Beranda Ide Bisnis 10 Ide Bisnis Modal Kecil dan Menguntungkan

10 Ide Bisnis Modal Kecil dan Menguntungkan

352
0

 

Banyak orang yang ingin menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Namun banyak calon entrepreneur yang bingung untuk memulai bisnis karena tidak memiliki modal. Tidak mempunyai modal yang besar bukan suatu alasan untuk memulai bisnis karena sebenarnya banyak ide bisnis modal kecil dengan potensi keuntungan yang tidak kecil.

 

Bisnis Modal Kecil

Ketika memutuskan ide bisnis yang tepat, membiarkan faktor seperti passion Anda dan keahlian Anda merupakan salah satu langkah bijak. Anda juga ingin mempertimbangkan bagaimana sulit dan mahal itu akan meluncurkan bisnis sampingan ini. Dalam kebanyakan kasus, ide bisnis Anda harus relatif murah untuk Anda bisa memulai. Anda harus menginvestasikan kembali apa yang Anda ke dalam bisnis untuk membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat.

Namun jika anda merasa bingung bisnis modal kecil apa yang tepat dengan passion dan keahlian anda, jangan bingung dibawah ini kami berikan 10 ide bisnis modal kecil dan menguntungkan.

 

1. Konsultan dan Manager Social Media

Anda hobi menggunakan social media? maka bisnis modal kecil yang sesuai dengan hobi tersebut adalah menjadi konsultan dan manager social media.

Dengan semakin pentingnya peranan social media dalam pemasaran maka hobi tersebut bisa anda jadikan sumber penghasilan. Caranya tawarkan jasa anda kepada bisnis-bisnis kecil atau menengah dilingkungan anda. Modal yang anda perlukan hanya koneksi internet, smartphone dan laptop.

Sebagai tips dalam menawarkan jasa anda, jika bisnis tersebut kecil tetapi mempunyai harga dan produk yang berkualitas anda dapat menawarkan bayaran jasa anda dalam berupa persenan/komisi dari penjualan yang pelanggannya merupakan referensi dari anda.

 

2. Blogger

Anda mempunyai passion dan pengetahuan yang mendalam di bidang tertentu dan Anda menikmati menulis, maka Anda dapat mulai blogging sebagai cara untuk berbisnis, Perlu diingat bahwa menjadi Blogger tidak akan membuat anda menjadi kaya dalam semalam, dan Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk dapat menarik pembaca. Namun jika anda mempunyai tulisan yang menarik maka anda dapat menghasilkan uang cukup banyak dengan blogging.

Berbeda dengan bisnis lain, Blogger baru akan mendapat uang ketika sudah mempunyai pembaca yang cukup banyak. Tetapi dengan potensi pendapatan dari program afiliasi, menjual ruang iklan, penerbitan e-book, dan bahkan membuat produk sendiri membuat Blogger punya potensi pendapatan yang sangat besar.

Contoh sukses dari blogger adalah Pat Flynn , Rae Hoffman dan banyak juga contoh Blogger indonesia yang sukses (artikel lengkap).

 

3. Fotographer dan Videographer

Jika Anda unggul dalam menangkap sebuah cerita melalui lensa, maka profesi ini layak disebutkan. Hanya ingat, menemukan niche Anda dan tetap dengan itu. Jika Anda seorang fotografer pernikahan, fokus pada hal itu. Jika Anda lebih terampil mengambil headshots profesional atau syuting video promosi, pasarkan keahlian itu. Untuk merintis usaha ini anda membutuhkan portofolio, website, akun social media dan sebuah kamera professional.

 

4. Translator

Jika Anda mempunyai keahlian berbahasa lain, atau senang untuk belajar, Anda juga dapat membuka jasa penerjemah. Anda dapat mencari permintaan akan jasa ini dengan mendaftar di situs freelance seperti freelancer, sribulancer, fiverr, dan masih banyak lagi.

 

5. Desain Graphis

Dengan semakin pentingnya bisnis di internet, permintaan untuk desainer graphis juga semakin tinggi. Dengan tingginya permintaan tersebut anda yang mempunyai keahlian desain atau mempunyai minat untuk desain graphis dapat memulai bisnis desain graphis. Serupa dengan translator, anda dapat memulai bisnis ini dengan beriklan disitus-situs marketplace dan freelancer seperti freelancer, sribulancer, fiverr, dan masih banyak lagi.

6. Premium Casual Wear

Jika anda lebih suka bisnis yang mempunyai stok barang dan membangun kekuatan brand maka membuat merek premium casual wear menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil. Sebagai contoh sukses Brodo yang memasarkan sepatu premium pada segmen pria menunjukkan bahwa dalam bidang fashion masih terdapat banyak potensi yang dapat dimanfaatkan.

Hal yang penting yang perlu diperhatikan adalah fokuskan brand image building pada target pasar yang sesuai dan buat produk yang berfokus pada image tertentu. Sebagai contohnya adalah merek khusus kemeja pria premium yang saat ini belum ketat persaingannya.

Untuk memulai bisnis ini dengan modal yang terbatas maka sebagai trik untuk mengurangi keperluan modal yang dibutuhkan adalah dengan mengadopsi sistem Pre-order atau made by order. Dengan mengadopsi kedua hal tersebut Anda dapat berkonsentrasi pada pemasaran dan kontrol terhadap kualitas produk.

6. Party Planner

Jika anda mempunyai kemampuan mengatur sebuah acara untuk berjalan menyenangkan dan berjalan lancar maka ini adalah bisnis modal kecil yang tepat. Merencanakan dan memastikan momen penting berjalan dengan baik adalah tugas dari seorang Party Planner, tugas yang penting maka tidak heran jika bisnis ini mempunyai potensi yang besar. Kunci sukses dari Party Planner adalah pahami kemauan klien dan karakter klien, serta bangun jaringan dengan jasa penunjang lain seperti katering, tempat dan dekorasi untuk meningkatkan potensi klien dan pendapatan.

7. Travel Agent

Anda hobi traveling dan mempunyai pengetahuan lebih mengenai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi? Dengan sedikit kreativitas dalam mengemas paket liburan atau perjalanan anda dapat memulai bisnis modal kecil sebagai travel agent. Banyaknya situs-situs booking online dan maskapai tidak mengurangi potensi dari bisnis ini karena dalam merencanakan perjalanan anda secara personal dapat membantu klien dalam merencanakan perjalanan secara lebih lengkap dan menarik.

8. Produk Handmade/Custom

Membuat produk handmade memerlukan keahlian tersendiri yang tidak dimiliki oleh semua orang. Jika anda mempunyai keahlian membuat produk handmade atau custom maka bisnis modal kecil yang cocok untuk Anda adalah membuat produk handmade/custom tersebut.

Produk handmade/custom mempunyai keunggulan dalam kebutuhan modal yang lebih minim dibandingkan dengan produksi massal karena produk handmade/custom dapat dijual berdasarkan order/made by order.

Contoh dari bisnis ini adalah jam dinding custom, seprei dan sarung bantal custom print, sepatu custom dan masih banyak lagi.

9. Jasa Riset Pasar dan Konsumen

Jika anda mempunyai pengalaman dalam melakukan riset pasar dan konsumen maka bisnis ini patut dipertimbangkan karena banyak perusahaan dan individu yang membutuhkan riset pemasaran yang bagus dalam membuat suatu keputusan. Modal yang anda perlukan dalam memulai bisnis ini adalah adanya pengalaman riset pasar yang mumpuni serta website dan jaringan professional.

10. Bimbingan Belajar

Apakah Anda unggul di subjek seperti bahasa Inggris, sejarah, atau matematika di perguruan tinggi, atau mempunyai nilai tinggi di tes seperti TOEFL, IELTS, GMAT, dan GRE?

Apakah Anda memiliki kesabaran untuk mengajar? Jika demikian, Anda memiliki kualifikasi yang tepat untuk membantu anak-anak atau orang dewasa yang membutuhkan bantuan anda .

Carilah orang tua atau guru dan membiarkan mereka tahu bahwa Anda mengajari siswa dalam mata pelajaran tertentu, dan menawarkan bahan bagi mereka untuk berbagi, dan panggilan telepon akan sering berdatangan. Selanjutnya setelah Anda mempunyai testimoni dari pelanggan yang puas Anda bisa mengembangkan bisnis pengajar privat dengan merekrut calon-calon pengajar lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here