Beranda Memulai Bisnis Tips Memulai Cafe Dengan Modal Kecil Yang Harus Kamu Ketahui

Tips Memulai Cafe Dengan Modal Kecil Yang Harus Kamu Ketahui

425
0
BERBAGI
tips membuka cafe dengan model kecil, tips memulai usaha cafe dengan modal kecil, tips usaha cafe, tips bisnis cafe
image credit : pexels.com

Jika kamu ingin memulai cafe dengan modal kecil, mungkin kamu merasa khawatir dengan kemungkinan kamu untuk berhasil dan bersaing dengan cafe-cafe yang sudah ada. Kekhawatiran kamu tersebut tidaklah aneh, sekarang ini cafe sudah banyak sekali terdapat dihampir setiap sudut kota kecil. Mulai dari cafe-cafe waralaba sampai independen dapat dengan mudah kita temukan di hampir setiap kota besar.

Berjamurnya bisnis cafe tidak terlepas dari budaya nongkrong dan berkumpul dengan teman-teman yang sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari banyak orang. Kegiatan nongkrong tidak saja merupakan kegiatan anak muda, orang dewasa di Indonesia juga sangat sering nongkrong entah dalam bentuk arisan, meeting, diskusi atau sekedar hangout.

Kebutuhan akan tempat nongkrong itulah yang menjadikan bisnis cafe menjadi sebuah bisnis yang menarik. Bagaimana tidak? margin keuntungan dari secangkir kopi terbilang besar. Dari setiap cangkir kopi seharga Rp. 20.000, kamu bisa menikmati margin kotor sebesar 70% sebesar Rp. 14.000.  Jika menghitung setiap harinya kamu bisa menjual setidaknya 50 cangkir kopi maka keuntungan kotor per harinya bisa mencapai Rp.700.000 atau Rp. 21.000.000 per bulan.

Tetapi terlepas dari potensi keuntungan yang cukup menggiurkan dari bisnis cafe tersebut dengan banyaknya persaingan yang ada kamu tentu strategi dan tips memulai usaha cafe modal kecil untuk bisa bersaing dengan cafe dengan modal yang lebih besar. Untuk membantu kamu, kami telah menyusun strategi dan tips memulai usaha cafe modal kecil yang harus kamu ketahui untuk sukses sebagai berikut:

 

1. Networking Dengan Orang-orang dan Komunitas Lokal

Setiap cafe keberhasilannya ditentukan oleh kemampuannya dalam menjaring pelanggan, tidak peduli cafe tersebut mempunyai modal besar ataupun modal kecil. Tetapi hambatan yang dimiliki oleh pemilik cafe dengan modal kecil adalah keterbatasan dana untuk melakukan kegiatan pemasaran secara intensif sehingga seringkali sulit menjaring pelanggan baru ke cafe tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah lakukan networking dengan orang-orang yang mempunyai banyak koneksi dan juga komunitas lokal di sekitar lokasi cafe kamu. Hal ini perlu kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum memulai bisnis cafe untuk bisa membangun hubungan yang cukup baik dengan orang-orang dan komunitas lokal yang dapat kamu jaring menjadi para pembeli pertama.

Setelah membangun hubungan yang cukup baik dengan orang-orang dan komunitas lokal kamu perlu mengajak mereka untuk mampir ke cafe yang nantinya akan kamu buka. Untuk lebih memberikan penghargaan kepada mereka yang mau datang menjadi para pelanggan pertama kamu bisa memberikan diskon pembelian pertama dan voucher potongan untuk kunjungan berikutnya.

Jika kamu memberikan pelayanan yang cukup baik, dapat diharapkan mereka yang menjadi pelanggan pertama kamu tersebut akan merekomendasikan cafe kamu sebagai tempat nongkrong. Dengan cara ini kamu bisa lebih cepat meraih pelanggan-pelanggan baru yang menjadi penentu keberhasilan cafe kamu.

 

2. Maksimalkan Penggunaan Internet Marketing

Selain dengan menggunakan networking pribadi secara intensif, untuk mempercepat proses menarik pelanggan cafe kamu juga perlu memaksimalkan penggunaan Internet Marketing. Untuk memaksimalkan penggunaan Internet Marketing kamu perlu mempelajari terlebih dahulu ilmu-ilmu Internet Marketing terutama mengenai bagaimana menggunakan social media secara efektif, penggunaan facebook ads dan Search engine optimization lokal.

Mengenai masalah internet marketing ini yang perlu kamu ingat adalah lakukan upaya pemasaran sesuai dengan target pasar kamu yang berada di lokasi tertentu. Misalnya jika kamu menggunakan social media, jangan lupa sertakan location tag dalam posting kamu. Begitu juga dengan konten artikel website kamu, susunlah artikel dengan menyertakan lokasi cafe kamu.

Satu hal yang seringkali dilupakan oleh pemilik cafe kecil adalah membuat website untuk cafe kamu sendiri. Kebanyakan pemilik cafe kecil tidak melihat manfaat dari membuat website. Padahal jika kamu tidak membuat website sendiri kamu akan sangat bergantung kepada situs-situs review kuliner seperti Qraved, Zomato dan lainnya. Dimana hal ini bisa menimbulkan risiko review yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang kamu presentasikan.

Selain itu membuat website sendiri secara khusus untuk cafe kamu sebenarnya memberikan manfaat branding yang lebih dan calon pelanggan kamu bisa mengetahui terlebih dahulu apa yang bisa diharapkan dari cafe baru kamu tersebut.

Baca Juga :  7 Alasan Website Harus Mempunyai Website Sendiri

 

3. Tentukan Lokasi Secara Matang

tips memilih lokasi cafe, tips membuka cafe dengan model kecil, tips memulai usaha cafe dengan modal kecil, tips usaha cafe, tips bisnis cafe
image credit : pexels.com

Usaha cafe termasuk bisnis yang tingkat kesuksesannya sangat dipengaruhi oleh penentuan lokasi yang tepat. Jika lokasi yang kamu pilih tidak sesuai dengan target pasar yang kamu tentukan akan sangat sulit untuk menarik pelanggan yang tepat untuk cafe kamu. Apalagi jika lokasi yang kamu pilih sulit dijangkau dan jauh dari tempat-tempat yang ramai.

Mencari keseimbangan antara biaya yang diperlukan untuk menyewa tempat dan mencari lokasi yang cukup ramai dilewati oleh target pasar kamu adalah salah satu pekerjaan yang paling penting dalam menentukan keberhasilan cafe kamu.

Oleh karena itu jangan memilih lokasi hanya karena harga sewanya murah, dan juga jangan hanya sekedar melihat daerah tersebut ramai dilewati orang, amati dulu apakah dari orang-orang yang lewat tersebut terdapat cukup banyak orang sesuai target pasar kamu.

Sebagai alat bantu melihat kondisi demografi, kamu bisa memanfaatkan fitur dari Facebook Ads yang dapat memberikan estimasi jumlah orang dengan kriteria yang kamu tentukan di daerah tertentu. Jika lokasi yang kamu pilih tidak strategis atau jumlah demografi yang ada tidak cukup banyak carilah lokasi yang lain.

 

4. Buatlah Menu Cafe Yang Minimalis dan Fleksibel

Bisnis cafe tidak hanya sekedar menjual kopi saja, tetapi juga menjual berbagai makanan yang dapat menjadi teman baik dalam nongkrong atau ngopi. Penjualan makanan dapat menambah keuntungan yang diperoleh jika makanan yang ditawarkan laris terjual, jika tidak makanan tersebut hanya menambah beban pengeluaran cafe anda.

Oleh karena itu menawarkan terlalu banyak jenis makanan ataupun minuman di cafe anda dapat membuat margin keuntungan anda berkurang atau bahkan merugi. Menawarkan pilihan makanan dan minuman yang minimalis tidak hanya memastikan anda menghindari risiko tersebut, pilihan yang tidak terlalu banyak memudahkan pelanggan dalam memilih makanan dan minuman yang dibeli dan memberik kesan bahwa datang ke cafe anda sangatlah simpel dan tidak merepotkan.

Tetapi di sisi lain anda juga harus fleksibel dengan menu anda. Jika setelah berdiskusi dengan pelanggan anda terdapat menu yang diinginkan oleh cukup banyak pelanggan anda maka tambahkanlah menu tersebut dan evaluasi apakah dari menu yang sudah ditawarkan ada menu yang tidak memiliki penjualan yang cukup.

 

5. Buat Rencana Bisnis Cafe Secara Matang

Kebanyakan orang terutama entrepreneur pemula tidak membuat sebuah rencana bisnis ketika memulai bisnis. Disisi lain waralaba cafe besar seperti Starbuck membuat analisis mendalam dan rencana bisnis yang matang sebelum membuka gerai baru. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa mereka mengambil risiko secara terukur dan tidak bermain judi dalam membuka gerai baru.

Jika waralaba besar seperti Starbuck yang mempunyai kekuatan merek luar biasa, modal yang jauh lebih besar, dan basis pelanggan yang luas membuat sebuah rencana bisnis yang matang sebelum membuka gerai baru maka seharusnya anda yang memulai cafe dengan modal kecil juga harus membuat rencana bisnis. Selain untuk melakukan analisis risiko, membuat rencana bisnis juga akan memberikan pengetahuan yang lebih dalam mengenai kondisi persaingan bisnis anda. Anda tidak perlu membuat sebuah rencana bisnis yang lengkap dengan proyeksi laba dan rugi, anda cukup membuat rencana bisnis sederhana yang menjelaskan kondisi persaingan pasar, berapa budget untuk memulai anda, berapa budget marketing anda, dan strategi apa yang akan anda ambil nantinya.

Baca Lebih Lanjut : Panduan Lengkap Membuat Rencana Bisnis

 

Penutup

Demikian tips membuka cafe modal kecil yang dapat membantu anda meraih sukses dalam bisnis cafe anda. Semoga informasi yang diberikan disini bermanfaat. Jika anda ingin mengetahui langkah-langkah membuka cafe modal kecil baca artikel IDNtrepreneur yang berikut ini Membuka Cafe Dengan Modal Kecil

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here