Beranda Ide Bisnis 11 Ide Usaha Sampingan Untuk PNS Yang Menjanjikan

11 Ide Usaha Sampingan Untuk PNS Yang Menjanjikan

241
0
usaha sampingan untuk PNS
beberapa inspirasi usaha sampingan untuk PNS yang dapat memberikan penghasilan tambahan

Tidak sedikit PNS yang mengalami kesulitan keuangan karena gajinya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan yang terus bertambah. Hal tersebut diperparah karena seringkali PNS tidak mendapatkan kenaikan gaji selama bertahun-tahun. Untuk bisa menambah penghasilannya, seorang PNS harus memperoleh kenaikan jabatan atau promosi yang tentu tidak mudah didapatkan.

Dengan permasalahan tersebut memulai usaha sampingan merupakan salah satu solusi untuk menambah penghasilan seorang PNS tanpa harus bergantung kepada kenaikan pangkat, jabatan, atau gaji. Namun, tidak semua usaha sampingan cocok untuk PNS.

Jika anda sedang mencari inspirasi ide usaha sampingan yang cocok untuk PNS teruslah membaca, karena kami telah mengumpulkan beberapa ide usaha sampingan untuk PNS yang menjanjikan sebagai berikut.

 

Peluang Usaha Sampingan Untuk PNS 

1. Usaha Fotographer

bisnis fotografi, usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan
image credit : pexels.com

Jika anda mempunyai pengetahuan fotografi yang cukup dalam dan sanggup menangkap gambar yang bagus dengan kamera salah satu usaha sampingan untuk PNS yang menjanjikan untuk anda adalah usaha fotographer.

Menjadi fotographer lepas dapat memberikan tambahan penghasilan yang lumayan, terutama untuk pekerjaan sebagai fotographer kawinan dan pre-wedding. Untuk pekerjaan fotographer kawinan dan pre-wedding anda dapat menghasilkan uang jutaan rupiah untuk durasi pekerjaan satu hari saja.

Selain hasilnya yang menguntungkan, usaha jasa fotographer cocok sebagai bisnis sampingan karena anda dapat menjalankan di akhir minggu dimana anda libur dari pekerjaan sebagai PNS.

 

2. Usaha Jasa Desain Grafis

bisnis desain grafis, usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan
image credit : pexels.com

Apakah anda mempunyai kreativitas? senang membuat gambar, dan bekerja dengan komputer? Jika ya, salah satu usaha sampingan untuk PNS yang menjanjikan untuk anda adalah usaha jasa desain grafis.

Usaha jasa desain grafis biasanya menghasilkan uang dengan memberikan layanan pembuatan logo, kop surat, desain materi print, cover buku, spanduk, dan lain-lain. Dari pekerjaan tersebut seorang ahli desain grafis dapat menghasilkan jutaan sampai puluhan juta rupiah per bulan.

 

3. Jualan Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang paling laris dan populer di masyarakat. Tidak heran jika nasi goreng populer dan laris karena nasi goreng sendiri masuk kedalam jajaran makanan paling enak di dunia versi CNN Travel.

Berjualan nasi goreng di depan rumah dapat menjadi usaha sampingan untuk PNS anda mempunyai rumah yang lokasinya ramai di malam hari dan anda dapat menghasilkan resep nasi goreng yang enak, maka tidak ada salahnya anda memanfaatkan waktu malam hari anda untuk berjualan nasi goreng di depan rumah anda.

Jika resep nasi goreng anda kemudian terbukti populer, anda dapat menjadikan bisnis nasi goreng anda menjadi lebih serius dengan membuat konsep yang lebih matang dan mulai membangun waralaba bisnis nasi goreng anda sendiri.

 

4. Bisnis Mitra  Bukalapak

Pulsa, paket data, dan listrik PLN merupakan salah satu kebutuhan dasar banyak orang. Jika anda ingin menghasilkan uang dengan membuka jasa pengisian pulsa, paket data dan listrik PLN maka salah satu usaha sampingan untuk PNS yang dapat anda jalankan adalah bisnis Mitra Bukalapak.

Apa itu mitra Bukalapak? Mitra Bukalapak adalah program kemitraan dari Bukalapak marketplace online terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan uang dengan menjual berbagai macam keperluan seperti:

  • Pulsa;
  • Paket data;
  • Token dan tagihan listrik PLN;
  • Cicilan multifinance;
  • Bayar BPJS;
  • Tagihan PDAM;
  • Pembelian tiket pesawat dan tiket kereta;
  • Penjualan investasi emas (Bukaemas);
  • Kirim uang.

Selain itu Mitra Bukalapak juga dapat menghasilkan uang dengan membeli barang dari Bukalapak secara grosir untuk dijual kembali di Desa, atau anda juga bisa menjual secara eceran dari Bukalapak dan mendapatkan bagian biaya administrasi untuk penjualan barang-barang fisik seperti fashion, HP, elektronik, dan lainnya.

Jika anda tertarik untuk menjadi mitra Bukalapak atau ingin mempelajarinya lebih jauh anda bisa mengunjungi link berikut ini.

 

5. Bisnis Toko Online

usaha toko online, usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan
usaha sampingan toko online

Bisnis toko online merupakan salah satu usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan, karena dapat dijalankan tanpa banyak menganggu kegiatan anda sebagai PNS. Hal tersebut dimungkinkan karena anda dapat melayani pembeli melalui smartphone, dan mengirimkan paket yang dipesan oleh pelanggan di sela-sela jam makan siang, atau setelah pulang kerja.

Memulai bisnis toko online juga tidak membutuhkan modal yang besar, anda dapat memulai dengan modal yang kecil untuk membeli atau membuat persediaan barang awal anda. Kemudian setelahnya keuntungan yang anda peroleh dapat anda pergunakan untuk meningkatkan persediaan barang anda.

Jika anda bingung apa barang yang harus anda jual di toko online anda, anda dapat mencari inspirasi dari artikel kami ini 12 Barang Paling Laku Di Jual di Toko Online.

 

6. Usaha Kos-kosan dan Kontrakan

bisnis guest house, bisnis hostel, bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat
image credit : stocksnap.io

Usaha kos-kosan dan kontrakan adalah salah satu usaha yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengurus operasional usahanya dan memberikan passive income untuk jangka panjang. Oleh karena itu usaha kos-kosan termasuk usaha sampingan untuk PNS yang menjanjikan.

Tidak dapat dipungkiri jika bisnis yang satu ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, modal yang cukup besar tersebut sepadan dengan stabilitas pendapatan bulanan yang diberikan.

 

7. Usaha Kue Basah

usaha kue basah, usaha sampinganuntuk PNS yang menguntungkan, bisnis sampingan
usaha sampingan untuk PNS : usaha kue basah

Kue-kue basah merupakan salah satu makanan yang banyak disajikan di berbagai acara. Mulai dari acara formal kantor, arisan, ulang tahun, pengajian dan masih banyak lagi.

Jika anda dapat membuat kue basah yang enak dan senang membangun jaringan, tidak ada salahnya anda menghasilkan uang tambahan dengan memulai usaha kue basah.

Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini, tapi tantangan utama bisnis ini adalah mencari pasar. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk membangun jaringan dan giat menawarkannya kepada orang-orang yang anda kenal.

 

8. Bisnis Rental Pompa ASI

Jika anda tinggal di kota besar maka salah satu bisnis sampingan yang dapat anda coba adalah bisnis rental pompa ASI.

ASI merupakan asupan terbaik dan paling penting bagi bayi usia 0 sampai 1 tahun. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang ibu untuk memastikan bayinya bisa mendapatkan ASI dengan jumlah yang cukup.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut perempuan untuk terus bekerja walaupun baru melahirkan, banyak dari ibu yang harus kembali bekerja setelah cuti melahirkannya habis.

Agar bayi tetap mendapatkan ASI dan ibu bisa tetap bekerja diperlukan pompa ASI agar asupan ASI tetap terjaga. Tetapi pompa ASI yang bagus mempunyai harga yang cukup tinggi. Dan dengan pemakaian pompa ASI yang durasinya relatif singkat selama 9 bulan sampai 1 tahun, banyak dari ibu yang lebih memilih untuk meminjam daripada membeli pompa ASI sendiri.

Oleh karena itu, jika anda mempunyai modal Rp. 10 juta untuk membeli beberapa unit pompa ASI untuk disewakan anda bisa mencoba usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan ini.

 

9. Usaha Budidaya Jamur

usaha budidaya jamur, usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan
image credit : pexels / usaha budidaya jamur, usaha sampingan untuk PNS

Apakah anda berlokasi di kota kecil atau di desa? atau anda mempunyai tanah kosong? Jika ya, salah satu usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan untuk anda adalah usaha budidaya jamur tiram.

Usaha budidaya jamur tiram mempunyai prospek yang cerah dan menjanjikan. Seorang pengusaha budidaya jamur tiram dapat menghasilkan lebih dari Rp 15 juta per bulannya sampai Rp. 30 juta per bulan.

Memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal puluhan juta rupiah. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal kurang dari  Rp 10 juta rupiah jika anda menggunakan lahan sendiri (tidak termasuk biaya pembangunan ruang khusus budidaya).

 

10. Menjadi Blogger 

blogger, usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan, bisnis sampingan
image credit : pexels.com

Apakah anda senang menulis dan membuat konten yang menarik, menghibur atau memberikan pengetahuan? Anda mempunyai kesabaran dan kegigihan untuk sukses? Jika ya, salah satu usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan bagi anda adalah dengan membuat Blog dan menjadi Blogger.

Blogging tidak hanya sekedar untuk menyalurkan hobi, menjadi seorang Blogger yang serius juga dapat menghasilkan uang yang cukup banyak. Seorang blogger yang sukses dapat menghasilkan uang puluhan juta rupiah, atau bahkan ratusan juta rupiah.

Namun, untuk mencapai tahap tersebut dibutuhkan jutaan pembaca, kreativitas konten, strategi marketing, dan produk yang tepat untuk menghasilkan uang dari blog. Salah satu contoh blogger yang sukses adalah Pat Flynn dari Smartpassiveincome.com yang menghasilkan jutaan Dollar Amerika Serikat dalam setahun.

Baca juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2018 

 

11. Usaha Pencucian Kasur dan Sofa

Kasur dan sofa merupakan benda yang umum ditemukan dirumah-rumah. Namun, seringkali kasur dan sofa yang ada dirumah tersebut menjadi kotor, tidak higienis, dan bahkan menjadi sarang kutu busuk yang menggangu.

Namun, kasur dan sofa mempunyai ukuran yang besar, dan cukup berat sehingga tidak mudah untuk mencuci dan membersihkan kedua benda tersebut. Untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut terdapat bisnis yang fokus kepada jasa pembersihan kasur dan sofa.

Jika anda mempunyai modal yang cukup besar untuk membeli peralatan vacuum/pembersih yang cangih untuk mencuci kasur dan sofa maka bisnis ini dapat menjadi usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan untuk anda. Anda dapat menjalankan bisnis ini pada akhir minggu, dan untuk order di hari kerja anda dapat bekerja sama dengan orang lain atau mempekerjakan karyawan untuk mengerjakannya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here