Beranda Entrepreneur Cerita Inspiratif Entrepreneur Muda Membangun Bisnis dengan Travelling Keliling Dunia

Cerita Inspiratif Entrepreneur Muda Membangun Bisnis dengan Travelling Keliling Dunia

429
0
cerita inspiratif entrepreneur, cerita entrepreneur inspiratif, membangun bisnis travelling
image credit : stocksnap.io

Membangun bisnis yang sukses dan menjelajahi dunia adalah kedua hal yang menjadi mimpi banyak orang. Dengan kekuatan Internet, outsoursing produksi dan keahlian marketing mewujudkan bisnis yang sukses selagi menjelajahi dunia bukan lagi menjadi suatu hal yang mustahil. Cerita inspiratif entrepreneur muda yang bernama Aileen Adalid dapat menjadi contoh bagaimana membangun bisnis dengan travelling keliling dunia.

Aileen Adalid adalah seorang gadis kelahiran filipina yang menguasai tiga bahasa (Inggris, Tagalog, dan Belanda). Dia bergabung dalam dunia kerja pada usia 19 tahun setelah lulus dari La Salle University di Manila dengan gelar di bidang manajemen bisnis. Tetapi setelah 2 tahun bekerja di dunia kantoran, Aileen menyadari bahwa pekerjaan kantoran bukanlah hal yang dia mau.

Pada usia 21 Aileen memutuskan untuk mundur dari pekerjaannya di Deutsche Bank yang hanya memberikan gaji USD 300 per bulan untuk mewujudkan mimpinya menjelajahi berbagai negara di dunia dan membangun bisnisnya sendiri. Dia merasakan ketertarikan yang sangat kuat dengan dunia travelling dan entrepreneurship sehingga Aileen akhirnya memberanikan diri untuk mundur pada April 2013 dengan tabungan USD 600.

Selama satu tahun setelah mundur dari pekerjaannya, Aileen melakukan berbagai pekerjaan freelancing terkait dengan desain grafis, Search Engine Optimization, dan online marketing. Sebagai freelancer Aileen mempunyai satu klien besar yang memberikan pekerjaan secara rutin yang membawa pendapatan lebih dari 2 kali gaji pekerjaan Aileen sebelumnya. Namun bagian terhebatnya adalah sebagai freelancer, Aileen mempunyai jadwal yang jauh lebih fleksibel dibandingkan pekerjaan kantoran dan Aileen dapat melakukan travel lebih sering ke berbagai negara.

Pada tahun 2014, Aileen Adalid memulai bisnis ritel perlengkapan kesehatan dan olahraga luar ruang online dengan nama Adalid Gear bersama seorang temannya dan pindah ke Belgia dengan menggunakan visa pelajar setelah masuk ke program pasca sarjana di University of Antwerp.

Hanya dalam beberapa bulan setelah diluncurkan, Adalid Gear mulai mendapatkan momentum dan dia memutuskan untuk memfokuskan diri membangun bisnis tersebut dan meninggalkan sekolah pasca sarjananya. Untuk  memajukan bisnisnya, Aileen dan partnernya mulai melakukan riset pasar intensif  untuk mengetahui produk yang paling banyak memiliki permintaan.

Dedikasi dan fokus tersebut kemudian membuahkan hasil dimana Adalid Gear kemudian mempunyai penjualan rata-rata senilai USD 70,000 per bulan dan mempunyai pangsa pasar sendiri di Amerika Serikat dan Britania Raya. Aileen Adalid juga menghidupkan kembali blog  I Am Aileen yang sekarang membahas tentang travelling dan gaya hidup.

Aileen Adalid sekarang mendapatkan USD 5,000 perbulan dari bisnis onlinenya, affiliate partnership, posting bersponsor, dan social media promotion. Selain itu, berkat blognya Aileen seringkali mendapatkan penerbangan dan/atau akomodasi gratis. Dia sekarang biasanya bekerja selama 4 jam dalam sehari untuk melakukan marketing, riset pemasaran, dan komunikasi. Semua hal tersebut dilakukannya dengan jadwal yang fleksibel, dan memungkinkan dia untuk terus menjelajahi berbagai negara.

Aileen Adalid telah menjelajahi 24 negara, mengunjungi 3 benua, dan membangun bisnis yang cukup untuk memberikan penghidupan yang layak hanya dalam 3 tahun. Cerita inspiratif Aileen Adalid ini mengajarkan kita bahwa di era Internet seperti sekarang, untuk membangun sebuah bisnis yang dibutuhkan adalah sebuah dedikasi, kerja keras, dan juga fokus terhadap sesuatu yang kamu punya perhatian mendalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here