Beranda Ide Bisnis 5 Ide Bisnis Bidang Teknologi Modal Kecil Paling Menguntungkan

5 Ide Bisnis Bidang Teknologi Modal Kecil Paling Menguntungkan

3270
0
ide bisnis bidang teknologi web developer, bisnis web developer
image credit : stocksnap.io

Perkembangan teknologi membawa perubahan perilaku manusia dan melahirkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dengan lebih baik, lebih cepat atau lebih efisien. Selain itu perkembangan teknologi juga memberikan kelahiran peluang bisnis dan ide-ide bisnis yang baru. Peluang bisnis dan ide bisnis yang terkait dengan teknologi tersebut dapat menjadi salah satu pilihan bagi #entrepreneur muda yang ingin memulai bisnis.

Dengan banyaknya teknologi baru yang muncul di era Internet ini, entrepreneur muda mempunyai kesempatan dan peluang bisnis yang sangat terbuka lebar. Hal ini turut mendorong banyaknya entrepreneur-entrepreneur sukses yang mencapai kesuksesan luar biasa dalam waktu yang relatif singkat. Sebagai contoh kesuksesan bisnis teknologi lokal adalah Go-jek yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Go-jek terlepas dari umurnya yang baru 6 tahun (didirikan tahun 2016) sudah mempunyai nilai lebih dari US$ 1 miliar atau kurang lebih setara dengan Rp. 13 triliun. Nilai tersebut lebih dari 2 kali lipat nilai pasar (market cap) Garuda Indonesia senilai USD 650 juta (per tanggal 22 Desember 2016).

Perlu diketahui bahwa bisnis di bidang teknologi tidak hanya terbatas pada startup yang mempunyai mimpi besar dan membutuhkan modal besar dari venture capital tetapi juga ada banyak #ide bisnis dan peluang usaha di bidang teknologi yang dapat dimulai dengan modal relatif kecil. Dengan memulai dari ide bisnis dan peluang bisnis bidang teknologi secara kecil inilah anda bisa mendapatkan pengalaman lebih jauh di bidang teknologi dan membuka pintu ke berbagai peluang bisnis dan usaha di bidang teknologi yang lebih tinggi tersebut.

Jika kamu mencari ide bisnis bidang teknologi dengan modal kecil kamu berada di tempat yang tepat, berikut 5 ide bisnis bidang teknologi dan digital dengan modal kecil yang bisa anda coba.


1. Web Design

ide bisnis bidang teknologi, ide bisnis online, bisnis online, ide bisnis bidang teknologi web design
image credit : pexels.com

Walaupun saat ini membuat website jauh lebih mudah dibandingkan dulu, tetapi tetap tidak semua orang dapat membuat website yang menarik dan berfungsi sebagaimana yang diinginkan. Padahal di era Internet sekarang ini, sebagian besar orang melakukan riset terhadap produk dan jasa yang tersedia melalui Internet.

Oleh karena itu kehadiran website bagi suatu bisnis sangatlah penting sebagai sebuah sarana pemasaran, membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan, meningkatkan jangkauan penjualan dan masih banyak lagi manfaatnya.

Bisnis web design memberikan jasa pembuatan desain website seperti tampilan depan, antar muka pengguna, presentasi merek, layout website, penempatan call to action, typography dan berbagai elemen visual dalam sebuah website.

Jasa web design tidak terlalu banyak berkutat pada masalah fungsionalitas, cara kerja, dan mekanisme dari sebuah website. Oleh karena itu, jasa web design cocok bagi anda yang mempunyai kreatifitas tinggi dan pintar membuat presentasi website yang sesuai dengan tujuan bisnis klien.

Baca Juga : 7 Alasan Bisnis Harus Mempunyai Website Sendiri

 

2. Web Development

ide bisnis bidang teknologi web developer, bisnis web developer, ide bisnis online, bisnis online,
image credit : stocksnap.io

Berbeda dengan bisnis web design yang lebih menekankan pada pembuatan tampilan website dan presentasi visual dari sebuah website, bisnis web development menekankan pada bagaimana cara kerja dari suatu website dan membuat fitur-fitur teknis dari suatu website.

Web development sangat dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan suatu fitur kompleks dalam website mereka atau lembaga pemerintahan yang memberikan layanan informasi melalui aplikasi berbasis website. Contoh dari perusahaan yang membutuhkan jasa web development adalah situs booking hotel, booking tiket pesawat, online marketplace, forex, perusahaan efek, perusahaan logistik dan masih banyak lagi.

Dengan semakin tingginya kebutuhan akan aplikasi berbasis web tersebut, bisnis web development adalah salah satu bisnis dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan menjanjikan. Selain itu modal utama dari bisnis web development adalah pengetahuan yang anda punya, disamping pengetahuan yang anda butuhkan adalah komputer atau laptop yang cukup kuat untuk web development serta koneksi internet.

Oleh karena itu jika anda mempunyai dasar pengetahuan yang cukup, anda perlu mempertimbangkan untuk membuka bisnis web development. Jika anda tidak mempunyai dasar pengetahuan yang cukup tetapi mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar, anda bisa mencoba belajar secara komprehensif dari online courses Udemy berikut The Complete Guide : Running a Web Development Business.

 

3. Blogger Teknologi

Blogging bukan saja cara yang hebat untuk menyalurkan hobi dan memperdalam pengetahuan anda terkait dengan teknologi. Blogging yang dijalankan secara serius, konsisten, dan dengan kerja keras dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Blogger yang sukses dapat meraih pendapatan lebih dari ribuan USD bahkan puluhan ribu USD per bulan. Mashable dan Techcrunch adalah contoh dari blog teknologi yang kemudian berkembang menjadi media online yang besar.

Walaupun saat ini sudah banyak blog teknologi internasional, untuk blog teknologi lokal tidak banyak yang mempunyai kualitas baik dan memberikan pembahasan secara mendalam. Jika kamu mempunyai semangat yang besar dalam menulis dan dapat membuat tulisan yang menarik terkait dengan teknologi, menjadi seorang blogger teknologi dapat menjadi pilihan ide bisnis yang tepat. Tetapi perlu diingat bahwa seorang blogger baru dapat menghasilkan uang setelah mendapatkan pengikut dan pengunjung blog dalam jumlah yang besar. Mencapai jumlah yang besar tersebut membutuhkan waktu sehingga anda perlu mempunyai kesabaran dan komitmen yang serius untuk bisa sukses sebagai seorang blogger teknologi.

 

4. Internet Marketing Agency

ide bisnis bidang teknologi, ide bisnis online, bisnis online, bisnis social media consulting
image credit : pexels.com

Dengan semakin populernya penggunaan Internet, semakin besar juga permintaan jasa Internet Marketing. Untuk bisa memaksimalkan potensi dari keberadaan website bisnis dan meningkatkan penjualan online, penggunaan Internet Marketing yang efektif sangat diperlukan. Internet marketing mencakup berbagai aspek pemasaran secara online mulai dari iklan berbayar seperti Adwords, Facebook Ads, Promoted Post, Banner Ads, optimisasi search engine/Search Engine Optimization/SEO sampai marketing dengan konten atau content marketing.

Dari banyaknya pilihan media pemasaran yang dapat dilakukan dalam Internet Marketing tersebut saja dibutuhkan pengetahuan yang spesifik untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk suatu bisnis tertentu. Tidak semua bisnis bisa mendapatkan hasil yang signifikan dari Content Marketing dan tidak semua bisnis juga dapat dipasarkan secara optimal dengan Adwords. Terlebih mengingat untuk bisa memakai setiap media pemasaran Internet Marketing tersebut secara efektif diperlukan pengetahuan teknis dan pengalaman yang khusus banyak bisnis yang pada akhirnya memilih untuk menggunakan jasa Internet Marketing Agency untuk Internet Marketing mereka.

 

5. Social Media Consulting

social media marketing, ide bisnis bidang teknologi, ide bisnis online, bisnis online,
image credit : stocksnap.io

Social media sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, social media tidak hanya menjadi tempat untuk bersosialisasi dengan teman atau pengikut anda, social media saat ini telah menjadi salah satu media untuk menerima dan mendapat berbagai informasi. Selain itu, social media adalah salah satu media yang paling banyak digunakan di Internet dimana rata-rata orang menghabiskan 1 jam 40 menit sehari di social media atau 28% dari total waktu yang dihabiskan di Internet.

Disisi lain untuk dapat memasarkan produk, membangun brand awareness, dan menjaga hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan di social media bukanlah sebuah tugas yang mudah. Diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk membuat strategi social media marketing yang sesuai dengan suatu bisnis tertentu dan memastikan implementasinya berjalan dengan benar. Oleh karena itu tidak sedikit bisnis yang menggunakan jasa konsultan social media dalam melakukan tugas-tugas tersebut.

Jika kamu hebat dalam menggunakan social media dan membangun jumlah pengikut yang besar maka kamu dapat mencoba menawarkan jasa konsultasi social media sebagai bisnis sampingan. Tetapi perlu diingat, pada awalnya dibutuhkan rekam jejak dan kredibilitas untuk bisa mengenakan harga untuk jasa konsultasi social media yang anda berikan. Oleh karena itu jika anda tidak mempunyai pengalaman di bidang social media marketing ada baiknya kamu membangun kredibilitas kamu terlebih dahulu dengan membantu satu atau dua klien secara gratis terlebih dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here