bagaimana cara memulai bisnis baju bayi modal kecil kurang dari 1 juta
image credit : pexels.com

Bisnis baju bayi dan anak merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat di Indonesia. Ya, banyak orang tua tidak ragu untuk berbelanja untuk anak mereka dan dengan besarnya jumlah yang lahir pertahun pasar baju bayi Indonesia sangatlah besar. Apakah anda mencari bagaimana cara memulai bisnis baju bayi modal kecil atau kurang dari 1 juta? Jika ya teruslah membaca karena anda berada ditempat yang tepat.

Mengapa Bisnis Baju Bayi?

mengapa memulai bisnis baju bayi modal kecil kurang dari 1 juta
image credit : pexels.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memulai usaha baju bayi akan lebih baik jika anda mengetahui lebih dulu beberapa fakta terkait pasar baju bayi Indonesia:

Dari kedua fakta itu besar pasar baju bayi domestik usia 0 – 12 bulan saja dapat mencapai Rp. 11,5 triliun sampai Rp. 28,8 triliun pertahun.

Melihat besarnya pasar tersebut bisnis baju bayi masih mempunyai peluang yang cukup menjanjikan. Hal ini menjadi kelebihan pertama dari bisnis baju bayi.

Kelebihan kedua dari bisnis baju bayi adalah tidak adanya pemain dominan di bisnis baju bayi. Jika anda mempunyai suatu penawaran yang cukup menarik untuk suatu pasar tertentu dari bisnis baju bayi maka anda mempunyai peluang yang cukup baik untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Kelebihan ketiga dari bisnis baju bayi adalah terdapatnya peluang bagi anda untuk merintis bisnis ini secara kecil-kecilan sebagai bisnis rumahan, sebagai reseller atau bahkan dengan cara dropship.

Cara Memulai Bisnis Baju Bayi Modal Kecil

Setelah melihat beberapa kelebihan bisnis baju bayi diatas anda pasti lebih yakin dan termotivasi untuk memulai bisnis baju bayi anda sendiri. Sekarang untuk memulai bisnis anda berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan.

1. Lakukan Riset Pasar

Langkah pertama untuk memulai bisnis baju bayi modal kecil adalah lakukan riset pasar. Anda tidak perlu melakukan riset pasar yang terlalu rumit, anda cukup mengetahui baju-baju bayi model apa yang laku dipasaran, apa saja merek yang laku dijual, dan apa bagaimana rentang harga baju bayi yang laku.

Jika anda bermaksud untuk menargetkan pasar tertentu, misalnya lingkungan sekitar anda pastikan anda memahami bagaimana karakteristik pasar tersebut. Mulai dari daya beli dan gaya hidup mereka sampai selera fashion mereka. Hal ini sangat penting untuk menentukan branding bisnis baju bayi anda dan juga untuk memilih barang untuk dijual nantinya.

 

2. Rencanakan Bisnis Anda

Anda tentu tidak akan pergi kesuatu tempat tanpa persiapan atau sedikit rencana. Hal yang sama juga harus anda terapkan dalam memulai bisnis. Karena meskipun bisnis baju bayi disini dimulai dengan modal kurang dari 1 juta tetap terdapat risiko bisnis dimana barang yang anda beli akan sulit untuk dijual. Oleh karena itu langkah kedua untuk memulai usaha baju bayi adalah menulis rencana bisnis.

Anda cukup membuat rencana bisnis yang sederhana setebal 3 sampai 4 halaman saja. Rencana bisnis disini mungkin memuat apa nama bisnis baju bayi anda, ringkasan hasil riset pasar anda seperti selera pasar dan daya beli, kemudian juga beberapa list barang-barang yang akan anda jual dan perhitungan keuntungan dari setiap penjualan barang tersebut.

Anda juga harus mengetahui apa saja keperluan modal usaha anda, dengan modal kurang dari 1 juta kemungkinan kebutuhan modal terbesar anda adalah untuk membeli barang untuk dijual, perlengkapan untuk pengiriman, plastik, dan pulsa data untuk berjualan melalui online marketplace dan media sosial.

Dengan membuat perhitungan tersebut anda dapat memperkirakan berapa keuntungan yang bisa anda raih dengan modal 1 juta dari bisnis baju bayi anda tersebut. Kemudian anda bisa memperbarui rencana bisnis anda dengan modal baru yang lebih besar dari keuntungan siklus pertama bisnis anda.

 

3. Rancang Konsep 

Langkah selanjutnya dalam bagaimana cara memulai bisnis baju bayi dengan modal kecil adalah rancang konsep bisnis anda. Anda harus mempunyai suatu konsep yang sesuai dengan target pasar anda. Misalnya jika anda fokus kepada kelas menengah bawah anda tentu harus mempunyai konsep yang berbeda dengan fokus untuk kelas menengah atas.

Konsep disini mencakup logo, tagline, dan premis atau penawaran yang disesuaikan dengan target pasar anda. Contohnya toko baju Fany Baby yang terkenal di wilayah Kuningan Jakarta mempunyai fokus untuk menyediakan baju bayi dan perlengkapan bayi dengan harga terjangkau sehingga pilihan produk mereka juga lebih banyak untuk produk dengan harga terjangkau.

Jika anda memulai bisnis baju bayi dengan modal kecil akan lebih masuk akal untuk memulai dengan pasar menengah dan menengah bawah karena harga produknya yang lebih murah memungkinkan anda untuk memiliki beberapa variasi barang untuk dijual.

4. Cari Supplier Barang

Setelah selesai menentukan konsep saatnya untuk mencari supplier barang untuk dijual. Mencari baju bayi untuk dijual saat ini sebetulnya tidaklah sulit, anda dapat dengan mudah mencari supplier baju bayi dengan menggunakan Google atau bahkan online marketplace.

Salah satu contohnya di Shopee anda bisa menemukan berbagai grosir baju bayi yang sangat murah. Contohnya Seller dibawah ini menjual 1 lusin baju bayi usia 0 -3 bulan dengan harga Rp. 61.000 atau hanya Rp. 5.000 per lembar. Jika anda menjualnya dengan harga Rp. 7500 per lembar saja anda sudah bisa mengantongi keuntungan bersih 50%.

grosir baju bayi, cara memulai bisnis baju bayi
grosir baju bayi shopee

Pilihlah beberapa merek dan juga model dengan rentang harga yang sesuai dengan target pasar anda. Untuk memberikan pilihan yang cukup untuk pembeli anda.

5. Luncurkan Bisnis Anda 

Setelah membeli persediaan barang sesuai dengan budget anda untuk memulai saatnya untuk meluncurkan bisnis anda.

Dengan budget yang terbatas anda dapat memulai dengan membuat beberapa toko online di Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Anda juga dapat membuat beberapa kanal media sosial seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook untuk menawarkan jualan anda.
Jangan lupa juga untuk meminta teman-teman dan keluarga anda untuk membantu mempromosikan bisnis anda. Dengan bantuan lebih banyak orang untuk mempromosikan bisnis anda bisa mempunyai peluang yang lebih baik untuk sukses.

 

6. Terus Belajar

Selamat! jika anda sudah ditahap ini bisnis anda sudah berjalan dan mungkin anda sudah mendapatkan beberapa penjualan. Selanjutnya anda harus terus belajar meningkatkan pengetahuan dalam berbisnis seperti bagaimana cara mengatur keuangan, bagaimana cara membuat promosi yang efektif dan lainnya.

Penutup

Demikianlah kawan entrepreneur sudah sampai diakhir artikel bagaimana cara memulai bisnis baju bayi modal kecil kurang dari 1 juta. Semoga artikel ini dapat membantu kawan entrepreneur dalam memulai usaha baju bayi dan dapat meraih sukses. Jika artikel ini berguna jangan lupa untuk share dan memberi komentar ya!

Baca Juga : Peluang Usaha Tas Rumahan Modal Kecil Potensi Jutaan

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here