Categories: Entrepreneur

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah untuk meningkatkan kewirausahaan dari 3,47% pada 2019 menjadi 4% pada 2024. Untuk memahami mengapa kewirausahaan penting ada baiknya jika anda mengetahui pengertian kewirausahaan menurut ahli.

Pengertian tentang kewirausahaan secara bahasa formal relatif konstan dan tidak berubah. Namun, kewirausahaan sebagai istilah yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat dapat berubah seiring dengan adanya perubahan konteks di masyarakat.

Hal tersebut berakibat pada terdapat perbedaan definisi mengenai kewirausahaan yang berlaku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan pengertian kewirausahaan menurut masyarakat secara umum.

Apa Pengertian Kewirausahaan Secara Etimologi?

Secara etimologi istilah kewirausahaan berasal dari dua suku kata “wira” dan “usaha”. Kata wira dapat diartikan sebagai pahlawan atau pejuang. Sedangkan kata usaha dapat diartikan sebagai kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu.

Sehingga berdasarkan etimologi kewirausahaan dapat diartikan sebagai seorang pejuang yang bekerja mengerahkan daya upaya tenaga, pikiran dan badan untuk mencapai tujuannya.

Dengan kata lain secara etimologi, kewirausahaan mempunyai pengertian yang luas. Unsur utama dari kewirausahaan adalah “pengerahan daya upaya tenaga, pikiran dan badan” dan “untuk mencapai tujuan”.

Kewirausahaan tidak hanya mencakup kepada mereka yang menjalankan bisnis sendiri. Pengertian secara etimologi juga dapat mencakup pekerja swasta, pegawai negeri dan politisi yang mengerahkan seluruh upaya dalam mencapai tujuannya.

Apa Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli?

Berbeda dengan pengertian kewirausahaan berdasarkan etimologi, pengertian kewirausahaan menurut ahli pada umumnya lebih sempit.

Secara umum pengertian kewirausahaan atau kewirastaan (entrepreneurship) lebih sempit dengan fokus kepada mereka yang mengambil dan menanggung risiko untuk menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Namun para ahli umumnya memberikan penekanan pada suatu unsur dalam kegiatan memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut sehingga kegiatan tersebut dapat dikatakan sebagai kewirausahaan.

Baca Juga: 3 Definisi dan Contoh Keunggulan Kompetitif

Adapun beberapa perspektif pengertiaan kewirausahaan menurut ahli sebagai contoh disini adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Kewirausahaan Richard Cantillon

pengertian wirausaha Richard Cantillon

Richard Cantillon adalah ekonom berdarah Prancis-Irlandia yang hidup pada 1680 – 1730 Masehi. Cantillon pertama kali mendefinisikan istilah Kewirausahaan (entrepreneurship) dalam tulisannya Essai sur la Nature du Commerce en Général, or Essay on the Nature of Trade in General. Sebuah karya yang menurut William Stanley Jevons dapat dianggap sebagai “tempat lahir ekonomi politik”.

Cantillon mengartikan kewirausahaan sebagai:

mereka yang melakukan keputusan untuk mendapatkan dan menggunakan sumber daya dengan menanggung risiko suatu bisnis.

Cantillon melihat wirausahawan sebagai pengambil risiko yang sengaja mengalokasikan sumber daya untuk mengekploitasi peluang untuk memaksimalkan imbal hasil keuangan.

Contoh Kewirausahaan Richard Cantillon

Elemen utama dari kewirausahaan menurut Cantillon adalah penggunaan sumber daya dan menanggung risiko untuk mendapatkan keuntungan. Lingkup yang luas dari Cantillon disini berarti seorang pedagang yang berjualan dipasar juga dapat dikategorikan sebagai kewirausahaan.

2. Pengertian Kewirausahaan Schumpeter

Joseph A. Schumpeter ahli kewirausahaan

Joseph Schumpeter adalah seorang ekonom politik yang hidup pada 1883 sampai 1950 masehi. Schumpeter merupakan salah satu ahli yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan teori kewirausahaan.

Menurut Schumpeter, kewirausahaan adalah:

kemauan dan kemampuan untuk mengubah suatu ide atau penemuan baru menjadi inovasi yang berhasil.

Schumpeter berpendapat bahwa kewirausahaan menggunakan “gale of creative destruction” (badai penghancuran kreatif) dimana dalam prosesnya kewirausahaan menggantikan penawaran yang inferior di pasar dan industri.

Kemudian dari hal tersebut kewirausahaan menciptakan produk atau model bisnis yang baru. Sehingga kewirausahaan bertanggung jawab untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Baca Juga: 42+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Menjanjikan Di 2021

Contoh Kewirausahaan Schumpeter

Berbeda dengan Cantillon yang memberikan arti dalam lingkup luas, Schumpeter lebih sempit dan fokus kepada adanya inovasi yang berhasil. Apa yang dilakukan oleh Nadiem Makarim, Elon Musk, dan Jack Ma adalah contoh kewirausahaan yang sesuai dengan Schumpeter.

3. Pengertian Kewirausahaan Peter Drucker

Peter Drucker adalah pemikir dan konsultan manajemen yang terkenal di akhir abad 20. Karya-karya Drucker memberikan banyak konstribusi terhadap pondasi folosofis dan praktis untuk korporasi perusahaan modern.

Drucker mendefinisikan kewirausahaan sebagai:

Mereka yang selalu mencari perubahan, meresponnya dan mengekploitasinya sebagai sebuah peluang.

Drucker menekankan inovasi sebagai alat khusus dalam kewirausahaan untuk menekploitasi perubahan sebagai peluang untuk suatub bisnis yang berbeda.

4. Pengertian Kewirausahaan Hisrich, Peter & Shepherd

Robert D. Hisrich adalah  Garvin Professor dari Global Entrepreneurship dan Direktur Walker Center for Global Entrepreneurship di Thunderbird School of Global Management.

Bersama dengan Michael P. Peter dan Shepherd, Hisrich menulis buku Entrepreneurship yang telah diterbitkan dalam beberapa edisi dan menjadi banyak rujukan untuk studi tentang kewirausahaan diseluruh dunia.

Menurut Hisrich, Peter dan Shepherd, kewirausahaan adalah

Proses untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan nilai dengan mengabdikan waktu dan upaya yang diperlukan, menanggung risiko keuangan, batin dan sosial, dan menerima imbalan uang serta kepuasan personal dan kemandirian.

Contoh Kewirausahaan Hisrich, Peter & Shepherd

Pengertian Hisrich, Peter & Shepherd disini mempunyai lingkup yang luas. Kunci utamanya adalah adanya penciptaan sesuatu yang baru dan mempunyai nilai. Unsur kebaruan disini juga tidak diuraikan sehingga pengusaha kuliner yang menawarkan menu dengan rasa yang lebih enak atau mempunyai variasi berbeda dibandingkan saingan dapat termasuk sebagai kewirausahaan.

5. Pengertian Kewirausahaan Israel M. Kizner

Untuk pengertian kewirausahaan menurut ahli yang kelima ini kita akan melihat perspektif dari ekonom pemenang penghargaan, Israel M. Kizner. Israel M. Kirzner merupakan akademisi dan ekonom yang mendapatkan penghargaan Global Award for Entrepreneurship Research pada tahun 2003.

Penghargaan tersebut diperoleh atas karyanya yang berkontribusi terhadap perkembangan teori ekonomi yang menekankan terhadap pentingnya kewiruasahaan untuk pertumbuhan eknomi dan berfungsinya proses kapitalisme.

Menurut Mark Kizner kewirausahaan terkait dengan kemampuan untuk melihat dan menemukan peluang dalam suatu pasar. Menurutnya  kewirausahaan mempunyai peran penting dalam menyeimbangkan permintaan dan penawaran.

Oleh karena itu karakteristik wirausahawan menurut Kizner adalah memiliki sensifitas terhadap perubahan kondisi dan munculnya suatu peluang dalam pasar.

Contoh Kewirausahaan Kizner

Unsur dari kewirausahaan menurut Kizner adalah sensifitas terhadap perubahan kondisi dan ekploitasi penemuan peluang dalam kondisi pasar. Salah satu contoh kewirausahaan berdasarkan definisi tersebut adalah pengusaha yang membuka barbershop modern untuk pekerja kantoran.

Hal tersebut karena pengusaha tersebut melihat adanya perubahan kondisi pasar kelas menengah yang meningkatkan permintaan akan perawatan rambut untuk pria yang memberikan pelayanan lebih prima dan dengan konsep modern.

6 . Pengertian Kewirausahaan Rhenald Kasali

pengertian kewirausahaan menurut ahli Rhenald Kasali

Rhenald Kasali adalah guru besar manajemen di Universitas Indonesia yang juga menulis banyak buku tentang manajemen serta kewirausahaan. Dalam buku Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1 dijelaskan bahwa kewirausahaan mempunyai peran penting dalam mengatasi krisis ekonomi 1998. Ketahanan wirausaha dalam krisi karena adanya kemampuan tahan banting, fleksibel dalam bergerak, efisien dan berbasis sumber daya lokal.

Lebih lanjut, pengertian kewirausahaan menurut Rhenald Kasali ditekankan pada adanya kemauan berusaha dengan keberanian dan kegigihan sehingga usahanya mencapai pertumbuhan. Jadi disini pertumbuhan adalah kata kuncinya.

Berdasarkan pengertian tersebut, pemilik UMKM belum layak disebut sebagai entrepreneur jika mereka hanya sekedar membuka warung dan berusaha seadanya tanpa kemauan dan rencana untuk kemajuan.

Disebutkan dalam buku tersebut bahwa seorang Entrepreneur adalah mereka yang bergerak terus kedepan dan tumbuh dari waktu ke waktu, dari satu kedai menjadi lima, sepuluh, seratus lalu menjadi seribu.

Demikian beberapa pengertian kewirausahaan menurut ahli yang telah kami himpun. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pencerahan untuk anda.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

5 Cara Mengembangkan Mindset Kewirausahaan

Bagaimana cara mengembangkan mindset kewirausahaan? Artikel ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mindset dipercaya…

3 minggu ago

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

1 bulan ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

2 bulan ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

2 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

2 bulan ago

10 Usaha Sampingan Di Rumah Yang Mudah

Usaha sampingan di rumah merupakan salah satu cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan di saat pengeluaran…

2 bulan ago