Categories: Ide Bisnis

8 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Rumah Terbaik

Semakin banyak orang yang mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu serta sulitnya mencari kerja saat ini. Penghasilan tambahan memang menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan finansial dan membangun kekayaan di masa depan.

Adanya penghasilan tambahan juga memungkinkan anda untuk mempunyai alternatif pekerjaan yang dapat dilakukan jika sewaktu-waktu anda kehilangan pekerjaan utama anda. Tidak hanya itu bagi pelajar mempunyai penghasilan tambahan dapat menjadi batu loncatan untuk memulai karir sebagai pengusaha di masa depan.

Jika anda pernah mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah, anda mungkin menyadari bahwa banyak sekali peluang yang dapat anda coba dan ambil. Pertanyaannya dari puluhan peluang tersebut yang mana yang terbaik untuk anda coba? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami telah menyusun 7 cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah terbaik.

1. Menawarkan Jasa di Fiverr

Fiverr : Marketplace untuk menyelesaikan tugas anda

Fiverr merupakan platform marketplace untuk jual beli jasa di internet yang terbesar. Jika anda mempunyai keahlian yang dapat ditawarkan sebagai suatu jasa melalui internet seperti pemasaran internet, pemasaran sosial media, penulisan konten, pembuatan video, programming, penerjemahan, dan lain-lain maka anda bisa menawarkannya di Fiverr.

Fiverr dapat menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah karena banyak sekali jasa yang dapat anda tawarkan dengan modal laptop dan internet. Kemudian anda dapat menyampaikan hasil kerja anda melalui internet tanpa harus meninggalkan rumah anda.

Untuk referensi anda berikut beberapa jasa sampingan yang paling menghasilkan di fiverr dari CNBC:

  • Pemasaran Video $300-$18.000
  • Pembuatan website $100- $3.000
  • Pengembangan aplikasi smartphone $300-$3.000
  • pemasaran pencarian dan display internet $100-$2.000
  • Desain grafis $100-$3.000

2. Berjualan Makanan Ringan

rekomendasi usaha rumahan modal kecil – usaha snack

Berbagai makanan ringan seperti keripik, makaroni kering, dan kue kering merupakan konsumsi sehari-hari yang populer dan diminati masyarakat. Besarnya minat akan makanan ringan tersebut dapat menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan sampingan di rumah dengan berjualan makanan ringan dari rumah anda.

Selain dapat menghasilkan uang tambahan yang lumayan, bisnis yang satu ini mempunyai potensi yang cukup baik untuk dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar jika anda berhasil mengumpulkan pelanggan dan penggemar setia makanan ringan buatan anda.

Tidak sedikit bisnis beromzet miliaran rupiah yang bergerak di bidang makanan ringan ini, contohnya seperti keripik pedas Maicih, keripik Karuhun dan juga Makaroni Ngehe. Semua bisnis tersebut sebenarnya dapat dimulai dengan sebagai usaha sampingan dari rumah anda.

Baca Juga: 5 Langkah Memulai Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Kecil

 

3. Menawarkan Online Course di Udemy

Saat ini online course tengah naik daun dan mempunyai trend yang positif. Trend positif tersebut didukung dengan semakin terbiasanya masyarakat dalam mendapatkan pembelajaran secara online akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh.

Selain itu akses internet yang semakin mudah dan terjangkau juga menjadi salah satu pendukung berkembangnya peluang usaha sampingan yang satu ini. Jika anda mempunyai suatu keahlian yang dapat anda ajarkan maka anda bisa mencoba membuat online course atau kursus online di Udemy.

Online course yang dapat anda tawarkan di Udemy dapat menyesuaikan dengan keahlian anda. Misalnya jika anda ahli bermain biola anda bisa menawarkan kursus biola melalui Udemy, atau anda ahli dalam bercocok tanam hidroponik maka anda bisa menawarkan kursus budidaya hidroponik.

Artikel Lain: 10 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pemula Yang Menjanjikan

 

4. Membuat Blog

blogging strategi bisnis di era digital – image credit: pexels.com

Menulis, membuat dan mengembangkan sebuah blog dapat menjadi media yang baik untuk menghibur, mengedukasi dan memberikan inspirasi kepada orang lain. Selain itu membuat blog juga dapat menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah yang efektif.

Blog dapat menghasilkan uang dengan berbagai cara, cara paling sederhana dan banyak dilakukan adalah dengan mengikutsertakan blog anda dalam program Google Adsense untuk dapat menampilkan iklan di blog anda.

Selain itu anda juga dapat menghasilkan uang dari blog dengan berjualan merchandise anda sendiri di blog anda, menjual ebook atau jasa, serta dengan mengkombinasikan blog anda dengan affiliate marketing.

Jika anda mempunyai ketertarikan dan pengetahuan yang cukup mendalam disuatu bidang maka anda dapat menuangkan ide-ide serta pengetahuan anda dibidang tersebut dalam sebuah blog. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog dalam artikel kami berikut.

 

5. Menjual Merchandise Custom

Jika anda mempunyai kreativitas dan mempunyai minat dalam bidang desain atau fashion usaha yang satu ini dapat menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah yang efektif untuk anda.

Caranya mudah anda tinggal mendaftar ke Ciptaloka.com dan kemudian setelah akun anda di approve bisa mulai membuat kaos, jaket, mug, jam dinding, dan berbagai pernak-pernik lainnya sesuai dengan desain anda sendiri.

Anda kemudian dapat berjualan barang-barang yang telah anda desain melalui website Ciptaloka, Whatsapp, Media Sosial atau bahkan melalui marketplace online seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya.

 

6. Berjualan Kerajinan

Anda dapat menjahit? merancang scrapbook? merajut? atau membuat kerajinan tangan lainnya? jika ya tidak ada salahnya jika anda menjalani berjualan kerajinan untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dapat dijual, mulai dari masker kain buatan rumah, tas handmade, sepatu lukis, dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Anda dapat memulai usaha ini dengan membuat beberapa contoh kerajinan tangan untuk kemudian diupload dan ditawarkan melalui online marketplace atau media sosial yang anda miliki. Kemudian jika ada orderan anda bisa menerapkan sistem preorder untuk mengurangi kebutuhan modal dan risiko barang tidak terjual.

 

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing sebelumnya sudah sempat kami singgung sedikit sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan blog. Namun meskipun anda tidak memiliki blog anda juga tetap dapat melakoni affiliate marketing.

Caranya anda bisa memanfaatkan media sosial, mailing list, channel youtube anda, atau bahkan Whatsapp yang anda miliki. Anda dapat memulai bisnis affiliate marketing dari minat terbesar anda.

Apa produk atau kategori barang yang sangat anda kuasai, kemudian mulailah membuat review produk-produk tersebut secara konsisten dan rekomendasikan kepada orang lain. Setelah anda mendapatkan pengikut yang cukup banyak anda dapat mulai mempromosikan link affilate untuk produk yang terkait kepada pengikut anda.

 

8. Dropshipping

Dropshipping merupakan skema berjualan dimana anda tidak menyimpan stok sendiri namun dengan menggunakan stok langsung dari supplier. Stok barang yang terjual kepada pelanggan disini tidak anda kirim sendiri melainkan dikirim langsung oleh Supplier kepada pembeli.

Dengan skema tersebut dropshipper dapat fokus kepada upaya untuk meningkatkan penjualan dan menggaet pembeli tanpa harus pusing memikirkan stok barang, masalah pengiriman ataupun kebutuhan modal kerja yang besar.

Bisnis dropshipping oleh karena itu cocok untuk menghasilkan penghasilan tambahan dari rumah, karena modal utama yang anda perlukan hanyalah gadget dan paket data untuk berjualan.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

3 minggu ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

3 minggu ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

4 minggu ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

1 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

1 bulan ago

10 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Mudah

Usaha sampingan di rumah merupakan salah satu cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan di saat pengeluaran…

1 bulan ago