contoh UKM, contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan
image credit : pexels.com / contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan

Usaha kecil menengah atau UKM dikenal sebagai penggerak ekonomi nasional dengan kontribusi yang luar biasa terhadap penyerapan tenaga kerja, produk domestik bruto dan juga pemenuhan kebutuhan masyarakat secara luas. Meskipun skalanya kecil menengah UKM memberikan keuntungan yang tidak kecil bagi pengusaha yang mengelutinya. Pertanyaannya apa saja contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan?

Apa itu Usaha Kecil Menengah atau UKM?

Sebelum membahas apa saja contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan perlu diketahui bahwa Usaha Kecil Menengah atau UKM secara konteks biasanya juga mencakup usaha Mikro atau UMKM. UMKM terdiri Usaha Mikro yaitu usaha produktif dengan aset kurang dari 50 juta rupiah dengan omzet maksimal 300 juta rupiah. Kedua, Usaha Kecil yang merupakan usaha produktif dengan aset antara 50 sampai 500 juta rupiah (tidak termasuk tanah dan bangunan usaha) dan omzet 300 juta sampai 2,5 milyar rupiah. Ketiga, Usaha Menengah yang merupakan usaha produktif dengan aset lebih dari 500 juta hingga 10 milyar rupiah dan omzet lebih dari 2,5 milyar rupiah sampai 50 milyar rupiah.

Contoh Usaha Kecil Menengah

contoh usaha kecil menengah, contoh umkm, contoh ukm
image credit : pexels.com

Melihat pengertian dan lingkup UKM sebagaimana dijelaskan diatas jelas bahwa UKM merupakan skala bisnis yang dijalankan oleh kebanyakan pengusaha pemula dengan modal yang terbatas. Namun bukan berarti pengusaha dengan skala UKM tersebut mempunyai keuntungan yang sedikit. Cukup banyak pengusaha skala UKM yang bisa meraup omset ratusan juta perbulannya.

Jika kawan enterepreneur tertarik untuk memulai usaha kecil dan menengah sendiri atau mencari inspirasi usaha untuk memulai bisnis sendiri berikut beberapa contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan untuk bisa anda mulai.

1. Usaha Tas Handmade

usaha tas handmade, contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan, contoh ukm yang menguntungkan
image credit : pexels.com / contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan

Usaha tas handmade merupakan salah satu UKM yang cukup maju dan mempunyai potensi tinggi di Indonesia. Banyak UKM yang bergelut di bisnis ini cukup sukses menggaet pasar domestik dan bahkan pasar ekspor. Keberhasilan usaha tas handmade tersebut terlihat dari adanya 6 usaha tas handmade Indonesia yang mendunia.

Memulai usaha tas handmade juga dapat dilakukan dengan modal kecil. Untuk tahap awal sekali anda bisa memulai dengan modal 1 juta sampai 5 juta untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan menjahitnya untuk kemudian dipasarkan melalui media sosial anda atau melalui online marketplace.

Meskipun modal untuk memulainya terbilang kecil usaha tas handmade mempunyai peluang yang menjanjikan. Hal tersebut karena marjin keuntungan produk kerajinan tangan yang kreatif dan unik cukup tinggi dan dapat di ekspor untuk nilai jual yang lebih tinggi lagi. Oleh karena itu usaha tas handmade termasuk salah satu contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan.

 

2. Usaha Minuman Boba

minuman bobo tea, contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan, contoh ukm
minuman boba tea contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan

Minuman boba menjadi salah satu minuman primadona yang sangat laris dipasaran. Meningkatnya penjualan boba menjadi salah satu alasan mengapa usaha yang satu ini termasuk contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan.

Usaha ini dapat dimulai dengan modal relatif kecil dan cocok untuk dijalankan oleh pengusaha pemula. Namun persaingan bisnis yang satu ini cukup ketat dan keras karena sudah cukup banyak pengusaha yang terjun ke bisnis yang satu ini. Untuk bisa bersaing dengan bisnis yang sudah ada kamu harus mempunyai keunggulan kompetetif berupa penawaran yang berbeda dari yang lain atau keunggulan operasional seperti efisiensi dan biaya operasional yang rendah.

 

3. Usaha Bubur Ayam

Usaha bubur ayam termasuk salah satu usaha kecil yang dapat dimulai dengan modal kecil namun mempunyai potensi keuntungan yang tidak bisa diremehkan. Usaha bubur ayam dapat anda mulai dengan modal gerobak bekas atau etalase sederhana dan perlengkapan memasak sederhana seperti kompor, dadang besar, dan lainnya.

Banyak sekali pengusaha UKM yang sukses di bisnis bubur ayam, contohnya bubur ayam kaki lima yang bernama “Bubur Ayam Palapa” di Pasar minggu bisa menjual hingga 600 mangkuk perhari dan mendapatkan keuntungan bersih hampir Rp. 2 juta perharinya. Ada juga Bubur Ayam Abah Odil yang memulai dari satu gerobak menjadi mempunyai 4 cabang dengan omset mencapai Rp 1 miliar.

4. Usaha Baju Bayi dan Anak

Apakah kamu tau jika setiap tahun ada 4.9 juta bayi yang lahir di Indonesia? Besarnya tingkat kelahiran bayi di Indonesia dan populasi anak dibawah 10 tahun saat ini menjadikan usaha baju bayi dan anak sebagai salah contoh usaha kecil dan menengah yang menjanjikan.

Hal tersebut didorong dengan tingginya permintaan pasar, besar pasar yang terus tumbuh dan karakter masyarakat secara umum yang ingin memberikan baju yang bagus kepada bayi dan anak mereka.

 

5. Usaha Aksesoris Fashion

Aksesoris fashion sederhana seperti kalung, bros, gelang tangan, jilbab, kaus kaki dan lainnya merupakan salah satu segmen pasar yang besar dan mempunyai peluang yang bagus. Bisnis aksesoris fashion mempunyai permintaan pasar yang besar dan didukung oleh perubahan selera perempuan Indonesia yang semakin ingin tampil gaya dan menarik.
Memulai usaha aksesoris rumahan dapat dilakukan dengan modal kecil. Meskipun modal untuk memulainya kecil tetapi keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis ini tidak dapat dipandang sebelah mata.
Ambil contoh, Liliek Setiawan pendiri Zidy Handycraft yang sukses di bisnis ini. Liliek memulai usaha yang satu ini dengan modal Rp. 500 ribu untuk mengisi waktunya. Tak disangka kreasinya disambut baik pasar dan kemudian berkembang menjadi bisnis yang dapat memberikan keuntungan antara Rp 20 juta sampai Rp. 30 juta perbulannya.

6. Usaha Mainan Kayu

Mainan kayu mempunyai kelebihan dibandingkan mainan dari plastik yang mudah rusak dan lebih awet. Tidak hanya itu mainan kayu juga lebih aman karena bahannya yang alami dan mempunyai sensasi sentuhan yang unik. Usaha mainan kayu sendiri merupakan salah satu bisnis UKM yang telah menembus pasar ekspor.

Dodi Mustafa pendiri dan pemilik Jamooga adalah salah satu contoh pengusaha UKM yang sukses dibisnis satu ini. Jamooga merupakan produk mainan unik berbahan dasar kayu, dengan sebuah pola yang dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan. Dodi Mustafa mengembangkan bisnisnya dari modal Rp. 60 juta menjadi bisnis dengan omset sampai Rp. 40 juta sebulan.

 

7. Usaha Snack Kemasan

Usaha kuliner memang Indonesia tidak pernah surut, contohnya usaha snack kemasan. Usaha yang satu ini terus bertumbuh dan selalu ada ruang untuk pengusaha yang giat dan rajin. Usaha ini merupakan salah satu peluang usaha kuliner dengan modal kecil. Modal sebesar satu juga saja cukup untuk membeli bahan baku awal serta bahan-bahan untuk membuat kemasan plastik.

Setelah sukses menjual produksi awal anda, anda dapat mengembangkan usaha ini dengan menginvestasikan kembali keuntungannya. Atau anda juga bisa mencari mitra kerja untuk meningkatkan produksi anda. Bisnis yang satu ini sudah terbukti mempunyai peluang yang bagus dengan banyak pengusaha yang sukses di bisnis ini. Contohnya Reza Nurhilman yang sukses dengan Maicih dari berjualan melalui media online dan di kaki lima menjadi brand yang dikenal luas. Oleh karena itu usaha snack kemasan termasuk salah satu contoh usaha UKM yang menjanjikan.

 

8. Usaha Merangkai Bunga / Florist

peluang usaha kreatif, usaha merangkai bunga, bisnis kreatif
usaha kreatif merangkai bunga image credit : pexels.com

Rangkaian bunga merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk berbagai momen istimewa seperti wisuda, ulang tahun, anniversarry sampai kawinan. Usaha bunga rangkaian dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil dengan potensi keuntungan yang relatif besar. Yosefine, pendiri Lanushky Bouguet memulai usaha ini dengan modal Rp 100 ribu saja. Dengan modal awal Rp 100.000, dia lalu mengembangkan bisnis floristnya hingga dapat menghasilkan omset sampai puluhan juta perbulan dengan total omset pertahun Rp 350 juta.

 

9. Bisnis Budidaya Ikan

Bisnis budidaya ikan merupakan salah satu bidang UKM yang terus berkembang dan tumbuh dari tahun ketahun. Hal ini didukung dengan peningkatan konsumsi ikan diseluruh belahan dunia. Anda dapat membudidayakan ikan yang populer di konsumsi seperti ikan lele, gurami dan ikan mas. Yang anda perlukan untuk memulai bisnis ini adalah lokasi yang cukup luas, kolam ikan dan pengetahuan mendalam mengenai seluk beluk budidaya ikan.

 

10. Usaha Sepatu

Usaha sepatu mempunyai pasar dan peluang khususnya sepatu yang menyasar usia muda. Usaha sepatu yang menyasar usia muda mempunyai peluang yang menjanjikan karena banyak anak muda yang ingin tampil gaya dan cenderung lebih sering membeli sepatu. Oleh karena itu bisnis sepatu termasuk salah satu contoh usaha UKM yang menjanjikan. Apabila anda mempunyai ide dan suatu konsep yang menarik untuk menghasilkan alas kaki yang nyaman dan gaya maka bisnis sepatu dapat menjadi pilihan anda.

 

11. Usaha Hadiah Unik

usaha sampingan untuk anak muda, usaha kado unik
usaha kado unik : bisnis sampingan anak muda

Jik anda  mempunyai kreatifitas dan senang membuat segala sesuatu yang unik seperti membuat lukisan kertas, menggambar sepatu canvas, menciptakan jam dinding unik, jaket lukis atau scrapbook maka salah satu usaha contoh usaha kecil menengah yang menguntungkan untuk anda jalankan adalah usaha hadiah unik.

Usaha hadiah unik mempunyai modal awal yang kecil serta margin keuntungan yang cukup tinggi. Biaya bahan baku untuk produk hadiah unik biasanya relatif kecil dibandingkan harga jualnya sehingga usaha ini sangat menjanjikan. Salah satu contoh pengusaha yang sukses di bisnis ini adalah Rahmat Maulana yang berhasil membuat usaha lukisan kertas dengan omset mencapai Rp. 60 juta rupiah perbulan.

 

12. Usaha Katering

Apakah di dekat rumah anda terdapat kos-kosan, apartemen atau perkantoran? Jika ya, salah satu usaha modal 1 juta yang dapat anda mulai adalah bisnis katering harian.
Hanya dengan modal kecil bisnis ini dapat anda jalankan dengan memanfaatkan dapur yang anda punya, bahan baku memasak, brosur dan kegigihan anda untuk mencari pelanggan.

Jika anda suka memasak dan dapat menghidangkan makanan yang enak maka usaha jasa katering harian dapat menjadi salah satu peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, usaha jasa katering harian juga mempunyai potensi yang besar dengan kemungkinan bagi anda untuk mengembangkannya menjadi katering acara.

 

13. Usaha Cafe Kecil

Memulai dan mengelola bisnis cafe bukanlah hal yang mudah, anda tidak bisa berhasil dengan sekedar mempunyai kopi atau kue yang enak. Kesuksesan dari bisnis cafe sangat ditentukan dari kreativitas dan visi yang kuat dari cafe anda. Selain itu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan kreativitas juga akan sangat membantu. Jika anda mempunyai karakteristik tersebut, memulai bisnis cafe dapat menjadi pilihan ide bisnis untuk anda.

 

14. Bisnis Budidaya Jamur

Jamur saat ini semakin banyak digunakan sebagai bahan masakan baik dirumah tangga ataupun untuk usaha-usaha kuliner, bahkan terdapat pasar ekspor yang cukup besar untuk jamur jenis-jenis tertentu. Bisnis budidaya jamur dengan demikian mempunyai prospek yang cukup cerah.

Disisi lain bisnis jamur mempunyai tingkat kesulitan yang relatif lebih rendah dibandingkan bisnis budidaya ikan dimana risiko gagal panen, kelebihan biaya pakan, dan keperluan modal yang lebih kecil. Bisnis jamur cocok sebagai usaha anak muda yang tinggal di daerah pedesaan atau kota kecil yang mempunyai kelembapan udara dan cuaca yang baik.

 

Penutup

Selain peluang usaha kecil dan menengah diatas sebenarnya masih sangat banyak usaha kecil menengah yang menguntungkan. Memulai usaha kecil dan menengah bukan merupakan hal yang mudah, diperlukan kegigihan, semangat pantang menyerah dan kemauan untuk terus memperbaiki bisnis agar dapat terus berkembang.

Bagaimana menurut anda? apakah anda mempunyai ide bisnis UKM menguntungkan lainnya? Jika ya bagikan di Kolom komentar dibawah. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini di sosial media anda.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here