Apa pengertian bisnis online menurut para ahli? apa saja yang termasuk sebagai bisnis online? Dalam memahami konsep bisnis online, mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan tersebut sangatlah penting.

Jika anda sedang mempelajari apa itu bisnis online, dan apa saja karakteristik dari suatu bisnis online maka anda berada ditempat yang tepat. Di artikel ini kami akan mencoba membahas apa definisi atau pengertian dari bisnis online.

Bisnis Online Adalah? Definisi Bisnis Online

bisnis online adalah, pengertian bisnis online menurut ahli
image credit: pexels.com

Secara etimologi istilah bisnis online terdiri dari dua kata yaitu “bisnis” dan “online”.

Bisnis sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menyediakan barang dan jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Sedangkan online berasal dari bahasa Inggris, dimana istilah Indonesia resminya adalah dalam jaringan atau biasa disingkat “daring”. Daring sendiri merujuk kepada sistem komunikasi jaringan internet yang menghubungkan berbagai perangkat dan sistem informasi.

Berdasarkan kedua arti kata tersebut bisnis online adalah kegiatan penyediaan barang dan jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan melalui media jaringan internet.

Baca Juga : 42+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Menjanjikan Di 2021

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Definisi bisnis online secara etimologi sebenarnya cukup memberikan gambaran apa yang dapat dikatakan sebagai bisnis online. Secara umum setiap bisnis yang melakukan kegiatan terkait dengan penyelenggaraan usaha mereka melalui media jaringan internet dapat dikatakan sebagai bisnis online.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak bisnis yang kemudian dalam melakukan kegiatan penyediaan barang dan jasa mereka menggunakan internet sehingga dapat dikategorikan sebagai “bisnis online”.

Meskipun begitu masing-masing bisnis mungkin mempunyai tingkat yang berbeda-beda dalam seberapa banyak kegiatan yang dilakukan melalui online.

Ada bisnis yang melakukan kegiatan online hanya menyangkut pemasaran dan penjualan, namun ada juga bisnis yang seluruh kegiatannya dilakukan melalui online.

Adanya perbedaan karakteristik antara bisnis online tersebut dapat menimbulkan pertanyaan bagi mereka yang ingin memahami pengertian dari bisnis online. Untuk memahami hal tersebut lebih lanjut kita dapat merujuk kepada pengertian bisnis online menurut ahli.

3 Pengertian Bisnis Online Menurut Ahli

Untuk membantu anda dalam memahaminya, kami disini akan menguraikan 3 pengertian bisnis online menurut ahli sebagai berikut:

Pengertian Bisnis Online Prof Raid – Bisnis Online Sebagai Aliran Informasi

Menurut Prof. Raid Al- Dabagh bisnis online adalah pergantian metode lama yang tidak efektif dalam aliran informasi dalam rantai pasokan dan rantai nilai suatu organisasi, dan menciptakan yang baru berdasarkan internet, komputasi dan teknologi komunikasi.

Beberapa contoh bisnis online berdasarkan pengerian Prof Raid mencakup:

Sponsored
  • Microsoft: melakukan pergantian metode lama penggunaan software dan penyimpanan data yang berbasis personal menjadi berbasis komputasi awan dengan sistem berlangganan.
  • Uber: melakukan penggantian metode lama untuk mendapatkan transportasi dari menjadi berbasis ride sharing.

Strauss Et Al – Bisnis Online Sebagai Optimisasi

Serupa dengan definisi tersebut, Strauss et al (2009) mengatakan bahwa bisnis online adalah optimisasi terus menurus atas kegiatan bisnis suatu perusahaan melalui teknologi digital.

Beberapa contoh bisnis online berdasarkan pengertian Strauss Et Al disini adalah:

  • Google: melakukan optimisasi bisnis inti search engine mereka dengan mengeluarkan berbagai fitur-fitur baru seperti voice search, prediksi, big data dan machine learning untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian.
  • Walmart: melakukan peningkatan bisnis dengan menawarkan produk melalui situs online disamping menawarkan produk melalui toko fisik mereka.

Turban et Al – Bisnis Online Sebagai Lingkup Transaksi

Berbeda dengan pengertian bisnis online para ahli diatas, Turban et al. (2008) mendefinisikan bisnis online merujuk kepada definisi lebih luas daripada e-commerce yang tidak hanya jual beli barang dan jasa, tetapi juga mencakup pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis dan melakukan transaksi elektronik dalam suatu organisasi.

Beberapa contoh pengertian bisnis online menurut Turban et Al disini antara lain:

  • Odondo: perusahaan penyedia customer support berbasis online
  • Slack: perusahaan penyedia software komunikasi pekerja professional melalui media online.

Karakteristik Kegiatan Bisnis Online

Berdasarkan 3 pengertian bisnis online menurut para ahli diatas dapat dipahami bahwa yang dirujuk sebagai bisnis online bisa hanya mencakup salah satu kegiatan dalam bisnis seperti:

  • penjualan dan pemasaran;
  • rantai pasokan dan pengadaan;
  • komunikasi;
  • riset dan pengembangan;

ataupun mencakup seluruh kegiatan diatas. Sehingga bisnis online dapat dibedakan berdasarkan porsi kegiatan yang dilakukan secara online menjadi:

  • Bisnis yang kegiatannya dilakukan sepenuhnya dalam jaringan;
  • Bisnis yang kegiatannya sebagian dilakukan dalam jaringan.

Bisnis yang seluruh kegiatannya dilakukan dalam jaringan dapat dibilang tidak sebanyak bisnis yang hanya sebagian kegiataanya dilakukan dalam jaringan.

Bisnis yang seluruh kegiataannya dilakukan dalam jaringan dapat disebut sebagai bisnis online murni. Beberapa contoh bisnis online murni antara lain seperti:

  • Bisnis blogging;
  • Bisnis social media marketing;
  • Bisnis search engine optimization;
  • Bisnis affiliate marketing;
  • Bisnis online course;
  • Bisnis ebook;

Berdasarkan contoh diatas karakteristik dari bisnis online murni umumnya berupa bisnis penyediaan jasa yang kemudian jasa tersebut dapat diberikan sepenuhnya melalui media internet.

Sedangkan bisnis yang sebagian kegiatannya dilakukan dalam jaringan dapat disebut sebagai bisnis online campuran.

Contoh dari bisnis online campuran sangatlah banyak. Hal tersebut karena banyak sekali bisnis konvensional yang sebelumnya tidak melakukan kegiatan didalam jaringan sudah mulai mengadopsi penggunaan internet dalam bisnisnya.

Penutup

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan dalam jaringan, pengertian tersebut mencakup bisnis yang sepenuhnya dilakukan dalam jaringan internet maupun yang hanya sebagian dilakukan di internet.

Bagaimana menurut anda? apakah pengertian dari bisnis online tersebut sudah tepat? atau anda mempunyai referensi pengertian bisnis online menurut ahli yang lain yang lebih baik? jika ya mohon bagikan pengetahuan anda melalui kolom komentar dibawah ini.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here