Categories: Memulai Bisnis

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses? Ini 7 Langkahnya

Banyak orang yang ingin menjadi pengusaha sukses. Namun hanya sebagian kecil yang berhasil mencapai kesuksesan tersebut. Tidak heran banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya bagaimana cara memulai bisnis dari nol hingga sukses? Nah untuk menjawabnya kami disini akan mencoba membagikan 5 langkah untuk mencapai kesuksesan tersebut.

 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses

1. Identifikasi Peluang Pasar

image credit : pexels.com

Salah satu penyebab utama kegagalan suatu usaha adalah karena tidak adanya peluang pasar untuk barang atau jasa yang ditawarkan.

Tidak adanya peluang pasar disini bisa karena persaingan yang ketat, dominasi pemain besar atas pasar tersebut, atau karena memang tidak adanya permintaan pasar.

Oleh karena itu langkah pertama dalam bagaimana cara memulai bisnis dari nol hingga sukses adalah terlebih dahulu adalah dengan mengidentifikasi peluang pasar.

Identifikasi peluang pasar dapat dimulai dengan melakukan pengamatan terhadap masalah yang ada. Misalnya anda menyadari bahwa sangat sulit untuk menemukan tempat laundry yang bersih, rapih, dapat diandalkan dan cepat di daerah anda, maka usaha laundry mungkin mempunyai prospek yang baik.

Baca Juga : 7 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Menjanjikan

2. Lakukan Riset Pasar

image credit : pexels.com

Setelah mengidentifikasi peluang usaha anda, langkah selanjutnya dalam bagaimana cara memulai bisnis dari nol hingga sukses adalah melakukan riset pasar secara mendalam.

Anda dapat memulai dengan membaca berbagai aspek terkait bisnis yang ingin anda mulai dan mengenai pasar yang ingin anda masuki.

Ketahui seluk beluk bisnis yang ingin anda mulai baik dari aspek operasional, teknis, berapa modal untuk memulai, dan bagaimana potensi pasar secara umumnya.

Setelah melakukan riset tersebut anda juga perlu mengkonfirmasi hasil riset anda tersebut dengan survey atau wawancara tatap muka dengan target pelanggan untuk memastikan apakah benar terdapat permintaan pasar untuk bisnis yang ingin anda mulai dan bagaimana potensi keuntungannya secara riil.

Baca Juga : Cara Melakukan Validasi Ide Bisnis Dalam 3 Langkah

3. Membuat Rencana Bisnis

image credit : pexels.com

Rencana bisnis mempunyai berbagai manfaat positif yang dapat meningkatkan peluang anda untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Salah satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 atas 11.041 perusahaan menunjukkan bahwa rencana bisnis meningkatkan kinerja dan tumbuh 30% lebih pesat.

Tidak hanya itu, penelitian lain terhadap 223 perusahaan baru menemukan bahwa rencana bisnis mengurangi kemungkinan mengalami kegagalan.

Rencana bisnis juga akan anda perlukan jika anda memerlukan tambahan pendanaan untuk memulai usaha anda karena sebagian besar investor hanya akan menanamkan modal kepada anda jika anda mempunyai rencana bisnis yang meyakinkan.

 

4. Luncurkan Bisnis Anda

Perencanaan dengan matang tidak akan membawa anda kesuksesan jika anda tidak mengeksekusi rencana tersebut. Untuk itu setelah menulis rencana bisnis, anda harus segera melakukan langkah-langkah nyata untuk meluncurkan bisnis anda.

Pada tahap ini terdapat berbagai tantangan yang mungkin perlu anda hadapi. Permasalahan yang umum dihadapi biasanya mencakup modal usaha, mencari tempat usaha, mencari berbagai perlengkapan yang sesuai dan mencari karyawan yang tepat.

Untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut anda harus berpikir kreatif dan out of the box. Misalnya untuk kekurangan modal usaha anda bisa mencoba mencari investor tambahan, mengajukan proposal bantuan usaha ke program pemerintah, atau bahkan mengikuti lomba wirausaha.

 

5. Benahi Bisnis Anda

image credit : pexels.com

Setelah meluncurkan bisnis anda pasti masih banyak hal yang dapat diperbaiki dan dikembangkan dari bisnis anda. Hal tersebut sangat wajar, dan tidak masalah karena menunggu sampai seluruhnya sempurna sebelum memulai bisnis tidak mungkin dilakukan.

Untuk itu sangat penting bagi anda untuk segera menilai apa saja aspek bisnis anda yang masih kurang baik dan dapat diperbaiki. Misalnya anda menyadari bahwa pembukuan dan pengaturan keuangan bisnis anda masih berantakan maka anda perlu membenahi keuangan anda dengan serius.

Memperbaiki masalah-masalah internal harus menjadi prioritas utama sebelum mengembangkan bisnis anda secara eksternal. Sistem internal yang kuat merupakan pondasi penting bagi anda untuk mendapatkan kesuksesan dari usaha anda.

 

6. Kembangkan Bisnis Anda

image credit : pexels.com

Mengembangkan bisnis anda atau scale up merupakan langkah yang penting untuk mencapai kesuksesan dengan bisnis anda. Keberhasilan anda dalam memulai bisnis dari nol hingga operasional berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan bukan prestasi yang kecil.

Namun sepatutnya anda jangan cepat puas dengan keberhasilan tersebut karena usaha anda mempunyai risiko besar dari persaingan pasar jika anda hanya mempunyai bisnis skala kecil.

Untuk itu anda perlu mengembangkan bisnis anda menjadi skala yang lebih besar. Dalam mengembangkan bisnis anda dapat menyesuaikan strategi anda bergantung kepada bidang usaha yang anda pilih.

Contohnya, anda dapat mengembangkan usaha dengan berinvestasi pada mesin produksi baru, membuka program kemitraan, memulai skema waralaba, atau bekerja sama dengan perusahaan lain.

 

7. Inovasi

Berhasil mengembangkan bisnis anda menjadi bisnis skala menengah atau besar merupakan prestasi yang patut dibanggakan. Namun setelah mencapai kesuksesan menjadi usaha yang besar anda perlu mempertahankan kesuksesan tersebut.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini anda dapat dikalahkan oleh saingan yang baru dengan inovasi mereka. Untuk bisa mempertahankan kesuksesan bisnis anda mengembangkan inovasi dalam bisnis anda merupakan suatu keharusan.

Oleh karena itu jangan ragu untuk membuat suatu anggaran khusus untuk riset dan pengembangan produk-produk baru atau untuk menemukan proses bisnis baru yang lebih efektif dan efisien.

 

Penutup

Memulai usaha dari nol hingga sukses bukan hal yang mudah, anda pasti akan menemui berbagai hambatan, tantangan dan mungkin kegagalan.

Metode dan langkah-langkah yang tepat memang tidak bisa menjamin usaha anda akan sukses namun peluang anda untuk sukses akan meningkat. Langkah-langkah memulai bisnis diatas kami harap dapat membantu anda untuk mencapai kesuksesan yang anda inginkan.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

3 minggu ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

3 minggu ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

4 minggu ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

1 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

1 bulan ago

10 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Mudah

Usaha sampingan di rumah merupakan salah satu cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan di saat pengeluaran…

1 bulan ago