Beranda Bisnis UKM 5 Manfaat Mentor Bisnis Membantu Startup dan UKM Untuk Sukses

5 Manfaat Mentor Bisnis Membantu Startup dan UKM Untuk Sukses

356
0
mentor bisnis
image credit : pexels.com

Wirausaha dan entrepreneur identik dengan kemandirian, kebebasan dan kemampuan untuk menentukan kesuksesan mereka sendiri. Pandangan tersebut tidaklah sepenuhnya salah, tetapi konsep entrepreneur sebagai manusia serba bisa yang melakukan semuanya sendiri berpotensi mengurangi pertumbuhan dan kesuksesan dari bisnis yang dijalankan. Hal ini karena kenyataannya setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan pelaku wirausaha yang benar-benar sukses mendelegasikan atau mendapat pertolongan untuk bidang yang menjadi kekurangannya tersebut.

Mentor bisnis dalam hal ini mempunyai peran penting untuk mengisi kekurangan enterpreneur atau pelaku wirausaha pemula dalam masalah pengalaman dan keahlian yang diperlukan untuk mensukseskan bisnis yang dijalankan. Selain manfaat tersebut terdapat beberapa manfaat tambahan yang diberikan mentor bisnis dalam membantu startup dan UKM untuk sukses sebagai berikut:

 

1. Mentor Meningkatkan Tingkat Kesuksesan Startup dan UKM

Wirausaha dan membangun startup adalah kegiatan yang penuh risiko dan sebagian besar usaha yang baru dimulai berakhir dengan kegagalan. Dimana di Amerika Serikat, hanya 50 persen usaha baru yang dapat bertahan lebih dari 5 tahun. Padahal iklim berusaha di Amerika Serikat jauh lebih baik dibandingkan dengan Indonesia yang penuh ketidakpastian dan maraknya praktik pungli. Dengan kondisi yang lebih buruk tersebut maka dapat diasumsikan bahwa bisnis baru di Indonesia yang bisa bertahan lebih dari 5 tahun kurang dari 50 persen.

Memiliki mentor bisnis dalam hal mempunyai manfaat untuk meningkatkan kemungkinan untuk menghindari kegagalan dan mencapai kesuksesan. Dimana berdasarkan riset yang dilakukan UPS Store, 70 persen bisnis yang mempunyai mentor dapat bertahan lebih dari 5 tahun, atau dua kali lipat dari jumlah bisnis yang tidak mempunyai mentor.

Hanya ada sedikit faktor penting yang dapat meningkatkan kemungkinan sukses sampai dua kali lipat, dan dalam hal ini mempunyai mentor yang dapat memberikan nasihat yang berharga adalah salah satu dari faktor penting tersebut. Hal ini tercermin pada pendapat pelaku wirausaha dan startup yang diwawancarai di studi yang sama dimana 88 persen setuju bahwa mempunyai mentor adalah hal yang sangat berharga.

 

2. Mentor Membantu Mengatasi Kelemahan Di Bisnis Anda

Ide dan visi yang jelas mengenai suatu bisnis baru adalah inti dari seorang entrepreneur dalam memulai bisnis. Hal ini mengakibatkan banyak entrepreneur yang terjebak pada pandangan yang sempit dalam mewujudkan ide mereka tersebut dan terpaku pada asumsi mereka dalam model bisnis mereka. Sedangkan mempunyai pandangan yang luas dan pendekatan yang fleksibel dalam mencapai suatu tujuan seringkali dibutuhkan dalam dunia bisnis yang dinamis.

Memberikan pandangan dan pendekatan yang berbeda dalam model bisnis original seorang entrepreneur adalah salah satu manfaat dari seorang mentor dalam membantu startup dan UKM untuk mencapai kesuksesan. Mengetahui adanya alternatif lain selain dari visi original pendiri dapat menjadi hal yang sangat berharga dan mengubah nasib suatu bisnis dengan menghindari bisnis tersebut terjebak pada model bisnis yang tidak layak.

 

3. Mentor Dapat Membantu Dalam Pendanaan

Mempunyai pendanaan yang cukup untuk operasional atau investasi yang krusial adalah hal yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan startup ataupun UKM. Masalah pendanaan adalah masalah klasik yang dihadapi oleh UKM ataupun startup, dalam hal ini salah satu manfaat mentor bisnis adalah mereka dapat membantu dalam mencari pendanaan bagi bisnis anda.

Perlu dicatat bahwa anda jangan mengharapkan mentor anda untuk memberikan pembiayaan bagi anda, karena tidak semua mentor memiliki aset likuid untuk membiayai anda tetapi mereka dapat membuka pintu dan peluang untuk mendapat pendanaan. Baik berupa informasi hibah, peluang kerjasama, atau memperkenalkan anda dengan investor baru. Mentor juga menambahkan pengaruh, dan dukungan mereka dapat menjadi sangat penting untuk mengamankan pinjaman dan meyakinkan investor tambahan.

 

4. Mentor Memperluas Network Anda

Dalam dunia bisnis mempunyai network yang tepat dapat merubah semuanya, mulai dari membuka peluang pelanggan baru, supplier penting, proyek penting, sampai mengetahui perkembangan industri terkini dapat didapatkan jika seorang entrepreneur mempunyai network yang luas.

Memperluas network anda sebagai entrepreneur pemula adalah salah satu manfaat besar yang dapat diberikan oleh mentor yang sudah mempunyai pengalaman dan jaringan yang dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan berbagai kesempatan yang penting.

 

5. Mentor Memberikan Nasihat Yang Berharga

Dalam banyak hal pengalaman mempunyai nilai yang besar dan dapat menentukan keberhasilan dalam sesuatu kegiatan dan mentor memiliki pengalaman dalam bisnis yang tidak dimiliki oleh entrepreneur pemula. Bisnis adalah sesuatu tidak dapat diprediksi, sehingga kemampuan untuk memanggil seseorang yang telah melalui situasi yang serupa dapat menyelamatkan entrepreneur dan pelaku wirausaha dari melakukan kesalahan fatal.

Setelah melalui dinamika bisnis dan melewati kesulitan dalam merintis bisnis dan disaat yang sama diharuskan untuk melihat kesempatan bisnis yang baru, mentor seringkali mampu melihat gambaran yang lebih besar, yang membantu entrepreneur baru untuk menyalurkan hasrat dan visi mereka ke dalam strategi jangka panjang yang layak dan koheren.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here