Beranda Memulai Bisnis Rincian Modal Usaha Bisnis Cafe Kecil dan Tips Suksesnya

Rincian Modal Usaha Bisnis Cafe Kecil dan Tips Suksesnya

24
0
BERBAGI
rincian modal usaha bisnis cafe kecil, modal bisnis cafe, bisnis cafe, modal buka cafe
image credit : pexels.com

tidak sedikit dari generasi muda yang kemudian tertarik untuk berbisnis cafe. Jika anda termasuk orang yang tertarik atau berencana untuk membuka cafe salah satu pertanyaan yang pertama kali muncul pasti berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cafe? dan bagaimana rincian modal usaha bisnis cafe kecil?

Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut patut kita cermati terlebih dahulu bagaimana sebenarnya prospek bisnis cafe saat ini.

Trend dan Iklim Usaha Cafe

Untuk generasi muda, nongkrong di cafe atau membeli kopi yang nikmat sudah menjadi salah satu kebiasaan yang seringkali dilakukan setidaknya setiap minggu sekali.

Tidak heran kemudian bisnis cafe kecil menjadi salah satu bisnis yang meledak diberbagai kota-kota besar. Mulai dari cafe-cafe waralaba sampai artis terjun kedalam bisnis cafe. Bisnis cafe memang cukup menguntungkan, margin kotor dari bisnis cafe dapat mencapai 60% dan margin laba bersih mencapai 20%.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa trend nongkrong di generasi millenial sangatlah kuat dengan semakin tingginya pemakaian social media di dua generasi tersebut. Disisi lain generasi millenial Indonesia sangatlah besar populasinya dengan adanya bonus demografi. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya generasi millenial yang akan memulai karirnya atau mulai memasuki dunia kerja akan meningkatkan daya beli mereka.
Dengan trend tersebut, bisnis cafe sebenarnya mempunyai prospek yang cerah terutama untuk daerah-daerah dengan populasi kelas menengah cukup tinggi namun belum terdapat banyak cafe didaerah tersebut.

Rincian Modal Usaha Bisnis Cafe Kecil

Untuk menjawab kedua pertanyaan pada awal artikel ini IDNtrepreneur telah menyusun rincian modal usaha bisnis cafe kecil. Adapun rincian modal usaha bisnis ini dibuat dengan asumsi-asumsi sebagai berikut:

  • Tidak memperhitungkan biaya sewa tempat, biaya sewa tempat merupakan salah satu komponen terbesar dalam kebutuhan modal bisnis cafe. Tidak diperhitungkannya biaya sewa karena biaya sewa sangat bervariasi dan bergantung kepada lokasi, luas bangunan dan kondisi bangunan. Usahakan untuk menekan biaya sewa dengan negosiasi, atau dengan menggunakan konsep kerjasama dengan pemilik gedung.
  • Tidak memperhitungkan biaya renovasi atau dekorasi cafe. Biaya dekorasi cafe sangat bergantung kepada konsep yang diusung serta luas bangunan.
  • Asumsi untuk cafe kecil dengan 5 meja dengan 4 kursi/meja.
  • Biaya pegawai diasumsikan untuk lokasi pinggiran Jabodetabek.

Berikut rincian modal usaha bisnis cafe kecil:

A. Peralatan Cafe

  1. Mesin Kopi / Espresso Machine : Rp. 4.500.000
  2. Electric Coffe Grinder : Rp. 750.000
  3. Milk Jug : Rp. 180.000
  4. Kompor Gas 2 tungku : Rp. 300.000
  5. Ketel : Rp. 130.000
  6. Tamper : Rp. 300.000
  7. 5 set meja dan kursi cafe : Rp. 5.000.000
  8. Mesin Cup Sealer : Rp. 650.000
  9. Blender (Phillips Pro) : Rp. 450.000

Subtotal A : Rp. 12.260.000

B. Perlengkapan Cafe

  1. 20 x Cangkir dan Piring saji untuk kopi: Rp. 300.000
  2. 20 x Piring, sendok, garpu makan : Rp. 500.000
  3. 3 x Vietnam Dripper : Rp. 200.000
  4. Kulkas : Rp. 1.500.000
  5. Toples kedap udara untuk kopi : Rp. 50.000
Subtotal B : Rp. 2.550.000

C. Modal Kerja

  1. Bahan baku minuman (biji kopi, susu, teh, bubuk coklat) : Rp. 2.500.000
  2. Bahan makanan (roti, mie instant, kentang goreng): Rp. 1.000.000
  3. Gaji 1 orang karyawan : Rp. 2.500.000
  4. Listrik, air, dan gas : Rp. 1.000.000

Subtotal C : Rp. 7.000.000

Untuk modal kerja harus dipersiapkan untuk operasi selama 6 bulan. Cadangan modal kerja 6 bulan sangat diperlukan karena setidaknya diperlukan 1 tahun untuk mengenalkan cafe anda kepada calon pelanggan untuk mendapat pelanggan dalam jumlah yang cukup untuk mencapai break event point.

Selain itu, dalam rencana bisnis ini anda sebagai pemilik atau partner usaha anda juga harus bertindak sebagai barista di awal memulai usaha. Keterlibatan anda sangat diperlukan karena peranan barista sangat besar dalam kualitas kopi yang disajikan. Sedangkan dengan modal kecil akan sulit untuk mendapatkan barista yang handal untuk bisa membuat kopi yang berkualitas.

Subtotal Cadangan Modal Kerja : 6 x Rp. 9.000.000 = Rp. 42.000.000

Total Kebutuhan Modal : Rp. 56.810.000

Rincian modal usaha bisnis cafe kecil diatas tersebut dapat lebih besar atau kecil bergantung kepada lokasi pasti dari cafe anda dan vendor peralatan yang anda gunakan.

 

Tips Sukses Bisnis Cafe Modal Kecil

tips uskses bisnis cafe
image credit : pexels.com

Memulai bisnis cafe kecil dengan modal terbatas mempunyai tantangan yang tidak mudah. Anda harus sesegera mungkin mendapatkan pelanggan harian dalam jumlah yang cukup untuk menutup biaya operasional dalam waktu kurang dari enam bulan.

 

1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Kiat sukses bisnis cafe yang utama adalah pastikan anda memilih lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat ini maksudnya tidak hanya sesuai dengan budget sewa anda, tetapi juga ramai dilewati orang yang berjalan, atau berkendaraan dalam kecepatan yang tidak tinggi (bukan jalan protokol).

Anda juga harus melihat apakah orang yang melewati lokasi tersebut sesuai dengan target pasar anda. Jika target pasar anda adalah anak-anak muda menengah keatas jangan memilih lokasi yang ramai dilewati oleh pekerja kantoran karena tidak sesuai dengan konsep dan target pasar anda.

 

2. Tidak Ada Kompromi Untuk Kualitas

Dalam bisnis kuliner, kualitas makanan dan minuman yang sesuai dengan harga adalah suatu keharusan untuk bisa sukses. Jika bisnis cafe anda tidak dapat memberikan kopi yang rasanya sesuai dengan harganya, misalnya harga 25 ribu tetapi rasanya sama dengan kopi sachetan maka dapat dipastikan pelanggan anda tidak akan kembali lagi ke cafe anda.

Oleh karena itu, anda harus selalu memprioritaskan kualitas yang terbaik untuk disajikan kepada pelanggan. Anda tidak boleh menurunkan kualitas rasa anda. Selain itu anda harus menjaga konsistensi rasa, jangan sampai dari 100 cangkir yang anda sajikan 50 cangkir enak tetapi 50 cangkir sisanya kurang enak.

 

3. Lakukan Pelanggan Anda Seperti Raja

Dalam bisnis kuliner pelayanan yang cepat dan baik merupakan salah satu kunci sukses yang penting. Harga mahal makanan dan minuman hanya akan dirasakan sepadan oleh pelanggan jika anda memberikan pelayanan yang memuaskan.

Sebaliknya, harga yang murah dengan pelayanan yang buruk tidak akan membuat pelanggan anda kembali lagi jika anda mempunyai saingan bisnis di daerah tersebut.

Bagaimana cara memberikan sebuah pelayanan yang terbaik? Beri salam kepada pelanggan yang masuk ke cafe anda, kemudian persilakan duduk dan tawarkan kopi yang menjadi andalan cafe anda.

Siapkan order yang dipesan oleh pelanggan secepat anda bisa, jangan biarkan pelanggan anda menunggu lama. Selain itu selalu berikan senyuman kepada pelanggan anda dan ucapkan terima kasih atas kunjungan mereka.
Anda juga harus mengajarkan hal-hal tersebut secara berulang-ulang kepada karyawan anda sehingga karyawan anda juga mempunyai sikap yang tepat untuk melayani pelanggan.

 

4. Tawarkan Menu Yang Minimalis Namun Enak

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan yang sangat mempengaruhi tingkat keuntungan dalam bisnis kuliner adalah tingkat bahan baku yang terbuang atau tidak terjual.

Untuk itu tawarkan menu yang minimalis (tidak terlalu banyak pilihan) tetapi semua menu yang ditawarkan tersebut mempunyai kualitas yang sangat tinggi. Hindari menawarkan suatu menu yang kualitas rasanya hanya rata-rata atau dibawah rata-rata. Karena selain hanya meningkatkan jumlah bahan baku yang terbuang pelanggan anda yang memesan menu yang kualitasnya kurang tersebut juga akan mempunyai pengalaman yang kurang baik.

Penutup

Demikian uraian dan rincian modal usaha bisnis cafe kecil beserta kiat suksesnya. Rincian modal usaha tersebut dapat menjadi gambaran bagi anda yang berencana untuk menjadi pengusaha kuliner di bidang kopi. Ingat bahwa bisnis kuliner bukanlah bisnis yang mudah, terdapat banyak saingan dan anda harus kerja keras untuk bisa sukses.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here