Beranda Ide Bisnis 9 Peluang Usaha Yang Cocok Di Desa dan Menguntungkan

9 Peluang Usaha Yang Cocok Di Desa dan Menguntungkan

72
0

Banyak yang mempunyai pandangan jika bisnis dan usaha yang menguntungkan hanya dapat dilakukan di kota. Padahal hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Memang terdapat usaha yang tidak cocok dilakukan di Desa, namun sebaliknya terdapat juga jenis-jenis peluang usaha yang cocok di desa dan menguntungkan.

Bukti bahwa terdapat berbagai usaha yang cocok di Desa dapat dilihat dari cukup banyaknya kisah sukses pengusaha yang berbisnis di desa. Contohnya, Ulus Pirmawan (43) asal Kampung Gandok, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ulus sukses dalam agrobisnis dengan buncis supernya yang sudah mencapai pasar internasional.

Nah, berkaca dari hal tersebut jangan ragu untuk memulai usaha walaupun kamu bertempat tinggal di desa. Jika kamu bingung apa usaha yang cocok di desa dan menguntungkan, kami telah merangkup beberapa peluang usaha yang cocok di desa dan menguntungkan sebagai berikut:

 

1. Usaha Sembako

usaha sembako
usaha sembako

Baik di desa maupun di kota, barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako adalah salah satu kebutuhan dasar yang akan selalu dibutuhkan. Untuk di desa yang belum mempunyai saingan berat dari toko-toko modern seperti supermarket dan masih terbatasnya jumlah minimarket, usaha sembako dapat menjadi salah satu usaha yang cocok di desa dan menguntungkan.

Usaha sembako membutuhkan modal yang cukup besar, kamu juga harus membangun jaringan yang baik dengan distributor sembako untuk mendapatkan harga yang kompetitif untuk dijual kembali. Walaupun usaha sembako bukan usaha yang mudah dijalankan tetapi keuntungan yang diberikan dari bisnis sembako juga tidaklah kecil, banyak orang-orang kaya di desa yang mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari usaha sembako mereka.

 

2. Usaha Budidaya Jamur

Udara di desa biasanya lebih bersih dan mempunyai kelembapan yang baik untuk budidaya jamur. Selain itu di desa tentu lebih mudah mencari lahan kosong untuk tempat membangun gubuk sederhana untuk tempat budidaya jamur.

Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, usaha budidaya jamur termasuk salah satu usaha yang cocok di desa.

Usaha budidaya jamur termasukmempunyai prospek yang cerah dan menjanjikan. Seorang pengusaha budidaya jamur tiram dapat menghasilkan lebih dari Rp 15 juta per bulannya sampai Rp. 30 juta per bulan.

Memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal puluhan juta rupiah. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal kurang dari  Rp 10 juta rupiah jika anda menggunakan lahan sendiri (tidak termasuk biaya pembangunan ruang khusus budidaya).

 

3. Usaha Minyak Atsiri

usaha minyak atsiri – salah satu usaha yang cocok di desa

Minyak atsiri atau essential oil merupakan produk yang mempunyai banyak kegunaan. Minyak atsiri adalah bahan dasar untuk berbagai produk olahan lebih lanjut seperti parfum, pewangi, dan masih banyak lagi. Selain digunakan sebagai bahan dasar, minyak atsiri juga sering digunakan sebagai aromatherapy.

Dengan banyaknya penggunaan minyak atsiri tersebut, minyak atsiri merupakan salah satu komoditas yang mempunyai permintaan tinggi dan menguntungkan. Jika anda berlokasi di desa yang mempunyai kekayaan bahan baku minyak atsiri seperti cengkeh, sandalwood, daun kayu putih, sereh, daun cengkeh, daun nilam, jeruk, melati dan lain-lain maka salah satu usaha yang cocok di desa dan menguntungkan adalah usaha minyak atsiri.

Walaupun menguntungkan kekurangannya dalam usaha minyak atsiri adalah anda memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai usaha ini. Anda setidaknya perlu memiliki tempat mesin, mesin destilasi minyak, tempat penyimpanan, biaya operasional dan bahan bakar, serta tenaga kerja yang membutuhkan modal setidak-tidaknya ratusan juta rupiah.

 

4. Menjadi Blogger

Apakah kamu senang menulis? Jika ya kamu dapat menghasilkan uang dari internet dengan blogging. Menjadi blogger termasuk usaha yang cocok di desa sepanjang desa kamu sudah memiliki jaringan 3G atau 4G yang cukup stabil untuk mendapatkan sambungan internet.

Untuk menjadi blogger modal yang kamu butuhkan adalah laptop, domain dan hosting serta sambungan internet. Dengan kebutuhan yang minim tersebut, kamu dapat menjadi seorang blogger dengan modal 5 jutaan, atau bahkan kurang dari 1 juta jika kamu sudah memiliki laptop dan internet.

Walaupun modalnya kecil, perlu diingat jika menghasilkan uang dengan blogging tidaklah mudah. Kamu perlu mengumpulkan cukup banyak pembaca setia terlebih dahulu sebelum dapat menghasilkan uang, hal tersebut berarti kamu harus menulis cukup banyak postingan dan mempelajari Search Engine Optimization serta social media marketing agar Blog kamu dapat ditemukan oleh pembaca.

Jika kamu sudah memiliki pembaca dalam jumlah besar, kamu dapat mencari uang dari blog dengan berbagai cara seperti Adsense, iklan banner, sponsored post, review bisnis, affiliate marketing dan menjual produk sendiri.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog di Tahun 2018

 

5. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis internet affiliate marketing adalah bisnis dimana kamu mempromosikan suatu produk atau jasa kepada teman, kenalan atau pembaca kamu. Jika teman, kenalan atau pembaca kamu membeli produk atau jasa yang dipromosikan melalui link khusus yang disediakan oleh perusahaan mitra kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan yang terjadi dari link tersebut.

Bisnis affiliate marketing dapat dimulai dengan modal laptop, website, dan sambungan internet. Walaupun begitu kamu perlu pengetahuan yang cukup mendalam mengenai bagaimana cara mengumpulkan traffic, membuat konten yang menjual, dan bagaimana menemukan produk yang sesuai dengan pengunjung kamu.

6. Bisnis Tanaman Hias

usaha tanaman hias – salah satu usaha yang cocok di desa

Suatu ruangan atau luar ruangan akan terasa lebih indah, alami dan segar jika dihias dengan tanaman hias yang bagus. Tanaman hias banyak dicari oleh orang desa maupun kota dan permintaannya cukup tinggi.

Jika kamu mempunyai minat di bidang yang berhubungan dengan tanaman, maka ini dapat menjadi usaha yang cocok di desa dan menguntungkan untuk anda. Modal usaha bisnis tanaman hias tidaklah besar. Modal utama untuk bisnis tanaman hias adalah tempat yang sesuai, beberapa rak atau meja, pot, serta bibit. Dengan kebutuhan tersebut bisnis tanaman hias dapat dimulai dengan modal kurang dari 10 juta.

 

7. Usaha Pertamini / Pengecer BBM

Di desa biasanya cukup sulit menemukan SPBU besar yang menjual BBM, kalaupun ada seringkali lokasinya cukup jauh. Padahal di desa banyak motor dan mobil yang sehari-hari butuh BBM untuk operasionalnya.

Nah jika kamu berlokasi di desa yang tidak mempunyai SPBU atau masih jarang SPBU maka usaha yang cocok di desa dan menguntungkan yang dapat kamu coba adalah usaha pengecer BBM atau pertamini.

Usaha pengecer BBM dapat dimulai dengan modal kecil menggunakan botol-botol takaran dalam jumlah cukup dan rak penyimpanan. Namun, jika kamu mempunyai modal lebih, kamu dapat memulai usaha ini dengan menggunakan mesin pertamini yang dilengkapi dengan takaran digital untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan omzet bisnis ini.

Sebagai gambaran, mesin pertamini digital satu nozzle dijual dengan harga mulai Rp. 7.500.000 – Rp 9.000.000 (belum ongkir) di Tokopedia. Dengan asumsi perhari bisa menjual 100 liter bensin maka kamu dapat menghasilkan keuntungan Rp. 4.500.000 sebulan (100 x 30 hari x Rp. 1500 selisih harga) dan hanya butuh 2 bulan balik modal untuk bisnis ini.

 

8. Usaha Snack Kemasan

Usaha snack kemasan seperti keripik singkong, makaroni, keripik ubi, keripik pisang, dan berbagai kreasi makanan lainnya merupakan salah satu usaha yang cocok di desa. Kamu dapat mencari bahan makanan yang banyak tersedia di daerah kamu dan mengembangkan resep snack yang enak untuk bahan makanan tersebut.

Setelah itu kamu dapat menjualnya melalui media online, dan mengikuti pendampingan gratis dari dinas UMKM setempat untuk bisa mengikuti pameran dan mendapatkan bantuan dalam pemasaran.
Untuk memulai usaha snack kemasan kamu memerlukan setidaknya perlengkapan untuk mengolah dan memasak snack tersebut, untuk membuat kemasan kamu bisa menggunakan impulse hand sealer seharga Rp. 200 ribu dari Bukalapak.

 

9. Usaha Mitra Bukalapak

agen bukalapak

Kamu tentu kenal dengan Bukalapak. Bukalapak adalah salah satu perusahaan eCommerce online marketplace terkemuka di Indonesia. Hampir semua barang dapat anda temukan mulai dari elektronik seperti smartphone, laptop, TV, kulkas, sampai produk perlengkapan bayi, fashion dan masih banyak lagi.

Nah jika kamu ingin menghasilkan uang dari penjualan produk-produk fisik seperti smartphone, laptop, TV, kulkas dan lain-lain dan juga produk-produk digital seperti:

  • Pulsa;
  • Paket data;
  • BPJS;
  • Token Listrik;
  • Tagihan Listrik PLN;
  • PDAM;
  • Voucher Game;
  • Tiket Kereta;
  • Tiket Pesawat; dan
  • Tiket event.

Tanpa modal maka kamu dapat mencoba untuk berbisnis dengan menjadi Mitra Bukalapak.

Seorang Mitra Bukalapak mendapatkan komisi untuk setiap pembelian produk yang anda referensikan kepada teman, keluarga, kerabat, kenalan atau bahkan pelanggan anda dengan besaran komisi sebagai berikut.

PRODUK KOMISI
Barang Fisik (Semua Kategori) 5% (sesuai biaya administrasi)
Pulsa & Paket Data Potongan Harga Langsung
Token Listrik Potongan Harga Langsung
Voucher Game 5%
Tiket Kereta 5%
Tiket Pesawat 5%
Tagihan Listrik Pascabayar Rp2.000
BPJS Kesehatan Rp2.000
PDAM Rp2.000
Pembelian Emas via BukaEmas 1%

Menjadi Agen Bukalapak tidak hanya menguntungkan untuk anda, tetapi juga membantu orang lain untuk memperoleh barang yang berkualitas dengan harga lebih murah dibandingkan membeli di toko fisik. Kunjungi link berikut untuk mempelajari dan menjadi Mitra Bukalapak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here