ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan
ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan - image credit: pexels.com

Menjadi seorang pengusaha saat masih menjalani pendidikan sebagai seorang mahasiswa bukanlah hal yang mustahil. Apalagi saat ini semakin banyak ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan. Tidak sedikit juga contoh pengusaha yang sukses saat mahasiswa seperti Elang Gumilang dan bahkan masih pelajar seperti Yasa Singgih.

Jika kamu juga ingin sukses seperti mereka maka memulai usaha dengan segera perlu kamu pertimbangkan. Karena banyak sekali pengusaha sukses yang sebenarnya sudah terbiasa berusaha dan berbisnis sehingga kemampuan mereka dalam menjalankan bisnis menjadi semakin terasah dan tajam.

Jika anda mencari contoh peluang usaha untuk mahasiswa berikut 20 ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan dari IDNtrepreneur.

Contoh Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menjanjikan

1. Bisnis Aplikasi Mobile

usaha aplikasi mobile, ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan
usaha aplikasi mobile – ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan

Industri aplikasi mobile merupakan salah satu industri baru seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Sebagai sebuah industri baru, bisnis aplikasi mobile tergolong salah satu industri yang berkembang dengan sangat pesat. Pada tahun 2012 industri aplikasi mobile mempunyai nilai pasar USD 86 miliar dan diprediksi akan mencapai USD 188 miliar pada tahun 2020.

Dengan besarnya pasar tersebut, bisnis aplikasi mobile mempunyai peluang besar sebagai salah satu ide bisnis mahasiswa yang menjanjikan. Untuk bisnis ini Anda bisa menerima order dari klien untuk membuat aplikasi mobile secara freelance. Sebagai gambaran pengembangan aplikasi mobile dapat menghasilkan pendapatan antara Rp. 2 juta sampai Rp. 5 juta di Sribulancer.com.

Alternatif lainnya jika anda mempunyai ide sendiri yang kreatif anda bisa mempertimbangkan untuk membuat aplikasi mobile sendiri dan mengembangkannya sampai mendapatkan user dalam jumlah cukup banyak untuk kemudian dijual.

Anda juga bisa mendapatkan pendapatan pasif jika anda mengembangkan suatu aplikasi referensi atau game sederhana dan kemudian mendapatkan uang dari iklan yang ada di aplikasi anda.

2. Bisnis Rice Box

usaha rice box, ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan
usaha rice box – ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Selalu terdapat peluang untuk pebisnis kuliner yang kreatif dan pintar dalam meracik rasa. Nah jika anda tertarik untuk berbisnis kuliner bisnis rice box ini patut dipertimbangkan sebagai salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan.

Bisnis rice box saat ini sedang berkembang dengan meluasnya pasar makanan pesan antar dan dibawa pulang. Selain itu banyak sekali inovasi dan variasi yang dapat ditawarkan dalam bisnis Rice Box ini. Anda bisa berkreasi dengan membuat topping-topping baru. Tidak hanya itu anda juga bisa berkreasi dari segi nasinya dimana anda bisa menawarkan jenis nasi yang lain seperti nasi mentega atau nasi merah yang sehat.

 

3. Bisnis Blogging

Apakah kamu senang menulis dan mempunyai ketertarikan yang mendalam mengenai suatu niche market atau ceruk pasar tertentu? Jika ya, salah satu usaha untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan yang dapat kamu coba adalah bisnis blogging.

Tidak sedikit mereka yang sukses dari membuat suatu blog. Beberapa contohnya seperti Michael Arrington yang mendirikan TechCrunch, Pete Cashmore pendiri Mashable dan Martin Lewis pendiri MoneySavingExpert mempunyai kekayaan dan sukses dari blog mereka.

Anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan beberapa cara. Cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan memasang iklan, baik iklan Google Adsense atau dengan iklan banner. Tetapi anda juga bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan affiliate marketing seperti Pat Flynn, atau dengan menjual produk anda sendiri.

 

4. Bisnis eCommerce

Bisnis ecommerce atau yang sering disebut sebagai toko online tentu sudah tidak asing lagi. Banyak sekali pengusaha muda yang sukses dengan bisnis anak muda yang satu ini. Bisnis ecommerce atau toko online cocok untuk mahasiswa yang senang berjualan produk fisik.

Saat ini banyak sekali barang yang laris dijual di toko online mulai dari gadget, produk fashion, sepatu, elektronik, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan bayi, obat herbal, sampai alat kesehatan dijual di toko online.

Anda dapat memulai dengan membuat akun di online marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Blibli. Anda juga dapat membuat toko online dengan memanfaatkan media sosial anda seperti instagram, facebook, twitter atau bahkan dengan Whatsapp.

Jika anda lebih serius untuk menekuni bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan ini, membuka website sendiri dapat menjadi pilihan. Website sangat baik karena kamu dapat mengumpulkan calon pelanggan dari berbagai sumber dalam satu tempat dan membangun brand bisnis anda dengan lebih kuat. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website instan murah seperti Jejualan. .

5. Affiliate Marketing

Apakah anda pernah merekomendasikan sesuatu kepada orang lain? atau anda mempunyai kemampuan copywriting yang baik? Jika ya salah satu bisnis yang dapat anda coba sebagai seorang mahasiswa adalah bisnis affiliate marketing.

Di bisnis affiliate marketing anda merekomendasikan suatu produk atau jasa ke pemirsa atau pengikut anda kemudian jika ada yang membeli dari link anda maka anda akan mendapatkan komisi.

Bisnis affiliate mempunyai potensi sebagai salah satu peluang usaha yang dapat memberikan passive income. Karena  affiliate marketing membebaskan anda anda dari masalah pengiriman, customer service serta berbagai urusan lainnya diurus oleh orang/perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut.

6. Bisnis Sepatu

Bisnis sepatu merupakan salah satu sub kategori fashion yang mempunyai nilai pasar dan peluang yang sangat besar. Tidak hanya itu, bisnis sepatu sudah terbukti dapat dijalankan selagi masih mahasiswa. Yukka Harlanda dan Putera Dwi co-founder Brodo adalah salah satu contohnya.

Yukka Harlanda memulai Brodo saat Yukka kesulitan untuk menemukan sepatu yang sesuai dengan ukuran kakinya yang besar dan dengan harga yang pas untuk kantong mahasiswanya. Karena kesulitan tersebut Yukka dan Uta pun memutuskan untuk membuat sepatu mereka sendiri dari vendor sepatu di Bandung.

Anda dapat memulai dengan menyerahkan proses produksi kepada pengrajin dan fokus kepada membuat model yang bagus serta nyaman. Anda kemudian dapat memamerkan hasilnya kepada teman-teman anda untuk mendapatkan pembeli dan menjadikan keuntungan yang anda peroleh sebagai modal memulai.

 

7. Bisnis Jeans

Setiap mahasiswa pasti punya setidaknya satu celana Jeans dilemari mereka. Celana jeans tidak hanya menjadi andalan mahasiswa dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak sekali pekerja yang juga menggunakan jeans dalam pekerjaan mereka seperti tukang, ojek online, bahkan pekerja kreatif seperti fotographer, videographer, desainer grafis juga menggunakan jeans hampir setiap hari.

Melihat peluang pasar yang luas tersebut, bisnis jeans patut masuk sebagai salah satu usaha untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan. Untuk memulai bisnis jeans anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk rantai pasokan jeans. Kemudian anda harus mendapatkan supplier bahan jeans yang sesuai dengan target pasar anda.

Selanjutnya anda dapat memdesain jeans anda dan membuat model purwarupa dengan penjahit. Dari model purwarupa tersebut anda kemudian dapat mulai mempromosikan usaha jeans anda untuk melihat bagaimana prospek bisnis jeans yang anda jalankan.

 

8. Bisnis Hadiah Unik

usaha sampingan untuk anak muda, usaha kado unik
usaha kado unik : bisnis sampingan anak muda

Jika anda mempunyai kreatifivitas dan senang membuat segala sesuatu yang unik, salah satu usaha untuk mahasiswa yang menjanjikan untuk anda adalah bisnis hadiah unik. Terdapat banyak jenis hadiah unik yang dapat anda jual, misalnya scrapbook, explosion box, miniature box, lukisan potret sampai lukisan kertas termasuk beberapa jenis hadiah unik yang laku dijual.

Modal untuk memulai bisnis yang satu ini terbilang kecil karena modal utamanya sebenarnya adalah kreativitas sedangkan untuk bahan bakunya sendiri anda dapat membelinya dengan modal yang relatif kecil.

 

9. Bisnis Minuman Ringan

bubble tea, peluang usaha yang mudah dijalankan
bubble tea – peluang usaha yang mudah dijalankan

Bisnis minuman ringan seperti Thai Tea, Bubble atau Boba, dan warung kopi kecil saat ini terus berkembang dan modal untuk memulainya juga relatif kecil. Oleh karena itu, bisnis minuman ringan cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa karena modal untuk membeli franchisenya cukup terjangkau. Tidak hanya itu, bisnis minuman ringan mempunyai perputaran uang yang cepat sehingga potensi balik modalnya pun cukup cepat.

Bisnis minuman ringan juga sudah terbukti dengan adanya mahasiswa yang sukses menjalani bisnis ini. Contohnya tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ade Damar Kusuma, Galang Yudhamara, dan M. Andik Ikhsan Setiawan, mahasiswa Program Studi Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM yang sukses menjalani Kaw Kaw Thai Tea. Dari bisnis Thai Tea mereka sanggup meraup omzet Rp. 65 juta per bulan.

 

10. Bisnis Desain Website

Di era teknologi informasi, Internet merupakan sumber utama orang menemukan dan mencari berbagai informasi. Hal ini mencakup informasi mengenai suatu barang, jasa, tempat, perusahaan atau bahkan mengenai suatu orang. Website dengan demikian menjadi media yang sangat penting untuk bisnis dan juga professional untuk menunjukkan apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka tawarkan.

Jika kamu mempunyai minat dalam bidang mendesain website bisnis yang satu ini cocok untuk dijalankan oleh seorang mahasiswa karena anda tidak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis yang satu ini dan faktor terpenting untuk mendapatkan klien adalah portofolio yang bisa anda bangun sendiri.

 

11. Usaha Aksesoris Gadget

Sebagai mahasiswa kamu pasti melihat bahwa gadget seperti HP, laptop dan tablet tidak hanya sekedar alat komunikasi. Gadget juga telah menjadi bagian dari ekpresi gaya yang penting. Tidak lengkap jika gadget yang dimiliki tidak dilengkapi dengan casing, dan tempered glass untuk melindunginya.

Bisnis aksesoris gadget dapat menjadi bisnis mahasiswa yang menjanjikan dengan memanfaatkan sistem dropship dari berbagai distributor aksesoris gadget yang ada di kota anda dan anda kemudian dapat menjualnya melalui sosial media anda atau melalui online marketplace.

 

12. Usaha Perhiasan Handmade

Sebagian besar wanita pasti menyukai berbagai aksesori dan perhiasan seperti gelang, bros, kalung, anting, dan cincin. Namun ditengah banyaknya perhiasan yang mirip atau bertipe serupa, semakin banyak wanita yang mempunyai ketertarikan lebih terhadap perhiasan yang unik dan dibuat dengan tangan atau handmade.

Usaha perhiasan handmade sendiri cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa karena modalnya yang tidak besar. Untuk perhiasan berupa bros kain anda cukup merogoh kocek 1 juta saja untuk memulai. Tidak hanya itu anda juga dapat melakukannya disela waktu luang anda sehingga usaha yang satu ini bisa dijalankan tanpa harus menggangu waktu kuliah anda.

 

13. Usaha Reparasi Handphone

Handphone sudah menjadi bagian dari rutinitas dan kebutuhan sehari-hari untuk sebagian besar orang. Oleh karena itu hampir semua orang yang mempunyai handphone pasti menggunakannya setiap hari. Intensitas penggunaan handphone yang tinggi dalam kegiatan sehari-hari membuat tidak sedikit handphone rusak karena kesalahan penggunaan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Dengan besarnya kebutuhan untuk service handphone baik hardware maupun software secara cepat dan terjangkau maka usaha reparasi handphone sebenarnya mempunyai peluang yang cukup cerah. Jika anda mempunyai ketertarikan dalam mengoprek software handphone dan juga hardwarenya maka jasa reparasi handphone patut anda pertimbangkan sebagai usaha mahasiswa yang menguntungkan untuk anda jalankan.

 

14. Bisnis Les Privat

Bisnis mahasiswa yang menguntungkan yang selanjutnya adalah bisnis les privat. Saat ini pelajaran di sekolah semakin sulit dan banyak anak sekolah yang membutuhkan les tambahan untuk dapat bersaing dengan teman-teman mereka.

Jika kamu mempunyai keahlian dalam mata pelajaran populer seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi maka kamu dapat memberikan jasa les privat ilmu eksakta atau sains. Begitu juga jika kamu mempunyai keahlian dibidang pelajaran yang lebih umum seperti bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya. Anda dapat menghasilkan uang yang lumayan dari bisnis yang satu ini dan anda sejatinya tidak memerlukan modal untuk memulai usaha les privat.

 

15. Bisnis Fotografi

Jika anda mempunyai ketertarikan dalam memfoto keindahan suatu momen atau objek dan seni fotografi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk memulai usaha jasa fotografi.

Saat ini permintaan akan foto yang bagus dan menarik semakin meningkat dengan semakin banyaknya kelas menengah yang membutuhkan jasa fotografi untuk momen istimewa mereka seperti kawinan, anniversary, ulang tahun.

Tidak hanya itu dengan semakin berkembangnya perdagangan melalui internet semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa fotografi untuk foto produk, model, presentasi, company profile dan masih banyak lagi.

 

Penutup

Selain ide-ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan dan menguntungkan diatas sebenarnya masih banyak peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat anda jalankan. Jika anda mempunyai ide bisnis lain selain yang diatas janganlah ragu untuk memulainya, karena anda tidak akan pernah tau hasil akhirnya sebelum mencobanya. Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial anda dan tinggalkan komentar anda di kolom dibawah ini.

Please follow and like us:

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here