Beranda Memulai Bisnis Bagaimana Cara Memulai Bisnis Katering Untuk Pemula

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Katering Untuk Pemula

661
0
BERBAGI
bagaimana cara memulai bisnis katering, cara memulai bisnis kuliner, cara memulai bisnis makanan
image credit ; pexels.com

Jika kamu cukup handal dalam memasak dan sering dipuji mengenai rasa makanan yang kamu buat, kemungkinan besar kamu pernah memikirkan atau berikan saran untuk mencoba memulai bisnis katering sendiri. Tetapi karena kamu merasa keahlian kamu hanya dalam memasak saja dan tidak mengetahui aspek bisnis dari bisnis katering tersebut mungkin kamu bertanya-tanya apakah aku bisa memulai bisnis katering sendiri? apakah bisa sukses nantinya?

Keraguan memulai bisnis bagi memang dialami oleh sebagian besar pengusaha pemula. Hal itu sebenarnya wajar saja, bahkan yang sudah berpengalaman saja dapat mengalami keraguan disaat akan melakukan ekspansi. Jika kamu mempunyai keraguan karena tidak mengetahui bagaimana cara memulai bisnis katering untuk pemula seperti kamu jangan khawatir karena di artikel ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai usaha katering.

Sebagai referensi untuk langkah-langkah bagaimana cara memulai bisnis katering ini kami melihat bagaimana seorang Gibran Rakabuming pemilik Chili Pari dan Lynda Permatasari pemilik Puspita Sawargi memulai bisnis mereka.

 

Langkah-langkah Memulai Bisnis Katering

Langkah 1 : Pelajari Seluk-Beluk Bisnis Katering

Mempunyai pengalaman dan pengetahuan lebih jauh tentang bagaimana sebuah bisnis katering beroperasi dapat menjadi keunggulan besar dalam membangun bisnis katering yang sukses.

Tanpa mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana bisnis katering beroperasi kamu dapat mengalami berbagai masalah seperti bagaimana menghitung bahan baku yang dibutuhkan, memastikan masakan mempunyai rasa yang tepat, bagaimana menyajikan makanan secara tepat sampai bagaimana cara mengatur urutan pembuatan masakan sehingga seluruh pesanan dapat selesai dengan tepat waktu.

Bekerja Dengan Perusahaan Katering

Cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam bisnis katering adalah belajar langsung di lapangan melalui pelaku bisnis katering yang sudah berpengalaman. Kamu tidak hanya belajar mengenai hal-hal teknis dalam bisnis katering tetapi juga kamu dapat mempelajari berbagai soft-skill yang penting seperti bagaimana cara menangani pegawai dan cara memberikan perintah yang efektif.

Menjadi Sukarelawan Acara Keluarga/Teman

Menjadi sukarelawan di acara keluarga/teman kamu dapat menjadi cara alternatif untuk mengumpulkan pengalaman dan pengetahuan yang penting untuk memulai usaha katering. Terutama jika keluarga atau teman tersebut mempunyai ibu atau anggota keluarga yang sudah terbiasa menangani hajatan keluarga atau kerabat dengan skala cukup besar. Selain memberikan pengalaman, dengan menjadi sukarelawan kamu dapat membangun hubungan baik dengan orang yang kamu bantu dan siapa tau nantinya mereka dapat memberikan referensi untuk calon pelanggan kamu dimasa depan.

 

Langkah 2 : Tentukan Ceruk Pasar Kamu

Setelah kamu merasa sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk memulai dan menjalankan bisnis katering secara serius, maka langkah selanjutnya adalah menentukan ceruk pasar yang menjadi target pasar kamu.

Menentukan ceruk pasar perlu kamu lakukan karena pada saat baru memulai bisnis katering kemungkinan besar bisnis katering kamu belum mempunyai reputasi yang kuat dan dikenal luas. Selain itu kamu juga belum mempunyai sumber daya yang cukup untuk memberikan layanan yang lengkap dan besar seperti katering-katering yang sudah besar. Oleh karena itu menentukan ceruk pasar sangat penting karena menentukan ceruk pasar yang spesifik adalah dasar dari membangun reputasi dan kepercayaan pelanggan.

Bagaimana cara menentukan ceruk pasar? temukan apa penawaran unik yang bisa kamu berikan dari katering kamu kepada calon pelanggan. Jenis penawaran yang unik dapat berupa memberikan penyajian makanan secara unik, mempunyai spesialisasi di jenis makanan tertentu atau memberikan penekanan penawaran katering untuk acara tertentu seperti resepsi perkawinan skala kecil atau resepsi perkawinan dirumah.

Untuk menentukan ceruk pasar tersebut berikut beberapa hal perlu kamu tentukan.

Tentukan Siapa Pelanggan Ideal Kamu

Untuk bisa meraih pelanggan dalam segmen tertentu kamu memerlukan pemahaman bagaimana selera dan karakteristik segmen pelanggan tersebut.

Sering ada kesalahan pemahaman bagi seorang entrepreneur bisnis kuliner yang beranggapan bahwa rasa adalah segalanya. Hal itu tidaklah salah, tetapi perlu diingat juga bahwa masalah rasa bergantung kepada faktor subyektif siapa yang mencoba makanan tersebut. Kamu juga pasti mengakui jika selera orang yang tinggal di kota besar mempunyai selera yang berbeda dengan orang yang tinggal di kota kecil.

Oleh karena itu langkah pertama dalam menentukan ceruk pasar adalah bayangkan dan tentukan seperti apa pelanggan yang dapat kamu pahami dengan baik dan kamu yakin dapat berikan pelayanan yang maksimal.

 

Tentukan Konsep 

Konsep adalah inti dari identitas bisnis katering kamu. Menentukan konsep yang unik sangatlah penting untuk bisa “terlihat” dari banyaknya bisnis katering lain yang sudah ada. Menentukan konsep secara spesifik juga memungkinkan kamu untuk selalu menjadi yang paling unggul di segmen khusus tersebut.

Apa karakteristik yang paling unik dari bisnis katering yang dapat kamu bayangkan? apakah kamu ingin mempunyai spesialisasi di acara-acara tertentu seperti makan siang bisnis, reuni sekolah, ulang tahun balita, atau acara-acara sosial masyarakat lainnya. Atau kamu merasa mempunyai kemampuan yang hebat dalam membuat sajian makanan asia atau eropa? Selain itu kamu juga menawarkan spesialisasi makanan yang lebih spesifik lagi seperti dessert table, ice cream bar atau all in one street food.

Tentukan Harga Katering

Bisnis katering tidak berbeda dengan bisnis lain yang mempunyai harga beragam mulai dari yang terjangkau sampai sangat mewah. Menentukan harga yang tepat bagi segmen pelanggan kamu tidak hanya penting dalam menentukan apakah bisnis katering kamu nantinya dapat cukup menguntungkan atau tidak.

Penentuan harga yang tepat juga penting untuk memposisikan bisnis katering kamu di segmen pelanggan yang tepat. Jika kamu mempunyai pelanggan ideal kalangan elit dan konsep katering yang mewah tentu kamu juga perlu menentukan harga yang menunjukkan bahwa layanan katering yang kamu berikan adalah katering mewah. Begitu juga sebaliknya jika pelanggan ideal kamu merupakan kelas menengah maka harga yang kamu tentukan tidak bisa setinggi katering mewah.

 

Langkah 3 : Tentukan Menu yang Ditawarkan

 

Produk utama dari bisnis katering adalah makanan yang disajikan. Oleh karena itu, untuk bisnis katering menu yang ditawarkan sangat penting dalam membentuk identitas suatu bisnis katering.

Jika kamu membuka bisnis katering spesialis masakan tradisional akan jauh lebih baik jika kamu menawarkan menu masakan barat. Menawarkan menu masakan yang tidak sesuai dengan konsep dan pelanggan ideal yang kamu pilih selain mengaburkan identitas katering kamu untuk spesialis tertentu tetapi juga meningkatkan biaya yang diperlukan dan pada akhirnya menurunkan potensi keuntungan yang bisa kamu dapat.

Menentukan menu untuk bisnis katering kamu dapat menjadi tugas yang membingungkan, untuk membantu kamu dalam menentukan menu berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan.

Pelajari Menu Bisnis Katering Lain

Mempelajari menu bisnis katering lain yang populer dapat menjadi tempat untuk memulai mendapatkan inspirasi menu apa yang bisa kamu tawarkan. Tetapi ingat biasanya katering yang populer biasanya merupakan katering besar yang memberikan penawaran menu yang luas. Oleh karena itu, pilih katering populer yang mempunyai spesialisasi khusus yang serupa dengan konsep yang ingin kamu bangun.

Pelajari Menu Restoran 

Jika kamu kesulitan untuk mencari katering lain untuk dipelajari kamu bisa mencoba mempelajari menu restoran yang mempunyai spesialisasi yang sesuai. Kamu bisa mengetahui menu-menu apa saja yang populer untuk makanan tertentu dengan menanyakan masakan apa yang paling banyak terjual di restoran-restoran populer yang menyediakan jenis makanan yang ingin kamu sajikan dalam katering kamu.

Jumlah Menu Yang Sedikit Tetapi Kualitas Tinggi

Agar suatu makanan yang disajikan bisa memberikan kesan yang mendalam maka rasa, tekstur dan aroma yang diberikan haruslah luar biasa. Sensasi tersebut hanya dapat dirasakan jika makanan  yang disajikan katering kamu mempunyai kualitas yang tinggi dan mempunyai konsistensi.

Hal ini berarti akan lebih baik menawarkan 5 menu dengan kualitas masakan yang tinggi dibandingkan menawarkan 20 menu dengan kualitas masakan yang biasa-biasa saja. Jika kamu belum bisa menyajikan masakan dengan kualitas yang tinggi maka yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas masakan tersebut sehingga 8 dari 10 orang yang mencobanya mempunyai kesan yang tinggi terhadap masakan tersebut.

 

Langkah 4 : Menguasai Logistik Katering

Dalam mengetahui bagaimana cara memulai bisnis katering, salah satu aspek yang penting tetapi sering dilupakan adalah masalah logistik dari katering. Selain harus membuat masakan kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan bahan masakan dan bagaimana mengantarkan makanan tersebut ketempat acara.

Logistik Bahan Baku

Pastikan bisnis katering kamu mempunyai akses yang dapat diandalkan untuk mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan. Kamu tidak ingin mengalami kehabisan bahan baku utama disaat hari pelaksanaan acara besar salah satu klien penting kamu. Selain dapat menghancurkan reputasi yang sudah susah-susah kamu bangun karena masalah kesalahan logistik tersebut, mempunyai logistik yang buruk untuk bahan baku dapat menghabiskan semua keuntungan yang kamu peroleh akibat kenaikan harga cabai sebelum acara besar besok.

Transportasi

Masalah transportasi perlu kamu pikirkan karena jika bisnis katering kamu mempunyai konsep tertentu kemungkinan besar kamu mempunyai dekorasi dan perlengkapan masak yang khusus. Transportasi yang bisa diandalkan juga memegang peranan penting jika tempat acara diadakan tidak mempunyai dapur khusus yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sebagai pemula dalam bisnis katering, akan lebih masuk akal jika kamu mencari calon pengantar peralatan masak atau makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Carilah penyedia layanan transportasi tersebut sebelum kamu membuka layanan kamu karena bisa jadi biaya transport yang akan kamu keluarkan perlu kamu perhitungkan dalam biaya layanan yang kamu kenakan kepada pelanggan.

 

Langkah 5 : Marketing Untuk Katering

Dalam mengetahui bagaimana cara memulai bisnis katering, cara melakukan marketing merupakan kunci kesuksesan bisnis kedua setelah konsep dan rasa. Kisah memulai bisnis katering Gibran Rakabuming Raka dan Lynda Permatasari keduanya mempunyai penekanan tersendiri di masalah marketing.

Gibran Rakabuming bercerita bahwa tahun pertama memulai bisnisnya adalah masa-masa sulit karena hanya mendapatkan orderan dalam jumlah kecil. Sedangkan orderan jumlah kecil itu sedikit untungnya. Masa-masa sulit ini kemudian bisa dilewati ketika order-order untuk katering pernikahan mulai berdatangan. Untuk mendatangkan order-order itu Gibran melakukan marketing dengan gencar mengikuti bazaar dan memasang baliho untuk mengenalkan Chilli Pari.

Begitu juga dengan Lynda Permatasari yang mengetahui pentingnya marketing dalam bisnis katering. Dia menjalankan marketing strategi jemput bola dengan mendatangi gedung-gedung pernikahan, memberikan presentasi dan tidak lupa juga memberikan contoh masakannya. Strategi tersebut terbukti berhasil dengan berkembangnya Puspita Sawargi sebagai salah satu katering perkawinan yang cukup terkenal di Jakarta.

Buatlah Website Katering Yang Memukau

Sebelum berkembangnya internet sebagai sarana untuk mencari internet, pemasaran katering yang efektif hanyalah melalui brosur profil dan menu katering serta promosi dari mulut ke mulut. Tetapi dengan adanya internet sekarang, website menjadi sarana promosi paling efektif untuk bisnis katering.

Berbeda dengan restoran yang mempunyai lokasi fisik dan dapat dirasakan suasanya dengan mudah, agar orang mau mencoba katering kamu mereka harus dapat membayangkan seperti apa masakan yang kamu sajikan, seperti apa dekorasi yang kamu berikan dan suasana apa yang nantinya bisa didapatkan.

Media yang lebih tepat untuk menyampaikan semua hal itu selain website yang didesain secara memukau? Kamu dapat memberikan kesan bagaimana acara bisa berjalan dengan katering kamu dengan memasang foto-foto contoh dekorasi serta suasana pesta yang kamu tangani. Selain itu kamu juga bisa mempresentasikan seperti apa makanan yang kamu hidangkan oleh katering kamu dengan memuat video test food dan foto-foto makanan yang disajikan.

Bermitra dengan Event Organizer dan Event Venue

Membangun jaringan pribadi dengan orang-orang yang memberikan layanan yang tidak terpisahkan dari katering seperti event organizer dan penyedia tempat acara merupakan cara yang hebat dan efektif untuk memasarkan bisnis katering kamu. Jika kamu dapat membangun hubungan timbal balik yang sehat, seringkali mereka dapat memberikan referensi klien yang menjadi pelanggan bagi kamu.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here