Entrepreneur

11 Rahasia dan Tips Sukses Chairul Tanjung

Berasal dari keluarga sederhana dan disebut sebagai si ‘anak singkong’ CT telah membawa konglomerasi bisnisnya menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Pertanyaan, apa rahasia dan tips sukses Chairul Tanjung?

Kesuksesan Chairul Tanjung atau biasa di sapa ‘CT’ dalam mengembangkan bisnisnya memang merupakan suatu hal yang luar biasa dan menginspirasi. Berikut ini 11 rahasia dan tips sukses Chairul Tanjung:

 

1. Bekerja keras

Bekerja keras adalah tips sukses Chairul Tanjung yang pertama. CT mengatakan bahwa sukses tidaklah datang dengan tiba-tiba, dan membutuhkan proses. Kerja keras merupakan bagian penting dari proses tersebut, setiap kerja yang dilakukan mempunyai peran dalam membawa kesuksesan menjadi lebih dekat untuk diraih.

CT sendiri terkenal dengan etos kerja kerasnya yang luar biasa. Chairul Tanjung bahkan rela bekerja keras selama 18 jam sehari untuk mewujudkan impiannya. CT juga percaya bekerja keras merupakan jalan untuk mengatasi kekurangan modal seorang pengusaha dalam meraih sukses.

“Jika orang lain  bekerja keras, maka kita harus dua kali lipat kerja kerasnya.”  – CT

 

2. Kerja cerdas

CT berpendapat bahwa kerja keras saja tidaklah cukup untuk meraih sukses, kerja keras harus dibarengi dengan kerja cerdas. Kerja cerdas disini berarti melakukan pekerjaan dengan perencanaan yang baik.

Perencanaan yang baik tersebut dapat dilakukan dengan mengidentifikasi serta menganalisa apa langkah-langkah dan tugas yang menjadi prioritas utama untuk mencapai kesuksesan anda. Anda juga harus mempunyai strategi yang jelas untuk mencapai kesuksesan.

Chairul Tanjung mencontohkan bagaimana dirinya menerapkan tips sukses yang satu ini saat dirinya membangun dan membesarkan Trans Media. Trans media dapat menjadi besar karena Trans TV dan Trans 7 mempunyai segmentasi pasar yang jelas dan program-program yang kreatif.

 

3. Komitmen dengan Proses

Tips sukses Chairul Tanjung yang ketiga adalah bangun komitmen untuk proses menuju kesuksesan. Hambatan dan kemunduran sementara seringkali menjadi proses yang harus dilalui untuk meraih kesuksesan. Komitmen dengan proses menjadi penting untuk melalui berbagai kesulitan yang menghambat tersebut.

Chairul Tanjung menunjukkan bagaimana pentingnya komitmen dengan proses disaat dirinya gagal berbisnis alat kesehatan dan kedokteran saat baru memulai bisnis. Chairul Tanjung tetap komitmen dengan proses menuju sukses dengan tidak menyerah dan mendirikan pabrik sepatu bersama beberapa rekannya.

 

4. Awali Dengan Niat Yang Baik

Chairul Tanjung mengatakan, niat sangat penting untuk proses mencapai kesuksesan. CT percaya bahwa Tuhan tak hanya melihat dari kerja keras dan kerja cerdas, tetapi juga niat bekerja seseorang. Niat bekerja yang baik dapat membantu meraih kesuksesan dengan menumbuhkan rasa iklas dalam bekerja dan memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

 

5. Kembangkan Jaringan

Tips sukses Chairul Tanjung yang selanjutnya adalah rajin kembangkan jaringan. CT percaya jika jaringan atau network adalah modal utama untuk meraih sukses. Menurutnya, jaringan adalah syarat utama untuk sukses, bukannya uang yang menjadi kepercayaan banyak orang.

Chairul Tanjung memang merupakan contoh nyata dari kekuatan jaringan untuk membawa kesuksesan. CT besar dikeluarga yang sederhana dan tidak mempunyai uang besar, namun berkat kerja kerasnya, keuletan dan jaringannya yang luas dia dapat mengembangkan bisnisnya menjadi sebuah konglomerasi besar.

Baca Juga : 7 Pengusaha Muda Indonesia Yang Sukses Memulai Bisnis Dari Nol

6. Inovasi dan Kreativitas

Inovasi dan kreatifitas memang sangat penting untuk meraih sukses. Tidak heran jika mengembangkan jiwa yang penuh inovasi dan kreatif menjadi salah satu tips sukses Chairul Tanjung. Kreativitas dan inovasi memang menjadi salah satu kunci sukses CT dalam mengembangkan Trans Media.

Kreativitas dan inovasi memungkinkan anda untuk menawarkan sesuatu hal yang berbeda dari saingan anda dan membangun posisi yang kuat di mata pelanggan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting dalam meraih kesuksesan menurut Chairul Tanjung.

“Kreativitas, inovasi, networking, dan lain-lain lebih penting dari uang,” – CT

7. Berani Mengambil Peluang

Melihat suatu peluang merupakan langkah pertama, berani mengambil peluang tersebut adalah langkah kedua dalam meraih kesuksesan. Chairul Tanjung percaya bahwa setiap orang sukes harus berani mengambil peluang, tidak hanya pengusaha, karyawan pun harus berani mengambil peluang jika ingin sukses.

Chairul Tanjung tidak akan sukses jika dia tidak berani mengambil peluang dan risiko untuk mengakuisisi Bank Mega yang saat itu sedang mengalami kesulitan likuiditas karena krisis moneter.

Begitu juga dengan anda, jika ingin meraih sukses anda mungkin harus berani menanamkan uang anda dibisnis yang sudah lama anda idam-idamkan, atau mencari pekerjaan impian anda dengan lebih serius.

Baca Juga: 9 Kunci Memulai Usaha Dari Nol Sampai Sukses

8. Percaya Kesuksesan Adalah Hak

CT terlahir dan besar dikeluarga yang sederhana, bahkan ibunya harus menggadaikan kain batik kesayangannya untuk dapat membayar kuliahnya. Namun dengan kerja keras dan komitmennya untuk sukses, CT perlahan-lahan dapat membangun bisnisnya dari usaha fotokopi menjadi salah satu konglomerasi terbesar di Indonesia.

Chairul Tanjung percaya bahwa kesuksesan adalah hak setiap orang, kesuksesan tidak melihat latar belakang seseorang namun melihat bagaimana kerasnya kerja orang tersebut untuk sukses. Kepercayaan bahwa kesuksesan adalah hak setiap orang menjadi penting karena dengan hal tersebut kamu dapat selalu mengejar kesuksesan dan bekerja keras disaat sulit.

 

9. Jadikan Tujuan Sebagai Pedoman

Chairul Tanjung mengatakan bahwa strategi dalam menjalankan usaha selaiknya memperhatikan tujuan awal dari membangun usaha tersebut. CT meyakini bahwa dengan mengacu kepada konsep tersebut, tujuan yang didapat akan senantiasa tercapai.

Pentingnya tujuan sebagai pedoman dapat diilustrasikan bagaimana dulu CT mempunyai tujuan memulai usaha fotokopi untuk tidak menyusahkan orang tua dengan biaya kuliahnya. Usaha fotokopi yang kecil dimulai oleh CT untuk memenuhi tujuannya tersebut.

Kemudian dari situ CT mempunyai tujuan baru untuk menjadi seorang pengusaha sukses yang kemudian membuatnya mengambil keputusan untuk tidak menjadi dokter gigi tetapi menjadi pengusaha. Disinilah terlihat bagaimana CT menjadikan tujuan sebagai sebuah pedoman untuk mengambil sebuah keputusan penting.

10. Berbuat Baik

Tips sukses Chairul Tanjung yang berikutnya adalah gemarlah untuk berbuat baik. Walaupun sangat kaya dan sukses, CT merupakan sosok yang tidak gemar mamerkan dan menghamburkan kekayaannya. Sebaliknya, CT merupakan salah satu sosok pengusaha yang gemar berbagi dan berbuat baik dengan kekayaannya. Dengan berbuat baik kekayaan yang dikumpulkan akan menjadi lebih berkah dan membawa kesuksesan lebih dekat dengan anda.

Contohnya CT mendirikan CT ARSA Foundation yang mempunyai visi mulia memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan yang berkualitas serta optimalisasi kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu.

 

11. Perluas Wawasan

Gagasan dan wawasan yang luas adalah salah satu modal penting setiap pengusaha yang sukses. Dengan mempunyai wawasan yang luas anda dapat membawa berbagai inovasi baru ke bisnis anda. Sebaliknya, wawasan yang sempit dapat menghambat pertumbuhan bisnis dan bahkan mematikan bisnis anda. Lihatlah bagaimana suksesnya Go-Jek dan Tokopedia yang dimulai dari sebuah wawasan dan gagasan yang brilian bagaimana internet dapat menjadi media untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Advertisement
Firman Azra

Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

Share
Published by
Firman Azra

Recent Posts

5 Cara Mengembangkan Mindset Kewirausahaan

Bagaimana cara mengembangkan mindset kewirausahaan? Artikel ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mindset dipercaya…

4 minggu ago

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan

Modal Usaha Bubur Ayam: Rincian Biaya dan Analisis Keuntungan Apa saja rincian modal usaha bubur…

2 bulan ago

5 Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Yang Ampuh

Apa strategi menghadapi persaingan usaha yang ampuh? Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bisnis mengalami…

2 bulan ago

5 Software Aplikasi Kasir Warkop dan Cafe Gratis Terbaik

Mengelola warkop atau cafe mempunyai berbagai tantangan. Mengelola persediaan barang dan pencatatan keuangan yang baik…

2 bulan ago

6 Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Contohnya

Kewirausahaan sering disebut-sebut sebagai aspek penting dalam ekonomi. Pentingnya kewirausahaan tersebut tercermin dari perhatian pemerintah…

2 bulan ago

Modal Usaha Frozen Food: Rincian, Analisis dan Kelemahannya

Berapa modal usaha frozen food? bagaimana keuntungan bisnis frozen food dan apa kelemahan bisnis frozen…

2 bulan ago