Beranda Entrepreneur Belajar Bisnis Online Dari Kesuksesan Pat Flynn Blogger Penghasilan Milyaran

Belajar Bisnis Online Dari Kesuksesan Pat Flynn Blogger Penghasilan Milyaran

619
2
BERBAGI
belajar bisnis online dari pat flynn, blogger sukses pat flynn

Mengenal Sosok Pat Flynn Blogger Sukses Penghasilan Milyaran

 

pat flynn, kisah pat flynn, kisah sukses pat flynn, pat flynn blogger
image credit : patflynn twtter

Dibalik kisah sukses seorang entrepreneur selalu ada cerita yang menarik dan ide-ide yang dapat meninspirasi entrepreneur dalam memajukan dan mengembangkan bisnisnya. Namun dari banyak entrepreneur yang telah saya ketahui perjalanan serta kisahnya, Pat Flynn adalah salah satu entrepreneur yang mempunyai posisi khusus sebagai entrepreneur yang bukan saja sukses, tetapi juga sangat menginspirasi.

Mengapa? karena Pat Flynn mempunyai etika bisnis dan transparansi yang luar biasa. Dia adalah salah satu pebisnis yang percaya bahwa memberikan nilai tambah yang besar bagi pelanggan adalah kunci sukses bisnis. “Berikan manfaat yang besar kepada orang lain maka uang akan mengikut” itulah salah satu kata-kata yang sering dia sampaikan kepada audiensnya.

Siapakah Pat Flynn? Pat Flynn adalah seorang entrepreneur, coach, podcaster dan blogger dari California, Amerika Serikat.Pat Flynn dikenal luas sebagai salah entrepreneur bisnis internet/internet business yang sukses. Kesuksesannya tersebut dibuktikan dengan keberhasilannya membangun bisnis internet dengan penghasilan pertahun sebesar US$ 1,500,000 pada tahun 2015 dan pada tahun 2014 dia telah mencapai US$ 3.000.000 pertamanya.

Selain itu Pat Flynn mempunyai reputasi yang cemerlang di komunitas entrepreneur yang dibuktikan dengan populernya Podcast SMARTPASSIVEINCOME yang memperoleh rating pendengar bintang 5 dengan jumlah 1933 rating!

Bagi anda yang ingin belajar bisnis online atau bisnis online, saya sarankan untuk mengecek situs dan Podcastnya, banyak sekali pelajaran untuk mengembangkan bisnis yang diberikan Pat Flynn. Bagian terbaiknya? hampir semua informasi bisnis yang dia berikan di Podcast dan Blognya gratis!!

Kesuksesan Pat Flynn tersebut tidak dibangun dalam semalam dan membutuhkan usaha yang keras untuk mencapai tingkatan tersebut. Lalu bagaimana dia memulai hingga meraih sukses sampai tahap tersebut?

 

Transisi dari Arsitektur menjadi Entrepreneur

Setelah lulus dari Universitas California Berkeley dengan jurusan arsitektur, Pat Flynn bekerja di perusahaan arsitektur dan pada tahun 2007 dia menerima gaji sebesar $38.000 pertahun.  Jumlah tersebut tidak banyak dan berada dibawah rata-rata pendapatan rumah tangga pada tahun 2007 di Amerika Serikat  sebesar $ 54,489. Dia kemudian bermaksud untuk meningkatkan pendapatannya dengan cara memperoleh sertifikat dalam desain gedung yang berkelanjutan dan ramah lingkungan yang disebut Leadership in Energy and Environmental Design (“LEED”).

Setelah mengetahui tidak ada yang memiliki sertifikasi tersebut di departemennya dia kemudian memutuskan untuk mengikuti tes tersebut. Tapi terdapat satu masalah dengan rencana tersebut, tes tersebut sangat menantang dan hanya 1/3 (satu pertiga) dari total peserta tes yang lulus ujian.

Untuk memudahkan proses belajar dan pemahaman materi tes tersebut, dia memutuskan untuk membuat sebuah blog mengenai persiapan dan materi tes tersebut. Langkah tersebut diambil karena untuk dapat menulis tentang hal tersebut dengan kualitas yang baik tentu dia perlu mempelajari dan memahami materi tersebut secara mendalam sebelumnya.

Selain itu dia juga bergabung dan berdiskusi secara aktif dalam forum-forum arsitektur mengenai tes tersebut untuk memperdalam pemahamannya terkait dengan materi tes. Tanpa disadari banyak rekan arsiteknya mulai mengenalnya dan merujuk dirinya apabila ada pertanyaan terkait dengan tes LEED. Usaha Pat Flyn dan metode belajarnya terbukti berhasil dengan lulus tes LEED pada Maret 2008, dan dengan segera dia dipromosikan dan mulai mendapat gaji sebesar US$ 60,000 pertahun. Kenaikan gaji yang tidak buruk, tidak lama kemudian dia melamar pacarnya untuk menikah dengannya. Sejauh ini hidup Pat Flynn terlihat cerah dengan karir yang menjanjikan.

Tetapi kemudian datang tahun 2008, ekonomi Amerika Serikat dihantam dengan krisis ekonomi yang membuat jutaan orang kehilangan pekerjaannya. Pat Flynn adalah satu dari jutaan orang yang kehilangan pekerjaan. Kondisi saat itu digambarkan dalam blognya sebagai berikut:

 “Saya merasa takut dengan ketidakpastian yang saya hadapi dan juga takut akan mengecewakan mereka yang saya sayangi. Saya tidak tahu masa depan akan seperti apa dan dengan krisis ekonomi, saya tidak tau kapan atau dimana saya akan mendapatkan pekerjaan lain terutama yang saya sukai. Semua kondisit tersebut tidak mengenakan.”

Setelah kehilangan pekerjaannya, Pat Flynn hanya mempunyai waktu 8-9 bulan untuk mencari pekerjaan lain atau membuat pekerjaan bagi dirinya sendiri sebelum seluruh uangnya habis.

Namun, dengan resesi ekonomi pada saat itu pekerjaan arsitektur bahkan untuk tingkat awal sama sekali tidak tersedia, tidak ada yang membutuhkan arsitek untuk menggambar desain gedung saat pasar properti tengah kacau. Tidak ada pilihan bagi Pat Flynn selain menciptakan pekerjaan bagi dirinya sendiri.

Dia mulai mempelajari bagaimana cara membangun bisnis online dari nol setelah mengikuti beberapa kursus online dan membaca buku, dia mengetahui bahwa salah satu aset penting dalam membangun bisnis dari internet adalah traffic pengunjung yang berkualitas dan mempunyai volume yang besar.

Salah satu indikasi dari traffic yang berkualitas adalah pengunjung tersebut mempunyai tingkat engagement yang tinggi dan targeted. Keduanya merupakan kualitas traffic yang dipunyai oleh blog Pat Flynn tentang tes LEED. Selain tingkat engagement dan targeted yang tinggi, jumlah pengunjung blog tersebut mencapai ratusan dan seringkali ribuan.

Pertama-tama Pat Flynn mencoba memonetisasi (menghasilkan uang) blognya dengan memasang Adsense (program kerjasama iklan dengan Google). Dari Adsense dan iklan privat (dia juga memasarkan iklan sendiri ke perusahaan yang berhubungan dengan ujian arsitektur) pada bulan pertama Pat Flynn mendapat pendapatan sebesar $ 1.500, tidak buruk tapi belum mencukupi untuk hidup di San Diego.

Setelah itu dia melakukan beberapa pertemuan dengan beberapa teman entreprenenurnya yang tergabung dalam Internet Business Mastermind. Dari diskusi dengan Mastermind Group tersebut, Pay Flynn mendapatkan saran untuk menjual Ebook di situsnya.

Baca Juga : Apa itu Mastermind Group? dan Manfaatnya Untuk Entrepreneur

Dia kemudian memutuskan untuk mencoba saran tersebut dan lahirlah produk pertamanya berupa Ebook untuk membantu pengujung situsnya lulus dari tes LEED yang dia lakukan dengan mengkompilasi posting blognya serta catatannya dalam urutan yang sesuai. Pada bulan pertama peluncuran buku tersebut, dia berhasil menjual lebih dari 380 Ebook dengan harga satuan US$ 19.99 sehingga totalnya pada bulan tersebut dia mendapat lebih dari US$ 7.500.

 

SmartPassiveIncome.com / SPI

belajar bisnis online dari pat flynn, blogger sukses pat flynn

Pada bulan yang sama dengan peluncuran Ebooknya tersebut Pat Flynn memulai SmartPassiveIncome.com, untuk berbagi kisahnya dengan orang-orang lain dan mendokumentasikan perjalanannya sebagai entrepreneur. Pat Flynn merasakan pengalaman merintis bisnis onlinenya dengan membuat website, mengembangkan audiens, memberikan nilai kepada orang banyak dan mendapatkan uang dari penjualan Ebook adalah pengalaman yang berharga dan perlu dibagikan kepada banyak orang.

Pada 2 tahun awal pendapatan Pat Flynn tidak banyak berkembang, berkisar antara $ 12.000-$ 20.000 (puncaknya sempat $ 30.000 saat peluncuran audiobook pertamanya) dan pada Juli 2010 SPI mulai mengeluarkan Podcast secara rutin. Hasilnya terlihat dengan meningkatnya pendapatan Pat secara signifikan pada Desember 2011 yang mencapai $ 40.000.

Saat ini Smartpassiveincome.com telah mengeluarkan 233 episode Podcast dengan nilai tambah dan pengetahuan luar biasa yang diperoleh dari wawancara Pat Flynn terhadap ratusan entrepreneur sukses yang berbagi kisah perjalanan entrepreneur mereka, tips-tips bisnis sampai langkah-langkah konkrit dalam memulai bisnis. Begitu banyaknya pelajaran dan motivasi yang dapat diambil dari podcast  Pat Flynn sehingga banyak entrepreneur-entrepreneur lain yang terinspirasi dari dirinya, salah satunya adalah John Lee Dumas yang mendirikan EOFire.com (Entrepreneur on Fire), Podcaster Paradise, dan thefreedomjournal.com.

Pada tahun 2014, dengan 12 website, 100.000 pelanggan email dan 9,5 juta download podcast kemudian, Flynn, diumurnya yang ke 31 telah membukukan pendapatan sekitar $ 2.700.000 dolar dari bisnis online miliknya.

>

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here