Beranda Mengembangkan Bisnis 5 Keunggulan Kompetitif Untuk Bisnis Yang Sukses

5 Keunggulan Kompetitif Untuk Bisnis Yang Sukses

1317
0
keunggulan kompetitif bisnis
image credit : pexels.com

Warren Buffet mengatakan bahwa bisnis yang benar-benar luar biasa adalah bisnis yang mempunyai “parit” atau keunggulan kompetitif yang melindungi keuntungan yang diberikan oleh bisnis tersebut. Secara singkat pengertian keunggulan kompetitif adalah keunggulan yang dimiliki suatu bisnis yang membedakannya dengan pesaingnya, dan keunggulan tersebut memungkinkan bisnis tersebut untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar atau memperoleh pangsa pasar yang lebih besar dari perusahaan pesaing.

 

Pentingnya Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh suatu bisnis sangat menentukan apakah bisnis tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang mencukupi atau tidak dalam jangka panjang. Selain itu mempunyai keunggulan kompetitif juga berperan penting dalam bertahan dari persaingan pasar.

Apple adalah salah satu contoh dari perusahaan yang mempunyai keunggulan kompetitif besar dibandingkan para pesaingnya dalam pasar ponsel pintar. Apple mempunyai keunggulan kompetitif dalam brand power dan kualitas ponsel pintar yang lebih kuat dibandingkan dengan para pesaingnya. Keunggulan Apple tersebut memungkinkan Apple untuk menjual produknya dengan harga premium dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan para pesaingnya.

Jika anda ingin bisnis anda mendapatkan sukses jangka panjang maka akan sangat penting untuk mulai membangun keunggulan kompetitif bisnis anda dari pesaing-pesaing anda. Pertanyaannya, apa keunggulan kompetitif yang bisa dikembangkan? Secara umum terdapat dua jenis keunggulan kompetitif yaitu keunggulan harga dan keunggulan diferensiasi. Dari kedua jenis keunggulan kompetitif tersebut berikut 5 strategi keunggulan kompetitif untuk bisnis yang sukses yang bisa anda terapkan:

 

1. Biaya 

Memberikan suatu produk atau jasa dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan pesaing anda adalah keunggulan kompetitif yang mendasar.

Keunggulan biaya didapat dengan secara terus menerus meningkatkan efisiensi operasional bisnis anda. Hal ini dapat diperoleh dengan membentuk operasional bisnis yang ramping. Mencapai operasional bisnis yang seramping mungkin bukanlah suatu hal yang mudah, anda dituntut untuk menyesuaikan kapasitas produksi, biaya pekerja, struktur biaya produksi, biaya promosi, sampai biaya-biaya lain seperti perizinan.

Kelemahan dari keunggulan biaya adalah anda akan terpaksa untuk mengurangi margin keuntungan anda apabila pesaing anda menerapkan strategi penurunan harga yang pada akhirnya bisa berakhir dengan perang harga yang merugikan anda.

 

2. Kualitas

Kualitas yang superior merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang mempunyai nilai tinggi tidak hanya bagi bisnis anda tetapi juga bagi pelanggan anda. Hal ini karena terdapat pelanggan yang mengedepankan kualitas dari suatu layanan dan ingin mendapatkan kualitas yang terbaik. Disisi lain sebagai bisnis yang menyediakan kualitas yang terbaik anda bisa mengenakan harga yang premium, dan mendapatkan keuntungan jauh diatas pesaing anda.

Kualitas yang superior dapat dicapai dengan menawarkan nilai atau performa yang lebih tinggi baik dari sisi kuantitatif seperti kecepatan, kekuatan, performa, keterandalan dan efisiensi energi ataupun sisi kualitatif seperti desain, estetika dan tingkat user friendly.

 

3. Variasi Pilihan

Variasi dan pilihan yang beragam dalam beberapa jenis bisnis dapat menjadi sebuah keunggulan yang kuat. Hal ini karena beragamnya variasi yang ditawarkan pelanggan mempunyai pilihan untuk mendapatkan produk atau jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, variasi pilihan yang lengkap menjadi salah satu keunggulan kompetitif dari hypermarket seperti Carrefour, Lottemart, atau Hypermart dibandingkan dengan toko-toko ritel yang mempunyai skala lebih kecil.

Namun perlu dicatat bahwa penawaran atau variasi yang tidak disesuaikan atau tidak dibutuhkan oleh segmen pelanggan yang mempunyai potensi keuntungan cukup dapat menjadi bumerang yang hanya akan menimbulkan kerugian. Oleh karena itu pastikan bahwa variasi yang ditawarkan disesuaikan dengan selera atau kebutuhan salah satu segmen pelanggan bisnis anda.

4. Merek

Salah satu keunggulan kompetitif yang kuat dan mempunyai nilai tinggi adalah kekuatan merek dari suatu produk yang terkenal. Merek merupakan keunggulan kompetitif disaat merek tersebut mempunyai nilai yang positif, seperti mempunyai kualitas yang superior, menjadi simbol status, dikenal luas dan lainnya.

Contoh dari kekuatan merek yang menjadi keunggulan kompetitif adalah merek mobil Toyota yang terkenal mempunyai tingkat keterandalan yang tinggi, nilai kendaraan yang bagus dan efisien. Contoh lainnya adalah Coca Cola yang merupakan merek paling dikenal untuk minuman soda.

Terkait : 6 Strategi Membangun Merek Dengan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

 

5. Pelayanan

Pelayanan adalah bagian yang penting bagi setiap bisnis, harga yang murah saja tidak cukup jika pelayanan yang diberikan tidak memuaskan pelanggan anda. Disisi lain pelayanan yang baik juga dapat menjadi salah satu keunggulan bisnis anda untuk mengalahkan pesaing anda.

Pelayanan disini dapat berupa kecepatan, responsif, memberikan jaminan atau garansi, kemudahan akses dan berbagai aspek customer service yang lain. Pelayanan akan menjadi keunggulan yang kuat disaat pelayanan yang superior tersebut membawa tingkat retensi atau loyalitas pelanggan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing anda.

 

Penutup

Membangun suatu keunggulan kompetitif membutuhkan proses dan kerja keras secara konsisten yang meningkatkan nilai yang bisnis anda berikan kepada pelanggan anda. Walaupun tidak mudah untuk diwujudkan, membangun keunggulan yang kuat dalam bisnis anda sangat penting dalam keberlangsung bisnis anda untuk jangka panjang. Tanpa membangun keunggulan yang kuat, hanya menjadi masalah waktu sampai adanya pesaing anda yang dapat memberikan nilai yang lebih dibandingkan dengan bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here