Beranda Memulai Bisnis Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

2119
1
bagaimana cara memulai bisnis handmade, cara memulai bisnis handmade, memulai bisnis handmade
image credit : pexels.com

Bisnis handmade adalah salah satu ide bisnis modal kecil yang menguntungkan. Bisnis barang handmade bagi sebagian orang mungkin identik dengan bisnis untuk ibu rumah tangga, namun sesungguhnya bisnis handmade bisa dimulai oleh siapapun bahkan jika kamu tidak mempunyai keahlian untuk membuat produk tersebut sendiri.

Perkembangan teknologi dan adaptasi ecommerce telah mempermudah bagaimana memulai bisnis handmade. Terutama dengan munculnya situs-situs yang dikhususkan untuk berjualan barang-barang handmade seperti Etsy.com dan Qlapa.com. Perkembangan tersebut tentu memberikan peluang memulai bisnis handmade bagi kamu yang mempunyai ketertarikan dengan dunia bisnis handmade.

Jika kamu tertarik untuk meraup keuntungan dari bisnis handmade tetapi bingung dalam bagaimana cara memulai bisnis handmade yang tepat simak 4 langkah berikut ini.

 

1. Tentukan Target Pasar Yang Spesifik

Kebanyakan orang memulai bisnis handmade berawal dari produk yang dibuat. Setelah produk dibuat baru kemudian mereka memasarkannya dan berharap barang yang dibuat tersebut bisa terjual tanpa mengetahui siapa target pasar mereka.

Langkah tersebut adalah suatu kesalahan. Kenapa? karena pendekatan tersebut sebenarnya mempunyai risiko yang sangat tinggi dimana produk yang telah dibuat tersebut tidak memiliki pasar yang cukup besar dan sedikit permintaan. Hal ini akan mengakibatkan kamu kesulitan dalam mengembangkan bisnis nantinya.

Pendekatan menentukan target pasar yang spesifik sebelum membuat produk yang dibuat adalah salah satu kunci untuk menghindari risiko tersebut. Dalam menentukan target pasar yang spesifik kamu harus membayangkan seperti apakah pelanggan ideal kamu, apakah dia merupakan pria atau wanita? apa hobi dan ketertarikan pelanggan ideal kamu? berapa usianya? berapa banyak penghasilannya?

Menjawab semua pertanyaan tersebut sangat penting untuk menentukan target pasar yang tepat dan sesuai dengan diri kamu. Setelah menjawab semua hal tersebut, tuliskan jawabannya dan bayangkan seperti apa karakter pelanggan ideal anda dan apa keinginannya.

 

2. Menentukan Barang Handmade Yang Sesuai

Setelah mengetahui dan bisa membayangkan seperti apa karakter pelanggan ideal dan apa keinginannya barulah kamu bisa menentukan produk apa yang kira-kira dibutuhkan oleh calon pelanggan kamu. Misalnya jika pelanggan ideal kamu adalah wanita usia 15-30 tahun yang gemar dengan kegiatan luar ruang maka dapat diasumsikan kebutuhan barang handmade bagi mereka adalah aksesoris fashion dengan tema kegiatan luar ruang yang nyaman dipakai dan kuat.

Setelah menentukan produk tersebut, lakukan validasi apakah ada permintaan untuk produk tersebut. Caranya? buatlah sebuah contoh produk yang bisa berupa produk fisik sudah jadi atau sebuah gambar konsep. Kemudian tanyakanlah kepada lebih dari 30 orang yang sesuai dengan profil pelanggan anda tersebut. Untuk mempermudah proses tersebut anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada teman anda yang sesuai dengan profil pelanggan ideal anda dan mintalah dia untuk membantu mengumpulkan jawaban dari kenalannya.

 

3. Membuat Konsep Branding 

Pada tahap ini kamu telah mengetahui barang handmade yang ingin kamu buat sesuai dengan permintaan pasar berdasarkan hasil validasi dari survey kecil yang kamu lakukan.Selain itu kamu juga seharusnya sudah mengetahui seperti apa konsep branding yang tepat bagi target pasar anda dan mulailah membuat logo bisnis serta material branding lainnya seperti website dan halaman social media bisnis.

Setelah kamu membuat konsep branding kamu perlu mulai memikirkan proses produksi dari barang handmade tersebut. Jika kamu bermaksud untuk membuat barang handmade tersebut sendiri maka pada tahap ini kamu perlu mempelajari cara membuatnya sesuai dengan permintaan pasar dan juga memastikan kamu telah mempunyai supplier material untuk membuat barang handmade tersebut. Sedangkan jika kamu tidak bermaksud untuk membuat barang handmade tersebut sendiri maka pada langkah ini kamu perlu mencari orang yang dapat membuat barang handmade tersebut.

 

4. Peluncuran Bisnis

Konsep branding telah dibuat dan bagian produksi barang telah disiapkan. Pada tahap ini yang perlu kamu lakukan adalah meluncurkan bisnis kamu kedunia luar. Mulailah melakukan pemasaran secara luas, sebarkan kabar jika kamu memulai bisnis handmade kepada teman-teman anda dan mintalah dengan baik agar mereka merekomendasikan bisnis anda jika mereka suka dengan produk yang kamu buat. Selain itu perluas jaringan penjualan kamu dengan membuka beberapa saluran penjualan di berbagai social media seperti facebook, instagram dan pinterest serta online marketplace seperti carousell (mobile app), shopee (mobile app), dan Qlapa.com.

 

Kesimpulan

Memulai bisnis handmade tidaklah semata-mata mengenai bagaimana membuat produk yang dijual, tetapi kuncinya adalah bagaimana menentukan target pasar yang sesuai, menentukan produk yang tepat dan memastikan adanya permintaan pasar bahkan sebelum membuat produk tersebut. Tanpa melakukan hal tersebut kamu mengambil risiko yang besar karena produk yang telah kamu buat bisa saja tidak dinilai sebagaimana yang kamu harapkan oleh pasar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here