Beranda Ide Bisnis 4 Ide Bisnis Travel Yang Tepat Untuk Anda Yang Punya Passion Traveling

4 Ide Bisnis Travel Yang Tepat Untuk Anda Yang Punya Passion Traveling

483
0
bisnis travel blogger, ide bisnis travel
image credit : stocksnap.io

Ide bisnis terkait dengan industri pariwisata adalah bidang usaha yang dapat menjadi pilihan ide bisnis yang tepat bagi entrepreneur yang mempunyai hobi traveling.  Potensinya juga cukup menguntungkan karena secara lokal di Indonesia saja, industri pariwisata termasuk sebagai industri yang secara stabil bertumbuh dari tahun ke tahun.

Saat ini industri pariwisata merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar keempat untuk Indonesia dengan nilai kontribusi mencapai USD 9,6 miliar. Pertumbuhan industri pariwisata Indonesia juga tergolong sangat sehat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 7,2% pada tahun 2015, jauh diatas rata-rata dunia yang hanya 4,4%. Tidak heran, sektor pariwisata dan travel termasuk sebagai 3 sektor usaha paling prospektif untuk tahun 2017.

Melihat potensi yang besar tersebut entrepreneur yang mempunyai passion traveling dapat mencoba 4 ide bisnis di bidang travel dan pariwisata yang telah kami rangkum disini. Selain menyalurkan passion anda di bidang traveling 4 ide bisnis di bidang travel dan pariwisata ini juga dapat membantu mereka yang hobi traveling.

 

1. Travel Blogger

bisnis travel blogger, ide bisnis travel
image credit : stocksnap.io

Jika anda adalah orang yang suka berbagi dan menulis tentang pengalaman traveling, rekomendasi traveling, contoh itinerary dan tips-tips traveling lainnya menjadi travel blogger adalah ide bisnis yang tepat bagi anda. Dengan menjadi blogger kamu tidak hanya menyalurkan passion dalam traveling dan membuat dokumentasi traveling yang menarik tetapi juga membantu mereka yang mencari informasi terkait dengan traveling.

Seperti semua blog lain,untuk bisa menghasilkan uang melalui blog anda perlu membangun pengikut, pembaca atau pengunjung yang ingin mengetahui informasi yang anda tulis di blog. Hal ini berarti anda bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi yang berguna kepada pembaca anda mulai dari pemesanan hotel, pesawat, paket tur, sampai kepada produk-produk pembantu travel seperti koper dan lain-lain.

Melalui rekomendasi yang anda berikan, anda bisa menghasilkan uang dari affiliate partnership untuk booking hotel dan pesawat dengan website seperti Agoda.com atau Booking.com. Selain itu anda juga bisa menghasilkan uang dengan mencari sponsor dan program periklanan seperti Adsense.

Menjadi travel blogger terdengar sangat menjanjikan dan menarik tetapi untuk bisa menjadi seorang travel blogger yang menghasilkan uang yang cukup, dibutuhkan kerja keras, konsistensi menulis, membangun pengikut, dan waktu yang tidak sedikit. Untuk bisa menghasilkan uang dari travel blogger mungkin membutuhkan waktu setidak-tidaknya 1 tahun. Jika anda serius ingin menjadi seorang travel blogger anda bisa belajar dari beberapa blog travel yang berkualitas seperti Expertvagabond.com dan YtravelBlog.com.

 

2. Travel Agent

ide bisnis modal 5 juta, bisnis travel agent, bisnis modal kecil yang menguntungkan
image credit : caasco.com

Anda mungkin berpendapat di era dengan banyaknya website pemesanan tiket dan hotel online, bisnis travel agent adalah bisnis yang buruk dan tidak mempunyai potensi. Tetapi akan selalu ada permintaan bantuan ahli dari travel agent dengan banyaknya website, pilihan akomodasi, transportasi dan kerumitan merencanakan suatu perjalanan dengan jumlah peserta yang banyak atau dengan beberapa perhentian. Terlebih bagi mereka yang mempunyai keterbatasan waktu untuk membuat perencanaan travel, pemesanan dan komunikasi dengan berbagai vendor bantuan travel agent sangatlah membantu.

Untuk bisa bersaing dengan website booking hotel dan pesawat yang harus anda lakukan dalam memulai bisnis travel agent adalah menawarkan jasa atau ceruk yang unik dan fokus. Misalnya anda fokus memberikan penawaran untuk paket travel bersama keluarga kecil, wisata sejarah, wisata budaya atau wisata olahraga. Kuncinya adalah menawarkan sesuatu hal yang berbeda dari yang kebanyakan website travel lain tawarkan.

 

3. Penginapan Bed and Breakfast

bisnis travel bed and breakfast,, ide bisnis travel
image credit : stocksnap.io

Berkat kehadiran website seperti Airbnb dan Flipkey penginapan bed and breakfast menjadi salah satu pilihan bagi traveler yang menginginkan pengalaman yang berbeda dari hotel atau memperoleh penginapan dengan biaya yang rendah.

Peluang usaha bed and breakfast menjadi salah satu trend bisnis yang telah berkembang di berbagai dunia. Namun, ide bisnis ini hanya tepat untuk tempat-tempat yang dekat dengan lokasi pariwisata. Tidak semua tempat cocok untuk ide bisnis ini.

Untuk memulai bisnis bed and breakfast anda tidak harus memiliki sendiri property atau kamar yang ingin disewakan. Anda bisa menawarkan jasa kepada orang-orang yang mempunyai properti tidak terpakai untuk disewakan kepada orang lain melalui Airbnb dengan sistem bagi hasil atau komisi. Sebagai ganti komisi yang diberikan anda membantu pemilik properti dalam mengatur listing, jadwal pemesanan, perawatan, pelayanan dan aspek-aspek lain yang dibutuhkan.

 

4. Tour Guide

bisnis travel guide, ide bisnis travel
image credit : stocksnap.io

Jika anda mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang tempat-tempat menarik di kota atau tempat wisata dekat tempat tinggal anda, menguasai bahasa asing, dan pintar berkomunikasi, menjadi tour guide adalah ide bisnis travel yang bisa anda coba.

Menjadi seorang tour guide yang sukses dapat memberikan pendapatan yang tidak sedikit. Sebagai gambaran, rata-rata harga full day tur di Bali  adalah sebesar USD 58. Anda bisa menawarkan berbagai macam jenis tur, mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah dan budaya, sampai wisata unik seperti Hidden Jakarta Tour.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here