Beranda Memulai Bisnis 5 Tips Memulai Bisnis Dari Warren Buffet

5 Tips Memulai Bisnis Dari Warren Buffet

290
0
tips memulai bisnis warren buffet
image credit: popsugar.com
tips memulai bisnis warren buffet
image credit: popsugar.com

Warren Buffet terkenal sebagai orang terkaya nomor 4 didunia dengan kekayaan lebih dari $ 65 miliar dan investor pasar modal legendaris. Walaupun banyak orang yang mengenal Warren Buffet sebagai investor pasar modal legendaris, sebenarnya Warren Buffet adalah seorang entrepreneur sejati. Oleh karena itu dari perjalanan karirnya dapat diambil 5 tips memulai usaha.

Dia memulai bisnis pertamanya dengan menjual koran, tips balapan kuda dan soft drink pada usia 13 tahun. Pada tahun yang sama dirinya menyerahkan laporan pajak pertamanya dan mengambil pengurangan pajak sebesar US$ 35 untuk penggunaan sepeda dan jam tangan miliknya dalam pekerjaannya.

Selain itu selama masa SMA, Buffet dan temannya memulai bisnis lain. Buffet membeli mesin pinball seharga $ 25 yang di tempatkan di tukang cukur/barbershop untuk mengisi waktu luang pelanggan barbershop yang menunggu. Keuntungan dari bisnis tersebut memungkinkan mereka untuk membeli mesin pinball lain. Pada akhirnya, Buffett dimiliki mesin di tiga lokasi yang berbeda sebelum dia menjual bisnis tersebut dengan harga $1.200.

Warren Buffet telah mempelajari terlebih dahulu bagaimana seorang entrepreneur bekerja dan dari perjalanan hidupnya kita dapat belajar 5 tips memulai bisnis sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Dalam 5 Langkah

 

1. Ketahui dan kembangkan keunggulan kompetitif

Buffet mempunyai keahlian tersendiri untuk mengetahui dan mengembangkan keunggulan kompetitif suatu bisnis. Bisnis dengan keunggulan kompetitif mampu bertahan dari persaingan dan meraih pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan bisnis yang tidak mempunyai keunggulan kompetitif yang baik.

Salah satu contoh terbaik bisnis dengan keunggulan kompetitif yang kuat dalam portofolio Berkshire adalah Coca Cola. Coca Cola adalah merek yang ikonik dan kuat, dan menjadi hambatan yang kuat bagi pesaing untuk berkompetisi dalam wilayah Coca Cola.

Beberapa contoh yang sama dari keunggulan kompetitif yang kuat adalah Apple, di mana kualitas produk dan merek tampaknya saling menguatkan, mereka juga mempunyai loyalis merek fanatik yang mengunci bagian besar di pasar smartphone. Google, di mana teknologi mereka yang dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang terbukti lebih baik, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk mendominasi pasar search engine dan iklan internet; dan Facebook, di mana efek jaringan telah membuat sangat sulit bagi pemain lain untuk bersaing dalam social media penggunaan umum.

 

2. Fokus kepada apa yang anda ketahui

Buffett memiliki filosofi investasi yang terkenal untuk tidak akan memiliki saham atau perusahaan yang dia tidak mengerti. Memiliki apa yang tidak dimengerti terlalu berisiko. Buffet memiliki ratusan peluang untuk berinvestasi dalam peluang besar (dan banyak yang sebenarnya merupakan peluang luar biasa) tetapi ia tidak menghiraukannya.

Selain itu, Mr Buffett lebih suka bisnis dengan keunggulan yang bertahan dalam jangka panjang. Dia mengatakan, “Hal yang paling penting bagi saya adalah mencari seberapa besar perlindungan yang ada di sekitar bisnis itu.  Apa tips memulai bisnis dari hal ini? Jalankan bisnis yang anda mengerti. Jangan mengejar suatu trend baru karena orang lain melakukannya. Dan bangun bisnis yang bertahan untuk jangka panjang.

 

3. Jangan cepat mengambil keuntungan

Terlalu sering, saat seorang pemilik usaha kecil mulai membuat sedikit keuntungan dan mereka mulai memikirkan berbagai hal yang bisa mereka beli atau dapatkan dengan uang tersebut.

Tapi tidak bagi Buffett . Buffet memprioritaskan untuk menambah investasi di bisnis yang sukses. Hal ini dia terapkan dalam bisnis pinballnya yang dengan menginvestasikan kembali keuntungan dari mesin pertama yang dibelinya dapat memiliki mesin di banyak barbershop di sekitar kota tersebut. Dan ketika mereka akhirnya menjual bisnis pinball tersebut, Warren menggunakan dana untuk membeli saham dan memulai bisnis berikutnya. Apa tips memulai bisnis dari hal ini? invetasikan kembali keuntungan anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

4. Belajar dari kesalahan

Buffet membeli saham pertamanya pada umur 11 tahun ketika ia mengunjungi kantor pialang saham ayahnya dan membeli tiga saham di harga $ 38 per saham. Saham tersebut kemudian turun ke harga $ 27, tetapi dia bersabar dan kemudian menjual saham tersebut di harga $ 40 dengan keuntungan kecil. Namun, kemudian saham tersebut naik ke sekitar $ 200 per saham, dan ia menyesal menjual begitu cepat.

Sekarang Warren Buffet terkenal karena memegang saham dalam waktu yang sangat lama, dan investasi yang dilakukan dari waktu yang sangat lama tersebut menjadi investasi terbaiknya. Apa tips memulai bisnis dari hal ini? ketahui apa kesalahan anda dan temukan keputusan apa yang seharusnya anda ambil.

 

5. Bangun reputasi

tips bisnis warren buffet
image credit: qoutesgram.com

Bagi Buffett, mungkin hal terpenting dari nasihat untuk bisnis, dan untuk orang lain, adalah untuk mempertahankan reputasi yang cemerlang. Seperti yang ia katakan dalam salah satu quote yang paling-sering dikutip: “Dibutuhkan 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk merusaknya Jika Anda berpikir tentang itu, Anda akan melakukan sesuatu yang berbeda.”

Membangun sebuah reputasi yang cemerlang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. Tanpa adanya pelanggan yang loyal kepada bisnis anda maka anda akan mudah dikalahkan oleh persaingan. Apa tips memulai bisnis dari hal ini? berikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan, dengarkan apa yang harus diperbaiki dari bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here