Beranda Memulai Bisnis 5 Keahlian Yang Penting Untuk Memulai Bisnis

5 Keahlian Yang Penting Untuk Memulai Bisnis

158
0
BERBAGI
meeting bisnis
image credit: pixabay.com

Memulai dan menjalankan bisnis dengan sukses membutuhkan keahlian. Terlebih jika anda memiliki modal sedikit sehingga tidak bisa mempekerjakan orang untuk mengisi kekurangan anda atau anda tidak bisa menemukan orang yang dapat mengisi kekurangan yang anda punya dengan imbalan keuntungan.

Memperoleh keahlian yang penting untuk menjalankan bisnis secara mandiri kemudian dapat menjadi pilihan anda. Apabila demikian maka anda harus siap untuk mengasah dan melatih 5 keahlian yang penting untuk memulai bisnis sebagai berikut:

 

1. Penjualan dan Pemasaran

pemasaran, penjualan
credit: pixabay.com

Penjualan dan pemasaran adalah keahlian yang penting untuk memulai bisnis, tanpa adanya penjualan dan pemasaran bisnis anda tidak dapat bertahan lama tanpa adanya suntikan modal terus menerus. Jika anda punya modal yang kecil maka mendapatkan penjualan yang cukup untuk menutup pengeluaran anda menjadi sangat penting untuk meraih hal tersebut.

 

Tips untuk meningkatkan kemampuan:

Belajarlah berbicara dengan pelanggan, ketahui apa masalah mereka dan persepsi mereka terhadap solusi yang ada pada saat ini. Dengan memahami psikologi pelanggan, anda nantinya dapat menyusun suatu presentasi penjualan yang menjawab kekhawatiran pelanggan. Selain itu biasakan untuk mencoba mencari dan menonjolkan sisi positif dari suatu produk untuk bisa dipromosikan kepada pelanggan.

 

2. Perencanaan

Kesalahan strategi, pengambilan keputusan atau kurangnya persiapan adalah salah satu penyebab kegagalan bisnis.

Keahlian untuk merencanakan dengan baik dapat mencegah hal tersebut. Dimana dengan membuat suatu rencana seorang entrepreneur bisa memahami risiko, kesempatan dan biaya yang dihadapi dalam mengambil suatu strategi.

Walaupun terdapat kemungkinan adanya risiko yang tidak terlihat sebelumnya, tetapi dengan membuat rencana seorang entrepreneur bisa melakukan perhitungan dengan lebih seksama dan mencegah terjebak dalam risiko yang sudah jelas ada.

 

Tips untuk meningkatkan kemampuan:

Pelajari cara apa saja bagian-bagian dari suatu rencana yang baik, apa yang harus diperhatikan dan dijawab. Buatlah kebiasaan untuk merencanakan jadwal kegiatan anda sebelum memulai hari, membangun kebiasaan penting untuk membantu anda melihat prioritas dan urgensi dari suatu tugas dan masalah.

Tetapkan tujuan Anda, kemudian mengembangkan rencana ditindaklanjuti untuk membuat mereka menjadi kenyataan. Kemudian, jangan lupa tentang tujuan-tujuan tersebut.

Baca Juga: 

 

3. Komunikasi

meeting bisnis
credit: pixabay.com

Memulai dan menjalankan bisnis membutuhkan interaksi dengan berbagai pihak seperti pelanggan, anggota tim anda, mitra, dan vendor anda.

Keahlian komunikasi akan berguna untuk memastikan anggota tim anda mempunyai visi dan misi yang sama dengan anda. Jika anggota tim anda tidak percaya dengan anda maka akan sulit untuk bisa meraih apa yang ingin anda capai.

Begitu juga dengan pelanggan, keahlian komunikasi berguna untuk membangun suatu hubungan dan kepercayaan antara mereka dengan anda dan perusahaan anda. Oleh karena itu, keahlian komunikasi adalah satu keahlian yang penting untuk memulai bisnis.

 

Tips untuk meningkatkan kemampuan:

Dengarkan dan bertanya kepada lawan bicara anda dengan melihat reaksi dan mimik muka lawan bicara anda. Jika anda seorang introvert, mulailah keluar dari zona nyaman anda dan cobalah untuk membuat percakapan kecil dengan siapapun, berlatihlah juga untuk berbicara kepada orang asing.

 

 

4. Keuangan

manajemen keuangan
credit: pixabay.com

Bisnis yang sehat membutuhkan keuangan yang sehat. Anda akan membutuhkan keahlian keuangan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, mengatur anggaran dan pengeluaran. Tugas-tugas tersebut sangat penting untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Dengan mengetahui pos-pos pengeluaran bisnis anda dapat mengetahui kegiatan apa yang menghabiskan banyak uang dan mencari solusi yang tepat untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Begitu juga dengan pemasukan, anda dapat mengetahui kegiatan apa yang meningkatkan pemasukan apa, sehingga anda bisa fokus terhadap peningkatan layanan kegiatan tersebut.

 

Tips untuk meningkatkan kemampuan:

Pelajari bagaimana suatu pembukuan bisnis bekerja, biasakan juga untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan dalam kehidupan pribadi anda. Bacalah juga buku-buku tentang analisis laporan keuangan untuk mengetahui seperti apa keuangan perusahaan yang sehat.

 

5. Problem solving

Dalam dunia bisnis yang dinamis dan banyaknya faktor yang mempengaruhi operasional bisnis anda maka keahlian problem solving akan menjadi aset yang sangat berharga untuk kesuksesan bisnis anda. Dalam memulai dan menjalankan apa yang sudah anda rencanakan tidak akan selalu berjalan lancar, saat menemuhi hambatan tersebut kemampuan untuk menemukan adanya solusi dan menyelesaikan masalah akan membantu anda.

 

Tips untuk meningkatkan kemampuan:

Belajarlah untuk selalu menidentifikasi masalah dengan bertanya secara kritis. Kemudian identifikasi sumber dari masalahnya, brainstorm beberapa alternatif solusi yang mungkin dapat dilaksanakan.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here