Bagaimana cara mengatasi masalah pengusaha muda untuk sukses? Semua orang pasti mempunyai mimpi untuk menjadi orang sukses selagi muda. Oleh karena itu tidak heran jika menjadi pengusaha muda yang sukses merupakan aspirasi dan mimpi banyak anak muda.

IDNtrepreneur menulis artikel ini untuk membantu anak muda yang ingin mewujudkan impian tersebut namun mengalami hambatan. Berikut ini 7 cara mengatasi masalah pengusaha muda untuk sukses.

 1. Temukan Mentor Bisnis

mentor bisnis
image credit : pexels.com

Salah satu tantangan utama bagi pengusaha muda dalam meraih sukses adalah minimnya pengalaman. Minimnya pengalaman seorang pengusaha pemula memang dapat menjadi penyebab kegagalan karena kurangnya pengalaman meningkatkan risiko mengambil keputusan yang salah ataupun rentannya menjadi korban penipuan dalam berbisnis.

Cara yang paling efektif untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan mencari pengusaha veteran yang sudah berpengalaman dan memintanya untuk menjadi mentor yang dapat memberikan masukan dalam mengambil keputusan.

Penelitian Inc.com menunjukkan 70% bisnis yang mempunyai mentor bertahan lebih dari 5 tahun, dua kali lipat dari jumlah bisnis tanpa mentor.

Baca Juga: 5 Manfaat Mentor Bisnis Membantu Startup dan UKM Untuk Sukses

2. Pahami Target Pasar

cara melakukan riset pasar
image credit : pexels.com

Penyebab kegagalan bisnis yang paling sering disebutkan adalah tidak adanya permintaan pasar untuk produk yang ditawarkan. Hal ini tidak saja menjadi penyebab kegagalan untuk pengusaha pemula, bahkan banyak pengusaha yang sudah berpengalaman mengalami kegagalan akibat masalah yang satu ini.

Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk memahami target pasar yang ingin anda raih oleh bisnis anda. Caranya anda dapat melalukan wawancara, survei pasar, atau tes pasar sebelum memulai bisnis.

Baca Juga: 3 Definisi, Jenis dan 4+ Contoh Segmentasi Pasar

3. Kembangkan Jaringan Anda

manfaat networking untuk bisnis ukm
image credit : stocksnap.io

Chairul Tanjung menjadi salah satu pengusaha terkaya di Indonesia tidak dalam waktu semalam. Sebelum menjadi Taipan yang menguasai bidang ritel, media, keuangan dan berbagai bidang usaha lain, dia merintis karir sebagai pengusaha dari nol dengan berjualan buku dan membuka usaha fotokopi saat masih menjadi seorang mahasiswa.

Dia dapat memulai usaha fotokopi karena memiliki sahabat yang percaya memberikan fasilitas kredit tanpa uang muka. Chairul Tanjung mengakui jika dirinya tidak didukung oleh sahabatnya ia tidak akan sukses seperti sekarang.

Belajar dari pengalaman tersebut, membangun jaringan menjadi pondasi penting untuk kesuksesan bagi setiap pengusaha muda yang ingin sukses. Jaringan yang luas dapat membuka berbagai peluang dan mengatasi masalah. Oleh karena itu mengembangkan jaringan dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah pengusaha muda untuk sukses.

Baca Juga: 7 Manfaat Networking Untuk Usaha Kecil dan Menegah (UKM)

4. Siap Untuk Bekerja Keras

Menjadi pengusaha sukses membutuhkan kerja keras karena banyaknya tantangan dalam memulai bisnis. Namun, kamu biasanya memiliki sumber daya finansial dan sumber daya finansial yang sangat terbatas saat awal memulai bisnis.

Kerja keras menjadi keharusan untuk dapat mengatasi keterbatasan tersebut. Tidak heran jika Elon musk mengatakan bahwa salah satu rahasia kesuksesan dia adalah bekerja lebih keras daripada yang lain.

Sponsored

5. Pantang Menyerah

Kamu juga harus mempunyai semangat pantang menyerah jika ingin menjadi pengusaha muda yang sukses. Banyak pengusaha yang mengalami kegagalan besar sebelum meraih kesuksesan.

Elon Musk merupakan contoh nyata bagaimana pengusaha sukses harus pantang menyerah. Pada masa-masa awalnya SpaceX gagal melakukan peluncuran roket sebanyak 3 kali berturut-turut.

Tesla juga tengah mengalami kesulitan keuangan akibat sulitnya dan mahalnya biaya pengembangan mobil terbaru mereka. Akibatnya Elon Musk praktis bangkrut, dia bahkan harus menumpang tidur di rumah temannya karena dia tidak sanggup membayar sewa rumah.

Belajar dari pengalaman Elon maka jelas bahwa mempunyai semangat pantang menyerah adalah cara mengatasi masalah pengusaha muda yang perlu diterapkan oleh semua.

6. Bricolage

Bricolage adalah melakukan dengan mengkombinasikan sumber daya yang dimiliki ke masalah dan peluang yang baru.

Konsep tersebut dapat menjadi cara mengatasi masalah pengusaha muda. Karena dengan Bricolage anda tidak terpaku terhadap keterbatasan sumber daya anda. Sebaliknya, anda fokus kepada kreativitas penggunaan sumber daya yang ada.

Seringkali permasalahan dapat diselesaikan dengan mengubah kombinasi sumber daya yang sudah anda punya. Contohnya Jack Ma dapat memulai Alibaba meskipun tidak memiliki modal ataupun pengetahuan teknis programming dengan mengkombinasikan sumber daya komunikasi dan jaringannya.

7. Pivot

Apa yang akan anda lakukan jika jalan menuju tempat tujuan anda di blokir? Secara garis besar ada dua pilihan. Menerobos blokir tersebut atau mencari jalan lain yang mengarah ke tujuan tersebut.

Pivot dapat diumpamakan seperti mencari jalan lain dalam menyelesaikan masalah. Dalam wirausaha pivot berarti anda melakukan perubahan terhadap produk atau usaha.

Airbnb adalah contoh bagaimana pivot dapat mengatasi masalah. Awalnya Airbnb menyediakan platform untuk menyewa matrass pompa dan sarapan. Namun permintaan sangat sedikit dan tidak banyak yang berminat.

Pendiri Airbnb kemudian mencoba untuk menyewakan kamar tidak terpakai alih-alih matrass pompa. Rupanya terdapat permintaan yang cukup besar untuk jasa tersebut. Airbnb pun kemudian dapat berkembang pesat dan sukses.

Penutup

Demikian artikel untuk menjawab bagaimana cara mengatasi masalah untuk pengusaha muda untuk sukses dari kami. Kami harap artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Bagikan artikel ini di social media jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Jika anda mencari inspirasi kami juga menulis ide bisnis untuk anak muda.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here