5 HP terbaik untuk bisnis online harga 2 jutaan

Berkat smartphone yang harganya semakin terjangkau dari tahun ke tahun, akses internet menjadi lebih terbuka untuk masyarakat luas. Perubahan tersebut mengubah perilaku berbelanja dan mencari informasi masyarakat.

Salah satu perubahannya adalah semakin meluasnya fenomena belanja secara online dan mencari informasi melalui google, sosial media dan internet secara luas.

Bisnis online yang memanfaatkan perubahan tersebut kemudian menjadi salah satu sektor usaha yang berkembang paling pesat dan menjanjikan. Tidak sedikit pengusaha yang kemudian menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan dan sumber penghasilan utama mereka.

Jika kamu juga ingin memulai bisnis online salah satu modal utama yang diperlukan adalah smartphone yang menunjang. Namun, dari banyaknya HP yang dijual saat ini seperti apa HP terbaik untuk bisnis online?

Suatu HP yang menunjang kegiatan bisnis online harus memenuhi kriteria tertentu, berikut ini beberapa di antaranya:

Kriteria HP Terbaik Untuk Bisnis Online

HP yang cocok untuk bisnis online pada dasarnya harus mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk mendukung kegiatan bisnis online yang semakin kompetitif, beberapa fitur dan kriteria yang penting adalah sebagai berikut:

1. Chipset dan Processor Yang Bagus

Kriteria HP terbaik untuk bisnis online yang pertama adalah chipset dan processor HP tersebut cukup bagus. Bagus disini artinya mempunyai kecepatan yang cukup sehingga tidak lambat digunakan dalam membuka berbagai aplikasi yang diperlukan dan tidak mudah mengalami lag.

2. RAM Besar

Untuk menjalankan bisnis online anda mungkin membutuhkan beberapa aplikasi chat seperti Whatsapp dan Facebook Messanger, social media seperti Instagram dan Facebook, dan aplikasi marketplace seperti Tokopedia atau Shopee.

Menjalankan beberapa aplikasi tersebut secara bersamaan membutuhkan RAM yang cukup besar. Anda ingin menghindari lag atau error akibat kekurangan RAM yang dapat mengurangi produktivitas anda dalam mengurus bisnis online anda.

3. Kamera Yang Berkualitas

Kriteria HP terbaik untuk bisnis online yang ketiga adalah dilengkapi kamera yang berkualitas. Kamera yang berkualitas penting untuk dapat menghasilkan foto yang bagus untuk produk yang anda jual.

Foto produk yang menarik merupakan hal yang sangat penting untuk toko online. Jika foto produk anda kurang bagus anda bisa kalah bersaing dengan toko online saingan anda.

4. Daya Hidup Baterai Yang Lama

Baterai yang tahan lama diperlukan agar anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai disaat anda tidak mempunyai akses charger dan harus terus mengurus bisnis online anda. Dengan baterai yang tahan lama anda aktivitas bisnis online anda bisa terus berjalan tanpa khawatir masalah lowbat.

5. Layar Yang Cukup Besar

Layar yang cukup besar perlu untuk bisnis online karena mempermudah anda dalam membalas chat, membuka multi apps (untuk beberapa HP yang support), dan beraktivitas secara umum. Disarankan layar HP untuk bisnis online anda berukuran minimal 5 inchi.

6. Kecepatan Koneksi

Koneksi internet adalah hal yang sangat penting untuk bisnis online. Aktivitas bisnis online anda dapat terganggu jika akses internet anda lambat atau tidak stabil. Untuk itu HP terbaik untuk bisnis online harus mempunyai koneksi 4G dan WiFI yang baik.

7. Kapasitas Penyimpanan Besar

Kapasitas penyimpanan yang besar diperlukan untuk bisnis online karena anda membutuhkan cukup banyak aplikasi untuk aktivitas anda. Selain itu anda juga mungkin perlu menyimpan foto-foto produk, testimonial pelanggan, dan konten promosi. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar anda tidak perlu repot dan khawatir akan kehabisan memori untuk data anda.

8. Keamanan Data

Anda tentu tidak ingin data-data penting untuk bisnis online anda hilang atau dicuri. Untuk itu HP yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan ekstra seperti fingerprint scan atau Face ID dapat memberikan nilai tambah.

Setelah mengetahui 8 kriteria HP terbaik untuk bisnis online diatas, berikut 5 HP terbaik untuk bisnis online dengan harga 3 jutaan untuk referensi anda.

 

1. Xiaomi Mi A2 Lite

, hp terbaik untuk bisnis online
xiaomi mi a2 lite – salah satu hp terbaik untuk bisnis online harga 2 jtan

Xiaomi Mi A2 Lite termasuk salah smartphone dengan harga terjangkau namun spesifikasinya cukup mumpuni untuk bisnis online.

Dilengkapi dengan chipset Snapdragon 625 dan CPU octa-core 2.0 GHz, Xiaomi Mi A2 Lite dipastikan akan berjalan dengan lancar untuk menangani berbagai aplikasi bisnis dan untuk multitasking.

Xiaomi Mi A2 Lite mempunyai 2 varian yaitu versi RAM 3 GB dan RAM 4 GB. Khusus untuk bisnis online kami berpendapat versi 4 GB RAM dan 64 GB memori internal Xiaomi Mi A2 Lite merupakan pilihan yang lebih tepat karena performanya dan kapasitas memorinya yang lebih mendukung.

Selain dari spesifikasi yang mumpuni, Xiaomi Mi A2 Lite juga mempunyai kamera yang cukup baik terutama untuk mengambil gambar produk ditempat yang mempunyai cahaya yang cukup.

Keunikan Xiaomi Mi A2 Lite dibandingkan HP lain didaftar ini terletak pada OS yang digunakan. Xiaomi Mi A2 Lite menggunakan OS Android One yang didukung oleh Google dan dipastikan akan memperoleh update OS terbaru. Hal tersebut menjadi nilai tambah tersendiri karena Xiaomi Mi A2 Lite dapat menikmati fitur-fitur baru dari OS terbaru dengan lebih cepat.

Kriteria Spesifikasi
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (14 nm)
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
RAM 4 GB RAM
Layar 5.84 inchi (~79.5% screen-to-body ratio)

IPS LCD 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~432 ppi density)

Memori Internal 64 GB,
Kamera Utama Dual kamera 12 MP, f/2.2, 1.25 μm, PDAF
5 MP, f/2.2, 1.12 μm, depth sensor
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery (rating ketahanan baterai 106 jam)
Koneksi GSM/CDMA/HSPA/LTE(4G)
Fitur Fingerprint (rear-mounted), micro SD slot up to 256 GB (dedicated), dual SIM
OS Android One (diutamakan update dari Google)

harga Rp. 2,515,000 (4/65GB)

 

 

2. Oppo Realme 2 

oppo realme 2 pro, hp terbaik untuk bisnis online
oppo realme 2 – hp terbaik untuk bisnis online harga 2 jutaan

Oppo Realme 2 diluncurkan sebagai HP yang secara khusus menyasar “anak muda” dengan pilihan warna yang modern dan menarik.

Dari segi desain Oppo Realme 2 memang cukup menarik. Tidak hanya desain, Oppo Realme 2 juga didukung dengan spesifikasi yang mendukung untuk digunakan sebagai HP untuk bisnis online.

Salah satu kelebihannya sebagai HP terbaik untuk bisnis online harga 2 jutaan adalah ukuran layarnya yang besar (6.2 inchi) dan kapasitas baterainya yang besar yaitu 4230 mAh.

Kriteria Spesifikasi
Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
RAM 4 GB RAM
Layar 6.2 inchi (~81.2% screen-to-body ratio)

IPS LCD 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density)

Memori Internal 64 GB
Kamera Utama Dual kamera 13 MP, f/2.2, AF + 2 MP, f/2.4, depth sensor
Baterai Non-removable Li-Ion 4230 mAh battery (rating ketahanan baterai 121 jam)
Koneksi GSM/CDMA/HSPA/LTE(4G)
Fitur Fingerprint (rear-mounted), slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot), dual SIM
OS Android 8.1 (Oreo)

Harga Mulai Rp. 2,480,000 (4/64GB)

 

 

3. Honor 9i

honor 9I

honor 9i – hp terbaik untuk bisnis online harga dibawah 3 jutaHonor 9i adalah HP kelas menengah yang mempunyai desain menarik. HP dengan layar 5.84 inchi ini mempunyai desain unibody metal yang berkesan stylish dan kokoh.

Selain desainnya yang stylish tersebut, Honor 9i dilengkapi dengan chipset yang mumpuni yaitu Kirin 659 serta CPU octa-core 2.36 Ghz & 1.7 Ghz. Dengan spesifikasi tersebut Honor 9i relatif lebih kencang dan bebas lag dibandingkan handphone lain yang ada dalam daftar HP terbaik untuk bisnis online ini.

Kriteria Spesifikasi
Chipset HiSilicon Kirin 659 (16 nm)
CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
RAM 4 GB RAM
Layar 5.84 inchi (~79.5% screen-to-body ratio)

IPS LCD 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density)

Memori Internal 64 GB
Kamera Utama Dual kamera 13 MP, PDAF + 2 MP, depth sensor
Baterai Non-removable Li-Po 3000 mAh battery
Koneksi GSM/CDMA/HSPA/LTE(4G)
Fitur Fingerprint (rear-mounted), slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
OS Android 8.0 (Oreo)

Harga Mulai Rp. 2,899,000 (4/64GB)

 

4. Asus Zenfone Max Pro 

Zenfone max pro m1, hp terbaik untuk bisnis online harga 2 jutaan
Zenfone Max Pro – hp terbaik untuk bisnis online harga 2 juta

Zenfone Max Pro merupakan salah satu smartphone yang pertama menggunakan Snapdragon 636 yang digadang-gadang mempunyai performa 1.54x lebih cepat dari generasi Snapdragon 625.

Selain performa yang cepat Zenfone Max Pro mempunyai tahan baterai yang super dengan kapasitas 5.000 mAh. Anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan baterai saat beraktivitas.

Kelebihan lain dari Zenfone Max Pro sebagai salah satu HP terbaik untuk bisnis online adalah layarnya yang cukup besar yaitu 5.99 inchi. Dari segi desain Zenfone Max Pro mempunya desain unibody dari metal yang terkesan kokoh dan kuat.

Kriteria Spesifikasi
Chipset Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
CPU Octa-core 1.8 GHz Kryo 260
RAM 4 GB RAM
Layar 5.99 inches (~76.2% screen-to-body ratio)

IPS LCD 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~404 ppi density)

Memori Internal 64 GB
Kamera Utama Dual kamera 13 MP, f/2.2, 25mm (wide), 1.12µm, 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Koneksi GSM/CDMA/HSPA/LTE(4G)
Fitur Fingerprint (rear-mounted), microSD, up to 512 GB (dedicated slot)
OS Android 8.1 (Oreo)

Harga Mulai Rp. 2,479,000 (4/64GB)

 

 

5. Samsung Galaxy J6 (2018)

samsung galaxy J6, hp terbaik untuk bisnis online harga 2 juta
Samsung Galaxy j6 2018 – hp terbaik untuk bisnis online harga 2 juta

Samsung Galaxy J6 merupakan salah satu HP kelas menengah yang mempunyai spesifikasi dan harga yang kompetitif. Samsung Galaxy J6 dilengkapi dengan Chipset Exynos 7870 dan CPU Octa-core 1.6 GHz yang cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi untuk bisnis online.

Samsung Galaxy J6 keluaran tahun 2018 mempunyai varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang mendukung untuk penyimpanan data dan multitasking bisnis online anda.

Kekurangannya dari segi desain Samsung Galaxy J6 terlihat biasa saja dan masih menggunakan material plastik yang memberi kesan tidak kuat dan murah saat dipegang tanpa casing.

Kriteria Spesifikasi
Chipset Exynos 7870 Octa (14 nm)
CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
RAM 4 GB RAM
Layar 5.6 inches, (~76.5% screen-to-body ratio)

Super AMOLED 720 x 1480 pixels, 18.5:9 ratio (~293 ppi density)

Memori Internal 64 GB
Kamera Utama 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
Baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery
Koneksi GSM/CDMA/HSPA/LTE(4G)
Fitur Fingerprint (rear-mounted), slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
OS Android 8.0 (Oreo)

Harga Mulai Rp. 2,690,000 (4/64GB)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here