Kesuksesan dengan kebiasaan baik tidak dapat dipisahkan. Seperti halnya kesehatan yang diraih dengan kebiasaan baik tertentu untuk berolahraga dan makan sehat. Kesuksesan juga diraih dengan kebiasaan yang mendukung.

Kebiasaan merupakan daya yang membentuk perilaku sehari-hari setiap orang. Dengan membentuk kebiasaan yang mendukung kesuksesan anda dapat mendorong kemungkinan anda menjadi seorang pengusaha sukses.

Untuk membantu anda menjadi pengusaha sukses kami disini akan membagikan beberapa kebiasaan pengusaha sukses berdasarkan wawancara terhadap 150 pengusaha sukses dari berbagai industri yang dilakukan oleh Thimble.

Ingin menjadi pengusaha yang sukses berbisnis? berikut ini 7 kebiasaan pengusaha sukses yang perlu anda bentuk dan tiru!

1) Membaca Buku

kebiasaan membaca buku, kebiasaan pengusaha sukses
image via : pexels.com

Warren Buffet seorang pengusaha sukses mendedikasikan 80% waktunya untuk membaca buku, laporan keuangan dan berita. Bill Gates pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya juga mempunyai kebiasaan membaca buku setiap hari selama minimal 3 jam.

Selain kedua orang tersebut masih banyak lagi pengusaha sukses yang terbiasa membaca buku seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, Mark Cuban dan lainnya.

Kebiasaan membaca buku menjadi kesamaan diantara orang-orang luar biasa tersebut. Melihat fakta tersebut bukan menjadi kebetulan jika kebiasaan membaca buku mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa membaca buku adalah salah satu kebiasaan pengusaha sukses yang perlu ditiru. Oleh karena itu ada baiknya untuk mulai membentuk rutinitas membaca buku setiap hari.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Masalah Pengusaha Muda Untuk Sukses

2) Mengikuti Rutinitas Harian

kebiasaan pengusaha sukses, mengikuti rutinitas harian
image credit : pexels.com

Rutinitas mungkin sering dikaitkan dengan kegiatan yang monoton dan membosankan. Namun rutinitas yang disusun dan dibuat secara seksama untuk meningkatkan produktivitas dapat meningkatkan kinerja yang lebih optimal.

Membentuk rutinitas dikeseharian juga membantu anda untuk membiasakan diri untuk membuat suatu kebiasaan. Anda dapat membentuk rutinitas yang positif dan produktif seperti memulai hari dengan menulis rencana harian dan menetapkan target. Dilanjutkan dengan pekerjaan rutin, berolahraga dan ditutup dengan mengevaluasi hari anda.

Mengikuti rutinitas harian adalah salah satu kebiasaan pengusaha sukses yang patut ditiru karena hal ini diungkapkan oleh banyak sekali orang sukses mulai dari Jeff Bezos, Warren Buffet, Winston Churcill dan masih banyak lagi.

3)  Mendengar Musik Yang Memberi Semangat

Musik terbukti dapat meningkatkan produktifitas dan mengubah tugas yang membosankan menjadi lebih baik. Riset juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi strees sehingga penting untuk menjaga kinerja jangka menengah dan panjang anda.

Cobalah membiasakan diri untuk mendengarkan musik yang memberi semangat di pagi hari untuk meningkatkan mood anda. Kemudian dengarkan musik kembali saat anda mulai merasa sulit untuk mempertahankan fokus anda.

4) Membuat Rencana Besok, Hari Ini

Pengusaha yang efektif selalu bersiap menghadapi esok hari. Kebiasaan pengusaha sukses yang satu ini dilakukan dengan membuat rencana to-do list yang harus dilakukan besok pada setiap malam sebelum tidur.

Membiasakan diri membuat to-do list esok hari, mereview jadwal dan target yang diperlukan akan membantu anda untuk mengisi waktu dengan lebih produktif dan siap.

Sponsored

5) Melakukan Meditasi

Pengusaha yang sukses dituntut untuk mempunyai fokus dan pikiran yang terarah untuk dapat produktif. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa latihan meditasi kesadaran atau mindfulness yang singkat saja dapat meningkatkan kemampuan pemprosesan visual-spasial, dan fungsi eksekutif secara signifikan.

Tidak heran jika meditasi menjadi salah satu kebiasaan pengusaha sukses yang umum ditemukan. Ray Dalio pendiri Bridgewate Associates, Steve Jobs, dan Richard Branson hanyalah beberapa dari mereka yang terkenal melakukan meditasi setiap hari untuk membantu fokus mereka.

Selain itu, mediasi juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan tingkat energi. Dua hal yang sangat penting bagi pengusaha yang menjalani gaya hidup serba cepat dan mengandalkan produktivitas yang optimal.

 

6) Berolahraga

Kita semua mengetahui jika berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik. Namun rupanya berolahraga juga dapat meningkatkan kreativitas, daya ingat dan kemampuan kognifif lain. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bagian otak yang mengontrol pikiran dan memori lebih besar pada orang yang berolahraga dibanding yang tidak.

Melihat besarnya manfaat dari olahraga tidak heran jika hal tersebut kemudian menjadi salah satu kebiasaan pengusaha sukses. Banyak pengusaha yang mempunyai rutinitas memulai pagi mereka dengan berolahraga ringan antara 15-30 menit.

Menurut mereka memulai pagi hari dengan berolahraga membantu meningkatkan semangat, motivasi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari yang produktif.

7) Mengikuti Informasi Terkini

Kinerja setiap bisnis dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi terhadap lingkungan eksternal. Berbagai perubahan tersebut dapat membuka peluang-peluang baru atau menjadi sumber ancaman-ancaman baru.

Mengetahui berbagai perubahan kondisi eksternal tersebut sangat penting untuk memastikan seorang pengusaha sukses senantiasa siap menghadapi perubahan dan mengantisipasinya.

Oleh karena itu salah satu kebiasaan pengusaha sukses yang perlu anda terapkan adalah mengikuti informasi terkini yang relevan. Informasi terkini yang relevan tersebut terkait informasi industri, ekonomi dan bisnis, serta teknologi.

Anda dapat melakukan kebiasaan untuk membaca berita-berita industri, ekonomi, bisnis dan teknologi setiap harinya disaat malam hari setelah anda selesai mengerjakan tugas rutin dan tugas strategis anda.

Advertisement
Sponsored
Artikulli paraprakRincian Modal Usaha Ayam Goreng Crispy Fried Chicken
Artikulli tjetërPengertian dan 5 Contoh Minimum Viable Product – MVP
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini