Beranda Ide Bisnis 7 Peluang Usaha Modal 5 Juta Yang Menguntungkan

7 Peluang Usaha Modal 5 Juta Yang Menguntungkan

5927
0
bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal kecil, bisnis modal kecil
image credit : stocksnap.io

Apakah kamu ingin memulai bisnis tapi mempunyai keterbatasan terkait dengan modal? Jika kamu hanya mempunyai modal 5 juta untuk dijadikan sebagai modal untuk memulai bisnis janganlah berkecil hati, karena sebenarnya banyak sekali peluang usaha modal 5 juta yang menguntungkan.

Untuk membantu kamu dalam mencari bisnis yang tepat untuk dimulai dengan modal 5 juta saja disini kami memberikan contoh 7 peluang usaha modal 5 juta yang mengutngkan sebagai berikut:

 

1. Jualan Produk Fashion

ide bisnis modal 5 juta, bisnis modal 5 juta, bisnis modal kecil menguntungkan
image credit : stocksnap.io

Bisnis jualan produk fashion seperti kaos, celana dan sandal adalah salah satu peluang usaha modal 5 juta yang menguntungkan dan termasuk mudah dimulai. Kunci untuk memulai usaha jualan produk fashion adalah kurangi kebutuhan untuk menyewa tempat dan persediaan barang sebelum kamu membangun pasar di lingkungan kamu terlebih dahulu.

Hal tersebut dapat kamu lakukan di era digital ini dengan memanfaatkan media sosial untuk membangun branding awareness lokal serta memanfaatkan marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee sebagai katalog elektronik dari produk-produk yang kamu jual. Selain membuka toko online di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee kamu juga bisa mempromosikan produk-produk yang kamu jual secara langsung kepada target pasar kamu dengan memanfaatkan jaringan pribadi kamu.

Kunci sukses dari berjualan produk fashion adalah pemilihan model dan penentuan harga yang bersaing sesuai dengan target pasar kamu. Untuk itu kamu memerlukan pemahaman terhadap target pasar dan selera pasar yang kamu pilih. Dengan melakukan penentuan model yang tepat, mengusahakan harga yang bersaing dari supplier serta rajin dalam melakukan pemasaran, rata-rata keuntungan bersih yang bisa kamu peroleh dari berjualan produk fashion bisa mencapai 30% – 50% dari total nilai penjualan.

Apa modal yang dibutuhkan?

  • Smartphone : Rp. 1,5 Juta – Rp. 2 juta (smartphone 4G dan dual sim misalnya Samsung J3 ini)
  • Persediaan awal produk fashion Rp. 2 juta – Rp 3 juta (pilih produk fashion yang tidak membutuhkan banyak ukuran/all size seperti aksesoris atau baju bayi baru lahir)

Total Rp. 3,5 juta – Rp. 5 juta

 

2.  Jasa Pembersih Kasur dan Karpet Dari Tungau/Kutu Busuk

Kebersihan adalah suatu kebutuhan bagi beberapa orang, khususnya bagi yang mempunyai kulit sensitif atau pernapasan yang sensitif maka kebersihan kasur dan karpet dari tungau/kutu busuk adalah suatu keharusan. Tetapi tidak semua orang mempunyai peralatan yang sesuai untuk membersihkan kasur dan karpet dari tungau/kutu busuk tersebut.

Apalagi sekarang banyak orang mempunyai kasur spring bed yang sulit dan berat untuk dijemur. Berbeda dengan kasur kapuk yang zaman dahulu mudah dibersihkan dengan dijemur pada saat matahari sedang panas, menjemur kasur springbed membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Untuk satu kali jasa membersihkan tungau dengan durasi sekitar 30 menit- 1 jam biaya jasa yang dikenakan bervariasi antara  Rp 60 ribu – Rp 150 ribu. Bisnis ini cukup menguntungkan jika kamu bisa mendapatkan setidak-tidaknya 10 order perminggu maka dalam sebulan kamu bisa meraih omzet setidak-tidaknya Rp. 4 juta.

Apa modal yang dibutuhkan?

Total Rp. 3,7 juta

 

3. Bisnis Katering

bisnis katering, bisnis modal 5 juta, bisnis modal 5 juta menguntungkan
image credit : stocksnap.io

Bisnis katering berbeda dengan bisnis kuliner seperti restoran atau kafe. Bisnis katering tidak membutuhkan tempat ataupun modal bahan baku. Kebutuhan modal kerja untuk membuat makanan biasanya sudah diperoleh dari pembayaran down payment atas pesanan yang didapat. Oleh karena kebutuhan modalnya yang sedikit itulah bisnis katering adalah salah satu peluang usaha modal 5 juta yang menguntungkan dan potensinya juga menjanjikan.

Kunci suksesnya adalah membangun jaringan pemasaran yang kuat dan melakukan pemasaran dengan rajin untuk mendapatkan pesanan yang membawa arus kas kepada bisnis katering kamu. Selain mencari orderan dalam jumlah besar untuk suatu acara tertentu, untuk permulaan kamu juga bisa memulai bisnis katering perorangan yang menerima pesanan berupa langganan katering untuk pegawai kantoran, mahasiswa atau keluarga kecil yang tidak mempunyai pembantu.

Apa modal yang dibutuhkan?

  • Kompor gas dan alat masak Rp. 500 ribu;
  • Materi pemasaran seperti pembuatan logo, flyer dan katalog menu Rp. 500 ribu.

Total Rp. 1 juta

 

4. Bisnis Donat 

bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal kecil, bisnis modal kecil
image credit : recipeshubs.com

Donat adalah salah satu jajanan yang populer dan diminati oleh masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.  Selain populer dan diminati masyarakat, memulai bisnis donat dapat dilakukan dengan modal kecil. Jika memulai usaha donat tanpa mempunyai tempat khusus dan fokus kepada pemasaran dengan mencari mitra-mitra untuk menitipkan donat ke sekolah, kantin dan tempat ramai lainnya maka bisnis donat dapat dimulai dengan modal kecil.

Apa modal yang dibutuhkan?

  • Media dan materi pemasaran (logo usaha dan flyer) : Rp. 500.000
  • Alat masak (penggorengan, mixer, kompor gas, dll) : Rp. 600.000
  • Tempat/Wadah donat : Rp. 150.000
  • Modal bahan baku awal untuk 1 bulan (Rp. 1000 x 50 donat/hari x 25 hari) = Rp. 1.250.000

Total :Rp. 2.500.000

 

5. Bisnis Jasa Penulisan Artikel, Penerjemah, dan Proofreading

ide bisnis modal 5 juta, bisnis modal 5 juta yang menguntungkan, bisnis modal kecil
image credit : stocksnap.io

Menulis sebuah artikel atau konten untuk website ataupun sarana promosi yang original dan menarik membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sama halnya dengan melakukan penerjemahan atau proofreading terhadap suatu tulisan atau dokumen. Tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan ketiga jenis jasa tersebut.

Dengan modal sebuah laptop dan jaringan internet kamu juga bisa memulai bisnis jasa yang mencakup penulisan artikel, penerjemah dan proofreading sekaligus. Potensi keuntungan yang didapat juga tidaklah sedikit, sebagai contoh untuk satu kontrak penulisan artikel berbahasa Inggris dengan sistem kontrak di freelancer.com dan Upwork.com dapat memberikan setidak-tidaknya $ 5/jam. Dengan asumsi kamu bekerja selama 120 jam perbulan maka keuntungan yang bisa kamu raih adalah sebesar $ 600/bulan (sekitar Rp. 7,8 juta).

Apa modal yang dibutuhkan?

Total : Rp. 4.162.000

6. Bisnis Travel Agent

ide bisnis modal 5 juta, bisnis travel agent, bisnis modal kecil yang menguntungkan
image credit : caasco.com

Merupakan suatu fakta bahwa bisnis yang terkait dengan traveling saat ini tengah naik daun. Perlu diakui bahwa kebutuhan akan traveling saat ini semakin meningkat dengan bergesernya pola hidup generasi muda yang lebih suka jalan-jalan dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

Apalagi pada tahun 2020-2035 Indonesia akan mengalami periode bonus demografi sehingga dapat dipastikan kebutuhan untuk traveling juga akan semakin tinggi.

Berbeda dengan zaman dulu, saat ini bisnis travel agent dapat dimulai dengan modal kecil. Bahkan bisnis travel agent kecil-kecilan bisa kamu mulai hanya dengan modal 5 juta rupiah. Dengan kecilnya kebutuhan modal tersebut permasalahan utamanya adalah bagaimana mencari pelanggan, dan memastikan pelanggan kamu tersebut setia terhadap layanan travel agent kamu.

Apa modal yang dibutuhkan?


Total Modal : Rp. 4.900.000

 

7. Bisnis Makanan Kemasan

Bisnis makanan kemasan adalah salah satu bisnis yang tengah berkembang pesat dan tidak sedikit entrepreneur yang meraih sukses besar dari bisnis ini. Salah satu contohnya adalah Reza Nurhilman yang sukses berbisnis keripik pedas dengan merek “Maicih”. Dimulai dengan modal kecil dan pemasaran dari mulut kemulut serta social media yang kencang Maicih sekarang menjadi bisnis yang besar dengan omzet mencapai milyaran rupiah perbulan.

Apa modal yang dibutuhkan?

Total : Rp. 1.700.000 – Rp. 4.110.000

 

Penutup

Masih banyak peluang usaha modal 5 juta yang menguntungkan selain yang sudah kami sebutkan diatas. Jika kamu tidak menemukan peluang usaha yang cocok dengan kamu kami berharap contoh 7 peluang usaha modal 5 juta yang menguntungkan diatas dapat memberikan inspirasi bagi kamu dalam memulai bisnis. Satu hal yang perlu kamu ketahui dalam memulai bisnis dengan modal terbatas adalah memulai bisnis dengan modal kecil membutuhkan usaha pemasaran yang konsisten dan rajin. Selain itu tidak mudah menyerah adalah suatu keharusan untuk bisa membesarkan bisnis kamu tersebut, jika kamu berusaha dengan giat maka bisnis yang kecil bisa menjadi besar seperti bisnis keripik “Maicih”.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here