Beranda eCommerce Bagaimana Cara Membuat Toko Online Yang Menarik Dengan WordPress

Bagaimana Cara Membuat Toko Online Yang Menarik Dengan WordPress

937
8
membuat toko online, cara membuat toko online, bagaimana membuat toko online
Cara membuat toko dengan Woocommerce

Jika Anda memiliki ide bisnis dengan modal yang terbatas maka membuat toko online untuk pemasaran adalah suatu keharusan. Jika Anda sudah memiliki bisnis yang sudah berjalan, membuat toko online juga merupakan suatu keharusan. Mengapa harus membuat toko online? ada 2 alasan:

  1. Agar Anda tidak kehilangan uang. Ecommerce Indonesia di mempunyai potensi pendapatan yang begitu besar.
  2. Agar anda tidak kalah persaingan, perubahan teknologi dan perilaku konsumen akibat penggunaan ecommerce yang semakin meluas membuka peluang munculnya pesaing-pesaing baru yang bisa berkembang walau dengan modal kecil. Contohnya? Brodo yang sanggup bersaing dengan brand besar dalam waktu relatif singkat.

Indonesia adalah pasar e-commerce yang berkembang sangat pesat. Pasar ecommerce Indonesia diperkirakan akan membengkak menjadi US $ 130 miliar pada 2020 (Rp 1.700 trilliun), dengan pertumbuhan tahunan 50 persen. Pada tahun 2016 nilai pasar Ecommerce ditaksir mencapai US$ 30 miliar (setara Rp. 395 trilliun). Perlu diingat bahwa sebagian dari pertumbuhan tersebut disebabkan perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya berbelanja secara offline menjadi secara online, sehingga anda yang tidak mempunyai toko online sangat berpotensi kehilangan pelanggan.

Lalu bagaimana dengan yang berencana memulai bisnis? Perubahan perilaku konsumen tersebut memberikan peluang bagi anda yang ingin memulai bisnis. Tetapi perlu diingat bahwa dengan pesatnya pertumbuhan ecommerce tersebut, semakin lama anda menunda pelaksanaan dari rencana anda memulai bisnis berarti semakin sulit juga bersaing dengan brand-brand yang sudah ada dan menawarkan pengalaman ecommerce yang memuaskan.

Selain itu membuat toko online juga memberikan manfaat lain seperti meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda, membantu membangun loyalitas pelanggan, sampai dengan membantu memperluas jaringan Anda. Mungkin banyak dari Anda yang merasa kesulitan dalam memulai toko online karena bingung bagaimana membuatnya. Untuk memudahkan proses pembuatan dan managemen toko online itulah peranan utama dari WordPress yang dilengkapi plugin Woocommerce.

 

WordPress – Woocommerce

image credit: ecommerce-platforms.com
image credit: ecommerce-platforms.com

Woocommerce adalah plugin dari Content Management System (CMS) paling populer yaitu WordPress yang berfungsi untuk memberikan fitur-fitur yang diperlukan dalam suatu situs ecommerce. Selain itu Woocommerce juga membantu Anda dalam berbagai aspek managemen toko online mulai dari stok barang sampai dengan daftar pelanggan.

Seperti yang dapat Anda lihat diatas, Woocommerce adalah pemimpin dalam persaingan platform ecommerce dimana 32% situs ecommerce dibangun dan diatur dengan Woocommerce, diikuti Magento sebesar 19%, dan Opencart sebesar 11%.

Mengapa Menggunakan Woocommerce?

Woocommerce menjadi pemimpin pasar bukan saja karena kepopuleran CMS WordPress tetapi juga karena fitur-fiturnya yang kuat dan sangat membantu dalam managemen suatu toko online. Terlepas keunggulan tersebut namun Woocommerce juga mempunyai beberapa kekurangan, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Woocommerce:

 

Kelebihan

  • Gratis.
  • Tidak ada batasan jumlah produk dan pilihan/opsi produk.
  • Bekerja dengan baik pada semua perangkat.
  • Relatif mudah digunakan.
  • Potensi kostumisasi yang luar biasa, anda dapat mengontrol hampir seluruh aspek toko online Anda.
  • Penggunaan platform mudah dan gampang dipahami.
  • Search Engine Friendly, Anda dengan mudah dapat mengoptimisasi rangking search engine toko anda yang berarti lebih banyak pengunjung secara gratis.
  • Kaya akan fitur dan fungsi-fungsi lain dapat ditambahkan dengan banyaknya plugin WordPress.

 

Kekurangan

  • Untuk mendapatkan tampilan yang professional dibutuhkan themes yang bagus, themes yang bagus dan cocok untuk Woocommerce biasanya berbayar.
  • Membutuhkan plugin untuk dapat memaksimalkan potensi Woocommerce, memilih plugin dapat membingungkan dengan banyaknya pilihan dan untuk memakai plugin terbaik Anda harus mengeluarkan uang.

Jika dibandingkan dengan investasi awal yang diperlukan untuk membuat toko online dengan WordPress dan manfaat yang diberikan berupa branding yang lebih kuat dan biaya berulang yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan Ecommerce builder seperti Shopify atau Jarvis Store maka bagi anda yang mempunyai pengetahuan teknis atau ingin sedikit belajar tentang pemprograman maka toko online dengan WordPress dan Woocommerce adalah pilihan yang tepat.

 

Bagaimana Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress dan Woocommerce?

Jika Anda memutuskan menggunakan WordPress dan Woocommerce untuk membuat toko online Anda berikut ini 5 langkah yang harus anda lakukan.

1. Beli Nama Domain dan Hosting

Langkah paling pertama yang harus dilakukan dalam membuat toko online adalah membeli nama domain dan hosting yang dibutuhkan. Kenapa harus membeli nama domain dan hosting? nama domain sendiri dengan akhiran populer seperti .com, .co.id, .net dan seterusnya, lebih dipercaya oleh pelanggan karena lebih professional.

Dalam memilih hosting pertama kali yang umumnya dipertimbangkan adalah masalah harga dan fitur. Fitur yang paling penting dalam hosting untuk toko online adalah:

  • Uptime yang dapat diandalkan, akses yang selalu hidup merupakan faktor pertama dalam memilih hosting;
  • Kecepatan akses website, jika website anda dipasarkan untuk pembeli dalam negeri maka hosting lokal (domestik) sudah cukup tetapi jika lebih banyak dipasarkan untuk pembeli luar negeri maka hosting internasional (US) dapat dipertimbangkan walau harganya lebih mahal;
  • Customer service yang baik dan responsif, sebagai rule of thumb customer service harus bisa merespon permintaan support dalam waktu 1 x 24 jam.

Mengenai masalah besarnya size hardisk atau bandwidh maka lebih besar lebih baik tetapi untuk pertama kali size hardisk 500 mb saja sudah cukup untuk Anda memulai membuat toko online.

Jika anda bingung mencari hosting yang berkualitas dengan harga terjangkau, anda bisa mempertimbangkan untuk memakai Dewaweb yang mempunyai:

✔ Garansi Uptime 99%;

✔ Kecepatan loading server yang cepat;

✔ Harga terjangkau mulai dari Rp. 15.000 per bulan;

✔ Gratis domain untuk pembelian minimal satu tahun;

✔ 24/7 Support via livechat.

[button-green url=”https://client.dewaweb.com/aff.php?aff=7083″ target=”_blank” position=”center”]Promo[/button-green]

 

Dengan biaya hosting yang murah + domain gratis tersebut maka manfaat yang diberikan oleh domain dan hosting berbayar tentu jauh lebih besar daripada biayanya, dimana anda cukup melakukan 1 penjualan per bulan dengan profit Rp.15.000 untuk biaya hosting dan domain tersebut. Sedangkan manfaat yang diberikan berupa search engine rangking yang lebih tinggi, jumlah pengunjung yang lebih banyak, kekuatan merek dan kepercayaan konsumen yang lebih tinggi jauh melebihi biaya tersebut.

 

2. Menginstall WordPress dan Woocommerce

Setelah membeli domain dan hosting yang dibutuhkan, untuk membuat toko online Anda selanjutnya Anda harus menginstall WordPress dan Woocommerce. Langkah-langkah dalam instalasi WordPress sangatlah mudah karena hampir semua web hosting mempunyai fitur Softaculous Apps Installer yang akan mengatur installasi secara otomatis dan Anda hanya perlu mengisi beberapa data dalam formulir instalasi.

Jika hosting Anda mempunyai fitur Softaculous Apps Installer yang perlu Anda lakukan hanya login ke CPanel (dashboard administrasi hosting website) dan temukan Softaculous Apps Installer (gunakan seach box di CPanel atau biasanya ada dibagian bawah dashboard). Kemudian temukan logo WordPress dan klik untuk menginstall.

3. Install Woocommerce Theme

Untuk membuat toko online Anda tampil lebih professional maka langkah selanjutnya adalah memilih theme woocommerce sesuai dengan selera dan konsep toko Anda. Anda dapat menggunakan Theme yang gratis untuk memulai toko online Anda, bahkan jika Anda mempunyai kemampuan coding dan kustomisasi yang cukup mumpuni maka theme gratis tersebut dapat terlihat professional dan berbeda.

Namun, bagi anda yang serius membuka toko online, menggunakan theme premium sangatlah disarankan. Dengan kelebihan-kelebihannya dan manfaat yang diberikan  dalam jangka panjang, theme premium dengan harga $ 47 – $67 dapat terbayar dengan mudah. Selain itu dukungan support serta update akan menghemat waktu anda.

Baca Lebih Lanjut : Kelebihan Theme Premium WordPress Untuk Toko Online

Dalam memilih theme Woocommerce perhatikan beberapa hal dibawah ini untuk memastikan Anda memilih secara tepat:

– Estetika Desain Theme

Dalam memilih tampilan theme, yang perlu anda pertimbangkan bukan hanya tampilan yang memukau. Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah tampilan dari theme tersebut sesuai dengan brand, audience dan juga produk yang Anda jual. Sebagai contohnya jika Anda menjual sepatu premium untuk pria maka pilihlah theme yang memiliki warna elegan dan maskulin serta minimalis.

 

– Frekuensi Update Theme

WordPress dan Woocommerce selalu mengeluarkan versi baru mengikuti perkembangan teknologi. Versi terbaru tersebut berfungsi untuk memastikan WordPress dan Woocommerce mempunyai fitur yang mumpuni dan terdepan, selain itu update yang teratur memastikan keamanan dari situs Anda.

Update tersebut dapat mengakibatkan theme yang Anda pakai mengalami error jika tidak dilakukan penyesuaian dengan versi terbaru WordPress dan Woocommerce. Oleh karena itu sangat penting untuk melihat apakah pengembang theme tersebut secara reguler melakukan update theme.

Terakhir, sebelum membeli atau menginstall theme pastikan yang Anda pilih kompatibel dengan versi WordPress dan Woocommerce yang Anda pakai.

 

– Theme yang Responsive

Dengan semakin banyaknya pemakaian smartphone dan tablet dalam mengakses internet maka sangat penting untuk memastikan theme yang Anda pilih adalah theme yang Responsive. Theme yang Responsive adalah theme yang menyesuaikan tampilannya dengan jenis perangkat yang mengakses situs tersebut. Hal tersebut penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten, dan fitur-fitur penting situs tetap bekerja.

 

– Support Pengembang

Selalu ada kemungkinan Anda mengalami bug yang mempengaruhi kinerja situs Anda. Untuk itu support pengembang apabila muncul bug tersebut sangatlah penting, pastikan Anda mengecek apakah theme tersebut didukung dengan support yang responsif

Baca Lebih Lanjut : Kelebihan Theme Premium WordPress Untuk Toko Online

 

Rekomendasi Theme Premium Toko Online Woocommerce

Mengetahui kelebihan theme premium wordpress diatas anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan theme premium. Dengan banyaknya pilihan theme premium yang tersedia, memilih theme premium dapat menghabiskan waktu yang tidak sedikit.

Mengingat waktu adalah uang, berikut kami rekomendasikan beberapa theme premium yang mempunyai support, update reguler dan fitur yang lengkap:

1. eCommerce

theme premium wordpress, kelebihan theme premium wordpress, theme premium woocommerce
eCommerce theme premium wordpress fungsional
[button-green url=”http://bit.ly/MTSecommerce” target=”_blank” rel=”nofollow” position=”center”]Demo/Download[/button-green]

eCommerce adalah tema yang indah, modern dan profesional yang ideal untuk situs eCommerce. Mempunyai layout responsif yang menyesuaikan dengan perangkat untuk mengakses situs, fitur wishlist dan quickview serta customer support 24 jam. Selain itu theme eCommerce juga mempunyai variasi produk, pilihan warna yang tidak terbatas dan pilihan untuk penjualan affiliate.

 

2. Flatsome

theme premium toko online, theme premium woocommerce

[button-green url=”http://bit.ly/FlatsomeTF” target=”_blank” rel=”nofollow” position=”center”]Demo/Download[/button-green] Flatsome adalah theme premium Woocommerce dengan penjualan terbaik di ThemeForest. Mempunyai fitur-fitur yang sangat lengkap dan mudah untuk dikustomisasi dengan adanya UX Frontend Editor untuk memudahkan anda membuat tampilan situs yang memukau tanpa pengetahuan coding sedikitpun.

Selain kemudahan dalam melakukan kustomisasi, Flatsome juga dilengkapi dengan demo data, SEO Optimized, dan loading halaman yang cepat.

Rekomendasi Theme Lain : 8 Theme Premium Toko Online WordPress Terbaik

4. Install Plugin Pendukung

Dalam berjualan melalui toko online, Anda pasti harus mengatur bagaimana perhitungan ongkos kirim dilakukan, mengatur cara pembayaran dan konfirmasi pembayaran, mengatur informasi apa saja yang harus dimasukkan dalam pesanan pembeli, mengatur aspek SEO dan marketing serta masih banyak lagi.

Tugas-tugas tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif jika Woocommerce Anda dilengkapi dengan plugin pendukung yang tepat. Plugin pendukung yang dibutuhkan antara lain adalah:

  • Plugin SEO : Search Engine seperti Google merupakan cara utama pelanggan untuk menemukan produk yang mereka cari, oleh karena itu memaksimalkan search engine ranking Anda merupakan suatu keharusan. Plugin SEO yang umumnya digunakan adalah Yoast SEO.
  • Plugin Jetpack: plugin ini wajib digunakan untuk toko online untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung toko online Anda secara harian, mingguan dan bulanan. Plugin ini juga berguna untuk mengetahui halaman apa yang paling sering dikunjungi.
  • Plugin Pengiriman: menghitung ongkos kirim untuk setiap order sangatlah merepotkan dan menyita waktu. Plugin ini berguna untuk mengurangi beban kerja Anda.
  • Plugin Konfirmasi Pembayaran : sama dengan pengiriman, mengkonfirmasi pembayaran dapat menyita waktu Anda. Oleh karena itu plugin konfirmasi pembayaran haruslah Anda miliki.
  • Plugin Pembayaran Paypal :  memberikan keleluasaan dalam memilih metode pembayaran merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan toko online. Toko online yang tidak menyediakan pembayaran melalui Paypal dapat kehilangan order yang mungkin didapat.

 

#5 Kustomisasi dan Setup Toko

Setelah selesai menginstall plugin-plugin tersebut, langkah selanjutnya adalah mengatur toko online Anda agar sesuai dengan pengaturan yang Anda butuhkan. Untuk mengetahui pengaturan yang tepat mungkin Anda akan butuh untuk mempelajari fungsi-fungsi dari pengaturan WordPress, Woocommerce dan plugin yang telah Anda install. Namun jangan khawatir jika Anda mengalami kesulitan karena untungnya WordPress dan Woocommerce mempunyai komunitas yang aktif dan dapat menjadi sumber Anda untuk bertanya.

Setelah selesai mengatur toko online Anda maka langkah terakhir sebelum membuka toko online Anda adalah mengupload produk-produk yang Anda jual ke dalam Woocommerce. Tulislah deskripsi yang lengkap dengan memberi penenkanan pada nilai-nilai utama dari produk Anda selain itu gunakan foto produk yang sebaik mungkin.

 

Penutup

Membuat toko online dengan WordPress dan Woocommerce tidaklah sulit. Saat ini sangat mudah sekali membuat toko online dengan tampilan yang menarik dan professional dengan menggunakan tools tersebut dan theme premium.

Jika anda masih ragu, anda bisa berdiskusi dengan kami disini atau menghubungi langsung. Ingatlah bahwa setiap hari yang dibuang dengan keraguan anda kehilangan potensi untuk meningkatkan kemampuan dan kemajuan bisnis anda melalui toko online, Jika anda membutuhkan bantuan atau pertanyaan jangan sungkan menanyakannya disini.

8 KOMENTAR

  1. Mas firman, saya sedang di lema memilih domain yg seo friendly untuk toko online nanti.
    Bagaimana memilih domain seo friendly yg menjual lebih dari 1 jenis produk?
    Semisal jual tas,sepatu,sandal dll.
    Tidak mungkinkan misal saya pakai domain jualtasseatusandalaksesoris,com.
    Solusinya bagaimana mas ?
    Di tunggu y jawabannya & terima kasih mas.

    • Halo mas irham mohon maaf sebelumnya baru membalas. Untuk nama domain lebih baik memakai nama brand saja agar mudah diingat, namun pilih domain yang Top Level Domain seperti .com, .id, atau .net dibanding .co.id dan pakai nama yang tidak terlalu panjang agar mudah diingat. Yang paling penting pastikan URL produk yang dijual itu SEO Friendly (misalnya: fashion.com/blazer-zara-cowo-formal-id05). Selain itu pastikan halaman penjualan produknya menggunakan tag h1, h2, dan h3 untuk kata-kata kuncinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here