Mencari peluang usaha modal 2 juta yang menjanjikan? Mempunyai modal terbatas seringkali menjadi hambatan dalam memulai bisnis. Tetapi di era modern seperti sekarang ini memulai bisnis dengan modal kecil bukanlah hal yang mustahil. Bahkan terdapat berbagai bisnis dan usaha dengan modal 2 juta yang menguntungkan untuk bisa anda jalankan.

Jika anda hanya mempunyai modal 2 juta untuk memulai usaha dan sedang mencari peluang usaha yang tepat maka anda berada ditempat yang tepat. Berikut kami bagikan 10 ide bisnis dan peluang usaha dengan modal 2 juta yang menjanjikan.

Peluang Usaha Modal 2 Juta Yang Menjanjikan

Sebelum memilih peluang usaha yang tepat untuk anda, anda harus melihat terlebih dahulu apa minat dan keahlian anda dan orang kunci anda. Hindari untuk memilih suatu bisnis semata-mata karena trend atau peluang keuntungan yang didapat. Akan lebih baik juga jika anda menjajaki terlebih dahulu bagaimana persaingan dan peluang didaerah anda dengan melakukan suatu survei pasar. Anda juga dapat mulai memikirkan apa keunggulan kompetifif yang akan anda bangun untuk bisnis anda.

 

1. Usaha KeripikĀ 

usaha snack modal 2 juta yang menguntungkan
bisnis modal kecil – usaha snack modal 2 juta yang menguntungkan

Keripik merupakan salah satu cemilan yang sangat populer. Hampir semua orang suka makan keripik sebagai cemilan. Pasar bisnis keripik sendiri sangatlah besar dan mempunyai peluang yang bagus. Hal ini terlihat dari tidak adanya pemain pasar yang mendominasi pasar bisnis keripik dan banyak pengusaha kecil yang hidup dari pasar bisnis keripik.

Melihat selain dari segi peluang, dari segi modal yang diperlukan usaha keripik tidak memerlukan modal yang besar untuk dimulai. Anda hanya memerlukan dapur anda, penyegel plastik impulse sealer, stiker untuk logo dan brand usaha keripik anda, plastik kemasan dan modal produksi awal. Semua modal tersebut dapat anda peroleh kurang dari 2 juta, oleh karena itu usaha keripik termasuk usaha modal 2 juta yang menjanjikan.

 

2. Usaha Sambal Kemasan

Usaha modal 2 juta yang menjanjikan selanjutnya adalah usaha sambal kemasan. Sambal kemasan seperti Sambal Khas Bu Rudy menjadi semakin laris saat ini dan semakin banyak orang yang terbiasa membeli sambal rumahan dalam kemasan. Saat ini sudah semakin banyak juga merek-merek lokal yang cukup berkembang dalam bisnis sambal kemasan.

Contohnya Hj. Lina S Rahmania pendiri Sambal Hj Lina dapat meraup omzet hingga 20 jutaan perbulan dan mencapai Rp. 300 juta perbulan. Produknya sendiri tidak hanya dijual di Indonesia, sambal racikannya sempat mengikuti pameran dan dijual sampai China dan Eropa.

Untuk modal usahanya sendiri yang anda perlukan hanyalah bahan baku awal, kemasan botol plastik, sealer botol plastik bentuk aluminium, hot gun untuk menyegel, dan stiker untuk label kemasan.

 

3. Usaha Bubur Ayam

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik, bubur ayam topping
usaha bubur ayam modal 2 juta yang menguntungkan

Bubur ayam sudah terbukti sebagai salah satu makanan yang laris dipasaran. Banyak sekali pengusaha yang sudah meraup rejeki yang cukup besar dari bisnis usaha bubur ayam. Mulai dari bubur barito, bubur ayam palapa, bubur khas mayong dan masih banyak lagi.

Usaha bubur ayam juga dapat dimulai dengan modal 2 jutaan saja. Modal 2 juta tersebut dapat anda pergunakan untuk membeli perlengkapan utama seperti dandang besar, kompor satu tungku, gas 3 kg, styrofoam, bahan-bahan baku makan, bumbu-bumbu beserta etalase bekas atau gerobak bekas.

 

4. Usaha Ayam Goreng Tepung

Ayam goreng tepung merupakan salah satu makanan yang dapat anda temukan di berbagai tempat. Mulai dari pinggir jalan sampai mall anda dapat menemukan ayam goreng. Franchise usaha ayam goreng tepung sendiri cukup bervariasi, mulai dari yang membutuhkan ratusan juta sampai puluhan juta dapat anda temukan. Meskipun ayam goreng sangat menjamur dimana-mana tetapi banyak sekali usaha yang mendulang untung dari bisnis yang satu ini.

Jika anda memulai lokasi yang tepat bukannya tidak mungkin untuk memulai usaha ayam goreng tepung yang menguntungkan hanya dengan modal 2 juta. Anda dapat memulai usaha ayam goreng tepung dengan modal 2 juta dengan menggunakan etalase bekas atau buatan sendiri, dan kemudian sisanya untuk membeli perlengkapan memasak, bahan baku utama, bumbu dan untuk membuat kemasan untuk pesanan take away dan delivery.

 

5. Usaha Nasi Uduk

Nasi uduk dengan lauk sederhana seperti ayam, telur balado, tempe orek, dan sambal merupakan makanan yang sangat populer di masyarakat. Banyak pengusaha kecil rumah tangga yang menghasilkan penghasilan tambahan dari berjualan nasi uduk untuk sarapan di pagi hari.
Hal ini sebenarnya menunjukkan bahwa terdapat minat pasar yang besar untuk usaha nasi uduk. Tidak hanya untuk sarapan, sebenarnya nasi uduk juga cocok untuk makan siang dan makan malam, sehingga tidak ada salahnya jika anda mencoba berbisnis nasi uduk yang menjual nasi uduk hangat sepanjang hari.

 

6. Usaha Baju Bayi dan Anak

bisnis baju bayi, usaha modal 2 juta yang menjanjikan
image credit : pexels.com | usaha baju bayi

Apakah anda tau jika terdapat lebih dari 4.8 juta bayi yang lahir setiap tahunnya di Indonesia? dan terdapat 22 juta anak berusia 0 – 5 tahun pada tahun 2019. Selain itu rata-rata orang tua membelanjakan uangnya sebesar Rp. 200 ribu sampai Rp. 500 ribu perbulan untuk baju anaknya. Dari dua fakta tersebut pasar baju bayi Indonesia mempunyai nilai lebih dari Rp. 58 triliun pertahun.

Melihat besarnya pasar baju bayi dan anak tersebut terdapat peluang yang cukup menjanjikan di usaha baju bayi dan anak. Selain itu, usaha baju bayi dan anak dapat anda mulai dengan modal kecil seperti yang kami ulas di artikel Bagaimana Cara Memulai Bisnis Baju Bayi Dengan Modal Kecil. Oleh karena itu, usaha baju bayi dan anak patut masuk dalam daftar usaha modal 2 juta yang menjanjikan.

 

7. Blogging

Apakah anda punya hobi menulis dan mempunyai pengetahuan atau ketertarikan yang mendalam terhadap suatu topik? Jika ya, salah satu usaha modal 2 juta yang menjanjikan yang dapat anda jalankan adalah blogging. Blogging sudah terbukti sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang di Internet.

Untuk memulai ngeblog yang anda perlukan paling tidak laptop, pc desktop atau jika anda tidak punya keduanya anda bisa menggunakan handphone anda untuk mengetik. Kemudian anda juga membutuhkan paket data atau wifi. Selanjutnya anda dapat ngeblog dengan gratis menggunakan Blogspot.com (dengan blogspot anda bisa ikut serta dalam program Adsense berbeda dengan WordPress).

Kemudian jika anda sudah cukup mengerti seluk beluknya seperti Search Engine Optimization dan cara menulis yang baik anda dapat membuat website dan menggunakan domain sendiri agar anda dapat memaksimalkan potensi dalam menghasilkan uang dari Blog. Dengan domain dan website sendiri anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan berjualan barang, ikut serta dalam program affiliate, menjual online course dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2019

8. Affiliate Marketing

Selain blogging Affiliate Marketing sudah terkenal sebagai salah satu cara menghasilkan dari Internet yang sudah terbukti menghasilkan. Cukup banyak pebisnis internet yang menghasilkan keuntungan yang besar dari bisnis yang satu ini, contohnya seperti John Lee Dumas yang menghasilkan keuntungan puluhan ribu dollar Amerika Serikat setiap bulannya dari affiliate marketing.

Untuk menjadi affiliate marketer anda membutuhkan website yang dapat meraup pengunjung cukup banyak dengan intensi pembelian yang cukup baik misalnya website review produk atau website tutorial. Selanjutnya anda perlu bergabung dengan network publisher affiliate untuk mendapatkan program affiliate yang menjanjikan. Untuk pemula saya merekomendasikan Involve Asia yang menawarkan beragam program affiliate dari perusahaan yang terkemuka seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, sampai Emirates.

9. Toko Online

Sudah bukan rahasia lagi jika usaha toko online telah membuka berbagai peluang dan telah menghasilkan banyak sekali pengusaha sukses yang berpenghasilan puluhan sampai ratusan juta rupiah perbulannya. Usaha toko online tidak hanya menghasilkan keuntungan yang menjanjikan, modal untuk memulai usaha toko online juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan membuka usaha toko offline yang mengharuskan anda untuk menyewa toko, perabot dan menyewa pegawai.

Yang anda perlukan untuk memulai usaha toko online adalah menentukan apa yang akan anda jual dan mencari supplier yang dapat memberikan harga yang bersaing. Untuk menentukan jenis barang yang anda jual anda dapat memulai dengan beberapa kategori barang yang laris dijual di toko online.

 

10. Bisnis Minuman Ringan

Mulai dari minuman boba,thai tea, cheese tea, sampai kopi merupakan contoh minuman ringan yang populer dan laris dijual dipasaran. Usaha yang satu ini memang tidak ada matinya karena besarnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi minuman ringan yang menyegarkan.

Bisnis minuman ringan mempunyai pasar yang sangat besar dan tergolong menjanjikan karena perputaran uangnya yang sangat cepat. Tidak hanya itu, anda juga sebenarnya dapat memulai bisnis minuman ringan ini dengan modal yang kecil. Terutama dengan memanfaatkan Go-Food untuk menjual minuman ringan anda, yang anda perlukan hanyalah blender, perlengkapan meracik minuman lain, kompor, plastik sealer dan kemasan lainnya.

 

11. Usaha Service Handphone

Saat ini hampir semua orang pasti memiliki setidaknya satu handphone, bahkan tidak sedikit juga mereka yang mempunyai lebih dari satu handphone. Tidak heran jika saat ini terdapat ratusan juta handphone yang aktif digunakan di Indonesia.

Memang saat ini handphone bukan sekedar alat untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk hiburan, pembayaran bahkan untuk mencari uang. Oleh karena itu handphone telah menjadi alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun sangat penting, ada kalanya handphone yang digunakan menjadi rusak entah karena kecelakaan, error atau virus sehingga diperlukan service agar dapat digunakan kembali. Melihat kondisi tersebut terdapat peluang usaha modal 2 juta yang menjanjikan di usaha service handphone karena usaha yang satu ini dapat dimulai dengan modal 2 jutaan saja. Yang anda perlukan untuk bisnis ini adalah laptop anda untuk servis software dan set peralatan reparasi HP yang dapat anda beli di Tokopedia seharga Rp. 150 ribuan.

 

12. Bisnis Hadiah Unik

usaha kado unik, usaha modal 2 juta
usaha kado unik : bisnis modal 2 juta

Apakah anda mempunyai kreatifitas tinggi? Anda suka membuat kreasi yang unik dan menarik? Jika ya salah satu usaha modal 2 juta yang menjanjikan untuk anda jalankan adalah bisnis hadiah unik. Terdapat banyak jenis hadiah unik yang bisa anda tawarkan, beberapa contohnya seperti lukisan kertas, lukisan potret, explosion box, dan miniature dalam frame foto.

Bisnis hadiah unik dapat anda jalankan dengan modal 2 juta dengan membeli perlengkapan untuk membuat kreasi anda seperti gunting, alat lukis, lem, kertas-kertas dan lainnya.

Untuk memulai bisnis hadiah unik anda harus membuat contoh hadiah unik yang anda tawarkan kemudian foto contoh tersebut dan tawarkan melalui media sosial ataupun online marketplace.

 

13. Usaha Budidaya Lele

Ikan Lele merupakan sumber protein yang murah dan bergizi. Tidak hanya bergizi, ikan lele juga telah menjadi santapan masyarakat luas Indonesia yang dapat mudah anda temukan di warung-warung pecel lele dan warteg.

Dengan banyaknya warung-warung yang menjual pecel lele dan masyarakat yang mengkonsumsi ikan lele bisnis budidaya lele sekiranya mempunyai pasar yang luas dan menjanjikan.

Tidak hanya menjanjikan, bisnis budidaya lele juga termasuk usaha modal 2 juta yang menjanjikan. Sebagaimana dilansir dari Okezone, bisnis budidaya lele dapat dimulai dengan modal awal 2 jutaan dan menghasilkan Rp. 3.9 juta dari panen pertama yang berarti menghasilkan margin keuntungan hampir 100%.

 

14. Bisnis Katering Harian

Apakah di dekat rumah anda terdapat perkantoran,kos-kosan atau apartemen? Jika ya, salah satu usaha modal 2 juta yang menjanjikan dan dapat anda mulai adalah bisnis katering harian.

Bisnis katering harian dapat anda mulai dengan memanfaatkan dapur yang anda punya, brosur, bahan baku makanan dan kegigihan anda untuk mencari pelanggan.

Selain tidak membutuhkan modal yang besar, usaha jasa katering harian juga mempunyai potensi yang besar dengan kemungkinan bagi anda untuk mengembangkannya menjadi katering acara.

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here