peluang usaha modal kecil mahasiswa terbaru
image credit : pexels.com

Apa peluang usaha modal kecil mahasiswa terbaru? Memulai bisnis untuk seorang mahasiswa saat ini bukanlah suatu hal yang mustahil. Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali peluang usaha kreatif yang dapat dimulai dengan modal kecil.

Sebagai contoh ada Elang Gumilang yang merintis bisnis properti dari mahasiswa, Gibran Hufauziah yang mempunyai bisnis Internet of Thing dan masih banyak lagi mahasiswa yang sukses menjadi pengusaha.

Memang tidak semua bisnis cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa yang mempunyai keterbatasan modal ataupun pengalaman. Untuk itu jika kamu sedang mencari inspirasi peluang usaha modal kecil mahasiswa terbaru kamu berada di tempat yang tepat. Kami disini akan membagikan 7 peluang usaha modal kecil mahasiswa terbaru sebagai berikut:

1. Merangkai Bunga

Bunga yang dirangkai dengan cantik dapat memberikan keuntungan yang jauh lebih besar dari biaya pokok bunga tersebut. Sebagai ilustrasi bunga mawar bandung biasa dijual dengan harga Rp. 50 ribu perikat (20 tangkai) di pasar, namun setelah dirangkai dengan bunga penghias lain harga per 10 tangkai bisa mencapai Rp. 200.000.

Usaha merangkai bunga sangat cocok sebagai usaha yang dijalankan oleh mahasiswa karena dapat memanfaatkan momen-momen ujian skripsi dan wisuda untuk mendapatkan order yang cukup banyak.

Selain itu kamu juga dapat memulai usaha merangkai bunga dengan modal yang kecil karena anda bisa menjualnya melalui jaringan pribadi dan melalui media sosial untuk pemesanan. Setelah ada pemesanan barulah anda membeli di pasar untuk membuat pesanan tersebut.

 

2. Podcaster

Podcast sejak beberapa tahun yang lalu menjadi media yang tengah naik daun. Semakin banyak orang yang mendengarkan podcast melalui aplikasi Spotify ataupun iTunes. Hal ini membuka peluang usaha modal kecil mahasiswa terbaru, karena meskipun Podcast sudah ada sejak lama tapi baru-baru ini saja popularitasnya meningkat pesat di Indonesia.

Secara internasional sudah banyak podcaster yang sukses meraih pundi-pundi uang dari iklan dan sponsor. Sebagai contoh, PatFlynn dari SmartPassiveIncome dan juga John Lee Dumas dari EOFire saat ini dapat menghasilkan ratusan ribu Dollar Amerika setiap bulannya melalui Podcast mereka.

 

3. Vlogger dan Youtuber

Vlogging menjadi suatu fenomena yang semakin populer. Popularitas vlogging juga diprediksi akan semakin meningkat dengan semakin terjangkaunya dan semakin cepatnya koneksi internet.
Dengan trend tersebut seorang Vlogger dan Youtuber dapat menghasilkan pendapatan yang cukup menggiurkan dan tidak dapat dipandang sebelah mata jika dijalankan secara serius.

 

4. Ahli Keamanan Cyber

Di era teknologi informasi, data merupakan tambang emas yang menjadi sumber penghasilan berbagai perusahaan besar seperti Google, Facebook, Oracle, sampai perusahaan toko online lokal anda bergantung kepada keamanan data mereka untuk dapat beroperasi dan menghasilkan uang.

Oleh karena itu keamanan data dan jaringan menjadi suatu hal yang semakin penting dalam dunia bisnis. Dengan kebutuhan tersebut keahlian dari seorang ahli keamanan cyber sangat dicari dan mempunyai nilai yang tinggi. Untuk menjadi ahli keamanan cyber anda harus rajin mempelajari sistem keamanan suatu jaringan dan komputer dan mendapatkan Certified Information Systems Security Professional (CISSP).

 

5. Ahli SEO

Sangat penting bagi setiap bisnis untuk dapat ditemukan dengan mudah melalui internet. Salah satu cara paling efektif untuk dapat ditemukan di internet adalah dengan melakukan optimisasi mesin pencari atau SEO. SEO sangat efektif karena SEO memungkinkan suatu halaman yang ada di internet untuk mendapatkan peringkat pencarian yang tinggi baik itu di Google, Yahoo, Bing, Youtube atau mesin pencari lainnya.

 

6. Manajemen Media Sosial

Masih berhubungan dengan internet. saat ini media sosial mempunyai peran yang semakin penting untuk bisnis karena semakin banyak orang yang menghabiskan waktu mereka di media sosial. Untuk itu bisnis yang ingin dikenal dan diketahui oleh masyarakat harus mempunyai kehadiran sosial media yang baik.

Tidak sedikit bisnis yang kemudian berkembang pesat karena strategi pemasaran media sosial mereka yang brilian. Untuk itu saat ini permintaan akan jasa manajemen media sosial yang berkualitas sedang meningkat. Jika kamu suka bermain media sosial dan memahami strategi pemasaran media sosial yang baik tidak ada salahnya jika kamu memulai peluang usaha modal kecil mahasiswa terbaru yang satu ini.

 

7. Bisnis Affiliate

Apa kamu ingin mendapatkan uang dari membuat review dan merekomendasikan sesuatu kepada orang lain? Jika ya bisnis affiliate merupakan bisnis yang tepat untuk kamu. Bisnis affiliate saat ini menjadi mudah dilakukan karena sudah banyaknya website yang membuka peluang menjadi affiliate. Affiliate menghasilkan uang jika barang atau jasa yang kamu rekomendasikan dibeli oleh orang yang memasukan kode kupon khusus atau mencapai halaman produk tersebut melalui link khusus yang diberikan oleh perusahaan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

8. Blogging

Blogging masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari internet. Blogging sangat fleksibel dan relatif lebih mudah dilakukan dibandingkan bisnis internet yang lain. Namun kamu harus tekun untuk bisa menghasilkan uang dari blog karena dibutuhkan banyak tulisan dan waktu untuk bisa mendapatkan jumlah pembaca yang cukup untuk menghasilkan uang dari iklan. Meskipun demikian anda juga bisa menghasilkan uang dari blogging dengan cara lain seperti affiliate marketing, menjual online course, membership dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 10 Blogger Terkaya dan Sukses di Dunia Dengan Penghasilan Fantastis

 

9. Desain Kaos

Menjadi kaya dengan berjualan kaos bukan suatu isapan jempol, banyak sekali kisah sukses penjual kaos desain custom yang berhasil meraih pendapatan yang menggiurkan dengan kreatifitas, ketekunan dan juga strategi pemasaran yang tepat. William contohnya, mencatatkan pendapatan USD 2 juta dari platform desain dan penjualan kaos berdesain kustom Teespring pada tahun 2015. Jika kamu kreatif dan mau belajar strategi pemasaran sosial media maka bukannya tidak mungkin kamu juga dapat meraih kesuksesan yang sama.

 

10. Jual Hadiah Unik

Jika kamu kreatif peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa terbaru yang patut kamu coba adalah menjual hadiah unik. Hampir semua orang senang diberi hadiah yang unik dan beda dari yang lain. Terdapat berbagai jenis hadiah unik seperti scrapbook, lukisan potret, kado pop up, miniatur rumah dan kalung custom yang sangat laku dipasaran. Anda dapat memulai bisnis yang satu ini dengan modal kecil karena anda bisa memulainya dengan sistem preorder yang mengharuskan pembeli anda melakukan pembayaran DP terlebih dahulu sebelum anda mengerjakan produk yang diminta.

 

11. Tour Guide

Tidak dapat dipungkiri jika sektor pariwisata merupakan sektor perekonomian yang pertumbuhannya terbilang tinggi sejak beberapa tahun belakangan. Tercatat dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan sektor pariwisata mencapai 25%. Pencapaian tersebut memposisikan Indonesia berada di peringkat 9 dari negara dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi dengan 4 kali rata-rata pertumbuhan dunia.

Jika anda menyukai berinteraksi dengan orang lain, dan mempunyai wawasan yang luas tidak ada salahnya untuk merintis usaha sebagai seorang tour guide. Tour guide mempunyai prospek yang baik karena pertumbuhan sektor pariwisata yang tinggi juga potensi pendapatan dari tip yang tidak sedikit.

 

12. Jasa Titip

Bisnis jasa titip telah menjamur dalam beberapa tahun belakangan. Bisnis jasa titip memberikan layanan bagi pelanggan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa harus repot-repot bepergian dan hadir secara fisik di toko. Bisnis yang menghasilkan uang dari berbelanja untuk orang lain ini memang mempunyai potensi pendapatan yang cukup menggiurkan. Bahkan cukup banyak mereka yang dapat mengembangkan bisnis yang satu ini menjadi bisnis yang menghasilkan omzet puluhan juta rupiah pertahun dengan berbelanja diluar negeri dan domestik.

Baca Juga : 5 Langkah Cara Memulai Bisnis Jasa Titip Luar Negeri dan Lokal

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here