strategi bisnis yang ampuh dan jitu untuk umkm
image credit : pexels.com

Sedang mencari apa strategi bisnis yang ampuh dan jitu untuk UMKM? Jika iya, sahabat entrepreneur teruslah membaca karena kamu berada ditempat yang benar. UMKM mempunyai karakteristik yang berbeda dan unik dengan bisnis besar.

UMKM seringkali mempunyai sumber daya keuangan dan sumber daya manusia yang jauh lebih terbatas dibandingkan usaha besar. Disisi lain, UMKM harus mampu bersaing dan beradaptasi dengan dunia bisnis yang selalu berubah dan dinamis.

Dengan tekanan dan batasan tersebut, UMKM harus mempunyai strategi bisnis yang ampuh dan jitu untuk bisa bersaing dan berkembang dengan baik. Untuk itu kami telah mengumpulkan 10 strategi bisnis yang tepat untuk UMKM sebagai berikut.

 

1. Promosi Melalui Pameran Pemerintah

Pameran yang ramai diikuti merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengenalkan suatu produk, jasa dan perusahaan kepada khalayak ramai dan tidak jarang promosi melalui pameran dapat membuka peluang yang lebih besar seperti akses pasar ekspor atau kerjasama dengan perusahaan lain.

Namun untuk mengikuti pameran seringkali diperlukan modal yang tidak sedikit. Terutama untuk pameran yang diadakan oleh pihak swasta seringkali harus membayar uang dalam jumlah besar untuk pendaftaran dan biaya sewa area booth.

Untungnya saat ini terdapat berbagai pameran yang difasilitasi oleh pemerintah sehingga UMKM dapat mendaftar secara gratis. Contohnya Indonesia Furniture Expo, INACRAFT, Agrofood Expo dan lainnya. Untuk mengikuti pameran-pameran tersebut secara gratis kamu dapat mencari informasi lebih lanjut dari dinas-dinas pemerintah daerah UMKM setempat.

 

2. Buat dan Gunakan Website

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini hampir semua orang mencari informasi melalui internet. Dengan perubahan perilaku tersebut sangat penting bagi suatu usaha untuk dapat ditemukan melalui internet. Website sendiri disini merupakan media terbaik untuk memberikan dan menyampaikan informasi terkait usaha anda karena website sendiri memberikan kebebasan dan kontrol untuk menyampaikan informasi secara tepat dan lengkap kepada masyarakat.

Saat ini membuat website sudah murah dan terjangkau, anda dapat dengan mudah menyewa hosting dengan domain gratis seharga Rp 40 ribu perbulan di berbagai perusahaan penyedia hosting seperti Dewaweb. Kemudian untuk mengatur konten dan desain anda dapat menggunakan WordPress dan Theme gratis untuk menghemat biaya anda.

 

3. Maksimalkan Media Sosial

Memaksimalkan penggunaan media sosial sudah terbukti sebagai salah satu strategi bisnis yang ampuh dan jitu untuk UMKM. Banyak UMKM yang berhasil meraih sukses karena keahlian mereka dalam menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka dan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Contohnya Brodo, Brodo dimulai dengan modal yang kecil. Sebagian besar modalnya digunakan untuk persediaan barang awal, karena keterbatasan modal tersebut Brodo pada awalnya hanya menawarkan produknya melalui internet dan media sosial. Dari media sosial juga produk-produk mereka mulai kenal oleh masyarakat luas sehingga permintaan produk mereka dapat meningkat dan berkembang.

 

4. Manfaatkan KUR dan LPDB

Tidak dapat dipungkiri jika modal merupakan komponen yang sangat penting untuk kelangsungan dan perkembangan setiap bisnis termasuk UMKM. Terkait dengan kebutuhan modal UMKM mempunyai tantangan tersendiri karena kebanyakan UMKM mengalami kesulitan untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan.

Kredit usaha rakyat (KUR) dan Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) merupakan salah satu solusi atas tantangan tersebut. KUR merupakan kredit ringan yang disalurkan oleh puluhan bank. Kelebihan KUR untuk UMKM adalah bunganya yang ringan (sekitar 7% pertahun atau 0,4% perbulan). Selain itu persyaratannya juga relatif longgar yaitu sudah menjalani usaha lebih dari 6 bulan, tidak mempunyai kredit lain selain kredit konsumtif, mempunyai izin usaha dan mempunyai dokumen-dokumen administratif lain seperti kartu keluarga. Kekurangannya KUR mempunyai plafon pinjaman yang relatif kecil.

Sedangkan LPDB merupakan pembiayaan dengan skema dana bergulir yang disalurkan oleh koperasi-koperasi, perantara dan modal ventura yang menjadi mitra LPDB. LPDB mengharuskan beberapa persyaratan yang lebih rumit seperti proposal pengajuan pinjaman, lampiran rincian kebutuhan modal, akta pendirian, bukti status kantor, dan laporan keuangan usaha. Namun, LPDB mempunyai plafon pinjaman yang jauh lebih besar yaitu mencapai Rp. 1 miliar.

Selain itu bunganya juga lebih ringan dimana untuk program Nawacita (pertanian, perikanan, dan perkebunan) sebesar 4,5 persen per tahun. Sedangkan untuk sektor riil yang mencakup manufaktur, kerajinan dan industri kreatif bunganya sebesar 5 persen per tahun.

 

5. Kembangkan Jaringan

Jaringan bisnis yang baik dan luas merupakan salah satu rahasia sukses banyak pengusaha, misalnya Chairul Tanjung dan Amancio Ortega. Mereka berdua sukses merintis bisnis dari skala UMKM menjadi besar dengan perpaduan strategi bisnis yang ampuh dan jitu serta dengan jaringan bisnis yang luas. Di era sekarang ini banyak sekali cara untuk mengembangkan jaringan bisnis. Contohnya anda dapat aktif mengikuti berbagai organisasi bisnis, mengikuti pameran atau bahkan melalui forum bisnis di internet.

6. Video dan Live Streaming Marketing

Anak muda saat ini sangat senang dengan video dan konten live streaming. Kedua konten tersebut memang lebih mudah dikonsumsi dan juga lebih efektif dalam membangun komunikasi serta interaksi. Mengingat milenial saat ini menjadi salah satu pasar yang sangat penting bagi setiap bisnis, sangat penting untuk UMKM untuk dapat mengikuti trend pemasaran melalui video dan live streaming yang berkembang saat ini.

Untuk memulai pemasaran melalui video dan live streaming juga sangatlah mudah, anda hanya memerlukan handphone yang sesuai untuk bisnis dan umkm, membuka aplikasi Facebook, Instagram atau Youtube dan anda sudah bisa memulai live streaming anda sendiri. Konten-konten yang anda upload dan streaming disini bisa mencakup berbagai hal mulai dari review produk, tips penggunaan produk, sampai kuis berhadiah.

 

7. Pelajari SEO

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas bahwa sangat penting untuk setiap bisnis untuk dapat ditemukan dengan mudah di internet. Oleh karena itu, mempelajari dan menerapkan SEO atau Search Engine Optimization sangatlah penting dan menjadi salah satu bagian strategi bisnis yang ampuh dan jitu di era digital ini.

SEO memungkinkan anda untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencarian seperti Google. Seperti yang kita tau Google merupakan sumber utama traffik yang murah dan dalam jumlah besar yang dapat diandalkan. Selain itu banyak orang juga menggunakan fitur pencarian dalam media sosial dan platform video, dan jika anda dapat meraih peringkat tinggi dalam pencarian tersebut dapat dipastikan akan semakin banyak orang yang menemukan bisnis anda melalui internet.

 

8. Kolaborasi

Strategi bisnis yang ampuh dan jitu untuk UMKM yang terakhir adalah kolaborasi. Kolaborasi memungkinkan bisnis untuk fokus kepada hal-hal terbaik mereka, membuka peluang baru, menjadi lebih efektif dan meningkatkan nilai tambah secara signifikan. Contohnya, anda mungkin ahli dalam menciptakan produk yang berkualitas namun tidak memiliki jaringan distribusi yang baik, untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat membangun kolaborasi dengan pengusaha lain yang sudah mempunyai jaringan distribusi luas dan membuka peluang untuk masuknya produk baru.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here