usaha makanan dan minuman yang menjanjikan, milkshake
usaha makanan dan minuman yang menjanjikan milkshake

Apa peluang usaha makanan dan minuman yang menguntungkan terbaru? Pertanyaan tersebut menjadi salah satu pertanyaan yang banyak diajukan oleh para calon pengusaha muda.

Hal tersebut tidak membuat heran karena minat akan usaha makanan dan minuman memang selalu tinggi. Minat yang tinggi tersebut tidak terlepas dari prospek usaha makanan dan minuman Indonesia yang cerah dan masih menjanjikan.

Pertumbuhan bisnis makanan dan minuman atau kuliner juga tergolong tinggi, dengan proyeksi pertumbuhan tahun 2019 mencapai 9,86%.  Disamping itu banyak sekali usaha makanan yang dapat dimulai dengan modal kecil mulai dari 1 juta.

Namun dibalik peluang tersebut anda harus tetap berhati-hati karena tidak semua usaha makanan dan minuman laris dijual dimasyarakat. Nah untuk anda yang membutuhkan inspirasi apa peluang usaha makanan dan minuman yang menguntungkan terbaru kami telah menyusun 10 daftar rekomendasi peluang usaha untuk anda.

 

Peluang Usaha Makanan Yang Menguntungkan

1.  Sosis Bakar

bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat,bisnis sosis bakar, bisnis jajanan
bisnis sosis bakar adalah bisnis jajanan siap sapi yang populer

Sosis bakar digemari oleh banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai makanan yang satu ini. Sebagai salah satu makanan yang laris dijual, bisnis sosis bakar termasuk usaha makanan dan minuman yang menguntungkan.

Selain digemari oleh banyak orang, bisnis sosis bakar juga merupakan salah satu usaha kuliner dengan modal kecil. Untuk memulai usaha yang satu ini kamu dapat memulainya dengan berjualan di bazaar, di dekat sekolah atau pusat keramaian lainnya.

 

2. Keripik Pedas

usaha snack
rekomendasi usaha rumahan modal kecil – usaha snack

Keripik pedas adalah salah satu snack yang disukai oleh berbagai kalangan. Bisnis keripik pedas mempunyai karakteristik yang menarik. Bisnis yang satu ini dapat dimulai dengan modal kecil, margin keuntungan yang cukup besar dan potensi pasar yang besar. Tidak heran jika kemudian bisnis snack yang satu ini termasuk salah satu usaha makanan dan minuman yang menguntungkan.

 

3. Bubur Ayam

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik, bubur ayam topping

Siapa yang tidak suka dengan bubur ayam yang hangat dan gurih? Tentu hampir semua orang suka. Selain menjadi makanan favorit untuk sarapan, bubur ayam banyak dicari orang sebagai makanan di malam hari.

Bisnis bubur ayam termasuk sebagai salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan karena kebutuhan modalnya yang kecil serta margin keuntungannya yang gurih. Anda bahkan dapat memulai bisnis yang satu ini dengan modal 1 jutaan.

4. Aneka Roti dan Donat 

bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal kecil, bisnis modal kecil
usaha donat rumahan, bisnis modal 5 juta image credit : stocksnap.io

Roti dan donat tidak asing sebagai salah satu pilihan makanan yang praktis untuk mengisi perut. Berbagai jenis variasi roti dan donat juga sudah terbukti cukup digemari mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Roti coklat dan donat coklat meses contohnya sangat laris dijual di sekolah-sekolah, koperasi kantor, warung sampai minimart yang ada diberbagai sudut kota.

Memulai bisnis roti dan donat dapat dirintis dengan modal kecil, anda dapat memproduksinya dari dapur rumahan yang kemudian dititipkan keberbagai tempat penjualan dengan sistem kerjasama.

 

5. Nasi Goreng

nasi goreng, usaha makanan dan minuman yang menguntungkan
nasi goreng usaha makanan dan minuman yang menguntungkan

Nasi goreng tidak hanya populer sebagai makanan yang sering lewat di depan rumah dan muncul di berbagai sudut di malam hari. Nasi goreng dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Tidak sedikit bisnis nasi goreng yang menjadi cukup menggiurkan seperti nasi goreng kambing kebon sirih atau nasi goreng mafia yang dapat menjual nasi goreng sampai ribuan porsi dalam sehari.

Dengan harga jual Rp. 12.000 per porsi maka setiap porsi nasi goreng dapat memberikan keuntungan sedikitnya Rp. 6.000, bisnis nasi goreng termasuk usaha makanan yang menguntungkan.

Selain itu bisnis nasi goreng dapat dimulai dengan modal kecil didepan rumah sendiri jika rumah anda terletak di pinggir jalan yang cukup ramai.

6. Ayam Goreng Krispi

Tidak dapat dipungkiri jika ayam goreng krispi merupakan salah satu makanan yang sangat laris dan populer. Ayam goreng menjadi jualan utama dari berbagai kelas makanan mulai dari menengah seperti KFC sampai ayam goreng krispi tujuh ribuan dapat ditemukan dengan mudah.

Meskipun persaingan di bisnis ayam goreng krispi cukup ketat bukan berarti tidak terdapat peluang usaha yang menjanjikan di bisnis yang satu ini.

Cukup banyak franchise ayam goreng krispi yang dapat bertahan dalam waktu lama mulai dari Sabana, Hisana, D’Besto dan tidak terhitung gerai ayam goreng mandiri tanpa merek yang laris.

Tetapi untuk bisa bertahan dari persaingan yang ketat tentu lebih baik jika anda mempunyai strategi yang membuat bisnis ayam goreng anda berbeda dari saingan lainnya. Misalnya dengan menawarkan ayam goreng bumbu korea, bumbu barbeque atau memberikan potongan untuk member.

 

7. Mie Aceh

mie aceh, usaha makanan dan minuman yang menjanjikan
mie aceh usaha makanan dan minuman yang menjanjikan

Mie aceh yang lezat dan mengeyangkan saat ini semakin populer dan menjadi salah satu pilihan makanan yang cocok untuk makan siang ataupun makan malam.

Kelezatan mie aceh dan cocoknya cita rasa mie aceh dengan lidah orang Indonesia membuka pesatnya perkembangan bisnis yang satu ini. Salah satu Hj. Ratna yang membuka bisnis mie aceh seulawah yang telah berkembang cukup pesat dari satu cabang menjadi 7 cabang dengan omzet minimal Rp. 320 juta perbulan.

Peluang usaha mie aceh sendiri masih cukup terbuka dengan persaingan yang tidak seketat jenis makanan populer lain seperti ayam goreng atau bakso dan mie ayam. Oleh karena itu bisnis mie aceh termasuk salah satu usaha makanan yang menjanjikan dan menguntungkan.

 

8. Frozen Food

Semakin sibuknya aktivitas sehari-hari masyarakat perkotaan membuat kepraktisan semakin dihargai. Disisi lain masyarakat kota juga sebagian besar sudah mempunyai kulkas yang dilengkapi dengan freezer.

Tidak jarang frozen food kemudian menjadi salah satu pilihan makanan bagi mereka yang membutuhkan makanan yang dapat cepat disajikan tanpa banyak persiapan dan untuk menghemat waktu.

Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat akan frozen food membuka peluang bagi berkembangnya usaha yang satu ini. Cukup banyak perusahaan frozen food yang membuka peluang bagi anda yang berminat berbisnis frozen food sebagai reseller atau penyalur seperti Kriuk Frozen Food.

 

9. Kebab

Makanan yang berasal dari timur tengah ini sudah menjadi salah satu makanan yang dikenal di berbagai belahan dunia mulai dari Eropa, Amerika sampai Indonesia mengenal kebab sebagai makanan yang enak.

Usaha kebab di Indonesia identik dengan bisnis yang dijalankan di pinggir jalan dan dijual melalui gerobak. Konsep kebab gerobak akan cocok untuk lokasi yang mempunyai banyak pejalan kaki seperti pasar, sekolah atau pusat transit transportasi umum.

Dengan konsep tersebut kebutuhan modal yang dibutuhkan menjadi relatif lebih kecil, namun margin keuntungan yang tawarkan bisnis kebab tetap menggiurkan. Oleh karena itu bisnis kebab termasuk salah satu usaha makanan dan minuman yang menjanjikan.

 

Usaha Minuman Yang Menjanjikan

10. Ice Cream

Di tengah iklim Indonesia yang sering dilanda cuaca panas setiap harinya, ice cream seringkali menjadi salah satu godaan yang tidak dapat ditolak sebagai penyegar dan pendingin badan.

Ice cream mempunyai biaya produksi yang rendah dengan margin keuntungan yang cukup tinggi. Oleh karena itu bisnis ice cream termasuk usaha makanan dan minuman yang menguntungkan.

Untuk memulai bisnis ini anda dapat memulai secara kecil dengan memfokuskan usaha anda untuk dikenal secara lokal melalui kerjasama dengan koperasi-koperasi atau berjualan di bazaar mingguan.

Sebagai pembeda dari saingan, anda dapat menawarkan ice cream buatan rumah yang mempunyai kualitas lebih tinggi dan lebih sehat sebagai nilai jual lebih dari bisnis buatan pabrik yang ada di toko-toko modern.

11. Kedai Kopi

tips membuka cafe dengan model kecil, tips memulai usaha cafe dengan modal kecil, tips usaha cafe, tips bisnis cafe
image credit : pexels.com

Tidak dapat disangkal jika kopi menjadi semakin populer di masyarakat baru-baru ini. Populernya kopi sebagai minuman sehari-hari terlihat dari begitu menjamurnya kedai kopi kecil di berbagai sudut kota.

Kedai kopi dengan konsep takeaway dan memaksimalkan penggunaan delivery melalui ojek online memungkinkan usaha kedai kopi dimulai dengan modal kecil. Hal tersebut karena anda tidak memerlukan kedai dengan luas yang besar dengan berbagai perabotan serta sewa ruangan yang mahal.

Selain menawarkan kopi, bisnis kedai kopi juga dapat menawarkan makanan ringan lain sebagai pelengkap seperti roti bakar, martabak kecil, dan donat serta roti.

 

12. Thai Tea

Thai tea mempunyai rasa yang menyegarkan dan mempunyai potensi sebagai salah satu pilihan usaha minuman modal kecil yang menguntungkan.

Bisnis Thai tea tidak membutuhkan modal besar karena anda hanya membutuhkan stand sederhana atau gerobak yang sedikit didekorasi ditambah beberapa perlengkapan seperti blender, kotak es, kompor gas kecil, teko stainless dan saringan.

Selain menjual Thai tea anda juga bisa menawarkan kudapan ringan yang cocok untuk dimakan bersama dengan Thai Tea untuk menambah potensi pendapatan anda.

 

13. Jus Buah

Sehat, menyegarkan dan menguntungkan, adalah 3 kata yang menggambarkan bisnis jus buah dengan baik. Banyak sekali jenis jus buah yang dapat dijual tetapi terdapat beberapa jus buah yang sangat populer yaitu jus jeruk, jus alpukat, jus mangga, jus apel dan mangga. Anda dapat fokus kepada beberapa jus yang populer tersebut untuk memastikan bisnis jus buah anda menguntungkan dengan meminimalkan kebutuhan persediaan bahan baku.

Bisnis jus buah tergolong sederhana dan mudah untuk dilakukan karena hanya membutuhkan perlengkapan yang relatif sedikit dan tidak memerlukan keahlian tertentu. Kunci utama untuk sukses bisnis jus buah terletak pada penyediaan bahan baku yang segar, dengan harga terjangkau, lokasi yang tepat dan penetapan harga yang bijak.

 

14. Milkshake

usaha makanan dan minuman yang menjanjikan, milkshake
usaha makanan dan minuman yang menjanjikan milkshake

Usaha milkshake termasuk salah satu usaha makanan dan minuman yang menguntungkan. Bisnis milkshake yang ditambahkan dengan berbagai topping yang dimulai oleh Windy, pengusaha muda usia 23 sebagai contoh dapat meraih omzet Rp. 60 juta sebulan dengan modal awal Rp. 5 juta.

Bisnis yang satu ini mempunyai daya tarik tersendiri dengan kebutuhan modal yang relatif kecil, potensi pasar yang masih terbuka, persaingan pasar yang relatif ringan serta margin keuntungan yang menggiurkan.

Untuk memulai bisnis milkshake anda membutuhkan stand, mixer, ice box, dan pernak-pernik lainnya. Anda dapat memulai usaha yang satu ini dengan mudah juga dengan menjadi mitra berbagai franchise milkshake.

 

15. Bubble Drink

Minuman dingin yang pertama kali dipopulerkan dari Taiwan ini sekarang sudah menjadi salah satu minuman yang populer di Indonesia. Dengan kesegeran rasa dan campuran susu, sirup dan buah bubble drink memang sempurna untuk cuaca di Indonesia yang panas.

Sudah banyak franchise yang menawarkan peluang usaha franchise minuman bubble dengan modal kecil. Tidak dibutuhkan banyak keahlian untuk menjalankan bisnis ini sehingga cocok untuk pengusaha pemula. Yang anda perlukan untuk sukses di bisnis ini adalah memilih franchise yang tepat dan lokasi yang tepat.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here