Home Bisnis Online 12+ Cara Menghasilkan Uang dari Blog – 2021

12+ Cara Menghasilkan Uang dari Blog – 2021

4

Apakah anda sedang mencari cara untuk menghasilkan uang dari internet atau bisnis online? Jika ya, blogging dapat menjadi cara bagi kamu untuk menghasilkan uang dengan melakukan apa yang kamu suka. Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blog di 2021.

Namun, lain dari yang sering disebutkan oleh para internet marketer, menghasilkan uang dari blog tidaklah mudah. Jika kamu mencari cara untuk menjadi kaya dengan cepat dan tanpa usaha maka artikel ini tidak memberikan jawaban yang kamu cari.

Jangan tertipu dengan janji-janji cepat kaya dengan mudah, dan gambar rumah atau mobil mewah yang biasanya para penipu asosiasikan dengan bisnis online. Menghasilkan uang dengan blog membutuhkan kerja yang nyata dan waktu yang relatif lama.

Tetapi jika kamu mempunyai keinginan yang kuat, mau bekerja keras, kamu bisa menulis dan menggunakan beberapa cara menghasilkan uang dari blog dalam artikel ini untuk meraih kebebasan finansial dan waktu. Dengan kerja keras dan kemampuan untuk terus belajar bukannya tidak mungkin jika kamu kemudian dapat menjadi salah satu blogger yang kaya dan sukses yang dapat menghasilkan ratusan ribu dollar perbulannya.

Sebelum anda mencoba cara menghasilkan uang dari blogging ini tentu anda harus sudah mempunyai blog anda sendiri. Saat ini membuat blog dengan WordPress sangatlah mudah. Anda bisa mencoba dengan blog gratis menggunakan blogspot. Tetapi jika anda serius jauh lebih baik jika anda membuat website independen sendiri untuk membangun brand anda dengan lebih baik.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog di 2021?

Seperti bisnis lainnya, bisnis menghasilkan uang dari nilai yang diberikan oleh suatu bisnis kepada orang lain, khususnya pelanggan mereka. Khusus terkait dengan blog terdapat beberapa cara untuk memberikan nilai tambah kepada orang lain yaitu sebagai berikut:

1. Tampilkan Iklan CPC atau CPM

Google Adsense – Salah satu cara menghasilkan uang dari blog anda

Iklan Cost Per Click (CPC) atau Cost Per 1,000 Impression (CPM) adalah cara menghasilkan uang dari blogging yang mudah dan paling banyak digunakan oleh blogger untuk monetisasi blog mereka.

Populernya penggunaan iklan CPC atau CPM untuk menghasilkan uang dari blog tidak terlepas dari mudahnya implementasi strategi ini. Ambil contoh Google Adsense yang merupakan salah satu jaringan iklan CPC atau CPM yang terbesar.

Untuk menghasilkan uang dari Google Adsense anda tidak perlu mencari pengiklan, bernegosiasi dan membuat kontrak sendiri. Google Adsense sudah mengurus semuanya, yang perlu anda lakukan hanya bergabung dan masukkan kode unik di website anda untuk mulai menampilkan iklan. Google kemudian akan memilih iklan yang relevan dan cocok dengan konten website anda, jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut anda akan menghasilkan uang. Selain Google Adsense terdapat program-program iklan CPC dan CPM lainnya seperti Media.net, Propeller Ads, Chitika, Infolinks, etc.

 

2. Artikel Sponsor

Blog yang bagus mempunyai pembaca dalam jumlah cukup besar dan dipercaya oleh pembaca mereka sebagai referensi untuk mendapatkan informasi yang tepat. Blog yang mempunyai kualitas tersebut mempunyai peluang besar untuk menghasilkan uang tambahan dengan menerima penjualan artikel yang disponsori oleh pengiklan.

Hal ini tidak berbeda dengan sponsor-sponsor acara atau pertandingan olahraga di televisi. Pada dasarnya anda menghasilkan uang dari bagaimana anda mengenalkan brand atau perusahaan pengiklan dan mempromosikannya dengan baik kepada pembaca anda.

Untuk mulai mendapatkan uang dari blogging dengan cara ini anda dapat membuat satu halaman penawaran artikel sponsor di blog anda. Di halaman tersebut anda bisa menjelaskan berapa pengunjung yang membaca blog anda, berapa lama mereka membaca, apa demografi mereka dan apa yang sedang mereka cari untuk lebih meyakinkan pengiklan.

Setelah membuat halaman tersebut anda bisa mengirimkan email ke perusahaan-perusahaan yang prospektif dan relevan dengan blog anda.

 

3. Hasilkan Komisi Affiliate Marketing

cara kerja affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blogging yang cukup mudah dilakukan dan mempunyai potensi pendapatan yang lebih besar daripada iklan CPC dan CPM.

Untuk yang belum mengetahui apa itu affiliate marketing, secara sederhana affiliate marketing adalah merekomendasikan suatu produk atau jasa kepada pengunjung anda yang dapat mereka beli melalui tautan atau link khusus ke website lain (Lazada, Bukalapak atau Amazon misalnya).

Hal ini tidak jauh berbeda dengan program referral yang dapat anda temukan sehari-hari, dimana anda bisa mendapatkan kupon hadiah atau bonus untuk teman yang berbelanja atau mendaftar atas nama anda.

Jika anda tertarik untuk mencoba affiliate marketing, anda dapat memulai memikirkan apa produk atau jasa yang sudah anda gunakan sendiri. Kemudian pikirkan apakah produk atau jasa tersebut dapat membantu atau menarik bagi pembaca anda. Jika ya, anda dapat mencari program affiliate untuk produk atau jasa tersebut.

Baca Lebih Lanjut : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

4. Program Langganan Konten 

image credit : pexels.com

Jika anda menghasilkan konten yang menarik dan mempunyai pembaca setia kemungkinan anda bisa menghasilkan uang dengan membuat program berlangganan konten premium bagi pembaca paling setia anda.

Anda dapat membuat artikel yang hanya dapat diakses oleh langganan anda, akses ke lebih banyak konten harian, akses ke konten video atau audio, atau download. Jika anda memakai WordPress, anda dapat membuat website yang menggunakan sistem langganan dengan mudah menggunakan plugin seperti Memberpress atau PaidMembershipPro.

Cara ini tidak mudah karena anda harus dapat memberikan apa yang anda janjikan kepada pelanggan anda secara konsisten. Jika anda gagal maka anda tidak hanya kehilangan pendapatan, anda juga bisa kehilangan reputasi yang sudah susah payah anda bangun.

Walaupun demikian, cara menghasilkan uang dari blogging yang satu ini dapat menguntungkan dan diandalkan karena memberikan pendapatan yang teratur dan dapat diprediksi.

 

5. Forum Anggota Premium

Alternatif dari untuk membuat situs keanggotaan berbayar selain konten premium adalah membuat forum anggota tertutup yang hanya terbuka untuk pengguna yang membayar biaya langganan.

Forum adalah salah satu cara terbaik bagi pembaca setia anda untuk mendapatkan saran atau masukan dari anda atau anggota lainnya. Untuk memulai anda dapat menggunakan plugin WordPress seperti bbPress.

6. Tawarkan Kursus Online

Kursus online saat ini semakin populer sebagai cara mempelajari suatu keahlian dengan cepat, mudah dan relatif lebih murah dibandingkan kursus konvensional. Namun untuk mendapatkan murid dibutuhkan kredibilitas dan reputasi yang baik bahwa anda dapat memberikan pembelajaran yang mereka butuhkan untuk menguasai keahlian tersebut.

Anda tidak perlu menjadi master atau ahli dalam bidang tersebut untuk menawarkan kursus online. Yang anda perlukan hanya level keahlian yang satu atau dua tingkat lebih tinggi dari murid anda, dan anda mengetahui bagaimana cara mengajarkannya secara efektif.

Untuk memulai cara menghasilkan uang dari blog yang satu ini tentu anda harus mempersiapkan bahan dan materi pembelajaran. Biasanya suatu kursus online diberikan melalui video atau webinar, ditambah dengan materi pendukung yang dapat didownload.

 

7. Jual eBook

Menjual adalah alternatif lain untuk menghasilkan uang dari blog anda. Seperti kursus online, menjual eBook anda sendiri membutuhkan investasi waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Namun setelah menjadi eBook yang bagus anda maka yang anda perlu lakukan hanyalah mempromosikannya.

Cara ini dilakukan oleh banyak blogger yang sukses, Pat Flynn misalnya memulai karirnya di bisnis online dengan menjual eBook tentang tes profesi arsitek ramah lingkungan. Dari awalnya yang sederhana tersebut Pat Flynn saat ini dapat menghasilkan jutaan Dollar Amerika Serikat dalam setahun.

 

8. Jual Produk atau Merchandise Fisik

Dengan blog anda tidak hanya dapat menjual produk digital. Anda juga dapat menjual produk atau merchandise fisik seperti T-Shirt, tas, poster, mug, atau produk-produk fisik lainnya.
Cara menghasilkan uang dengan blog yang ini tidak hanya dapat dijalankan oleh blogger yang mempunyai bisnis lain. Blogger yang hanya mengandalkan blog mereka tanpa mempunyai bisnis lainnya juga dapat menempuh jalur ini. Contohnya, blog WaitButWhy yang salah satu cara mereka menghasilkan uang adalah dengan menjual kaos, jaket, mug, poster dan pernak-pernik lainnya.

9. Tawarkan Jasa Kepada Pembaca Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, blog adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kredibilitas dan reputasi. Sebagai ilustrasi, andaikan anda mempunyai keahlian untuk mengatur keuangan pribadi anda, menghemat pengeluaran secara signifikan dan berinvestasi dengan bijak. Kemudian anda memulai blog untuk membagikan pengetahuan anda kepada orang lain.

Orang yang mencari solusi untuk mengatur keuangan mereka kemungkinan akan menemukan blog anda dan membaca artikel yang anda buat. Jika konten yang anda buat berguna untuk mereka dan memberikan hasil yang dapat dirasakan oleh mereka, maka pembaca anda akan mulai melihat anda sebagai “ahli” di bidang tersebut.

Begitu anda mulai memiliki otoritas dan kredibilitas. Orang-orang mungkin akan mulai mendekati anda untuk memberikan nasihat yang spesifik, meminta anda untuk menjadi pembicara di suatu acara atau konferensi, atau untuk memberikan pelatihan pribadi.

 

10. Kunci Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog

Semua cara menghasilkan uang dari blog diatas hanya dapat anda lakukan jika anda melakukan aspek-aspek lainnya dari blogging seperti membangun jaringan, dan bisnis. Pada umumnya terdapat 3 hal yang harus anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan anda menjadi blogger yang sukses.

 

11. Ciptakan Konten Yang Berkualitas Dengan Konsisten

Anda tidak akan menghasilkan uang dari blog anda jika anda tidak mempunyai pembaca. Mempunyai pembaca yang setia dalam jumlah yang cukup adalah syarat utama untuk menghasilkan uang dari blog dan menjadi blogger yang sukses.

Pembaca hanya akan mau membaca blog anda jika anda menghasilkan konten yang bagus dan berkualitas. Jangan harap anda bisa menjadi blogger yang sukses hanya dengan membuat satu dua konten yang biasa atau menyalin konten orang lain.

 

12. Bangun Jaringan Dan Hubungan

Seperti bisnis lainnya, blogger yang sukses biasanya mempunyai jaringan yang kuat dan hubungan yang baik dengan para pendukung mereka. Pendukung blog anda mungkin dapat mencakup pembaca, sponsor, mitra affiliate atau blogger lainnya. Dengan jaringan tersebut kemudian anda dapat memperoleh pendapatan dengan membuat suatu acara networking dan workshop.

 

13. Pemasaran Internet

Banyak blogger yang gagal karena mereka hanya dapat menulis namun tidak mengetahui cara untuk mempromosikan blog mereka untuk dibaca oleh pengunjung. Hal ini merupakan kesalahan besar!

Blogger yang sukses mengetahui bahwa sekedar menulis artikel hanyalah langkah pertama, selanjutnya mereka juga mempromosikannya agar dapat ditemukan oleh pembaca mereka. Setelah memahami konsep pemasaran internet dengan baik anda dapat menghasilkan pendapatan dari blog anda dengan menawarkan kerjasama pemasaran internet kepada mitra yang tertarik.

Advertisement

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version