Beranda Mengembangkan Bisnis Kiat dan Kunci Sukses Usaha Rumah Makan Di Tengah Persaingan

Kiat dan Kunci Sukses Usaha Rumah Makan Di Tengah Persaingan

32
0
kiat dan kunci sukses usaha rumah makan
kiat dan kunci sukses usaha rumah makan, image credit: pexels.com

Bisnis rumah makan atau usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang penuh persaingan ketat. Ketatnya persaingan di bisnis kuliner dapat dilihat dari banyaknya usaha kuliner yang muncul dan hilang di masyarakat. Disisi lain bisnis kuliner memang mempunyai peluang yang cukup menggiurkan. Oleh karena itu banyak pengusaha kuliner yang memiliki pertanyaan, bagaimana kiat dan kunci sukses usaha rumah makan untuk bisa mengatasi persaingan tersebut?

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut dan membantu kawan-kawan yang bergerak di usaha kuliner untuk bisa meraih kesuksesan ditengah tekanan persaingan usaha yang ketat.

1. Tentukan Konsep Unik Rumah Makan Anda

Memiliki konsep atau identitas yang unik membantu anda untuk diingat oleh calon pelanggan anda. Selain itu konsep yang unik juga membantu anda untuk meraih loyalitas calon pelanggan anda. Oleh karena itu kunci sukses rumah makan untuk bersaing yang pertama adalah menentukan konsep unik yang tepat.

Namun perlu diingat bahwa konsep unik tersebut haruslah sesuai dengan selera target pelanggan anda sehingga pelanggan anda mendapatkan kenyamanan di rumah makan anda. Untuk menciptakan konsep yang unik tersebut anda harus mengetahui jenis masakan yang sesuai, gaya dekorasi dan konsep pelayanan yang sesuai.

2.  Tingkatkan Kualitas Rasa

Usaha rumah makan merupakan perpaduan dari produk dan pelayanan, Kualitas makanan sebagai produk utama dari rumah makan anda haruslah mempunyai kualitas yang baik. Oleh karena itu salah satu kiat dan kunci sukses usaha rumah makan adalah senantiasa melakukan peningkatan kualitas rasa.
Upayakan untuk melakukan berbagai peningkatan kualitas rasa masakan yang anda sajikan kepada pelanggan. Hal ini dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas sehingga masakan yang disajikan mempunyai rasa yang enak. Selain itu pastikan rasa makanan yang disajikan mempunyai tingkat konsistensi tersebut.

Anda juga dapat melakukan survey kecil-kecilan secara berkala untuk mengetahui bagaimana pendapat pelanggan anda terkait dengan rasa masakan yang anda sajikan. Setelah itu gunakan pendapat dari pelanggan untuk mencari rasa yang pas dengan selera target pasar anda.

3. Pelayanan Terbaik

Seperti disebutkan diatas bahwa usaha rumah makan melibatkan unsur pelayanan sebagai salah satu nilai tambah yang ditawarkan selain dari masakannya sendiri. Pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci sukses untuk rumah makan.

Pastikan staf rumah makan anda melayani pelanggan dengan ramah, responsif dan mencerminkan sikap yang siap membantu pelanggan. Anda juga harus memperhatikan kebersihan rumah makan anda sebagai bagian dari pelayanan kepada pelanggan.

4. Maksimalkan Keberadaan Online

Di era digital seperti saat ini keberadaan online menjadi sangat penting. Berdasarkan data Wearesocial saat ini orang Indonesia rata-rata menghabiskan 7 jam 43 menit di dunia digital dengan jumlah pengguna internet mencapai 213 juta. Dengan jumlah yang luar biasa besar dan proporsi yang signifikan tersebut maka menjadi sebuah keniscayaan bagi setiap rumah makan yang ingin bisa bersaing untuk memiliki keberadaan online yang baik.

Untuk memaksimalkan keberadaan rumah anda anda di dunia digital anda harus memiliki profil di Google Maps, memiliki situs web profesional dan lengkap, serta memiliki akun media sosial yang aktif. Anda juga perlu memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mempromosikan menu khusus atau acara.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Go-Food

5. Pemasaran dan Promosi

Usaha rumah makan membutuhkan pemasaran dan promosi yang tepat untuk meraih dapat bersaing. Anda bisa memanfaatkan pemasaran secara online dengan menggunakan kampanye iklan Google Adwords untuk mendorong calon pelanggan menemukan usaha anda. Anda juga bisa menggunakan Facebook Ads dan Tiktok Ads untuk meningkatkan visibilitas anda di dunia maya.

Tidak lupa juga anda harus bekerja sama dengan berbagai platform pemesanan makanan yang populer seperti Go-Food, Grab-Food, dan Shopeefood untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan membantu anda dalam menyebarkan promosi anda secara lebih luas.

6. Tingkatkan Ulasan Positif Pelanggan

Ulasan atau testimoni pelanggan yang positif sangat penting untuk kehadiran online anda. Minta pelanggan anda untuk memberikan ulasan positif di Google Maps, platform pemesanan makanan yang populer atau juga di akun sosial media anda. Jangan lupa untuk menanggapi ulasan negatif secara sopan dan baik, upayakan juga untuk memperbaiki masalah yang menjadi perhatian pelanggan anda.

Baca Juga : 15+ Peluang Usaha Bisnis Kuliner Online Yang Menjanjikan

Sponsored
Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini