Home Memulai Bisnis 7 Tips Sukses Usaha Anak Muda Terbaik

7 Tips Sukses Usaha Anak Muda Terbaik

0
tips sukses usaha anak muda - image credit: pexels.com

Apa tips sukses usaha anak muda? Pertanyaan tersebut seringkali muncul dari anak muda yang tertarik memulai usaha.

Memang memulai bisnis diusia muda bukanlah perkara yang mudah.

Seringkali pengusaha muda terhalang dengan keterbatas modal, pengalaman dan sumber daya lainnya.

Seperti masalah keterbatasan modal yang sedikit banyak dapat diatasi dengan memilih ide bisnis usaha anak muda modal kecil. 

Kemudian masalah pengalaman dapat diatasi dengan mencari mentor pengusaha yang dapat membantu anda.

Namun tidak semua pengusaha muda memiliki keberuntungan untuk mendapatkan mentor.

Jika anda saat ini belum mendapatkan mentor untuk membantu usaha anda, berikut ini tips sukses usaha anak muda untuk membantu anda memulai.

Tips Sukses Usaha Anak Muda

1. Buat Perencanaan

membuat rencana – tips sukses usaha anak muda

Benjamin Franklin, bapak pendiri Amerika Serikat, politisi, ilmuwan dan pengusaha sukses pernah mengatakan “jika anda gagal untuk merencanakan, anda merencanakan untuk gagal”.

Ungkapan yang sederhana namun sangat kuat dan relevan dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak terkecuali untuk bisnis.

Perencanaan merupakan salah satu fungsi dasar manajemen. Perencanaan yang cermat meningkatkan peluang bisnis untuk sukses mencapai tujuannya.

Oleh karena itu salah satu tips sukses usaha anak muda yang harus anda lakukan adalah lakukan perencanaan. Kemudian perbarui rencana tersebut sesuai dengan perkembangan yang terjadi.

 

2. Lakukan Riset

image credit: pexels.com

Tips sukses usaha anak muda yang berikutnya adalah lakukan riset sebelum mengambil keputusan. Melakukan riset sebelum mengambil keputusan mencegah anda mengambil keputusan yang salah yang dapat merugikan anda.

Contohnya jika anda ingin menjual produk baru di bisnis anda, maka sebelumnya anda harus meninjau terlebih dahulu bagaimana permintaan produk tersebut. Apakah harga yang anda terapkan tepat? Berapa banyak orang yang mencari produk tersebut?

Baca Juga: 33+ Usaha Modal 1 Juta Paling Menjanjikan dan Menguntungkan

 

3. Tantang Diri Anda

Mempunyai motivasi yang kuat sangat membantu setiap pengusaha untuk sukses. Richard Branson mengatakan bahwa motivasi terbesarnya didapat dari menantang dirinya sendiri.

Belajar dari Richard Branson, salah satu tips sukses usaha anak muda yang perlu anda terapkan adalah biasakan membuat tantangan kepada diri anda sendiri.

 

4. Tentukan Tujuan Anda

Setiap organisasi, baik bisnis maupun non-profit dibentuk untuk suatu tujuan.

Tanpa adanya tujuan yang jelas, bisnis anda dapat mengalami disorientasi yang mengakibatkan bisnis anda tidak fokus dan berjalan tanpa arah. Jika hal tersebut terjadi akan sangat sulit untuk bisa mencapai kesuksesan

Oleh karena itu pastikan anda menentukan dulu apa yang ingin anda raih dalam jangka pendek dan menengah. Tentukan tujuan secara spesifik dan dengan batas waktu. Contohnya anda mempunyai tujuan jangka pendek untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dari 80% menjadi 90%.

5. Pupuk Rasa Percaya Diri 

Henry Ford, pernah mengatakan bahwa baik jika anda berpikir anda bisa atau tidak maka apapun yang anda pikirkan menjadi benar.

Dari perkataan Henry Ford tersebut dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri bahwa anda bisa sukses menjadi faktor penting apakah anda bisa meraih sukses atau tidak.

Oleh karena itu, pupuklah rasa percaya diri anda bahwa anda bisa mencapai kesuksesan dengan menguatkan tekad anda untuk bekerja keras meraih kesuksesan.

 

6. Lakukan Hal Yang Anda Sukai

Steve Jobs dikenal sebagai seorang visioner dan pengusaha yang kesuksesannya tidak diragukan lagi. Steve mengatakan bahwa kunci untuk bisa melakukan pekerjaan yang hebat adalah melakukan apa yang anda rasa penting dan sukai:

Pekerjaan Anda akan mengisi sebagian besar hidup Anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah dengan melakukan apa yang Anda yakini sebagai pekerjaan yang hebat. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan puas. Terkait dengan semua masalah hati, Anda akan tahu saat menemukannya.

 

7. Pahami Industri Anda

Tony Hsieh, pendiri Zappos yang diakuisi oleh Amazon senilai USD 1.2 miliar, mengatakan “Jangan memainkan permainan yang tidak Anda mengerti, meskipun Anda melihat banyak orang menghasilkan uang dari mereka.”

Secara logis memang memainkan sesuatu yang tidak dimengerti dengan baik dapat berakibat fatal. Oleh karena itu jika anda ingin sukses sebagai seorang pengusaha muda, sangat penting bagi anda untuk memahami seluk beluk industri yang anda tekuni.

Penutup

Menjadi pengusaha sukses diusia muda memang bukan perkara mudah. Namun sejarah sudah mencatatkan bahwa cukup banyak pengusaha sukses yang memulai karir mereka sebagai pebisnis diusia yang terbilang muda.

Anda juga dapat menjadi seorang pengusaha muda dengan melakukan langkah-langkah dan tindakan yang tepat. Bagaimana menurut anda apa tips sukses usaha anak muda yang belum disebutkan diatas? bagikan tips sukses bisnis anak muda anda dikolom komentar dibawah.

Advertisement

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version