang besar tersebut pada akhirnya menjadi salah satu penentu sukses dalam menjadi affiliate.

Pilih tema atau bidang yang sesuai dengan minat anda atau yang membuat anda semangat untuk mempelajarinya. Affiliate marketing bukan cara untuk menjadi kaya dengan cepat. Anda perlu belajar, belajar, dan belajar tentang affiliate marketing dan tema yang anda akan anda bahas.

Oleh karena itu, anda akan lebih mudah untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan dan menghindari kebosanan sebelum affiliate marketing dapat memberikan penghasilan yang cukup.

 

2. Mencari Program Affiliate Yang Sesuai 

Setelah anda menentukan tema yang sesuai dengan minat anda, selanjutnya anda perlu mencari adakah program affiliate yang berhubungan dengan tema yang anda pilih.

Jika anda bermaksud untuk melakukan affiliate marketing dengan bahasa Inggris maka apapun tema yang anda pilih kemungkinan besar ada produk atau layanan yang berhubungan dengan tema anda. Oleh karena itu jika anda bermaksud untuk melakukan affiliate marketing dalam bahasa Inggris anda dapat melewatkan bagian ini.

Untuk affiliate marketing lokal, anda lebih baik memastikan terlebih dahulu apakah ada produk yang dapat anda promosikan dengan mencari di Google dengan memasukkan kata kunci “tema” dan “affiliate”.

 

3. Membuat Website Affiliate 

Tahap selanjutnya untuk memulai affilate marketing adalah membuat website affiliate anda. Untuk membuat website affiliate yang serius anda perlu membeli hosting dan domain untuk website anda.

Jika anda serius untuk menghasilkan uang dari affiliate marketing jangan menggunakan website dan domain gratis untuk website affilate anda.

Kenapa? menggunakan website dan domain gratis berarti anda tidak mempunyai kontrol penuh terhadap website anda. Website dan domain gratis juga dapat menjadi indikasi rendahnya otoritas yang anda punya di bidang tersebut, sehingga akan lebih sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca website anda.

Mempunyai website sendiri merupakan dasar dari affiliate marketing karena walaupun link affiliate dapat anda sematkan melalui social media atau email anda, tetapi sangat kecil kemungkinan seseorang melakukan pembelian hanya karena membaca posting social media atau mendapat email dari anda.

Dengan membuat website sendiri anda dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dari produk yang anda promosikan, membangun hubungan jangka panjang dengan pembaca dan mengimplementasikan strategi affiliate marketing secara lebih baik.

Terkait : Bagaimana Cara Memilih Hosting Yang Tepat

 

4. Bergabung Dalam Program Affiliate

Setelah anda selesai membuat website, saatnya untuk bergabung dengan program affiliate yang sesuai dengan tema anda. Apakah tema anda memungkinkan untuk mempromosikan suatu produk fisik? atau tema anda hanya dapat mempromosikan produk digital?

Sebagai refensi berikut dibawah ini beberapa daftar Merchant atau Network yang membuka program affiliate:

Program Affiliate Global

Amazon Associate

Program affiliate Amazon.com, menawarkan jutaan pilihan produk untuk anda promosikan. Memberikan komisi antara 4%-10% bergantung kepada kategori produk.

CJ Affililiate

Salah satu network affiliate yang tertua dan terbesar didunia. CJ Affiliate mempunyai lebih dari 3000 Merchant dan hampir semua merek-merek retailer besar mempunyai program affiliate di CJ Affiliate. CJ Affiliate memberikan tawaran program affiliate untuk produk-produk fisik dan produk-produk digital.

Shareasale

Shareasale merupakan salah satu network affiliate terbesar didunia dengan partner Merchant lebih dari 4000, dimana lebih dari 1000 merupakan partner ekslusif sehingga anda tidak akan menemukan program affiliate tersebut di tempat lain.

Clickbank

Marketplace affiliate marketing terbesar didunia untuk produk digital yang sudah menjual lebih dari 500 juta produk digital. Produk-produk digital Clickbank memberikan komisi yang besar sampai dengan 70% dari nilai transaksi.

Admittad

Admittad adalah salah satu alternatif marketplace affiliate global yang mudah untuk menjadi anggota. Admittad menawarkan beragam program affiliasi mulai dari travel, ecommerce, sampai software.

 

 

Program Affiliate Lokal

Accesstrade
Accesstrade marketplace affiliasi Indonesia

Accesstrade adalah platform affiliasi untuk publisher dan advertiser Indonesia. Accesstrade memberikan pilihan berbagai macam website dan produk untuk bisa anda promosikan, mulai dari Tokopedia, Hotels.com, Expedia, AirBnB, Zalora, HSBC, Kredivo, Cermati dan masih banyak lagi.

Jika anda merupakan seorang pemula Accesstrade sangat perlu anda coba karena mereka menawarkan berbagai macam produk untuk dipromosikan, mulai dari marketplace sampai travel dapat anda coba hanya dengan mendaftar Accesstrade.

Dengan menjadi anggota Accesstrade anda dapat menghasilkan uang hanya dengan mempromosikan teman-teman atau keluarga anda untuk berbelanja di Tokopedia, Bukalapak, Blanja.com dan Hotels.com yang mungkin sudah sering mereka gunakan sebelumnya.

Untuk mendaftar sebagai anggota Accesstrade anda bisa mengikuti link ini.

 

Lazada Affiliate

Program affiliate dari Lazada, marketplace ecommerce terbesar di Asia Tenggara. Program affiliate Lazada memberikan komisi mulai dari 1% sampai dengan 10% dari nilai transaksi.

 

Tiket.com Affiliate

Program affiliate dari situs booking hotel, tiket pesawat, tiket kereta dan tiket acara dari Tiket.com. Memberikan komisi Rp. 10.000 per tiket pesawat dan komisi hotel sampai 60%. Sedangkan untuk tiket kereta komisi sebesar Rp 2.500 per tiket dan sampai Rp. 15.000 untukn tiket acara

 

Blanja.com Affiliate

Program affiliate dari marketplace online Indonesia yang menyediakan produk-produk fisik dan juga produk digital. Struktur komisi hampir sama dengan Lazada Affiliate.

 

Ratakan.com

Marketplace affiliate untuk produk digital terbesar di Indonesia. Memberikan komisi yang kompetitif sampai dengan 75%.

Setelah anda bergabung dengan program affiliate yang sesuai, masuk ke dalam akun anggota anda, temukan penawaran affiliate untuk produk yang ingin anda promosikan dan copy link affiliate yang diberikan untuk produk tersebut ke dalam notepad. Anda akan memerlukan link tersebut untuk tahap selanjutnya.

 

5. Membuat Artikel atau Konten Yang Terkait

Sekarang anda telah mempunyai website dan mempunyai produk untuk dipromosikan, saatnya untuk membuat artikel atau konten terkait dengan produk tersebut. Membuat konten adalah bagian inti dan terpenting dari affiliate marketing, konten yang bagus dan menarik adalah faktor utama yang menentukan sukses anda dalam affiliate marketing.

Konten yang anda buat untuk affiliate marketing dapat berupa artikel, podcast, video atau gambar. Namun artikel adalah bentuk konten yang paling umum dibuat dan digunakan untuk affiliate marketing.

Bentuk konten atau artikel untuk affiliate marketing umumnya mengambil bentuk sebagai berikut:

a. Review Produk

Konten review produk adalah standar emas dari affiliate marketing yang efektif dalam mendorong konversi dari pembaca ke pembeli.

Dalam memberikan review produk tuliskan pengalaman pribadi anda (atau orang dekat anda) dalam menggunakan produk tersebut. Tonjolkan kelebihan dari produk tersebut dan tunjukkan kelemahan dari produk tersebut. Tuliskan review secara jujur dan posisikan diri anda sebagai seorang pembaca yang sedang mencari produk yang tepat. Hal ini sangat penting untuk memungkinkan konten anda ‘relevan’ dengan apa yang dicari oleh pembaca anda.

Pada bagian akhir review produk yang anda buat, buatlah satu kotak call to action untuk membeli produk tersebut dengan link affiliate ke produk tersebut untuk mendorong pembeli yang tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

belajar affiliate marketing, affiliate marketing untuk pemula
contoh call to action artikel review (image : thewirecutter)

 

b. Perbandingan Produk

Jika produk yang anda promosikan mempunyai produk dari perusahaan lain maka membuat konten mengenai perbandingan produk yang anda promosikan dengan produk lain tersebut dapat menjadi konten untuk affiliate marketing yang bagus.

Membuat perbandingan produk merupakan salah satu tahap riset lebih lanjut calon pembeli atas pilihan produk yang ada di pasaran. Dengan menyediakan konten ini anda dapat menarik pengunjung yang benar-benar siap untuk membeli sehingga tingkat konversi dari pengunjung konten ini relatif lebih tinggi dari review biasa.

belajar affiliate marketing, cara memulai affiliate marketing
contoh artikel perbandingan produk (image : snapsort.com)

 

c. Artikel Informatif / Resources

Artikel informatif seperti tips dan trik, tutorial dan artikel mendalam untuk mempelajari keahlian yang terkait adalah bentuk artikel yang awet atau biasa disebut “Evergreen“. Konten dengan bentuk tersebut disebut evergreen karena selalu hijau dan segar, konten seperti itu hanya membutuhkan update yang tidak terlalu sering.

Disisi lain artikel informatif tersebut menjadi referensi bagi pelanggan yang membutuhkan produk tertentu untuk mengembangkan skill, keahlian, pengetahuan, kesehatan atau keuangan mereka.

Dalam artikel yang membahas tips dan trik, tutorial, atau pengembangan tersebut anda dapat menyisipkan link affiliate ke produk yang anda sebutkan dalam artikel tersebut. Anda juga dapat membuat halaman Resources yang menampilkan produk-produk yang berguna untuk pembaca anda.

Salah satu website yang menjadi contoh terbaik dari hal ini adalah Smartpassiveincome yang dibuat oleh Pat Flyn. Halaman Resources Pat Flynn menampilkan produk-produk yang berguna untuk memulai dan mengembangkan bisnis online, sesuai dengan tingkat bisnis pembaca yang berbeda-beda mulai dari pemula, berpengalaman sampai tingkat lanjut.

contoh halaman resources (image : smartpassiveincome.com)

 

6. Menarik Pembaca Konten Website

Mempunyai pembaca website dalam jumlah besar dan tertarget adalah kunci sukses dari affiliate marketing. Namun untuk mencapai jumlah yang besar tersebut dibutuhkan usaha yang tidak sedikit. Anda perlu mempromosikan konten yang telah anda buat agar orang-orang dapat menemukan website anda.

Jadi bagaimana caranya menarik pembaca untuk website yang benar-benar baru? berikut beberapa ide untuk anda:

a. Promosi Social Media

Cara yang gratis dan paling mudah untuk dapat langsung dilakukan adalah dengan melalui social media. Bergantung kepada siapa yang ingin anda tarik menjadi pembaca anda dapat menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, atau Google+ sebagai sarana promosi.

 

b. menulis artikel tamu di blog dengan traffic tinggi

Menulis artikel tamu adalah salah satu cara lain agar website anda dapat dikenal oleh orang lain. Dengan menulis artikel tamu, pembaca blog dengan traffic tinggi yang tertarik dapat mulai mengenal siapa anda dan dengan demikian membantu anda membangun reputasi sebagai orang yang bisa dipercaya untuk topik tersebut.

 

c. membuat email list

Hampir semua affiliate marketer yang sukses mempunyai daftar email yang luar biasa besar. Kenapa? promosi melalui email adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun hubungan dengan pembaca anda.
Dengan membangun hubungan dekat dengan pembaca anda, walaupun pada awalnya mereka belum membutuhkan produk tersebut saat mereka menemukan website anda tetapi terdapat kemungkinan mereka akan membutuhkan produk tersebut di masa depan. Email list adalah cara yang baik untuk mempertahankan peluang tersebut.

 

c. Implementasikan SEO

Traffic dari pencarian organic merupakan sumber traffic yang penting bagi setiap website. Traffic dari pencarian organic selain gratis juga dapat diandalkan untuk jangka panjang. Saat membuat konten pastikan untuk mengedepankan kenyamanan pembaca, namun dengan tetap menerapkan dasar-dasar SEO yang penting.

 

Penutup

Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah bagaimana cara memulai affiliate marketing untuk pemula diatas, teruslah mengasah kemampuan anda dengan terus belajar. Terutama untuk membuat konten yang semakin bagus dan berkualitas, serta menambah pembaca website anda.

Affiliate Marketing tidaklah mudah, diperlukan pengetahuan, eksperimen dan kemauan untuk terus belajar. Jika anda membutuhkan instruksi dan pembelajaran tentang affiliate marketing yang lebih mendalam anda bisa mencoba belajar dari Online Course Affilate Marketing Domination To Become Super Affiliate.

Online Course tersebut mengupas tuntas tentang bagaimana cara menjadi super affiliate yang menghasilkan six figure earning (ratusan ribu Dollar Amerika pertahun). Dengan video-video yang praktikal dan dapat diakses seumur hidup, Online Course Affilate Marketing Domination To Become Super Affiliate. dapat membantu anda belajar affiliate marketing dari ahlinya.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here