Home Mengembangkan Bisnis 7+ Mindset Pengusaha Muda Sukses

7+ Mindset Pengusaha Muda Sukses

0
apa saja mindset pengusaha muda sukses? - image: pexels.com

Semakin banyaknya pengusaha muda yang sukses saat ini mendorong minat anak muda yang ingin menjadi pengusaha. Namun menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Untuk itu anda perlu menguasai dan memiliki mindset pengusaha muda sukses.

Peran mindset yang tepat dalam kesuksesan pengusaha dikuatkan dengan keyakinan Anthony Robbins, pengusaha dan salah satu motivator tersukses didunia bahwa “80 persen kesuksesan adalah hasil dari psikologi – mindset – dan hanya 20 persen karena strategi – langkah spesifik yang diambil untuk meraih hasil“.

Mindset Adalah? Pengertian Mindset 

Seperti membangun suatu bangunan yang kokoh, untuk menguasai suatu konsep diperlukan pondasi yang kuat.

Menguasai mindset pengusaha muda sukses dimulai dengan membangun pondasi pemahaman konsep “mindset” yang tepat.

Lalu apa pengertian dari mindset? Menurut Oxford Dictionary mindset adalah suatu set sikap atau ide permanen yang seseorang miliki dan sulit untuk diubah.

Sedangkan mindset menurut ahli, psikolog Carol Dweck penulis Mindset: The New Psychology of Success, mindset adalah suatu persepsi diri anda atau “teori diri sendiri” yang dipercaya oleh mereka.

Percaya bahwa diri anda “mempunyai bakat” atau “tidak mempunyai bakat” merupakan salah satu contoh sederhana suatu mindset. Kepercayaan mempunyai pengaruh besar terhadap tindakan, perasaan dan bakat anda.

Mengapa Mindset Pengusaha Muda Sukses Penting?

Jika mindset hanyalah persepsi atau kepercayaan yang dimiliki seseorang, lalu mengapa mindset penting untuk kesuksesan pengusaha muda? Bukankah banyak mereka yang percaya akan sukses namun tidak mencapainya?

Pentingnya mindset untuk mencapai kesuksesan memiliki keterkaitan yang erat dengan bagaimana seorang pengusaha sukses bertindak, merasakan suatu kejadian dan fokus mereka.

Mindset pengusaha tercermin tidak hanya dalam kepercayan diri mereka bahwa mereka akan sukses. Mindset mereka tercermin juga pada tindakan serta bagaimana mereka merasakan suatu kejadian.

Sebagai contoh, Jack Ma meraih sukses dengan mengembangkan Alibaba Group setelah mengalami berbagai kegagalan yang cukup membuat orang lain menyerah menjadi pengusaha.

Namun, dengan mindset pengusaha bahwa kegagalan adalah pelajaran dia terus mencoba dan memperbaiki tindakannya dari pelajaran tersebut.

Terdapat banyak sekali alasan mengapa mindset pengusaha itu penting untuk sukses. Selain mendorong tindakan, fokus dan pertumbuhan, mindset pengusaha juga dapat membantu anda dalam mengurangi keraguan dan rasa takut yang menghambat bisnis anda.

Apa Mindset Pengusaha Muda Sukses?

Tidak semua orang dapat menjadi pengusaha. Ucapan tersebut ada benarnya. Hal itu karena mindset pengusaha sukses berbeda dengan mindset kebanyakan orang.

Karena itu jika ingin menjadi pengusaha sukses anda harus mengadopsi mindset pengusaha muda sukses. Nah, mari kita mencermati lebih jauh mindset pengusaha muda sukses sebagai berikut:

1. Tidak Takut Gagal

Ya, berbeda dengan kebanyakan orang yang takut dengan kegagalan.

Pengusaha sejati mempunyai mindset yang membuat mereka tidak takut akan kegagalan. Mereka menghargai kegagalan. Mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan belajar.

Seperti yang pernah Thomas Alfa Edison katakan, “aku tidak gagal. Aku baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil.”

Hal yang sama juga diutarakan oleh Drew Houstan, co-founder dan CEO Dropbox “Jangan khawatir dengan kegagalan; kamu hanya perlu benar sekali”.

2. Berorientasi Terhadap Tujuan

Apa kesamaan Elon Musk, Bill Gates, Jack Ma, dan pengusaha super sukses lainnya?

Mereka masing-masing mempunyai misi hidup masing-masing. Mereka memegang tujuan yang nyata dan jelas dan mendedikasikan waktu mereka untuk tujuan tersebut.

Melihat hal tersebut, salah satu mindset pengusaha muda sukses yang diperlukan untuk sukses adalah berpikir dengan berorientasi pada tujuan.

Walt Disney pernah mengatakan bahwa “seseorang harus menentukan tujuannya sedini mungkin dan mendedikasikan seluruh energi dan bakatnya untuk mencapainya. Dengan upaya yang cukup, dia akan mencapainya.”

3. Mandiri

Pengusaha tidak mendapatkan kesuksesan mereka karena mengikuti orang lain. Pengusaha sukses meraih kesuksesan mereka dengan mengambil keputusan sendiri dan bertindak tanpa instruksi orang lain.

Berbeda dengan karyawan yang bertindak dengan petunjuk atasan ataupun aturan. Pengusaha harus terbiasa untuk bertindak tanpa adanya petunjuk dari orang lain dan mencoba menemukan jalan mereka sendiri.

Seperti kata co-founder Apple, Steve Job katakan “Jangan biarkan suara pendapat orang lain menenggelamkan suara batin anda”.

4. Berorientasi Pada Pertumbuhan

Mindset secara umum dapat dikategorikan menjadi dua jenis:

a. Mindset tetap

b. Mindset pertumbuhan

Seseorang dengan mindset tetap melihat diri mereka secara umum tidak dapat banyak berubah dan tetap.

Sedangkan seseorang dengan mindset pertumbuhan melihat diri sebagai suatu yang dinamis, dapat berubah dan berkembang.

Mindset pengusaha muda sukses termasuk kategori yang kedua, berorientasi pada pertumbuhan. Pengusaha sukses percaya mereka dapat berkembang, mempelajari hal baru, dan dengan upaya yang cukup dapat mengubah diri mereka menjadi yang mereka inginkan.

Penulis best seller dan pengusaha Hal Elrod mengatakan “tingkat sukses anda jarang melebihi tingkat pertumbuhan pribadi anda karena kesuksesan merupakan sesuatu yang ditarik oleh pribadi anda.”

5. Mencari Solusi

Berbeda dengan kebanyakan orang yang hanya mengeluh karena suatu masalah. Pengusaha sukses melihat masalah dan mencoba mencari solusi yang baik akan masalah tersebut.

Bahkan itulah inti dari setiap bisnis, menawarkan solusi atas suatu masalah. Toyota misalnya membantu mobilitas orang dengan kendaraan bermotor, Apple menawarkan perangkat yang diperlukan untuk berbagai aktivitas.

6. Terbuka Dengan Kerja Sama

Setiap bisnis membutuhkan kerja sama untuk sukses. Bagaimanapun juga tidak ada bisnis yang dapat dibangun hanya oleh pendirinya seorang.

Anda memerlukan dukungan dari tim, pemasok dan pelanggan anda untuk sukses. Kerja sama dengan berbagai orang membantu suatu bisnis untuk sukses karena dengan bekerja sama anda bisa meningkatkan kemampuan bisnis anda.

Hal ini terlihat dari bagaimana McD dan berbagai raksasa bisnis lainnya beroperasi. Mereka mengembangkan bisnis dengan menjaring mitra, membuka rantai pasokan dengan sistem outsource dan mengembangkan jaringan mereka secara kolaboratif.

Oleh karena itu, mindset kolaboratif diperlukan dalam mindset pengusaha muda yang sukses.

7. Berani Mengambil Risiko

Berbisnis adalah kegiatan yang penuh dengan risiko. Anda bisa kehilangan banyak uang, waktu dan tenaga. Namun memang disisi lain, hasilnya bisa jauh lebih besar daripada karir yang lain.

Keberanian untuk mengambil risiko merupakan salah satu mindset pengusaha muda sukses yang sangat penting. Tanpa adanya mindset untuk berani mengambil risiko, seseorang akan terpaku kepada potensi kerugian dari suatu bisnis dan tidak akan berani memulai usaha.

Berani mengambil risiko disini bukan berarti anda tidak mengambil perhitungan akan risiko yang dihadapi. Keberanian mengambil risiko disini didasari dengan perhitungan yang terukur dan dengan pemikiran yang matang.

Advertisement

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version